Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengalaman Kirim Barang Via ID Express

Jasa antar barang atau ekspedisi ID Express memang belum begitu populer bila dibandingkan dengan ekpedisi JNE, J&T, POS dan lain sebagainya. Tapi aku punya pengalaman menikmati layanan jasa antar ID Express yang merupakan mitra Shopee ini beberapa waktu lalu.

pengalaman pakai ekspedisi id express
Pengalaman Pakai Ekspedisi ID Express
                                  

Awalnya aku meragukan kinerja dari ID Express saat mengantar barang. Pengalaman yang lalu saat belanja online dan menggunakan jasa pengiriman barang bukan yang biasanya, ternyata sampainya lebih lama.

Pun juga aku pernah pakai ekpedisi yang sudah populer ternyata kejadian serupa terjadi. Jadi aku berpikir ya sudah lah, toh bisa terjadi keterlambatan datangnya paket pakai ekpedisi apapun. Apalagi aku tidak buru-buru menggunakan produk yang aku beli.

Lalu kenapa aku memilih jasa ekspedisi ID Express? Ini dia lasannya.


1. Ongkos kirim ID Express paling murah


Saat proses checkout belanjaan dan memilih jasa pengiriman barang, ternyata ongkos kirim ID Express menjadi yang paling murah saat itu. Ditambah dengan adanya voucher, makin murah lagi ongkos kirimnya.


Ongkir 500gram id express
Ongkir 500 gram ID Express


Ternyata ID Express memang mematok harga jasa kirim yang relatif lebih murah dibanding ekspedisi lain. Bahkan mereka memberikan pilihan jasa kirim barang yang beratnya kurang dari 500 gram maka harganya juga dihitung setengah harga per kilonya. IDlite nama pilihan produk kirim barang setengah kilo ini.

2. Barang belanjaan tidak terburu-buru digunakan


Seperti yang sudah aku jelaskan diawal tadi bahwa belanjaan yang aku beli saat itu memang tidak terburu-buru digunakan. Jadi kalau toh ternyata sampainya lama juga tidak masalah. 

3. Penasaran dengan kinerja ekspedisi ID Express


Kalau belum pernah tuh bikin penasaran banget. Jadi ya aku coba saja, itung-itung untuk pengalaman. Kalau ternyata buruk jangan dipilih lagi dan sebaliknya kalau ternyata bagus besok-besok bisa jadi pilihan utama kan. :D 

4. Ekspedisi lain pernah mengecewakan


Walaupun ekpedisi yang lebih familiar juga disediakan dari pihak toko dan ongkos kirimnya juga tidak terlalu beda jauh (2 ribu doang tapi lumayan). Tapi pengalaman yang lalu menggunakan ekspedisi lain yang lebih populer seperti JNE dan J&T ini paketnya lama sampai. 

Padahal dulunya jasa pengiriman itu sungguh lumayan cepat menurutku. Tapi makin kesini seperti menurun kinerjanya. Ya mungkin makin populer jadi tingkat penggunanya banyak dan jasa pengirimannya lumayan kewalahan ya. 

Review Pengalaman Belanja dengan ID Express


Setelah memutuskan menggunakan jasa pengiriman barang dengan mitra Shopee yang baru ini yaitu ID Express aku merasa puas. Sangat bisa untuk diulang lagi memilih ekspedisi ini, alasannya adalah 

1. Pengiriman ID Express cepat sampai


Di luar ekspektasi aku yang aku kira bakal sampai lebih lama dari yang lain ternyata salah. Hanya 3 hari paket aku dari Cikarang selatan tiba ditujuan Lampung timur. Ternyata secepat itu sampainya paket aku. 

2. Hari minggu kurir ID Express tetap antar


Pengiriman barang tanggal 18 Desember 2020 pukul 19.21 dari Cikarang selatan. Lalu tiba di Lampung timur tanggal 20 Desember 2020 pukul 10.46. 

Cek di kalender, tanggal 20 Desember 2020 itu hari minggu dan paket tetap diantar oleh kurir ID Express. Mengesankan sih ini buat aku. Karena tidak banyak ekspedisi yang kurirnya tidak libur di hari minggu. 

3. Kurir bertanggung jawab


Walaupun sepertinya belum ada kantor resminya di daerahku tapi kurirnya ternyata sangat bertanggung jawab. Kenapa aku bilang begitu? Karena sebelum mengantar barang kita sebagai penerima akan ditelepon terlebih dahulu jika ternyata kurir belum paham daerah tempat tinggal kita. 

