Modal Usaha dari Bank BCA Untuk Bisnis Kuliner

PT. Bank Central Asia, merupakan salah satu perusahaan perbankan yang menawarkan banyak produk finansial dengan pelayanan yang prima. Nah, di antara banyaknya jenis pinjaman bank BCA seperti kredit pembelian kendaraan, KPR, hingga pendidikan, produk pinjaman modal usaha dari Bank BCA juga termasuk salah satu produk yang banyak dibutuhkan, sekaligus bisa dijadikan solusi untuk para pelaku usaha. 

Pinjaman Modal Usaha BCA

Terlebih, kini pelaku usaha khususnya bisnis kuliner telah merajalela membangun persaingan yang ketat. Sebut saja makanan dan minuman hits, yang belakangan sedang tren. Tentunya, para pelaku usaha tersebut sangat membutuhkan jasa pinjaman modal usaha, seperti yang ditawarkan oleh Bank BCA.

Selain itu, bunga pinjaman dari Bank BCA saat ini sekitar 1.00% hingga 1.07%, dengan tenor pinjaman mulai 1-3 tahun. Namun, seperti produk pinjaman pada umumnya, Bank BCA juga menyaratkan peminjam untuk memiliki rekening Bank BCA, kartu kredit BCA yang telah dimiliki selama satu tahun, atau dikhususkan bagi nasabah payroll. 

Nah, dengan adanya solusi modal usaha dari bank BCA, Anda mungkin saja bisa ikut membangun impian untuk menjadi pengusaha bisnis kuliner. Pasalnya, bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang dipercaya tidak akan pernah mati dari waktu ke waktu, karena makanan termasuk dalam kebutuhan primer manusia. 

Namun, meski Anda telah mengetahui bahwa ada peluang mendapatkan modal usaha dari bank BCA, Anda juga perlu melakukan berbagai tahap untuk memulai sebuah bisnis kuliner. Karena, sebuah bisnis yang sukses, harus dilakukan dengan perjuangan yang matang. 

Selain punya modal usaha dari bank BCA, Anda juga perlu adanya komitmen


Modal usaha dari bank BCA, memang merupakan hal penting bagi majunya bisnis Anda, namun hal penting lainnya untuk mengembangkan bisnis adalah komitmen. Pasalnya, di dalam menjalankan bisnis kuliner, Anda akan dihadapi dengan berbagai tantangan yang besar. 

Meski modal usaha dari bank BCA yang didapatkan kecil, jika komitmen Anda besar untuk tetap bertanggung jawab, hingga menjalaninya dengan terorganisir dan pelayanan terbaik, bisnis kuliner Anda niscaya akan balik modal lebih cepat. 

Membuat konsep yang menarik, agar modal usaha dari bank BCA mudah disetujui


Untuk bisa dapatkan modal usaha dari bank BCA, Sebaiknya jangan buang peluang baik Anda, mendapatkan sebuah pinjaman modal usaha dari bank BCA juga perlu persetujuan, sehingga Anda harus membuat sebuah bisnis kuliner dengan konsep yang menarik. 

Selain dari sisi untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha, membuat bisnis kuliner dengan konsep yang menarik juga akan membantu bisnis Anda lebih tersorot perhatian orang banyak. Buatlah, konsep dengan tema-tema yang belum pernah ada sebelumnya, atau dengan keunikan ragam jenisnya, rasanya, kemasannya, hingga pelayanannya. 

Niscaya konsumen akan lebih tertarik mencoba, ketika melihat sesuatu yang unik dan baru. Pasalnya perhatian pelanggan juga menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalani sebuah bisnis kuliner. 

Perhitungkan modal dana usaha di awal dengan matang


Sebelum Anda mengajukan pinjaman modal usaha dari bank BCA, sebaiknya Anda perhitungkan dulu seberapa besar jumlah yang dibutuhkan. Sehingga pengajuan modal usaha dengan kebutuhan bisnis kuliner bisa saling melengkapi. Artinya tidak ada pengeluaran yang tiba-tiba muncul, padahal diperhitungan awal tidak tercatat. 

Nah, jika tahapan tersebut telah Anda persiapkan, saatnya mengetahui tentang dua produk BCA yang bisa dijadikan solusi modal usaha, berikut ini:

  • BCA Business Personal Loan

Nasabah BCA bisa mendapatkan modal usaha tanpa perlu pusing memikirkan aset yang bisa dijadikan agunan atau repot meluangkan waktu menyambangi kantor cabang BCA terdekat.

Sebab, pengajuan BCA Business Personal Loan cukup melalui smartphone, dan persyaratan dokumen yang mudah. Selain itu prosesnya juga cepat loh.

Apa itu BCA Business Personal Loan?


BCA Business Personal Loan atau biasa disebut BPL adalah pinjaman produktif tanpa agunan yang diberikan oleh BCA kepada nasabahnya yang pengusaha, pebisnis, atau pedagang.

Di mana pembayaran kembali pinjaman BCA Business Personal Loan dilakukan secara angsuran menggunakan fasilitas autodebet dalam jumlah tertentu setiap bulan selama jangka waktu 1 – 3 tahun.

Lalu apa keuntungan serta syarat yang harus disiapkan? Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait jenis produk BCA Business Personal Loan dan juga BCA Personal Loan/Kredit Tanpa Agunan, bisa Anda baca di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/butuh-modal-usaha-tapi-gak-ada-agunan-buat-jaminan-bca-punya-solusinya/

Tips Cari Kredit Pendidikan yang Aman

Setelah muncul anjuran dari Presiden Jokowi pada bulan Maret lalu, beberapa bank dan lembaga keuangan lainnya mulai menawarkan kredit pendidikan. Kredit pendidikan menjadi penolong bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya, khususnya untuk jalur pendidikan tinggi. Ini menjadi kesempatan emas, namun juga perlu waspada. Sekalipun sangat membutuhkan kredit pendidikan, pastikan anda tetap berhati-hati dalam memilih. Cari kredit pendidikan yang aman


Pendidikan menjadi kebutuhan utama. Bisnis pendidikan terbukti tak lekang oleh waktu. Semakin maju suatu bangsa, maka akan semakin membutuhkan SDM yang berkualitas. Sayangnya, setiap tahunnya biaya pendidikan terus melambung tinggi. Kira-kira apa ya sebabnya biaya pendidikan yang meningkat setiap tahunnya?


