Budaya Resolusi Menjelang Pergantian Tahun Masehi

Secara ringkas arti kata resolusi menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah suatu kebulatan putusan berupa tuntutan atau permintaan berdasarkan tetapan rapat. 

Misalnya musyawarah yang dilakukan sebelum melakukan aksi oleh suatu kelompok atau organisasi untuk menentukan tuntutan pada sesuatu, hingga mencapai kesepakatan disebut resolusi.

Namun karena perluasan makna sehingga resolusi juga diartikan sebagai harapan yang dimiliki seseorang dalam hidupnya.

Resolusi tahun baru 2018

Tahun baru masehi selalu indentik dengan kata resolusi. Entah itu resolusi baru atau resolusi yang diperpanjang masa aktifnya.

Beragam macam resolusi tiap orang, sederet cita-cita yang biasa di awang-awang banyak dipindahkan ke dalam catatan. Tak sedikit juga yang dibagikan dalam lisan dan tulisan di media sosial. 

Tak ada yang bisa menyimpulkan, resolusi seseorang lebih baik dibandingkan resolusi yang lainnya. Karena suatu barisan resolusi terbentuk dari pengalaman, cara pandang, keinginan dan kebutuhan seseorang.

Apa-apa yang dirasa pantas dikejar dan diinginkan membentuk pola resolusi dalam kepala. Kadang juga hal yang sangat jauh dari mungkin tetap menempati posisi sebagai salah satu dari kemungkinan resolusi. Karena di dalamnya berisi pengharapan dan cita-cita. 

"Resolusi di tahun baru ini adalah 60 Mega Pixel front camera. Say cheese!!"

Sisi positif dari resolusi adalah semangat dalam hidup. Resolusi akan digunakan sebagai acuan tujuan hidup untuk tahun yang selanjutnya.

Berharap umur masih sepanjang tahun yang baru. Sehingga keinginan melanjutkan hidup yang lebih berat tetap dipilih daripada keinginan untuk mengakhiri hidup. 

"Apa kabar resolusi tahun yang lalu? Semoga baik-baik saja"

Telah banyak hari kemarin yang terlewat dan kesibukan dinobatkan sebagai alasan terbengkalainya resolusi lalu. Padahal bila dilakukan penelusuran, kemalasan yang lebih mendominasi. Benar memang malas adalah sifat manusiawi. 

Komitmen untuk mencapainya adalah poin penting dalam penilaian. Berapa persen usaha pencapaian dan berapa persen kemalasan, masih samakah dengan kemarin atau akan lebih berat ke salah satu sisi.

Ibarat cita-cita itu terus berlari bagaimana caranya terkejar bila masih tetap dalam kesepakatan "Slow aja kayak di pulow." Sedangkan kesempatan selalu berakhir tiap bergantinya hari.

"Di tahun yang baru akan mencanangkan pola hidup sehat dengan mengurangi asupan gula dan asupan janji"

Sebenarnya sebuah harapan tidak harus dikaitkan dengan pergantian tahun, karena memang tidak berkaitan sama sekali. Tapi orang-orang terdahulu sudah terbiasa melakukan hal itu.

Kemudian diserap dengan baik oleh generasi selanjutnya dan budaya tahunan terbentuk. Sehingga pengharapan di penghujung tahun bernama resolusi digunakan untuk penyemangat jadi sah-sah saja. Malah menjadi sebuah keharusan bagi sebagian banyak orang.

"Di tahun yang baru yang dibutuhkan adalah kalender baru"

Apapun resolusi dan kapanpun resolusi itu terbentuk mudah-mudahan menjadikan diri kita sebagai pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Merubah yang buruk menjadi baik dan menolak yang buruk mengkontaminasi yang sudah baik. Serta tentu saja meningkatkan hal baik yang sudah dicapai. Hal utamanya adalah selalu mengalasankan Tuhan pada setiap harapan.

Karena bila bentuk harapan diubah menjadi bentuk yang lain saat diterima, tetap ucapan syukur kepadaNya yang dilambungkan. Mari kita lihat seberapa besar kita melatih komitmen yang sehat dengan diri sendiri setelah bergantinya tahun nanti. Selamat berharap dan berkomitmen. (^o^)9

Related Posts

52 comments:

  1. Selamat berharap dan berkomitmen jg mbak

    ReplyDelete
  2. Asupan gula dan asupan janji? Haha,,,
    😁😁

    ReplyDelete
  3. Semoga harapan dan resolusi yg mbak anggun tercapai
    Tanpa resolusi hidup rasanya kurang tantangansperti main v
    Ideo game saja, kalo sudah habis misi berarti tamat..
    Selamat tahun baru mbak anggun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ya Alloh. Semoga resolusi mas adi pun tercapai
      Gamer mah gitu perbandingannya 😁 siip mas
      Selamat tahun baru 2018

      Delete
  4. Jangan banyak asupan janji ya, tubuh jd rentan kurang gizi mbak.. Haha
    Selamat tahun baru yaa, sehat2 dan semoga selalu produktif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak pakar sudah melengkapi πŸ˜‚
      Mbak pun begitu yaaa. Selamat
      Tahun baru 2018 πŸ˜„

      Delete
    2. Hahaha(((mbak pakar))), semoga apa yg diinginkan terwujuuuddd yaaak.. Hidup resolusi 2018πŸ˜‚

      Delete
    3. Kalau asupan gula-gula cinta gimana mbak el? Wkwkwk
      Ah sudahlah,cinta lagi cinta lagi....

      Anw,wish you all the best kak anggun! Semoga asupan gula dan janjinya bisa berkurang ya!

