Mengerti Bahwa Ada Suatu Pengorbanan Dibalik Setiap Adanya Hadiah

Saat hari-hari penting dalam hidup atau kapanpun. Bagaimana rasanya mendapat hadiah dari seseorang? Senang kalau saya. Apalagi hadiah dari orang yang berpengaruh dalam hidup kita. 

Kebahagiaan Saat Memberi hadiah
Kebahagiaan Saat Memberi

Banyak bentuknya kalau berbicara tentang hadiah. Karena tidak hanya  berupa barang pendefinisiannya. Ada yang menyebutkan sebuah pertolongan adalah hadiah. Teman, pacar, suami, istri, dan anak juga diibaratkan sebuah hadiah.

Tak akan ada tak bahagia di setiap pagi.
Untuk hati yang selalu menerima, bahwa mendapat kesempatan hidup sekali lagi adalah hadiah.

Bahkan masalahpun tetap disimbolkan sebuah hadiah dari sang pencipta. Tapi untuk konsentrasi di artikel ini, hadiah yang diulas adalah berupa barang atau benda.

Bukan tentang nominal harganya. Mahal atau murah tentu saja relatif.  Penilaian dari pemberian itu sendiri yang justru membuat hadiah makin bernilai istimewa. Kalau penilaian hadiah hanya sebatas harga saja. Ya sudah, berarti yang mahal yang paling bernilai. Ada yang lebih mahal, maka yang murah tidak diperhitungkan.

Seringnya memberi hadiah atau menemani teman membeli hadiah untuk seseorang. Saya jadi tahu, hal yang tidak terpikirkan saat menerima hadiah itu. Yaitu, hal apa yang telah dilakukan seseorang demi memberi hadiah untuk kita.

Pernah dulu, teman yang ingin memberi hadiah untuk hari jadi satu tahun dengan kekasihnya. Saat pembelian hadiahnya saya yang dijadikan teman hunting. Persiapan yang bukan hanya sehari atau dua hari. Bahkan beberapa bulan untuk sekedar memberi hadiah untuk kekasihnya itu.

Bukannya lebay atau berlebihan. Tapi memang dia memikirkan untuk ide barang yang dia ingin berikan saja harus bertanya dari pendapat teman-teman yang lain. Juga karena dulu masih berstatus mahasiswa, jadi anggaran hadiahnya hasil pemangkasan uang bulanan.

Hal yang saya lihat, bukan tentang so sweetnya cara mereka saling menyayangi satu sama lain saja. Tapi pengorbanan dibalik hadiah itu. 

Berbeda momen juga dulu pernah, diminta menemani seorang teman membeli hadiah untuk ulang tahun ibunya. Sebuah tas cantik untuk ibu yang bekerja sebagai pegawai kecamatan. Dia menyisihkan sebagian uang yang dikirimkan ibunya tiap bulan untuk kado ulang tahun ibunya. *terrmuteerr* :D

Ya memang sumber uangnya dari ibunya. Didasari keinginan besarnya ingin memberi sesuatu untuk sang ibu tapi belum bisa mendapat uang sendiri. Menjadikannya harus menahan hasrat jajan untuk beberapa bulan. Karena budget tas yang dia ingin berikan lumayan mahal untuk ukuran mahasiswa.

Cerita lain dari seorang laki-laki yang ingin memberikan kado ulang tahun untuk sang kekasih. Rela pergi ke pusat perbelanjaan seorang diri. Dan yang dia dapati di dalam sana adalah dirinya bingung harus membeli apa dan ke toko sebelah mana. Untungnya tidak bingung lewat mana kalau dia ingin pulang. Karena tersesat diantara pengunjung yang padat.

Kalau pengalaman pribadi, saat ingin memberi sedikit kebahagiaan untuk ibu. Berulang tahun yang entah ke berapa waktu itu. Rencananya ingin memberi sesuatu yang spesial dan tidak ada yang jual.

Masih sangat ingat, karena dulu ingin memberi kue ulang tahun hasil buatan sendiri. Padahal, belum pernah sama sekali buat kue sendirian. Kalau jadi juru takar sih sudah sering. Apalagi juru mencuci alat-alat yang selesai digunakan membuat kue. Sering, sangat malah. 

Setelah rangkaian panjang proses pembuatan kue bermodal resep dari google. Katakanlah saja berhasil, walaupun tanpa deskripsi dan bukti nyata. Percayalah saja bahwa kue yang dibuat adalah sebuah kue yang cantik.

Terbukti saat kue disuguhkan pada ibu, disambut dengan senyumnya yang manis. Setelah selesai menyanyikan lagu dan berdoa, lalu dilanjutkan prosesi pemotongan kue. Tiba-tiba ibu bertanya, "Ini lambang apa?" Lalu saya jawab, "Oh.. itu bentuk bunga tapi nggak mirip ya. Hee" maklum lah, kuenya terlalu cantik.

Senyum dan raut wajah ibu yang menyenangkan saat itu membuat saya puas dengan hasil uprek di dapur. Kebahagiaannya seperti menular kepada saya saat itu. Ibu tidak perlu tahu apa saja yang harus saya lalui demi kue itu. Sebab semua terbayar dengan raut bahagia ibu saya menerimanya.

Dari hal-hal sederhana yang pernah terjadi di sekitar, membuat saya memaknai hadiah bukan saja hanya sekedar pemberian. Tapi di dalamnya ada pengorbanan, walaupun sedikit. Bahkan ada yang sampai bersusah payah.

Saat menuliskan artikel ini jadi teringat kisah yang sedang booming di jagad Indonesia beberapa waktu lalu. Dilan dan Milea. Tak ayal bila Dilan yang memberi hadiah hanya sebuah TTS (teka teki silang) menjadi istimewa untuk Milea. Dalam buku yang mengisahkan tentang mereka disebutkan bahwa semua pertanyaan di TTS sudah Dilan isi sampai begadang.

Saya merasa, Milea menilai hadiah itu dari pengorbanan dibaliknya yang membuat hadiah itu dianggap istimewa. Selain itu juga didukung cara dilan yang tergolong berbeda atau unik. Kalau hanya dinilai dari sekedar harga, tentu Milea tidak akan sampai terjatuh-jatuh mencintai Dilan.