1. Keinginan untuk mendapatkan pendidikan semakin meningkat


Bila pemerintah sudah menfasilitasi wajib belajar 12 tahun, tak membuat masyarakat berhenti mengenyam pendidikan. Tak hanya ingin meraih gelar sarjana saja. Saat ini banyak juga masyarakat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi lagi. Pendidikan pasca sarjana menjadi sangat diminati.

2. Inflasi


Naiknya biaya pendidikan juga tidak terlepas dari adanya inflasi. Tenaga pendidikan ingin meningkat kesejahteraannya. Gaji pendidik naik, maka biaya pendidikan ikut naik.

3. Perubahan standar pendidikan


Standar pendidikan msayarakat juga mengalami perubahan. Sekarang ini banyak permintaan dari para peserta didik akan fasilitas pendidikan yang bisa dinikmati. Semakin bagus fasilitas pendidikan, tentu semakin besar pula biaya pendidikan yang harus dikeluarkan.

Besarnya biaya pendidikan, membuat kredit pendidikan semakin diminati oleh masyarakat. Sebagaimana dalam hukum ekonomi, naiknya permintaan akan sebanding dengan kenaikan penawaran. Banyak kredit pendidikan yang ditawarkan. Makanya anda harus hati-hati dalam memilih. Pastikan anda memilih kredit pendidikan yang aman. Khusunya bila anda mengajukan kredit pendidikan secara online.

Berikut adalah beberapa tips mencari kredit pendidikan yang aman:

  • Terdaftar OJK

Hal pertama yang harus di cek adalah apakah Fintech yang menawarkan kredit pendidikan tersebut aman adalah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Fintech yang sudah terdaftar di OJK pasti aman dan kredibel.

  • Cari tahu bunga pinjaman dan denda keterlambatan

Anda harus cari tahu besaran bunga yang diberikan. Tentunya pilih yang bunganya paling ringan. Fintech yang aman akan memberikan informasi lengkap diawal, tentang besaran bunga dan denda bila terlambat menbayar kredit.

  • Pinjam 30% dari pendapatan

Sekalipun sangat butuh biaya pendidikan, jangan mengajukan kredit dengan jumlah melebihi pendapatan yang dimiliki. Maksimal sisihkan 30% pendapatan untuk membayar kredit. Jika lebih dari itu, anda akan kesulitan dalam melakukan pembayarannya.

  • Pilih besaran pinjaman dan tenor sesuai kebutuhan

Pilih jumlah kredit pendidikan sesuai kebutuhan. Tak perlu dilebihkan untuk kebutuhan lainnya. Juga pilih jenjang waktu yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan anda. 

  • Pahami kontrak perjanjian

Sebelum menandatangani kontrak perjanjian kredit pendidikan, baca dengan teliti semua butir kontrak. Jangan sampai anda dirugikan dengan butir-butir kontrak yang ada. Bila ada butir-butir kontrak yang tidak anda pahami, mintalah penjelasan secara gambling. Saat semua sudah anda pahami, barulah anda tandatangani kontrak tersebut. 

  • Pilih yang menjaga kerahasiaan data 

Di era digital seperti ini, data menjadi barang mewah. Banyak kasus penjualan data nasabah untuk kepentingan kredit yang merugikan. Pastikan Fintech yang anda pilih bisa menjaga kerahasiaan data anda.

Sebelum mencari kredit pendidikan, pastikan anda memperkaya literasi finansial anda. Cari segala hal yang berhubungan dengan kredit pendidikan yang aman. Semua hal tersebut bisa anda dadapatkan di https://www.cekaja.com/kredit-pendidikan

Tukang Parkir Pasar dan Pembelajaran Pentingnya Hari Ini

"Woyyyy... buuuuk.. woooyyyy... wuuuuuwwhh.." teriak tukang parkir pasar langganan tadi pagi dengan tatapan tanjamnya. 


Aku yang baru saja keluar dari pasar sambil menenteng kantong berisi belanjaan heran melihat tingkah abang parkir itu. Setelah melihat ekspresi galaknya waktu berteriak, kemudian aku lempar pandanganku ke arah tatapannya. Ternyata dia meneriaki ibu-ibu yang baru mulai memacu motor ke luar area parkir menuju jalan raya. 

Pura-pura tidak dengar, begitu yang terlihat. Karena jarak dan teriakan si abang parkir ini sangat memungkinkan ibu seharusnya menoleh. "Mungkin nggak bayar parkir." Otomatis pikiranku menuduh si ibu begitu setelah melihat situasinya.

Heran saja, kenapa sampai seperti itu si abang parkir. Karena setiap hari pasaran dia akan kebanjiran receh 2000an untuk tiap kendaraan yang dititipkan padanya. Satu teras ruko dengan ukuran lumayan luas ditambah pinggiran pasar selalu penuh jejeran puluhan motor yang dia amankan. Silih berganti dari pagi sampai siang.


Pasti banyak uang yang bisa dia dapat dalam setengah hari bekerja kan. Selain itu, dia termasuk orang yang ramah menurutku. Walaupun gayanya yang slengek'an. Lagipula aku juga pernah tidak bayar parkir, gara-gara uang yang dibawa belanja kebetulan pas banget. Tidak ada sisa sepererpun. 

Setelah bilang baik-baik tidak bisa bayar, abangnya santai-santai saja. "Nggak apa-apa." Katanya, sambil tetap menuntun motorku ke pinggir jalan raya. Tapi kenapa tadi dia bisa sampai galak begitu ke ibu-ibu yang pergi tanpa bayar parkir?

Karena selama menjadi pelanggannya, aku tahu betul kebiasaan si abang parkir ini. Dia bukan tipe tukang parkir yang tiba-tiba muncul pas kita mau pulang saja dan yang waktu kita datang dia entah masih di belahan bumi bagian mana. 

Dia akan merapikan motor-motor yang baru datang dan dititipkan padanya. Saat si pelanggan pulang, dia akan sigap menarik motor dari barisan dan dituntun ke pinggir jalan agar si pelanggan tinggal nengkreng di motor lalu tancap gas. Kadang juga dia dengan suka rela membantu menata belanjaan di atas motor, terutama ibu-ibu yang belanjaan banyak.