      Delete
    4. Haha.. Cinta lagiiii

      Amiiin semoga bisa tercapai. Dan resolusi mas nugraha fauzi pun begitu.. Amiiin

      Delete
  5. Benar. Kadang resolusi cuma jadi pemanis di awal tahun. Semoga resolusi mba' dan yang lain bukan seperti yang disebutkan. Salam kenal mba

    ReplyDelete
  6. Masasih DI tahun yang baru Kita butuh kalender baru juga -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih kayaknya. Abisnya yg tahun kemarin udah ga cocok :D

      Delete
  7. Berharap lebih mudah daripada berkomitmen πŸ˜ŒπŸ˜‚ Selamat berharap dan berkomitmen kakak πŸ˜‚ semoga kita semua dapat terus berkomitmen sehingga harapan harapan akan berubah jadi pencapaian πŸ˜‚ Aamiin^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya. Tapi perihnya berharap itu biasanya ga mudah hilang hehe
      Amiiin semoga ya mbak

      Delete
  8. kalau aku harus update tiap hari sis kemudian nge Plank juga tiap hari habis sekarang gendut banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh update ini resolusinya keren. Berat sih buat aku masihan keduanya hehe
      Semangat mang

      Delete
  9. Wah iya, belum punya Kalender baru tahun 2018 aku mba hihihi, untung diingetin lewat postingan..
    Semoga semua resolusi nya dapat dilaksanakan dgn penuh semangat ya Mba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dibeli mas yg ada gambar pemandangannya :D
      Amiiin semoga dan semoga

      Delete
  10. selamat berkomitmen di tahyn yang baru ya mbak


    Diah
    www.diahestika.com

    ReplyDelete
  11. kok sama ya aku juga pingin kamera baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh kompak nih kita mbak haha
      Semoga terkabul mbak

      Delete
  12. Semoga terkabul ya, Mbak, kamera baru, semangat baru :)

    ReplyDelete
  13. Resolusi terbaik 2018 yang saya baca. Jangan banyak asupan janji. ha ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha
      Biar sehat mas biar cita2 yg lain bisa dikejar πŸ˜‚

      Delete
  14. kalo aku gak pernah lagi buat resolusi tiap tahun baru, karna udh ketahuan pasti gak kesampaian:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sering lolos ya targetnya. Pergunakan kesempatan yg datang aja klo gitu yaa

      Delete
  15. Saya juga punua resolusi. Tapo tidak pernah saya tuliskan di blog. Saya menulisnya secara ringkas di styrofoam kamar kos. Yah, resolusi memang tak harus. Tapi baik sebagai acuan dan menejemen kehidupan. Baik juga untuk mengevaluasi diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi motivasi yang benar2 privasi ya mas
      Semoga hasilnya membahagiakan ya mas baik evaluasi maupun resolusi mendatangnya :)

      Delete
  16. Asik, asupan janji mau dikurangi ya..hehe
    Tapi ya gitu, janji itu kan harus ditepati, jadi kalau bisa kurang-kurangin untuk janji-janji yang sekiranya nggak bakal ditepati :D

    Semoga tercapai semua ya.. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kan janji itu adalah hutang. Jadi kalau berjanji harus ditepati. Tapi kalau sadar suka ingkar mending menghindari janji hoho

      Amiiin seMoga tercapai

      Delete
  17. Semoga berkah melimpah di tahun ini, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin semoga mbak dedew
      Dan untuk tahun2 selanjutnya juga hehe

      Delete
  18. waduh istilahnya keren sekali, sampai2 otak saya sedikit pusing saat membaca judulnya.... saat membaca isinya baru mengerti. Seperti Mbak seorang penulis yang berbakat, sebab infonya pada dan bermutu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh klo bikin pusing malah susah ini tulisannya hehe
      Semoga isinya dapat dipahami dengan baik
      Masih belajar ini hehe
      Tapi saya amini saja kemungkinannya :D

      Delete
  19. happy new year apriillll..
    maaf baru sempet berkunjung. habis liburan keluar kota..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah wah... Jadi liburan tahun baru luar kota.
      Baiklah juni. Happy new year πŸ˜’

      Delete
    2. iya april.. kamu sih PHP.. katanya mau ngajak tahun baruan bareng.. q tunggu2 g nongol2...woo

      Delete
  20. Aku beli kalender, belum dateng2 mbak..padahal udah tahun baru..hihihihi
    happy New Year!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh cepet diurus mbak,udah ganti tahun ini hehe
      Kalendernya desain sendiri ya mbak sara? 😁
      Kalo kalender disini hadiah dari toko langganan,udah terpampang di dinding.

      Delete
  21. salah satu penyemangat dan pemompa diri untuk dapat lebih baik dari tahun sebelumnya emang kudu beresolusi....semoga pencapaianya di tahun 2018 bisa bikin bahagia lahir dan batinnya deh yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Untuk semangat harus ada yg dituju ya mang
      Amiiiin semoga mang :D

      Delete
  22. Apapun itu intinya semua perlu diusahakan agar menjadi terwujud entah itu kamera baru atau yang lainnya.. Show jadikan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin..πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  23. Amiin semoga mencapai targetnya mba :D

    ReplyDelete
  24. Hi Mba Anggun, salam kenal juga, ya. Sebelumnya selamat tahun baru! :D

    Betul banget, yang sulit itu adalah komitmen saat proses pencapaian resolusi. Dan terkadang memang nggak harus impian yang baru di tahun yang baru, mungkin lebih ke pribadi yang baru yang lebih baik supaya pencapaian resolusinya semakin lancar *makkk dayemmmm banget :P*

    Semoga lancar juga ya, Mba, tahun ini. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Pribadi baru yg lebih baik dari tahun sebelumnya yahh. Brati ada proses belajar selama setahun lalu kan πŸ˜‚

      Amiiin semoga mbak jg. Semangat

      Delete