Sebenarnya dari hadiah itu adalah keinginan besar dari dalam diri pemberi untuk menunjukkan perasaan kepada seseorang. Suatu perasaan dan harapan agar dapat diberi reward dari yang diberi hadiah. Ingin dianggap keberadaannya, syukur dianggap istimewa.

Waktu berharga, untuk sekadar membeli dan memilih hadiah yang dirasa cocok dengan kita. Walaupun sekarang online shop tersedia bermacam-macam. Lazada, Bukalapak, Shopee, blibli, dan lain-lainnya. Jadi berbelanja bisa dilakukan dimana saja. Namun disela-sela kegiatannya, dengan rela pikirannya harus disisipin acara pemilihan hadiah.

Apalagi kalau hadiah itu adalah buah tangannya sendiri. Tentu niatnya makin besar dan pengorbanan waktunya lebih banyak.

Pengorbanan uang, tentu saja harus mengeluarkan uang lebih banyak dari biasanya untuk membeli hadiah. Terlebih lagi jika uang itu benar-benar disisihkan untuk membeli hadiah, tentu menjadi makin istimewa nilainya.

Dari berbagai pengalaman disekitar membuat saya selalu menilai sebuah hadiah dalam artian luas. Membayangkan bagaimana kisah dibalik adanya hadiah itu bisa sampai ke tangan penerima. 

Karena itu, setiap pemberian dari seseorang, baiknya untuk dihargai. Walaupun kadang menerima sesuatu yang bukan "diri kita banget." Dengan hadiah kita jadi merasa diperhatikan dan dipahami. Saat berada di posisi pemberi juga tentu ada kebahagaian lebih bila penerima merasa senang atas hadiahnya. Bukan begitu? Tentu saja iya. ^_^

The power of giving
Hargai Setiap Pemberian 

Apapun niat di balik pemberian hadiah itu, ada nilai kedekatan antara pemberi dan penerimanya. Saat hadiah itu bermanfaat atau setidaknya menyenangkan si penerima. Akan ada rasa puas dari pemberi saat melihatnya.

Sebaliknya, bila penerima terlihat tidak terlalu suka dengan hadiahnya. Pasti perasaan kecewa dan tidak dihargai akan terasa. Dan pengorbanan yang kemarin seperti tak berguna. :(

Jadi, siapa yang ingin memberi saya hadiah?  Acung tangan! (^^,)!

Solusi Cerdas Hilangkan Bulu Tanpa Sakit

Tampil menarik menjadi idaman semua orang, apalagi jika sudah menjadi tuntutan pekerjaan. Jika pekerjaan dituntun selalu berpenampilan rapi dan menarik tentu semua bagian tubuh harus diperhatikan.

Mulai dari wajah, tangan dan kaki serta bagian tubuh yang sering terlihat. Pernah mengalami masalah dengan bulu yang tumbuh di sekitar tubuh, apalagi di bagian yang tidak diinginkan. 

Untuk beberapa orang pasti ada yang merasa bagian tubuh yang banyak ditumbuhi bulu sangat membuat tidak percaya diri. Namun untuk menghilangkan bulu ini menjadi momok yang mengerikan karena metode yang banyak diketahui sangat menyakitkan.

Namun saat ini ada cara baru untuk mengatasi semua masalah tersebut. Veet memberikan solusi cerdas hilangkan bulu tanpa sakit.

Penghilang Bulu

Jika selama ini masih mengalami sakit akibat mencabut bulu secara langsung, segera hilangkan kebiasaan ini. Bukan hanya sakit, ini akan mengganggu kesehatan kulit dan menimbulkan efek samping. Saatnya menyambut inovasi baru dari Veet yang memberikan banyak kemudahan hilangkan bulu dengan cepat.

Veet Krim Penghilang Bulu Tanpa Sakit


Ini jadi hal yang diinginkan setiap wanita, apalagi jika tumbuh bulu dengan cepat di area ketiak atau lipatan tubuh. Pasti memberikan rasa tidak nyaman dan sering kali tumbuh jerawat badan, ada baiknya menghilangkan secara berkala. Veet memberikan sensasi hilangkan bulu dengan cepat dan nyaman, gunakan saja krim penghilang bulu dari Veet, rasanya sendiri sensasinya.

Veet Electric Timer Hilangkan Bulu Dengan Cepat


Jika tidak punya waktu untuk hilangkan bulu di pagi hari, Veet punya solusi dengan menggunakan electric timer yang memiliki sifat sensitive touch. Sehingga jangan khawatir, bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Aman untuk hilangkan bulu di sekitar wajah, area ketiak hingga paha bagian atas.

Hilangkan Bulu Kurang Dari 10 Menit


Sensasi hilangkan bulu dengan cepat dan nyaman bisa diberikan Veet, bisa menggunakan spatula secara langsung atau lebih cepat dengan menggunakan electri timer. Kurang dari 10 menit, masalah bulu sudah hilang dan rasa seperti semula. Tanpa rasa sakit, tetap terasa nyaman dan bisa dilakukan dengan cepat.

Veet Kembalikan Kelempaban Kulit Secara Hilangkan Bulu


Bukan hanya menghilangkan bulu hingga ke akar, Veet juga mengembalikan kelembapan kulit secara alami. Sehingga setelah hilangkan bulu, kulit tidak akan terasa kasar. Dimana menggunakan bahan alami yang sangat bagus untuk kulit, mulai dari Aloe Vera, Shea Butter hingga Vitamin E. Bahkan bisa menyesuaikan jenis kulit pengguna.

Penghilang Bulu Tanpa Sakit

Tunggu apalagi, masalah hilangkan bulu tanpa sakit, serahkan semuanya pada Veet. Ini waktunya untuk rasakan #BeConfidentYou, waktunya jadi diri sendiri, tampil lebih percaya diri dan bebas bulu tanpa bikin malu.

Tips Belajar Efektif Telah Saya Temukan

Setiap orang pasti punya caranya masing-masing dalam belajar untuk lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan di sekolah. Maka dari itu, lebih baik kamu mengenali karakter diri kamu dan menyesuaikan dengan cara belajar efektif. Kalo saya punya cara sendiri nih buat belajar supaya lebih efektif. Saya mau berbagi Tips belajar efektif buat temen-temen yang akan mengikuti Ujian Nasional dan SBMPTN. 