Jawaban dari pertanyaanku tentang sikapnya tadi ternyata berhubungan dengan attitude sodara-sodara.

Mungkin karena merasa sudah akrab dengan aku karena sering menitip motor padanya begitu tiba saat giliran si abang menuntun motorku yang siap dibawa pulang, tiba-tiba dia bilang "Ibu tadi nggak bayar. Tahu-tahu pergi." Aku jawab saja, "Ya udah ikhlasin aja, mungkin duitnya habis buat belanja tadi." 

Aku sempat kaget disusul anggukan saat mendengar jawabannya, "Kalau bilang nggak punya uang gitu malah saya nggak apa-apa. Tadi saya mintain uang dia diem aja sambil buka-buka dompet. Trus saya tinggal dulu ngeluarin motor yang lain kok dia malah kabur. Kalau kayak gitu kan bikin kesel." Dia jawab begitu dengan nada biasa dan mimik wajah seperti biasanya tidak emosi atau marah.

Dia hanya merasa tidak dihargai, begitu yang aku tangkap dari yang dia sampaikan. Memang sikap yang baik pada orang lain akan membuatnya merasa dihargai. Jika seseorang sudah merasa dihargai, tentu perlakuan pada kita akan baik juga. Komunikasi yang baik juga tidak kalah perlu dipelajari oleh siapapun. Kalau saja si ibu bilang jika kondisinya tidak ada uang untuk membayar jasa parkir, pasti akan dimaklumi. Dan tidak perlu terjadi peristiwa yang "bikin malu" tadi.

Memang bicara itu menjadi hal yang sangat sulit untuk sebagian orang. Padahal dengan mengkomunikasikan sesuatu akan lebih melegakan. Orang lain tahu permasalahan kita dan mereka berusaha memaklumi keadaan kita.

Sebuah pelajaran banget kan~

Dari peristiwa kecil bisa dijadikan materi penting untuk kehidupan. Menghargai orang lain dan belajar berkomunikasi jadi poin penting dari pelajaran abang parkir hari ini. 

"Apa susahnya ngomong?, bilang aja mau nya gimana? Susahnya dibagian mana? Ayo kita cari solusinya!" Begitu sederhananya tujuan berbicara. Dan untuk si ibu, aku yakin banget untuk beberapa minggu bahkan bulan pasti kalau ke pasar akan lewat jalan lain dan tempat parkir yang jauh dari jangkauan abang ini. Sekian curhatnya. Semoga bahagia semuanya. :D

Samakah Agen Asuransi dengan Broker Asuransi?

Tidak bisa dipungkiri lagi jika saat ini asuransi merupakan kebutuhan penting bagi sebagian besar orang. Baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.   


Semakin tinggi kesadaran para pebisnis bahwa asuransi adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerugian finansial dari berbagai risiko yang bisa saja muncul. Beberapa proteksi asuransi meliputi jaminan kesehatan karyawan hingga aset perusahaan.

Memiliki asuransi pada dasarnya merupakan sebuah proteksi finansial. Artinya bila terjadi kerugian terhadap objek yang diasuransikan, maka perusahaan asuransi akan mengganti biaya yang dikeluarkan akibat risiko tersebut sesuai dengan manfaat polis asuransi yang dibeli.

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk membeli asuransi sesuai kebutuhan. Cara yang paling dikenal luas adalah membeli melalui agen asuransi dan broker asuransi. Apakah keduanya memiliki fungsi dan peran yang sama? 

Agen Asuransi


  • Seseorang atau badan hukum yang bekerja di bawah sebuah lembaga asuransi tertentu dan menghubungkan jasa asuransi atas nama tertanggung dengan satu perusahaan asuransi saja.
  • Tugas utama agen asuransi adalah menjual produk dari satu perusahaan asuransi.
  • Memiliki perjanjian keagenan dengan sebuah perusahaan asuransi, baik agen independen maupun agen yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan tertentu. Pendapatan agen asuransi berdasarkan gaji dan/atau komisi.
  • Menurut pasal 5 UU No.2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian, agen asuransi hanya boleh memberikan jasa pemasaran bagi satu perusahaan asuransi saja.
  • Lisensi keagenan asuransi jiwa harus terdaftar dalam AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), sedangkan keagenan asuransi umum harus terdaftar dalam AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia).


Broker Asuransi 


  • Broker asuransi atau disebut sebagai pialang asuransi, tidak terikat bekerja di bawah lembaga asuransi manapun. Sehingga memiliki keleluasaan untuk membandingkan berbagai produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Asuransi yang ditangani oleh broker asuransi biasanya terkait dengan kegiatan bisnis atau komersial dan memiliki nilai asuransi yang cukup besar, seperti asuransi kesehatan untuk karyawan, asuransi umum mulai dari properti, kargo, konstruksi, infrastruktur, afinitas, hingga cyber.
  • Tugas broker asuransi adalah memastikan klien (nasabah) mendapatkan produk asuransi yang tepat dengan membandingkan beberapa pilihan berdasarkan kebutuhan sesuai dengan identifikasi risiko yang dilakukan sebelumnya.
  • Broker asuransi diharuskan memberikan konsultasi sebelum memberikan solusi pilihan produk asuransi yang tepat sehingga klien (nasabah) bisa meningkatkan ketahanan, dan meminimalkan biaya atas risiko kerugian finansial yang dapat terjadi.
  • Broker asuransi bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi terkemuka, sehingga dapat memberikan beberapa pilihan produk asuransi, serta menjembatani negosiasi terkait premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien asuransi (penanggung).
  • Selama polis berjalan, broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan inspeksi risiko, program administrasi, dan melakukan layanan konsultasi klaim.
  • Broker asuransi tidak boleh menjadi agen asuransi untuk produk tertentu. Karena broker asuransi tidak bekerja di bawah perusahaan asuransi.

Dari perbandingan di atas, terlihat jelas perbedaan peran dan tugas antara agen asuransi dan broker asuransi. 

