Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Solusi Status Paket Tidak Berubah atau Tidak Bergerak

Punya pengalaman saat menunggu paket ternyata statusnya tidak berubah. Paket berhenti di suatu lokasi, bahkan status tidak bergeraknya paket sampai berhari-hari. Bingung ada masalah apa dengan paket karena biasanya 3 hari paket sudah tiba namun ini sampai 5 hari.

Status Paket Tidak Bergerak tidak berubah
Paket Tidak Bergerak


Kita pasti menginginkan paket sampai ke tujuan tepat waktu atau kalau bisa lebih cepat dari estimasinya. :D
Tapi karena dalam perjalanan paket tersebut bisa saja mengalami beberapa kendala teknis. Hal itu sebenanrnya wajar dan bisa dimaklumi.

Kenapa paket statusnya tidak bergerak?


Pada dasarnya pengiriman paket itu dikirimkan secara estafet, perubahan statusnya diperbarui ketika berada pada titik point transit. Jadi permasalahan pengiriman paket bisa terjadi pada beberapa sumber, bisa dari kurir, agen atau gudang penyimpanan.

Permasalahan bukan dari ekspedisi apa yang kita pilih, status paket tidak berubah bisa terjadi pada penyedia jasa kirim apapun. Bisa dialami pelanggan J&T, JNE, Ninja Express, SiCepat, ID Express, Anteraja, atau lain sebagainya. Alasan paket statusnya mandek atau berhenti antara lain.

Pengiriman paket menggunakan fasilitas hemat


Pemilihan jenis layanan pengiriman paket pada suatu ekspedisi sangat mempengaruhi lamanya paket tiba. Estimasi paket tiba akan lebih panjang jika kamu memilih layanan hemat atau ekonomis. Hal tersebut karena paket dikirimkan melalui trasportasi darat dan kendala lebih banyak bisa dialami.

Contohnya pada ekspedisi J&T, jika kamu memilih layanan ECO dengan tujuan Jakarta – Lampung maka estimasi paket tiba adalah 5-14 hari. Berbeda jika kamu memilih layanan J&T EZ maka estimasi waktu 2-3 hari.

Jarak pengiriman paket jauh


Jarak antara pengirim dan alamat penerima juga bisa jadi penyebab status paket tidak bergerak. Namun hanya berlaku bila layanan pengiriman yang kamu pilih adalah layanan dengan ongkir hemat.

Berbeda jika kamu memilih layanan ekspedisi eksklusif, seperti layanan SiUntung, Best atau Sameday Delyvery dari SiCepat. Kamu tidak akan mengalami trecking paket dengan status paket berhenti sampai berhari-hari. Mungkin bisa terjadi paket statusnya berhenti tapi hanya beberapa jam dan segera akan diperbarui.

Hal tak terduga diperjalanan


Banyak kemungkinan lain yang menyebabkan paket terhenti di satu tempat sehingga statusnya tidak berubah. Bencana alam yang bisa terjadi dalam perjalanan paket dari alamat asal menuju tujuan. Keadaan alam yang tidak bisa dikontrol oleh pihak ekspedisi memungkinkan paket mengalami masalah pengiriman.

Selain bencana alam, kemungkinan lain juga bisa menyumbang penyebab paket berhenti dan statusnya tidak bergerak. Seperti pada beberapa waktu lalu kita mengalami PPKM yang beberapa kali diperpanjang. Hal itu juga berdampak pada pengiriman ekspedisi, terutama jalur darat.

Solusi mengatasi status paket tidak berubah/ berhenti tidak bergerak


Berdasarkan pengalaman yang sempat aku alami saat menunggu paket tiba tapi ternyata statusnya berhenti sampai 2 hari. Saat bertanya pada pihak pengirim tidak ada jawaban yang memuaskan. Akhirnya kekhawatiran paket mengalami hal buruk seperti hilang atau rusak muncul.

Hal yang aku lakukan saat itu adalah segera mencari call center ekspedisi. Saat itu layanan paket yang digunakan pengirim adalah SiCepat Halu. Jadi aku mencari call center SiCepat dan segera menghubungi via WhatsApp. Balasan dari mereka tidak menjelaskan kenapa status paketnya tidak bergerak.

Namun hanya menyampaikan bahwa estimasi paket sampai dengan layanan yang digunakan adalah 3-5 hari. Aku diminta tidak perlu khawatir karena proses pengiriman tetap berjalan. Jika paket belum sampai melebihi estimasi waktu maka diminta untuk menghubungi mereka kembali.

Jauh lebih tenang tapi tetap ada rasa khawatir. Syukurlah ke esokan harinya paket akhirnya diantar bang kurir dengan selamat. Jadi memang tidak perlu terlalu khawatir jika status paket tidak berubah selama estimasi waktu.

Menghindari hal mengkhawatirkan seperti paket yang tidak bergerak seperti yang aku alami, sebaiknya kamu pilih layanan ekspedisi yang pengiriman cepat. Apalagi jika paket yang kamu kirimkan akan buru-buru digunakan.

Kesimpulannya, ada beberapa penyebab paket mengalami status tidak bergerak atau berhenti di suatu titik saat trecking. Namun kita tidak perlu terlalu khawatir terjadi hal buruk pada paket yang kita tunggu sampai ke tempat tujuan. Jika ingin tenang, segera hubungi pihak ekspedisi agar dilakukan pengecekan.

Segitu dulu untuk pengalaman aku tentang perpaketan yang tidak bergerak. Semoga bisa membantu kamu yang sedang galau menunggu paket yang tidak memberi kepastian. :)

Posting Komentar untuk "Solusi Status Paket Tidak Berubah atau Tidak Bergerak"