Ruangguru

Setiap orang pasti punya kegemaran masing-masing. Nah saya berpikir bagaimana kegemaran saya itu bisa bikin saya jadi rajin belajar. saya tuh suka banget sama yang namanya nonton video, mulai dari video musik, film, sinetron dan video-video lainnya. Terus saya cari ada gak sih video yang berisi penjelasan materi pelajaran.

Ternyata ada loh, saya langsung buka tuh video. Ternyata video itu dari Ruangguru. Lalu cari tau mengenai Ruangguru, dan sampailah saya ke website nya. Di sana saya lihat berbagai produk belajar dari Ruangguru. Dan ternyata benar, ada video belajar yang terdiri dari berbagai macam materi pelajaran.

Akhirnya saya memutuskan untuk berlangganan bimbel online Ruangguru. Setiap hari saya bisa nonton video belajar mengenai materi-materi yang belum saya pahami di sekolah. Dan juga saya bisa mengerjakan soal latihan yang disediakan di ruangbelajar yang bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. 

Belajar secara rutin juga merupakan Tips belajar efektif yang bisa bantu kamu untuk selalu siap jika ada ulangan dadakan di sekolah. Siswa sekolah cenderung hanya belajar ketika mau ujian saja, itu yang bikin kamu pusing dan tertekan saat mau menghadapi ujian sekolah. Alangkah baiknya jika kamu mencicil setiap materi yang diajarkan di sekolah dengan mengulanginya lagi saat di rumah. Dan kalo saya sih biasanya belajar di ruangbelajar dari Ruangguru, selain karena materinya lengkap, tutor yang mengajarkan juga sangat berkualitas karena sudah sangat berpengalaman. 

Selain itu saya juga sering mengikuti try out online dari Ruangguru. Itu saya lakukan untuk menguji ketajaman pengetahuan saya dalam suatu materi, sehingga saya bisa mengukur kemampuan saya. Kalau masih kurang ya saya belajar lagi, kalau sudah cukup baik saya akan lanjut ke materi selanjutnya. Selama mempersiapkan Ujian Nasional, saya merasa sangat terbantu dengan adanya bimbel online dari Ruangguru ini.

Selain praktis, Ruangguru juga murah. Praktis karena saya gak perlu pergi ke tempat bimbel, duduk di kelas memperhatikan tutor, dan menghabiskan waktu untuk perjalanan pulang pergi. Dengan ruangbelajar dari Ruangguru, saya bisa belajar dari manapun saya berada. Yang penting, membawa handphone ke mana pun adalah salah satu tips belajar efektif dengan penggunaan yang positif.

Aplikasi Ruangguru

Dan faktor yang paling penting adalah karena bimbel online ini terbilang murah, apalagi dibandingkan dengan bimbel biasa yang bisa sampai puluhan juta. Di Ruangguru kamu hanya perlu membayar sekitar 300 sampai 400 ribu saja, dan kamu sudah bisa belajar dengan semua materi-materi yang ada di ruangbelajar dari Ruangguru.

Universitas Muhammadiyah Metro Kampus Pilihan Sebagai Solusi Sukses Masa Depan

Teringat saat berada di level kakak paling tua di SMA, di kelas 3. Masa dimana pikiran dipenuhi kekhawatiran tentang gugupnya menghadapi ujian nasional dengan batas kelulusan tertentu. Selain itu pertanyaan-pertanyaan dipikiran tentang rencana selanjutnya setelah sukses menjadi alumni SMA. Akankah melanjutkan studi di sebuah perguruan tinggi atau akan langsung berkarir sebagai seorang pekerja atau wiraswasta yang segera akan menghasilkan uang. 

Dalam hati ingin sekali melanjutkan belajar dengan gelar baru sebagai mahasiswa. Syukur Alhamdulillah, dengan segala perjuangan dan cerita panjang akhirnya takdir merestui cita-cita tersebut, hingga gelar sarjana pendidikan bisa sukses diraih.

Beberapa hari yang lalu kenangan-kenangan masa galau tersebut seperti terputar kembali dalam ingatan. Dalam sebuah momen perpisahan siswa dan siswi kelas XII di sekolah tempat saya mengaplikasikan ilmu. Acara tersebut dilingkupi rasa yang penuh haru saat para alumni bergiliran berpamitan dengan guru-guru setelah dikalungkan medali kelulusan. 

Membayangkan mereka yang biasanya menghabiskan hari-hari bersama dengan teman sekelas. Ber-haha hihi tanpa memikirkan tuntutan hidup yang berarti. Dalam sekejap akan segera terjun dan dihadapkan pada suatu proses kehidupan yang tak boleh banyak bermanja-manja. Entah itu akan segera beralih sebagai pemburu dolar atau akan melanjutkan pembelajaran di sebuah instansi berlabel mahasiswa.

Dari pengalaman yang sudah dilewati tentu sangat butuh adaptasi pada masa transisi sebagai seorang siswa sekolah kemudian menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Sikap manja dan tak bisa bergerak cepat akan memperlambat kelulusan dan mendapat gelar strata. 

Sebelum berpikir tentang kehidupan setelah berhasil menjadi mahasiswa, tentu segala sesuatu tentang pemilihan kampus harus dipersiapkan dengan matang dan dengan pertimbangan yang sesuai dengan kemampuan.

Menilik dari kata kuliah itu adalah suatu proses pembelajaran tingkat lanjut dimana pembelajar telah menentukan pilihan jurusan yang dianggap sesuai dengan kemampuan paling menonjol yang ia miliki. 

Dalam pemilihan jurusan ini biasanya seseorang sudah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Dipertimbangkan antara minat dan bakat dimilikinya terhadap jurusan yang dipilih agar sesuai dengan harapannya kelak setelah lulus.

Pemilihan perguruan tinggi juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Sebagai warga Lampung pasti lebih banyak pertimbangan untuk melanjutkan studi dengan memilih tempat belajar di “rumah sendiri” yaitu tetap menuntut ilmu di tanah Lampung. 

Pilihan perguruan tinggi di daerah Lampung semakin banyak dan beragam. Dari sekian banyak itu harus dipilih salah satunya sesuai dengan yang diminati. Perhatikan pemilihannya dari prestasi-prestasi yang ditelurkan oleh perguruan tinggi tersebut. Peringkat yang didapat selama berkiprah sebagai penempa sumber daya manusia yang berakhlak mulia.