Jika Anda ingin menggunakan broker asuransi, pilih perusahaan broker asuransi yang berpengalaman dan terkemuka, misalnya Marsh Indonesia, yang  sudah banyak membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dari ukuran kecil hingga besar.

Di samping itu, Marsh Indonesia juga memiliki tim dan spesialisasi industri yang membantu klien untuk lebih memahami profil risiko bisnis yang dihadapi dengan segala kompleksitas sekaligus peluang yang mungkin ada di dalamnya, sehingga solusi asuransi yang diberikan pun tepat dan sesuai kebutuhan.

Ibu Cerdas Harus Tahu Posisi Menyusui Yang Benar

Seminggu pertama dan saat si kecil berusia 6 minggu, adalah masa-masa menyusui yang paling krusial. Seorang ibu tidak bisa asal menyusui bayinya, harus memiliki pengetahuan mengenai teknik menyusui seperti posisi ibu dan bayi.

Banyak juga faktor yang mengakibatkan ibu gagal memberikan ASI eksklusif untuk bayi, salah satunya kelelahan. Selain itu, banyak juga ibu yang tidak memperhatikan teknik dan posisi saat menyusui padahal hal ini bisa membuat ASI lebih lancar lagi. Maka dari itu, ibu harus mempelajari teknik-teknik dari posisi menyusui agar kebutuhan ASI bayi terpenuhi.

Posisi Menyusui yang Benar
Posisi Menyusui yang Benar

Ibu harus menemukan posisi menyusui yang benar, bisa dengan duduk di kursi agar nyaman atau dengan menyangga lengan ibu dan bayi memakai bantal di sisi lain. Ibu bisa memeriksa popok bayi, atau untuk lebih nyamannya ibu bisa mengganti popok bayi sebelum menyusui. Karena dengan mengganti popok, dapat membantu lebih menstimulasi bayi apalagi jika bayi sedang mengantuk.

Ada tiga posisi yang bisa ibu lakukan untuk menyusui agar ASI keluar dengan lancar dan membuat ibu dan bayi nyaman. Berikut ini ulasan dan penjelasan mengenai ketiganya. Yuk, disimak!

Cradle Position


Posisi menyusui yang benar ini, ibu menyenderkan punggung pada sandaran kursi atau tempat tidur dengan disangga bantal. Posisikan bayi dengan menggendong di lengan, dan posisi perut bayi berhadapan dengan posisi perut ibu. Kepala bayi diletakkan di siku ibu, untuk posisi telinga, bahu, pinggul bayi harus posisi garis lurus. Sedangkan posisi lengan bawah bayi biarkan keluar.

Football Hold


Posisi yang satu ini cocok untuk yang melahirkan dengan operasi sesar, memiliki payudara yang besar, atau mempunyai inverted nipples. Tidak hanya itu, posisi Football Hold cocok juga untuk bayi yang aktif atau tidak bisa mencapai puting payudara. Posisi ibu duduk di kursi atau menyender pada sandaran tempat tidur, letakkan bantal di samping ibu. Sedangkan posisi bayi terlentang dan sama derajatnya dengan payudara ibu. Sangga bayi dengan lengan dan bantal.

Tugas ibu selanjutnya agar mendapatkan posisi menyusui yang benar adalah mendekap bayi dengan menggunakan tangan untuk menyangga kepala bayi dan leher. Dekatkan bayi dengan tubuh ibu, sebisa mungkin posisi kaki bayi lurus ke arah punggung ibu dan wajah bayi menghadap ibu.

Side-lying Position


Untuk teknik side-lying position biasanya untuk ibu yang setelah operasi sesar dan masih dalam pengaruh dari anestesi spinal. Posisi yang satu ini bisa membuat ibu dan bayi tidur bersamaan karena posisinya yang nyaman.

Posisi menyusui yang benar satu ini, ibu memosisikan diri berbaring dengan kepala dan bahu disangga bantal untuk menyangga tubuh. Payudara untuk bayi diposisikan menyentuh tempat tidur. Biasanya dengan posisi ini ibu akan kelepasan terlentang sehingga payudara yang masuk ke mulut bayi akan terlepas. Untuk mencegahnya, pastikan ada bantal atau pengganjal di punggung ibu agar tidak terlentang.

Untuk bayi, posisikan bayi tepat di samping ibu dan kepala bayi menghadap ibunya. Yang harus ibu perhatikan adalah hidung bayi untuk tidak tertutup payudara, dan juga telinga bayi agar sejajar dengan bahu.

Posisi mulut bayi pun harus diperhatikan oleh ibu agar nyaman, bukan hanya posisi menyusui yang benar saja. Posisi letak mulut bayi yang benar ialah pastikan dagu bayi menempel pada payudara. Ibu harus memastikan yang masuk ke dalam mulut bayi adalah puting serta areola yaitu bagian payudara sekitar 2 cm dari puting. Mulut bayi pun harus terbuka lebar.

Itulah ulasan mengenai posisi menyusui yang benar bagi ibu untuk ibu dan bayi agar keduanya nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Menjaga Kesehatan Keluarga


Semua orang tentu selalu mendambakan keluarga yang sehat dan bahagia. Kesehatan keluarga termasuk menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena, jika kesehatan baik maka akan membuat keluarga menjadi lebih bahagia. Untuk itu, alangkah baiknya bisa menjaga kesehatan dari keluarga.

Menjaga Kesehatan Keluarga
Menjaga Kesehatan Keluarga

Memang, bukan perkara yang mudah untuk bisa menjaga kesehatan keluarga. Karena, akan banyak tantangan di dalam prosesnya. Terutama, untuk orang tua yang memang harus mampu dalam menjaga kesehatan keluarganya. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan keluarga. Apa saja caranya? Simak ulasan lebih jelasnya ada pada artikel ini.

Cara Menjaga Kesehatan Keluarga Dengan Benar


Jangan sampai salah dalam menjaga kesehatan dari keluarga. Ketahui beberapa caranya dibawah ini:

Konsumsi Obat Obatan Herbal


Penggunaan obat dengan bahan kimia yang berlebihan tentu sangat tidak direkomendasikan. Mengapa demikian? Karena, bisa membantu kinerja tubuh menjadi kurang baik. Mungkin, banyak yang merasakan bahwa bisa mengobati secara cepat. Namun, untuk dampaknya tidak bisa kamu rasakan sekarang.