Kebetulan sekali aku tidak langsung angkat telepon dari bang kurirnya, sampai belasan panggilan tak terjawab barulah aku angkat. Bukan aku sok-sok jual mahal tapi memang pas aku jauh dari ponsel loh ya. :D 
Tidak lama dari hasil perbincangan petunjuk arah, teriakan bahagia terdengar. "Assalamualaikum. Pakeett." 

Untuk poin ini sepertinya memang tergantung dari kurirnya ya. Kalau kurirnya memang tipe orang yang bertanggung jawab pasti akan melakukan hal tersebut. Tapi kalau kurir yang sifatnya tidak begitu kejadian lain bisa saja terjadi. Tapi mudah-mudahan semua kurir ID Express sangat bertanggung jawab ya. 

4. Bisa Tracking Via website dan Aplikasi


Karena aku penasaran, selain aku pantau pergerakan paket aku diperjalanan via aplikasi shopee. Aku juga kepoin website-nya. Ternyata kita bisa juga tracking atau lacak paket via website atau juga aplikasi androidnya.

5. Bisa Shipping pickup atau dropoff di ID Express


Dari kepo website ID Express ini aku jadi punya informasi lain tentang ID Express yang ternyata bisa memudahkan penjual online yang ingin kirim barang. 

Paket yang akan kamu kirim bisa dilakukan penjemputan oleh pihak kurir ID Express. Sebelumnya kamu perlu input informasi tentang alamatmu via website atau aplikasi.

***

Review tentang pengalaman aku menggunakan jasa pengiriman ID Express ini ternyata positif dan rekomen banget hasilnya. Kesan pertama begitu menggoda akhirnya. Hehe

Untuk kamu yang sering belanja di market place Shopee dan melihat ekspedisi ID Express patut sekali kamu pilih. Semoga juga hasilnya memuaskan seperti yang aku dapat.

Sebagai mitra Shopee yang merupakan e-commerce yang paling ramai penggunanya ini semoga kinerja ID Express tidak akan menurun sepanjang perjalanan. Karena bisa saja diakibatkan banyak peminat kemudian pelayanan tidak ditingkatkan, kemungkinan kinerja menurun bisa saja terjadi.

Tapi semoga tidak ya, karena aku sangat senang dengan pelayanan ID Express dalam semua hal. Proses, tracking sampai kurirnya juga mengesankan. Terimakasih dan semoga bisa bertahan dan bisa ditingkatkan. :)

10 komentar untuk "Pengalaman Kirim Barang Via ID Express "

  1. Aku juga suka pake id express kalo beli shopee terus pas promo, jadi ongkirnya free hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh tos dulu mas mayuf.. aku juga nyari banget voucher gratis ongkirnya itu. haha

      Hapus
  2. makin banyak pilihan kurir yah sekarang, setelah sebelumnya ada ninja, sicepat.. makin kompetitif saja pengiriman di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ya mas, makin banyak pelaku belanja online jadi ekspedisi baru banyak bermunculan dan siap bersaing.

      Hapus
  3. aku belum pernah pakai ini mba anggun...jadi tertarik, seringnya merek sebelah yang biru kuning,

    tapi melihat review ini kayaknya kok proseduralnya mudah dan barang tiba di tempat tujuan dengan selamat juga kurir amanah, sepertinya layak dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. layak kok mbak, apalagi kalau tujuannya di tengah kota. Pasti makin baik pelayanannya. :D

      Hapus
  4. Aku juga pakai id express mbak. Awalnya juga sama kok murah banget cuma 10k dari Jakarta ke serang, apa lelet ya. Ternyata sama saja pengiriman nya dengan kurir lain.

    Cuma kurang sukanya, kalo mau terima barang, orangnya harus di foto dulu, kalo yang lain kan tinggal terima saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sempat meragukan juga ternyata ya mas. Karena belum pernah coba sih, ternyata boleh juga kok.
      oiya aku sempat protes kemarin, memang harus kelihatan muka tah mas? trus kata dia ya udah mbak yg penting kelihatan rumahnya. Jadi akhirnya yg difoto cuma paket dg background rumah. :D

      Hapus
  5. Karena persaingan jasa pengiriman memakai banyak cara untuk menarik konsumen salah satunya dengan mennerapkan tarif lebih murah. ID Express baru tau jasa pengiriman ini karena memang jarang ngirim barang atau belanja online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih suka langsung ke tokonya ya mas kalau belanja?
      tapi kalau nanti mau belanja online dg pilihan id express boleh dicoba loh mas. hehe
      mudah-mudahan sama pengalamannya kayak aku.

      Hapus

Berlangganan via Email