Universitas Muhammadiyah Metro

Universitas Muhammadiyah Metro merupakan salah satu perguruan tinggi yang sangat direkomendasikan sebagai wadah mahasiswa mendapat gelar sarjana yang memiliki jiwa yang mencintai Islam semakin baik. Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan amal usaha Muhammadiyah pada bidang pendidikan tinggi. Dimana pendidikan tersebut dilandasi dengan nilai islam dan kemuhammadiyahan. 

Fakultas dan Jurusan Universitas Muhammadiyah Metro


Universitas yang diresmikan di tahun 1990 ini merupakan hasil penggabungan antara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Muhammadiyah Metro dan Sekolah Tinggi Ilmu Ushuludin Muhammadiyah Metro. 

Setelah merger atau berhasil digabungkan keempat Sekolah Tinggi tersebut menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), dan Fakultas Ushuludin (FU). Kemudian dalam perkembangannya FU berkembang menjadi Fakultas Agama Islam (FAI).

Di tahun 1997/1998, kampus beralmamater hijau ini mengembangkan program Diploma Tiga (D-3) Manajemen Informatika Komputer. Kemudian banyak program baru yang diluncurkan kampus ini hingga jenjang strata 2 atau program pascasarjana. Lengkapnya bisa kita lihat daftar Fakultas dan program studi yang dikelola oleh UM Metro.

Fakultas di UM Metro

Lokasi Universitas Muhammadiyah Metro


Universitas Muhammadiyah Metro memiliki empat lokasi kampus yang tersebar di sekitar wilayah metro. Berikut adalah lokasi-lokasinya:

Alamat um metro lampung
4 Lokasi Kampus UM Metro


  • Kampus I
JL. KH Dewantara NO 116 Iringmulyo , Metro Timur

  • Kampus II
Jln. Ki Hajar Dewantara, 38 Banjar Rejo, Lampung Timur

  • Kampus III
Jl. Gatot Subroto No.100, Yosodadi, Metro Timur

  • Kampus IV
Jl. Proklamasi, Ganjaragung, Metro Barat.

Peringkat yang diperoleh Universitas Muhammadiyah Metro


Menilai dari peringkat terbaru yang berhasil diperoleh oleh kampus UM Metro tidak akan diragukan lagi kompetitifnya dan keseriusan kampus ini dalam meningkatkan kualitas. Dari Universitas Muhammadiyah seluruh Indonesia UM Metro mendapat peringkat 6 terbaik. Kemudian berdasarkan peringkat universitas dunia Webometrics, UM Metro bertengger di posisi 99 dari 5964 perguruan tinggi di Indonesia. 

Berbeda pada peringkat yang diberikan 4ICU, UM Metro mendapat urutan 104 dari 572 perguruan tinggi. Bila dibandingkan dengan PTN/PTS di Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro berada di peringkat 2 dari 7 perguruan tinggi. Posisi sebagai Perguruan terbaik di Kopertis Wilayah II (Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung) juga berhasil diperoleh kampus ini. Hal ini tentu semakin meyakinkan para pelamar sebagai mahasiswa akan memantapkan pilihan dengan keyakinan dalam hati bahwa UM Metro Kampus Terbaik.

Beasiswa Untuk Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro


Kampus yang bercita-cita menjadi wadah dalam meningkatkan banyak sumber daya manusia yang mengamalkan dan mengembangkan nilai islam. Sehingga lulusan dari sini mencerminkan sumber daya manusia profetif dan intelektualis. Mampu mengembangakn bidang keahliannya sehingga lulusan dari UM Metro menjadi alumni yang profesional saat bermasyarakat.

Untuk membantu dan memberi semangat mahasiswanya dalam belajar, UM Metro memiliki program beasiswa yang dapat meringankan biaya didikannya. Beasiswa di kampus ini terbagi menjadi dua, yaitu Beasiswa UM Metro dan Beasiswa Bidikmisi.

Beasiswa UM Metro


Beasiswa dari kampusnya ada beberapa program untuk kategori yang sesuai dengan penerimanya, yaitu.

Beasiswa Potongan 50% Uang Pengembangan

Program beasiswa ini diberikan untuk pendaftar dari bidang studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, D3 Akuntasi dan D3 Keuangan dan Perbankan.

Beasiswa Kader Utusan Persyarikatan se-Kota Metro

Untuk Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di bidang studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Beasiswa yang diperoleh adalah potongan biaya SPP tiap semeser hingga semester 8. Syarat yang harus dimiliki penerima beasiswa ini adalah, pendaftar wajib hafal minimal 10 juz Alqur’an.

Beasiswa Potongan 50% Biaya Kuliah Program Pascasarjana

Bagi masyarakat yang bekerja di amal usaha Muhammadiyah di wilayah Lampung dan ingin melanjutkan belajar pada Program Pascasarjana UM Metro maka akan mendapat beasiswa ini.

Beasiswa BIDIKMISI


Untuk program beasiswa ini pendaftar harus sudah dinyatakan resmi menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro.

***

Berbagai kemudahan yang ditawarkan UM Metro dalam bentuk Beasiswa ini akan menjadi Solusi Sukses Masa Depan untuk generasi berprestasi. Beasiswa ini akan memberi amunisi penguat bagi seseorang yang sudah banyak bekerja keras sehingga membuat dirinya memiliki nilai lebih yang disebut berprestasi. Untuk informasi lebih lengkap, bisa mengunjungi website resmi UM Metro.

Gedung perkuliahan um metro
Gedung Kuliah UM Metro 

Banyaknya program studi yang dinaungi UM Metro tentu semakin memudahkan para calon peserta didik menentukan pilihan, dengan mantap berkata UM Metro Kampusku. Bagi calon pendaftar mahasiswa yang sudah menetapkan keyakinan dengan berkata UM Metro Pilihanku, semoga selalu mampu bertanggung jawab pada tujuan awalnya yang menginginkan kemajuan dalam diri sendiri. Sehingga mampu meningkatkan kualitas diri dan bermanfaat untuk semua yang berada di sekitar. 