Melainkan, akan mendapatkan dampak dari penggunaan obat obatan tersebut nanti. Yaitu, saat sudah dalam kondisi yang kurang berkenan. Untuk itu, jika anda membutuhkan obat sangat disarankan menggunakan yang herbal. Obat herbal tentu akan lebih bermanfaat dan tidak memiliki efek samping. Meskipun kamu harus menggunakannya secara rutin!

Jaga Kebersihan


Siapa yang sampai saat ini tidak peduli dengan kebersihan? Jika kamu ingin memiliki keluarga yang sehat, maka mulai sekarang jaga selalu kebersihan. Terutama, di dalam rumah yang memang harus diperhatikan secara mendalam. Jangan sampai, terdapat kotoran yang justru dapat membuat keluarga menjadi tidak sehat.

Sangat mudah untuk mengambil contoh, seperti saat kamu selesai makan. Maka apa yang dilakukan? Harus mencuci tangan sampai dengan bersih. Kemudian, untuk kotoran seperti debu alangkah baiknya dilakukan pembersihan secara rutin. 

Jangan biarkan rumah kita ada kotoran yang bisa menimbulkan penyakit. Karena, keluarga yang sehat bersih dari segala jenis kotoran.

Pemberian Nutrisi


Sekarang, coba kamu lakukan pengecekan apakah makanna yang diberikan memiliki nutrisi? Karena, jika makanan tersebut memiliki nutrisi akan membantu memberikan energi tinggi. Kebutuhan nutrisi setiap orang tentu saja berbeda-beda. Seperti untuk kebutuhan nutrisi dari ayah dan anak sangat berbeda.

Karena itu, alangkah baiknya bisa memberikan nutrisi yang seimbang dan cukup. Hal ini untuk membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jangan biarkan tubuh kekurangan nutrisinya. Jika berkurang, kesehatan tubuh juga menjadi menurun!

Gaya Hidup Yang Sehat


Apakah kamu sudah menggunakan gaya hidup yang sehat? Jika belum, maka kamu harus memulainya dari sekarang. Untuk gaya hidup yang sehat bisa kamu lakukan mulai dari hal kecil. Seperti untuk tidak tidur terlarut malam, tidak merokok dan minuman keras serta yang lainnya.

Mulailah untuk menggunakan gaya hidup yang sehat. Seperti berolahraga dengan cukup, makanan bernutrisi dan istirahat secara seimbang. Dengan begitu, kesehatan akan tetap terjaga dan memberikan manfaat tubuh menjadi lebih baik!

Begitulah ulasan lengkap mengenai cara menjaga kesehatan keluarga. Sudah saatnya, untuk para orang tua agar lebih aktif untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga. Karena, jika keluarga sehat akan menjadi lebih menyenangkan!

Jaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin Dengan Tips Berikut

Masa hamil menjadi waktunya sang istri menjaga dengan maksimal kondisi kesehatannya yang juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan janin. Ada banyak hal yang pantang dan juga hal wajib yang harus dilakukan oleh para ibu yang sedang hamil termasuk memahami kalkulator kehamilan


Dengan begitu, maka nantinya segala proses masa hamil bisa berjalan dengan lancar. Masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa tips jitu menjalani masa kehamilan dengan benar. Kita semua lebih baik tahu cara tepat menjalani masa hamil dengan sehat satu ini, kalau ingin masa kehamilan bisa berjalan dengan lancar. 

Memang ada banyak dan beragam tips jitu menjalani masa kehamilan dengan benar. Terdapat salah satu cara tepat menjalani masa hamil dengan sehat seperti misalnya dengan tidak berlebihan saat mengonsumsi berbagai karbohidrat olahan. 

Asupan makanan seperti roti putih, permen, nasi putih, dan soda bisa bergerak masuk degan cepat ke aliran darah dalam tubuh kita, dan mampu melonjakkan tingkat glukosa darah. Hal tersebut bisa saja mengakibatkan bayi yang baru lahir akan gemuk. Jika sudah seperti itu, maka bisa menimbulkan berbagai risiko seperti berat badan yang berlebihan pada saat nanti mereka dewasa.

Ada lagi tips lainnya yaitu rutin berolahraga, terdapat banyak sekali manfaat dari aktivitas olahraga ini selama kehamilan baik itu untuk Anda maupun untuk si anak bayi. Kamu bisa meluangkan waktu sekitar 30 menit untuk menjalani berbagai aktivitas fisik tiap harinya. 

Kamu jangan melakukan olahraga dengan kegiatan yang berat, kamu bisa melakukan gerakan olahraga yang ringan. Atau kamu juga bisa mengonsultasikan bersama dengan dokter mengenai batasan gerakan olahraga mana dan batas waktu yang aman. Selain dari yang di atas, memang masih terdapat tips jitu menjalani masa kehamilan dengan benar lainnya. 

Tips penting lainnya pada saat sedang hamil yaitu dengan mencukupi waktu istirahat. Tentunya normal merasa lebih cepat lelah selama hamil khususnya trimester pertama. Penyebabnya adalah tubuh kamu sedang melakukan pembiasaan diri dengan berbagai perubahan hormon di dalam tubuh yang tentunya cepat. Kamu harus istirahat sebisa mungkin dan sebanyak mungkin yang kamu bisa, termasuk istirahat saat selang waktu bekerja. 

Kamu harus meluangkan waktu untuk istirahat tidur siang walaupun sedang berada di kantor kalau memang situasinya memungkinkan. Kamu bisa mencoba untuk menjadwalkan tidur yang lebih awal paling tidak satu malam tiap minggu. Kalau kamu susah tidur, cobalah bersantai dengan membaca buku ataupun mendengarkan musik yang berlantun lembut supaya membantu kamu bisa rileks. Kamu juga harus mematikan ponsel dan sejenak melupakan soal pekerjaan. 

Lebih baik kamu berpikir bahwa hal-hal yang mencakup pekerjaan bisa diselesaikan nanti. Kamu bisa memanfaatkan cara tepat menjalani masa hamil dengan sehat di atas jika ingin masa kehamilan bisa berjalan dengan lancar. Itu saja ulasan sederhana mengenai tips jitu menjalani masa kehamilan dengan benar kali ini. 