Gedung Pascasarjana UM Metro
Gedung Pascasarjana UM Metro

Jika berjodoh dengan kampus Islamiyah ini semoga selalu menjaga nama baik almamater dengan berpegang teguh pada kata UM Metro Kampusku sehingga selalu pikiran positif yang tertanam. Selain itu juga mampu bersaing dan berprestasi dengan baik di lingkungan kampus atau saat terjun ke masyarakat nantinya. 

Semangat berjuang hingga akhir, hingga tali toga berhasil dipindah posisikan disaksikan wali yang ikut berjuang demi gelarmu sampai lupa rasanya lelah untuk kalian semua. Semangat Belajar. \('o')/

Tips Membeli Mobil Peugeot Bekas

Membeli mobil bekas menjadi salah satu langkah yang tepat ketika ingin membeli mobil namun keterbatasan dana yang dimiliki. Tidak semua mobil bekas memiliki kualitas yang tidak bagus. Asalkan Anda memiliki pengetahuan yang luas seputar otomotif, maka Anda akan menemukan kendaraan pribadi yang nyaman dan sesuai yang Anda inginkan. 

instagram/@206_club

Salah satu mobil pribadi yang tepat untuk Anda pilih, dan yang pasti harga di pasarannya lebih murah yaitu seperti mobil Peugeot 206. Apabila Anda ingin menemukan mobil bekas dengan kualitas yang masih bagus, maka Anda dapat mengetahui beberapa langkah yang ada di bawah ini:


  1. Tentukan Pilihan


Hal utama ketika Anda ingin melakukan pembelian mobil yaitu menentukan pilihan mobil yang tepat untuk Anda pilih. Pastikan bahwa Anda memilih mobil sesuai dengan kebutuhan, termasuk memilih kendaran yang irit bahan bakar dan nyaman untuk Anda kendarai.

2. Harga Pasaran


Anda harus mengetahui harga pasaran dari mobil yang akan Anda beli nantinya. Dengan begitu maka Anda tidak akan tertipu dengan harga mobil yang lebih mahal dari harga pasarannya. Memperhatikan segi harga memang harus dilakukan, agar Anda bisa menemukan informasi yang akurat seputar harga, maka Anda dapat melakukan pengecekan harganya di Seva.id.

3. Cek Kondisi


Jika Anda sudah cocok dengan harga yang ditawarkan oleh pembeli, langkah selanjutnya yaitu melakukan pengecekan kondisi pada mobil itu sendiri. Pengecekan inilah yang akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak menemukan mobil dengan fisik yang kurang baik. 

instagram/@206_club

Pengecekan bagian eksterior tidak akan cukup tanpa melakukan pengecekan bagian interiornya. Termasuk bagian mesin yang harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Jika ketiga tips di atas sudah Anda lakukan, maka jangan lupa untuk melakukan tes drive untuk memastikan bahwa mobil yang ingin Anda beli dalam kondisi yang memuaskan. Setelah Anda membayar mobil, jangan lupa untuk melakukan bali nama agar lebih memudahkan Anda ketika akan membayar pajak. Lalu berapa biaya balik nama mobil? Tentu saja biaya balik nama di setiap daerah berbeda. Anda dapat mengetahuinya melalui Samsat yang ada di daerah Anda.

Dengan 4 Tips Simple Ini, Maka Perut Buncitmu Akan Mengecil Dalam Waktu Singkat

Banyak yang beranggapan bahwa perut buncit itu hanya akan dialami oleh orang-orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas). Tapi pada kenyataannya, masalah perut buncit ini juga kerap dialami oleh orang-orang yang memiliki berat badan ideal lho! Kondisi perut bucit ini tentu saja akan membuat penampilan kita menjadi kurang menarik lagi. Namun yang jadi pertanyaannya disini, faktor apa sajakah yang menjadi penyebab dari membuncitnya perut? 

Menurut informasi yang di dapat, ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya seperti konsumsi minuman beralkohol, konsumsi makanan cepat saji (junk food), jarang melakukan olahraga, sering ngemil pada tengah malam, dan lain sebagainya. Secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara mengecilkan perut buncit dengan tips simple. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Lakukan Olahraga Lari

Jika kamu termasuk salah satu orang yang memiliki masalah perut buncit, maka mulai saat ini biasakanlah untuk melakukan olahraga lari pada pagi hari dengan durasi 30 menit per harinya. Berdasarkan dari hasil penelitian, kegiatan olahraga lari selama 30 menit ini dapat membakar sebanyak sebanyak 250 kalori lho. 


Bayangkan saja jika kamu melakukannya selama sebulan benuh, berapa banyak jumlah kalori yang akan terbakar? Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan taman disekitar tempat tinggal sebagai sarana olahraga larinya. Agar kegiatan olahraga larinya lebih menyenangkan lagi, kamu bisa sambil mendengarkan mp3 atau mengajak hewan peliharaan. Namun agar lebih semangat lagi, kamu bisa mengajak si dia untuk berlari pagi.

2. Olahraga Renang

Selain olahraga lari, berenang juga merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang cukup efektif untuk mengecilkan perut buncit lho. Hal itu pun terbukti, dimana para atlit renang tidak ada yang memiliki perut buncit kan? 


Ya, hal itu dikarenakan kegiatan berenang ini juga dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh, sehingga dapat membantu pembentukan tubuh menjadi lebih proposional lagi. Tak hanya terfokuskan pada pembentukan otot perut, olahraga renang juga dapat membentuk otot tubuh lainnya seperti pundak, lengan, kaki, dan punggung. Tak perlu berenang setiap hari, dengan berenang 2 kali dalam seminggu saja sudah cukup kok!

3. Lompat Tali

Jenis olahraga berikutnya yang dapat membantu untuk mengecilkan perut buncit dalam waktu singkat, yakni olahraga lompat tali. Hal itu juga dibenarkan oleh para pakar kesehatan terkemuka, yang menyebutkan bahwa lompat tali cukup efektif untuk mengecilkan perut dalam waktu yang singkat. 

Tak hanya dapat mengecilkan perut buncit, olahraga yang satu ini juga bisa meningkatkan stamina fisik serta melatih konsentrasi lho. Selain lompat tali, olahraga bersepeda juga sudah terbukti ampuh dalam membantu untuk mengecilkan perut buncit.

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa air putih merupakan salah satu jenis minuman yang paling menyehatkan dunia. Hal itu pun terbukti, dimana air putih ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengurangi lemak dan kalori dalam tubuh, membuang racun dalam tubuh, hingga melancarkan system pencernaan. Dalam hal ini, kamu diharuskan untuk meminum air putih sebanyak 8 – 10 gelas per harinya.

Itulah 4 tips simple yang bisa mengecilkan perut buncit dalam waktu yang singkat. Selain itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk memperbaiki pola makan.

Resep Semur Ayam Khas Bali

Semur ayam menjadi salah satu kuliner berbahan dasar ayam yang sangat lezat dan juga cukup bervariasi. Untuk Anda yang ingin tahu lebih mendalam mengenai cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah, Anda bisa langsung simak ulasan resep semur ayam di bawah ini. Banyak orang tentu yang ingin tahu jelas mengenai resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak. Terutama bagi mereka yang ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik, pastinya harus tahu cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah. 

Instagram/@dapurgf

Ada salah satu resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak yaitu resep Ayam Semur khas Bali. Sebenarnya ada banyak resto yang menghadirkan hidangan ayam semur spesial khas Bali ini dengan sayuran serta nasi hangat. Untuk masalah rasanya memang tak dapat diragukan lagi kelezatan ayam semur satu ini. Anda juga bisa membuat hidangan ayam semur spesial khas Bali ini di rumah sendiri. 

Pertama-tama Anda bisa persiapkan bahan-bahannya sebagai berikut. Bahan-bahannya yaitu 1 kg ayam dipotong-potong, Tahu 7 buah, Bumbu sambal (dari bawang merah, cabai, bawang putih, dan tomat), Bumbu giling (dari kemiri, lengkuas dan jahe) secukupnya, Daun buah jeruk nipis 2 lembar, Bawang bombay 1 siung diiris-iris, Secukupnya bawang goreng, Daun bawang 1 batang dan seledri, Secukupnya air dari asam Jawa, 1 buah Jeruk nipis, 1 sdt Saus tiram, Secukupnya Kecap; secukupnya, 1 sdt Lada bubuk, Secukupnya Minyak goreng dan air, 1 biji Bunga lawan dan rempah seperti cengkeh, kayu manis, atau kapulaga sesuai selera Anda.

Sedangkan cara untuk membuat hidangan ayam semur spesial khas Bali ini yaitu sebagai berikut. Pertama-tama, Anda bisa membersihkan ayamnya yang telah dipotong-potong. Lalu kemudian Anda bisa goreng ayam serta tahu, lalu diangkat dan juga sisihkan. Tuangkanlah minyak sedikit dan masukanlah bumbu sambal serta bumbu giling. Tumislah beberapa menit, lalu masukanlah air perasan jeruk nipis, daun jeruk, air dari asam jawa, dan juga rempah secukupnya. Lalu Anda bisa menambhankan gula, air, garam, saus tiram, lada bubuk, dan juga kecap secukupnya. 

Lalu tahap membuat hidangan ayam semur spesial khas Bali yang selanjutnya yaitu tahu dan daging ayam yang tadi telah digoreng, bisa dimasukan ke bumbu tadi. Anda jangan sampai lupa juga untuk menambah bawang Bombay. Tahap selanjutnya yaitu mengaduk-aduk hingga bumbunya benar-benar meresap. Kalau sudah, angkatlah dan diberi daun bawang, daun lainnya dan bawang goreng. 

Setelah semuanya selesai, maka hidangan ayam semur spesial khas Bali ini siap untuk disajikan. Memang selain dari yang di atas, masih ada beberapa lagi cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah lain yang bisa Anda ketahui kalau ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik. Dengan mengetahui resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak di atas, maka tentunya Anda bisa dimudahkan lagi kalau ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik. 

Demikian saja bahasan tentang cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah. Bagi Anda yang ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik, maka Anda harus tahu dulu info di atas. Semoga Anda bisa lebih terbantu dengan info resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak kali ini. Semur ayam seperti ini tentunya akan membahagiakan anggota keluarga Anda karena rasanya yang sangat enak.

Smartphone Samsung Saat ini, Ditengah Persaingan Pasar Smartphone global

Dari berbagai macam merk dan banyaknya produk smartphone, salah satu yang masih berada diatas adalah Samsung walaupun banyaknnya gempuran dari smartphone asal tiongkok yang merupakan rival terberat bagi Samsung selain apple yang mempunyai system operasi sendiri, Samsung masih bertahan sampai detik ini. 

Samsung Galaxy

Hp Samsung telah melakukan sebuah inovasi tinggi dengan menghadirkan resolusi di dunia gadget, ini yang ada di semua produk mereka yang dikenal dengan Hp Samsung Series Galaxy. Perusahaan yang berpusat di Korea selatan ini benar benar telah menjelma menjadi sebuah kekuatan yang sangata maju dan juga kuat, terutama di bidang elektronik dan gadget hampir semua produk gadget di dunia ini didominasi oleh produk Samsung itu sendiri. 

Saat ini Samsung galaxy masih berhaisl memuncaki sebagai penguasa pasaran gadget dunia, berkat kerjasamanya dnegan salah satu robot hijau tau android. Sehingga kemunculan seri nya banyak sekali di minati di pasaran di bandimg seri yang lainnya, dikarenakan Hp Samsung memiliki banyak fitur yang lebih canggih dan beragam dibandingkan dengan Hp lainnya. Meskipun seperti itu Samsung masih saja di bandrol dengan harga yang beragam dan masih terjangkau. 

Kamera Samsung

Karena banyaknya fitur dan inovasi, sang penguasa gadget ini selalu menghadirkan berbagai pilihan tipe produk terbarunya, untuk semua hp Samsung galaxy series di dalam berbagai sektor halnya. Di mulai dari kelas yang pling rendah menengah hingga harga yang paling mahal pun juga ada, sehingga paa konsumnenya bisa menentukan pilihan mana seluler yang ingin dia beli, dengan menyesuaikan gadger yang ada di kantongnya saat ini.