Dengan ulasan di atas, maka kamu dapat semakin mengerti apa cara tepat menjalani masa hamil dengan sehat. Lebih baik kalau kamu selalu mengingat tips jitu menjalani masa kehamilan dengan benar ini supaya kamu ingin masa kehamilan bisa berjalan dengan lancar. Semoga artikel mengenai cara tepat menjalani masa hamil dengan sehat ini bisa membantu wanita-wanita hebat semua. Dari berbagai macam perjuangan ibu hamil, tentunya akan menghasilkan sang buah hati yang sehat dan dalam keadaan normal.

Tips Penting Merencanakan Pesta Ulang Tahun

Hari kelahiran yang diulang tiap satu tahun sekali sangat berkesan untuk sebagian orang. Walaupun ada beberapa yang cuek-cuek saja dengan hari kelahirannya. Bagi orang yang memiliki kenangan membahagiakan, pasti akan menanti-nanti tibanya hari ulang tahun ini. 

Tips adakan Pesta Ulang Tahun
Pesta Ulang Tahun 

Tentunya ucapan ulang tahun dari orang yang ada disekitarnya sangat berarti untuknya. Selain itu juga adanya pesta ulang tahun sangat diinginkan oleh mereka yang sedang menanti hari bahagianya itu. Apalagi pesta yang dibuat adalah pesta kejutan dari orang-orang terdekatnya.

Dengan begitu, tentunya acara ulang tahun bisa semakin meriah. Namun jika pesta ulang tahun memang sengaja kita buat sendiri untuk berbagi kebahagiaan dengan orang yang berpengaruh untuk kita juga tidak apa. Mengadakan pesta ulang tahun tersebut, bisa diselenggarakan langsung di rumah sendiri. Kadang kala, ada hal yang membingungkan saat ingin mengadakan pesta ulang tahun tersebut bukan?

Bagi kamu yang ingin tahu lebih tentang tips penting saat acara ulang tahun di rumah, kamu dapat menyimak info di bawah ini. Pastinya kita semua lebih baik mengetahui cara mudah mempersiapkan pesta acara ulang tahun sendiri ini. Hal tersebut dikarenakan supaya kita bisa dimudahkan jika ingin membuat pesta acara ulang tahun berjalan lancar. 

Salah satu tips penting saat acara ulang tahun di rumah yaitu dengan menentukan dan mendiskusikan jumlah tamu dan membuat daftar undangan. Pada saat sedang menyelenggarakan acara pesta ulang tahun, maka tentunya harus tahu siapa saja nantinya yang diundang. 

Selain itu, harus juga dibuat jumlah dan juga daftar undangan acara pesta ulang tahun tersebut dengan terperinci. Sebagai contoh yaitu misalkan kamu ingin mengundang satu keluarga dan keluarga tersebut memiliki 5 orang anggota keluarga. Maka pada daftar undangan acara pesta ulang tahun yang ingin diselenggarakan, ditulis dengan jumlah 5 orang untuk satu keluarga tersebut. Dengan begitu, maka bertujuan untuk bisa menghitung berapa total tamu secara keseluruhan dan juga bisa membuat perhitungan rencana anggaran acara pesta ulang tahun yang lebih detail.

Tips penting saat merencanakan acara pesta ulang tahun yaitu dengan merencanakan anggaran acara pesta ulang tahun tersebut seperti yang sudah disebut sebelumnya. Kamu harus menulis segala macam kebutuhan dan juga perkiraan biaya acara pesta ulang tahun secara rinci. 

Tips Adakan Pesta Ulang Tahun
Tips Adakan Pesta Ulang Tahun

Dengan begitu, maka nantinya akan dihasilkan total kebutuhannya apa saja. Kalau memang jumlah kebutuhan acara pesta ulang tahun lebih dari berapa yang ditargetkan, maka kamu bisa mengurangi bagian tertentu yang memang bisa dihemat atau bahkan dihilangkan. 

Tahap yang satu inilah yang dapat menentukan acara pesta ulang tahun ini bisa dirayakan atau malah ditunda atau bahkan tidak dilakukan. Kadang ada saatnya kita harus terpaksa mengurangi undangan atau menyederhanakan acara pesta ulang tahun tersebut supaya bisa sesuai dengan anggaran yang ada.

Ada cara penting lainnya dalam membuat acara pesta ulang tahun yaitu dengan pemilihan waktu acara yang tepat. Ada berbagai macam masalah tertentu tentunya yang membuat jadwal acara pesta ulang tahun tidak sesuai dengan harinya misalkan karena sedang sakit dan penyebab lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih hari lainnya dan lebih baik hari Sabtu atau hari Minggu agar para undangan tidak berhalangan. 

Sekian saja ulasan cara mudah mempersiapkan pesta acara ulang tahun sendiri kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin membuat pesta acara ulang tahun berjalan lancar. Dengan bahasan di atas, maka kamu bisa semakin mengerti tips penting saat acara ulang tahun di rumah. 

Jangan lupa juga untuk memberikan do’a terbaik untuk yang berulang tahun karena do’a menjadi unsur yang penting. Memang ada beberapa orang yang tidak tahu jelas apa saja cara mudah mempersiapkan pesta acara ulang tahun sendiri. 

Dengan artikel sederhana kali ini, semoga kamu dapat lebih paham mengenai tips penting saat acara ulang tahun di rumah. Selamat mencoba cara mudah mempersiapkan pesta acara ulang tahun sendiri yang sudah dibahas di atas.

Model Rambut Wanita Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Bagi seorang wanita rambut itu adalah mahkota. Walaupun sekarang banyak wanita yang menutup mahkotanya dengan hijab, tapi tetap saja keindahan rambut menjadi dambaan tiap wanita. Sehingga rambut harus dijaga, dirawat, dan selalu ditata dengan baik agar selalu sehat. 

Kalau rambut yang sehat, tentu banyak model rambut yang oke-oke bisa dicoba. Ngomong–ngomong soal penataan rambut, memang saat ini banyak sekali model gaya rambut wanita yang keren-keren. Karena model gaya rambut ini sudah menjadi bagian gaya hidup bagi wanita. 