Hal ini tidal lepas dari kejenousa dari management Samsung sendiri yang bisa membaca secara pasti perkembangan teknologi informasi, dengan melihat kebutuhan orang orang terhadap teknologi ini yang bisa dijangkau dengan singkat simple hanya cukup melalui genggaman tangan saja. Dan semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan semua produk terutama dari hp Samsung galaxy android, yang bisa memudahkan para penggunanya dalam mengakses semua kebutuhan dari perkembangan informasi yang terjado dari internet lewat smartphone yang canggih ini.

Dari Dktor kualitas kapasitas yang mumpuni didukung dengan system tenaga mesin yang kuat dan juga canggih belum lagi kelebihan dari fitur lainnya menjadikan Samsung galaxy android ini semakin mendapat tempat di hati penggiat internet di dunia. Apalagi baru baru ini Samsung sendiri telah mengupdate produk mereka, sebelumnya dengan dirilis sebuah hp samsung galaxy series yang mempunyai fitur canggih dan juga lengkap, serta disinkronkan dengan prosessor buatan sendri yang sudah dilengkapi dengan snapdragon. 

Dikarenakan Samsung sendiri telah memprediksi nya dengan pasti akan kebutuhan masyarakat dunia pada saat ini yang dirasa selalu membutuhkan inovasi, guna mengimbangi berbagai informas untuk menunjang kestabilan sebuah profesi adar bisa terdepan dan lebih berkembang lagi. Dan dengan adanya Samsung galaxy ini tentu akan memberikan kemudahn bagi para penikmay internet di dunia saat ini, dengan apa yang telah disuguhkan oleh samusng sendiri dalam rangkan memberikan pelayanan yang terbaik nya untuk dunia teknlogi masyarakat dunia.

Hp Samsung galaxy sendiri memiliki banyak varian, dari mulai Samasung galaxy A, Samsung Galaxy , Samsung Galaxy S, Samsung Galaxy C. Dengan semua varian nya ini menjadikan Samsung lebih diminati para pengguna smartphone, karena bisa dipilih sesuai budget dan juga keperluan.

Mulai dari Makanan Khas Hingga Diskon Ramadhan Melengkapi Bulan Penuh Berkah

Bulan ramadhan segera tiba, bulan penuh berkah ini selalu disambut dengan suka cita oleh seluruh muslim diseluruh dunia. Momen-momen dalam bulan ramadhan penuh dengan kehangatan dan juga keakraban dengan orang tercinta, baik keluarga, sahabat dan juga tetangga. Banyak acara yang akan dilakukan ketika musim ramadhan telah tiba, mulai dari buka bersama, sahur bersama, beribadah bersama dan juga diskon ramadhan

Hal ini akan meingkatkan keharmonisan antara satu dengan yang lain. Dalam setiap pertemuan tidak akan lepas dari jamuan yang menemani, biasanya acara tersebut di gabungkan dengan momen buka bersama dengan hidangan yang di sajikan untuk mengakhiri puasa selama sehari penuh. 

Terdapat beberapa menu yang sangat khas dengan bulan ramadhan, rasanya menu tersebut cocok sekali dengan bulan ramadhan. dan ketika memakanannya di bulan lain tidak terasa se spesial seperti ketika menyantapnya ketika bulan ramadhan. kira-kira apa saja menu khas bulan ramadhan tersebut.

1. Kolak

Mananan manis dengan beragam isi lengkap kuah santan ini sangat khas di makan pada bulan ramadhan khususnya ketika buka puasa. Setelah seharian berpuasa kemudian mengakhiri puasa tersebut dengan takjil kolak terasa nikmat apalagi dengan rasanya yang manis dan juga hangat. 

Kolak Pisang

Terdapat banyak variasi isi yang bisa di gunakan mulai dari buah pisang, ketela pohon, atau ubi jalar bisa juga ditambahkan nangka, mutiara dan juga roti diatasnya. Kolak memang di khususkan untuk takjil karena rasanya yang manis sehingga dapat memulihkan energ yang hilang selama berpuasa.

2. Es Degan

Jika anda menginginkan hal yang segar, pas sekali jika membuka hidangan dengan minuman dingin bernutrisi tinggi yaitu es degan, kandungan elektrolit tinggi dalam air kelapa ini sangat baik untuk mengembalikan elektrolit dan cairan yang hilang selama seharian penuh tidak makan dan minum. 

Es Degan

Sebenarnya untuk es degan ini banyak beredar dan dijual meskipun tidak bulan ramadhan, namun akan terasa sangat nikmat jika anda menikmatinya saat buka puasa, aliran dingin dari es kelapa muda ini terasa segar mengalir melewati tenggorokan. 

3. Kurma

Makanan satu ini sangat identik dengan bulan ramadhan, bahkan rasullulloh sendiri menganjurkan untuk membatalkan puasa dengan 3 buah kurma. Kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah untuk berikutnya baru makan berat. 

Kurma

Kurma ini juga memiliki beragam manfaat, buah dari tanaman padang pasir ini mampu mengatasi anemia, mencegah stroke, mampu mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata dan juga memiliki antioksidan yang tinggi. Saat ini kurma telah dikreasikan dengan berbagai olahan, tidak hanya di sajikan langsung namun ada juga yang telah diekstrak menjadi sirup, diolah bersama coklat dan lain sebagainya

4. Cendol

Minuman khas dari jawa barat ini juga seringkali ditemui ketika bulan ramadhan tiba, rasanya yang manis menyegarkan tersebut cocok sekali di gunakan sebagai menu takjil. Selain disajikan dalam kondisi hangat, cendol juga mantap disajikan dengan es didalamnya. 

Es Cendol

Tepung beras yang di masak di buat sedemikian rupa hingga berbentuk bubur, kemudian di tambahkan dengan bubur ketan hitam dan juga beberapa isian yang lain, kemudian disiram dengan kuah santan kelapa yang telah dicampur dengan gula aren. Wah nikmat sekali

5. ES Campur

Masih dengan minuman dengan beragam isi, es campur ini juga menjadi andalan untuk menu buka puasa. Rasa manis dan juga segar dari esbatu yang dimasukkan kedalamnya akan segera mengusir dahaga ketika waktu berbuka telah tiba. 

Bahan-bahan yang dicampurkan kedalamnya juga beragam, mulai dari rumput laut, kolang-kaling, mutiara, buah-buahan seperti alpukat, susu, cincau hitam dan beragam pilihan lain bisa di campurkan kedalam minuman es ini sesuai selera untuk menciptakan rasa yang pas dan unik, mendapatkan es campur ini kala bulan ramadhan tak kan sulit, banyak sekali penjual es campur yang menjajakan dagangannya di pinngir jalan atau di beberapa warung disekitar tempat ringgal anda. 

6. Es Pisang Ijo

Minuman yang pernah hits beberapa tahun lalu ini juga menghiasai jajaran minumaan khas yang di temui ketika bulan ramadhan. es pisang ijo yang terbuat dari bahan pisang dengan bungkus adonan terigu berwarna hijau ini sagat segar dan memiliki rasa yang juga enak. 

Minuman khas makassar ini tidak hanya di temui di makassar saja namun sudah tersebar ke seluruh pelosok daerah di indonesia. pisang yang di buat untuk es pisang ijo berasal pisang raja, pengunaan jenis pisang yang lain kurang tepat karena tekstur, rasa dan juga bentuk pisang yang kurang sempurna. Sama seperti minuman lainnya es pisang ijo juga di buat dengan tambahan kuah santan, tambahan es serut dan juga sirup coco untuk menambah kesegaran es ini

7. Es Blewah

Wah... siapa yang tidak mengenal minuman satu ini, banyak keluarga yang membuat menu ini sendiri di rumah, selain karena cara membuatnya yang super mudah, es blewah juga memiliki aroma segar yang khas dan juga sangat mudah membuatnya. 

Selain itu juga murah meriah, anda tingggal menyiapkan serutan daging buah blewah yang telah di sisihkan kemudian tambahkan gula dan air, jangan lupa tambahan es batu, tes rasa dari es blewah yang anda ciptakan, berikan tambahan gula jika kurang manis, lebih baik menggunakan gula yang sudah di cairkan, dari pada gula pasir secara langsung untuk mempermudah parutan dalam air, 

8. Es Cincau

Cincau adalah jenis agar-agar yang terbuat dari daun-daunan yang telah di olah, ada dua macam jenis cincau, ada yang berwarna hijau atau cincau hijau dan ada cincau hitam karena warnanya yang hitam. Sebagian daerah menyebut es cincau ini dengan es strup. Cara penyajiannya menggunakan sirup dengan tambahan es batu pasti segar sekali. 

Dulu penyajian cincau dengan cara di potong dadu, saat ini banyak penjual cincau yang menyajikan cincau dengan tampilan bar yang berbentuk panjang selayaknya mi berwarna hitam. Beberapa penjual juga mengkreasikan cincau dengan rasa lain, yaitu cappucino, cappucino bubuk di blender dengan es batu kemudian di lengkapidengan cincau hitam mi pada bagian bawah, terasa segar ketika melalui tenggorokan

9. Gorengan

Satu jajanan ini sebenarnya kurang sehat jika dikonsumsi terus menerus ya, jadi kontrol makanan ini, karen jika di konsumsi berlebihan bisa menyebabkan kolesterol, penumpukan lemak jahat dan banyak hal buruk lainnya, gorengan memang manjadi andalan untuk berbuka puasa, rasanya yang sedap dengan beragam isi membuat masyarakat tidak mampu berpaling dari jajanan satu ini. 

Untuk mendapatkan gorengan yang lebihsehat tidak ada salahnya anda membuat sendiri di rumah, selain bahan dan juga cara pembuatan yang lebih higienis anda juga bebas menggunakan isian apapun didalamnya. 

Demikian beberapa makanan khas bulan ramadhan yang perlu anda ketahui, selain membeli secara langsung anda juga bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Karena membuat sendiri akan menjamin kualitas dari pengolahan hingga bahan-bahan yang di pakai, anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang di butuhkan melakui ilotte department store, anda bisa membeli langsung atau berbelanja secara online agar waktu bisa di gunakan dengan lebih produktif.

Perawatan Khusus Untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Kedatangan jerawat dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Selain itu hal ini juga dapat menimbulkan rasa yang tidak percaya diri, karena jerawat dapat mengganggu penampilan diri seseorang. 

Jerawat yang muncul dapat di picu oleh beberapa hal. Selain menggunakan produk perawatan wajah laki laki, maka sangat disarankan bagi Anda untuk mengetahui penyebab dari timbulnya jerawat itu sendiri.

Perawatan Wajah Pria

Penanganan yang tepat dalam mencegah jerawat pada dasarnya lebih mudah dibandingkan dengan mengatasi wajah yang sudah berjerawat. Agar wajah Anda tidak menimbulkan jerawat yang membandel, maka Anda dapat mengetahuinya pemicu timbulnya jerawat di wajah, yaitu sebagai berikut:

Makanan yang tinggi lemak


Makanan yang mengandung banyak minyak dan gula dapat memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Jika Anda adalah tipe orang yang suka mengkonsumi makanan tinggi lemak, ada baiknya jika Anda menguranginya trelebih dahulu. Imbangi juga dengan mengkonsumsi banyak air putih dan konsumsi makanan yang sehat.

Jarang mencuci wajah


Malas mencuci wajah juga menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Terlebih lagi setelah melakukan aktiftas berat di luar ruangan, tentunya hal ini semakin banyak jerawat yang bisa muncul di wajah. 

Nivea Men

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan produk Nivea mens untuk jerawat yang bisa untuk dijadikan sebagai produk andalan. 

Produksi minyak wajah berlebihan


Wajah berminyak juga menjadi pemicu tumbuhnya jerawat di wajah. Padahal produksi minyak pada wajah pria cenderung lebih banyak dibandingkan dengan produksi minyak pada wajah wanita. 

Untuk mengatasi wajah berminyak, maka seorang pria diharuskan untuk menjaga kebersihan wajahnya dengan sebaik mungkin. Langkah yang dapat untuk dilakukan yaitu dengan rajin mmbersihkan kotoran dan debu pada wajah. 

Ketiga penyebab yang ada di atas dapat untuk Anda atasi hanya dengan 1 produk andalan dan sudah terpercaya, yaitu Oil Attack+Bright dati produk Nivea. Produk Nivea ini merupakan produk yang dapat membersihkan winyak wajah yang berlebih sampai pori-pori terdalam. Dengan demikian wajah tidak akan terlihat mengkilap namun memberikan kesan yang lebih cerah.