Gaya Rambut Kekinian
Gaya Rambut Kekinian

Tidak semua gaya rambut kekinian cocok buat kita loh. Tentunya gaya rambut harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa model rambut wanita, bagus untuk wanita yang tidak berhijab dan juga wanita berhijab ya :

1. Model Rambut Long Wavy Hair


Model rambut seperti ini bisa digunakan sebagai salah satu contoh model rambut wanita, dimana model rambut ini memiliki tatanan yang khas yakni dengan memberikan efek pada rambut seperti gelombang dan pada rambut dibuat belah tengah tanpa poni pada bagian depan rambut. 

Long Wavy Hair
Long Wavy Hair

Buat kamu yang memiliki model rambut pendek dan punya bentuk wajah bulat, kamu bisa coba menjadikan model rambut ini untuk rambut kamu. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memanjangkan rambut kamu yang pendek terlebih dahulu.

2. Model Rambut Blow Out


Model rambut seperti ini hampir sama dengan model rambut long wavy hair. Akan tetapi model rambut blow out ini sedikit lebih pendek ditambah dengan efek gelombang yang merupakan ciri khas yang bisa menjadi daya tarik wanita supaya orang melihatnya menjadi terpesona.

Gaya rambut Blow Out Hair
Blow Out Hair

Perbedaan lainnya model ini dengan long wavy hair adalah dengan adanya belah pada rambut yang bisa kamu buat di tengah atau lebih ke pinggir rambut.

3. Model Rambut Asymmetric


Model rambut asymmetric ini merupakan model rambut yang cukup sederhana dan juga sangat mudah dalam menatanya. Model rambut seperti ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki model rambut pendek sebahu, dimana pemotongan model pada sisi lebih panjang dan membuat belahan pada tengah rambut yang akan membuat penampilan kamu semakin menarik. Selain itu, kamu juga bisa memadukannya dengan membuat rambut bergelombang atau curly. 

4. Model Rambut Panjang Dengan Layer dan Poni


Model rambut wanita ini sangat cocok bagi kamu yang ingin tampil cantik setiap hari, dimana model rambu ini memiliki bentuk yang sederhana. Selain itu, model rambut ini bisa digunakan untuk semua model rambut wanita, karena model rambut ini menggunakan model rambut yang diikat ke belakang. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menambahkan poni pada rambut supaya bisa menambah keindahan pada rambut kamu.

5. Model Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah


Ada satu model rambut lagi yang bisa kamu coba, yakni model rambut pendek sesuai bentuk wajah. Sehingga dengan dengan menggunakan model rambut pendek yang sesuai dengan bentuk wajah, otomatis model rambut tersebut akan membuat penampilan semakin cantik dan mempesona. 

Misalnya, jika kamu memiliki bentuk wajah kotak, dimana bentuk wjah kotak ini menampilkan rahang yang sedikit lebih lebar dan berbentuk persegi daripada model rambut lainnya. Adapun model rambut yang cocok digunakan oleh wanita dengan bentuk wajah kotak adalah dengan memberikan poni panjang ke samping sehingga rahang yang kotak akan tertutupi. 

Rambut pendek dengan poni terurai hingga garis pipi akan cocok untuk tipe wajah berbentuk kotak. Selain itu, model rambut pendek pada wajah kotak biasanya tidak membutuhkan bentuk rambut ombak maupun poni yang tebal.

Nah, bagi para wanita yang ingin tampil cantik dan kekinian, beberapa model rambut di atas bisa kamu coba. Terimakasih.

Hadapi Masa Depan Bersama Asuransi Jiwa Flexi Life Dari Astra Life

Asuransi dapat diibaratkan seperti menyediakan safety net untuk berjaga dari hal yang tidak diinginkan. Memiliki asuransi merupakan langkah cerdas agar kemungkinan buruk yang mungkin menimpa kita dikemudian hari tidak menimbulkan kesengsaraan bagi orang yang kita sayangi. Jika berani memilih ber-asuransi berarti kita telah mengamankan mereka yang kita sayangi dari kemalangan hidup.

Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa

Segala sesuatu yang kita miliki tidak bersifat selamanya bukan? Ada saatnya yang kita miliki akan diambil oleh sang pemberi rezeki. Adanya kemungkinan buruk yang bisa terjadi di kemudian hari, sehingga diperlukan persiapan demi kelancaran hidup seterusnya. Saat ini saya masih berstatus single yang belum berkeluarga namun banyak hal yang dipikirkan untuk masa depan. Selama ini saya telah banyak mendapat kasih sayang dari orang tua. Sejak kecil saya dibiayai segala sesuatunya, mulai dari makan, pendidikan, sandang bahkan uang jajan. Saya tidak akan bisa membalas budi beliau berdua, namun setidaknya saya bisa berhenti bergantung pada orang tua dalam urusan materi.

Dengan bantuan modal orang tua, saya sekarang sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Walaupun belum banyak, tapi hal ini tetap wajib disyukuri dan ini merupakan salah satu solusi atas rasa malu karena terus dibiayai orang tua. Jadi walaupun kita tidak akan bisa membalas segala yang telah diberi orang tua tapi setidaknya tidak banyak merepotkan beliau lagi.

Tapi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau di luar dugaan pasti membuat pikiran jadi pusing tak karuan. Seperti beberapa saat yang lalu, saya mengalami masalah kesehatan yang lumayan butuh dana banyak untuk ukuran gaji saya. Tubuh tiba-tiba tidak bisa seimbang, sempoyongan dan tidak menerima asupan makanan atau minuman. Setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi belum sempat dicerna langsung kembali keluar. Setelah dicek dokter disarankan untuk dirawat karena menghindari kemungkinan yang lebih buruk karena tubuh sulit menerima asupan apapun.

Di saat sudah tidak berdaya seperti itu masih saja memutar otak bagaimana cara untuk membayar biaya kesehatan jika saya harus dirawat. Orang tua pasti bersedia membayar jika saya meminta, tapi rasa malu untuk selalu menengadahkan tangan terus muncul. Akhirnya saya menolak anjuran dokter untuk dirawat dan memilih pulang dan diberi obat. Kemauan yang besar agar aman dalam urusan biaya dan sehat sesegera mungkin akhirnya terus memaksakan diri makan apapun itu yang disodorkan ibu. Muntah, isi lagi, muntah, isi lagi. Berkat kesabaran dan ketelatenan ibu saat merawat saya akhirnya membaik walaupun jauh lebih lama dibandingkan jika saya mau dirawat dengan asupan infus.

Dari pengalaman seperti itu saya jadi punya pemikiran untuk mengamankan kehidupan saya agar tetap tidak merepotkan orang tua dan tenang jika hal tidak menyenangkan terjadi. Asuransi langsung terbesit saat memikirkan tentang hal tersebut. Pemilihan perusahaan asuransi yang sesuai harus selektif mengingat banyaknya perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

 Alasan Ber-Asuransi
Alasan Ber-Asuransi 

Saya membutuhkan layanan asuransi yang memiliki 3 (tiga) poin penting menurut saya perlu, yaitu.

1. Jaminan Masa Depan Jika Hal Tak Terduga Terjadi


Segala kemungkinan yang dapat menimpa kehidupan kita seperti kesehatan, gempa bumi, kebakaran dan lain sebagainya dapat kita jamin kelangsungan hidup selanjutnya. Asuransi akan menyelamatkan keadaan finansial kita yang pasti akan terguncang saat menghadapi keadaan tersebut. Seperti menyimpan barang berharga di dalam brangkas pasti lebih aman saat terjadi hal-hal yang buruk. Sehingga pertolongan akan kita peroleh agar selanjutnya bisa menata kembali Perencanaan Keuangan agar kembali stabil.

2. Uang Kecil Untuk Uang Besar


Menyimpan sedikit demi sedikit untuk tiprurat tentu akan lebih ringan dibanding mencari kebutuhan yang besar dalam waktu yang singkat. Sehingga Uang kecil saat ini yang secara berkala dikumpulkan akan menjadi uang besar dan dapat digunakan pada waktu tertentu.

3. Bukti Cinta Untuk yang Tersayang


Asuransi merupakan salah satu bukti cinta kepada yang tersayang. Terlebih jika kita menjadi tulang punggung keluarga, maka kelangsungan hidup orang yang kita sayangi bisa kita selamatkan jika hal buruk menimpa kita. Ber-Asuransi bisa menjadi salah satu Tips Keuangan Keluarga yang paling ampuh.

Asuransi Jiwa Terpercaya
Asuransi Jiwa Terpercaya 

Setelah mencari-cari dengan seksama, akhirnya akhirnya saya memilih Flexi Life Protection (Flexi Life) yang merupakan salah satu produk Asuransi Jiwa dari Astra Life. Flexi life merupakan asuransi jiwa ultra fleksibel pertama di Indonesia. Jadi kamu bisa atur dan sesuaikan sendiri semuanya sesuai tahap dan kebutuhan dalam hidupmu. Karena cerita kehidupan yang terus berubah-ubah maka kebutuhanmu saat ini mungkin saja berbeda beberapa tahun mendatang. Selain itu uang pertanggungan dan premi yang bisa ditentukan dan disesuaikan oleh kita sendiri.

Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Flexi Life ini, yaitu


  1. Saat mendaftar kamu hanya perlu membayar sesuai resikomu saja. Jadi jika mendaftar diusia muda yang resiko lebih sedikit bisa membayar premi lebih murah dibanding jika mendaftar saat usia tua. Polisnya bisa diperpanjang otomatis hingga usia 85 tahun.
  2. Premi Asuransi Jiwa ini bisa disesuaikan dengan kondisimu saat ini secara online. Misalnya bulan ini kita mampu membayar premi Rp 500.000. Sedangkan bulan depan hanya mampu membayar RP 200.000 karena kebutuhan renovasi rumah. 
  3. Untuk pembayaran premi bisa dilakukan tiap bulan atau tiap tahun tergantung kesanggupan.
  4. Nilai perlindungannya bisa dipilih hingga Rp 5 Miliar dengan proses yang mudah tanpa cek medis. Periode pembayarannya pun hanya setahun sekali dan otomatis diperpanjang hingga usia 85 tahun, jadi tidak perlu takut komitmen panjang diawal.

Mengetahui pentingnya Asuransi Jiwa demi lancarnya kelangsungan hidup kita dan orang yang kita sayangi atas kemungkinan buruk yang bisa terjadi, lalu menemukan Asuransi Jiwa Flexibel milik Astra Life ini semakin membulatkan niat untuk ber-Asuransi. Cara mendaftarnya yang sangat mudah, saya yakin semua bisa lancar melakukan pendaftaran seperti yang saya lakukan di website resmi Astra Life.

Daftar Asuransi Astra Life
Daftar Asuransi Astra Life

Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui perangkat komputer atau lewat smartphone yang selalu dalam genggaman. Hanya butuh 5 menit saja, sebagian besar perencanaan hidup mulai tertata. Semua informasi yang kamu butuhkan dapat ditemukan di laman website tersebut. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, ada juga layanan live chat yang siap membantu mengatasi kebingunganmu.

Sebagai Asuransi Jiwa Terbaik, tentunya kemudahan yang diberikan oleh Astra Life tidak perlu dipertanyakan lagi. Perusahaan yang sudah berpengalaman dengan banyak berkiprah dalam pertumbuhan ekonomi di tanah air. Tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa mendaftar menjadi nasabahnya di website Asuransi Astra Life langsung sekarang juga. Kamu bisa gunakan kode refferal BLOGANGGUN98, ya.

Sudah lebih tenang karena sekarang sudah menjadi salah satu nasabah dari Astra Life. Sehingga kemungkinan untuk membebani orang tua yang semakin tua tidak terlalu besar. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan dalam kesehatan maupun pekerjaan bisa menyikapinya lebih tenang. Jadi, kamu kapan mulai mempersiapkan hal baik untuk kehidupanmu?

Kita semua menginginkan semua hal baik-baik saja, namun takdir tetaplah misteri Tuhan kan. Jadi persiapkan yang terbaik untuk masa depanmu dan orang yang kamu sayangi. Agar kamu bisa menjalani kehidupanmu lebih tenang. I Love Life. ☺