Jarang Piknik, Lakukan Tips Mengusir Bosan yang Mudah dan murah Ini


Rutinitas harian yang monoton, kadang memunculkan perasaan bosan. Itu-itu saja setiap hari yang diulang. Dimulai dengan bangun pagi, stalking, berangkat kerja,  terjebak macet, pulang, galau, sampai akhirnya tidur dan diulang ke awal lagi.

Rasa jenuh muncul karena belum ada suasana pengganti dari kegiatan rutin. Selalu berkutat dengan sibuk ini itu. Rencana bepergian belum bisa memungkinkan karena beberapa hal.

Bisa karena waktu luang yang tidak banyak atau juga tidak ada partner untuk bepergian. Sebagian orang tidak terbiasa pergi sendirian. Jadi memilih tinggal di rumah kalau memang tidak ada teman yang bisa diajak keluar piknik atau sekedar jajan.

Hal-hal yang selalu dilakukan itu tadi akhirnya semakin membuat rasa jenuh makin menjadi-jadi. Butuh semacam terapi untuk mengganti perasaan tersebut.

Kata-kata yang menyatakan bahwa bahagia adalah pilihan memang benar. Jadi ketika merasa tidak bahagia, jenuh, bosan. Itu semua adalah masalah di dalam diri sendiri. Solusinya, kita harus menemukan bagaimana cara membahagiakan diri sendiri.

Banyak jalan dan berbeda-beda cara untuk memperoleh kebahagiaan. Masing-masing orang pasti punya versinya sendiri-sendiri. Ada yang hanya melihat video lucu sudah girang setengah sadar. Atau ada yang bahagia dengan berbelanja menghabiskan uang yang menumpuk di atm.

Bisa juga dengan berjogging. Baca: Jogging Sebagai Hiburan Murah dan Menyehatkan


Sebenarnya untuk membahagiakan diri sendiri, ada cara yang paling mudah dan murah. Bisa dilakukan seharian di rumah saat libur yang hanya sehari. Tapi juga bisa dilakukan setelah rutinitas kerja diselesaikan. Intinya kan membuat bahagia diri sendiri sehingga perasaan tenang dan nyaman terasa kembali.

Santap makanan dan minuman yang disukai


Kalau perut kenyang, pasti rasanya tenang. Apalagi setelah menyantap hidangan yang sesuai selera. Sesekali manjakan lidah anda dengan menu favorit. Menu sederhana saja tidak perlu yang mahal. Walaupun yang dikonsumsi adalah makanan berat, bila hanya sesekali dimakan tentu tidak beresiko membahayakan.

Minuman Bahagia :)

Kalau saya, menu favorit yang sederhana adalah makanan yang berbumbu kacang atau bersantan pedas. Karena banyak macam varian makanan berbumbu kacang dan santan, saya dengan mudah bisa menyantap makanan favorit.

Untuk minuman, saya suka minum kopi atau coklat panas. Jadi diantara keduanya bisa dipilih salah satu untuk jadi minuman bahagia. :D

Membersihkan tempat paling nyaman untuk digunakan relaksasi


Kalau anak kost, kegiatan ini mudah sekali dilakukan. Karena proses bersih-bersih cuma dilakukan di satu kamar saja. Tapi untuk yang tinggal di rumah juga tidak perlu membersihkan seluruh bagian rumah. Cukup pilih satu tempat yang dirasa paling nyaman untuk bersantai.

Biasanya sih tetap kamar yang dirasa tempat paling nyaman. Kalau memang bukan di kamar bisa di ruang keluarga atau tempat yang lain. Tentu saja jangan memilih tempat yang berbahaya, di atap misalnya.

Tempat bersih, suasana juga bersih 

Bersihkan semua area tersebut, mulai dari mengelap debu-debu, menyapu sampai mengepel dengan cairan pembersih yang harum. Karena tempat yang bersih akan memunculkan pikiran yang bersih juga. Sehingga perasaan yang bersih dan bahagia juga akan mudah dirasa.

Mandi keramas dengan sabun dan shampo beraroma favorit


Setelah prosesi bersih-bersih pasti tubuh akan berkeringat. Sambil menunggu keringat hilang, duduk dan luluran saja dulu. Pilih lulur untuk badan yang paling disukai.

Saat tubuh berkeringat, proses luluran bisa dibilang waktu paling efektif. Saat daki semua rontok, bisa memancing perasaan bahagia. Karena beban tubuh berkurang, walaupun hanya 0,000000001367 gram. :)

Mandi keramas

Lanjut mandi setelah keringat di badan hilang. Durasi mandi bisa dilakukan agak lebih lama dari biasanya. Kalau biasanya hanya butuh 4,6 menit dengan siram, sabunan, lalu bilas. Untuk kegiatan ini butuh waktu yang sedikit lebih lama.

Saat mandi dengan aroma-aroma favorit, lakukan pijatan-pijatan kecil di badan dan kepala. Ya terserah kalau mau mainan busa sambil cengengesan. Tapi tidak harus seperti itu.

Merendam kaki dengan air hangat dan luluran wajah


Kegiatan mandi keramas selesai dilakukan, kemudian lanjut terapi selanjutnya. Merendam kaki dengan air hangat dan menggunakan masker wajah.

Merendam kaki dilakukan 15-30 menit saja cukup. Kaki yang terendam akan mendapat sensasi pijatan refleksi yang nyaman.

Merendam kaki

Masker wajah bisa menggunakan masker alami atau produk yang dibeli di toko. Pilih masker yang cocok untuk kulit kita. Kalau saya biasanya membuat masker alami. Memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di kulkas. Sayur atau buah-buahan segar. :)

Setelah masker sudah diaplikasikan di wajah dan kaki terendam di air hangat. Buatlah tubuh merasa sangat nyaman. Duduk bersandar di kursi sambil terpejam dengan kelopak mata tertutup potongan ketimun dingin.

Santai aja dulu gaes

Bisa dilengkapi dengan memutar lagu-lagu kesayangan dan lilin aroma terapi kalau punya. Perasaan nyaman mudah menyapa disaat-saat seperti ini.

Bila dirasa sudah cukup dan air rendaman juga sudah dingin. Kegiatan bisa diakhiri, dengan membersihkan wajah dari sisa masker dan membereskan peralatan terapi tadi.

Menatap kaca sambil tersenyum lalu bersyukur


Ketika semua kegiatan di atas selesai dilakukan. Hal yang menjadi puncak terapi membahagiakan diri adalah memuji diri sendiri.

Karena setelah kegiatan memanjakan diri yang sudah dilakukan. Tentunya tubuh menjadi lebih bersih dan harum. Aroma harum ini yang akan memancing perasaan bahagia muncul.

Terimakasih, kamu. :)

Kemudian menghadap ke cermin, pandangi setiap detail diri sendiri. Nilai diri sendiri dengan angka yang sangat tinggi, mengagumi betapa berbahagianya diri kita. Sambil tersenyum manis berkatalah, "Alhamdulillah. Terimakasih." :)

***
Semua kegiatan di atas bisa dilakukan baik wanita maupun pria. Sisihkan beberapa waktu untuk menyayangi diri sendiri. Beri perlakuan khusus untuk merasa bahagia kembali.

Rekomendasi waktu melaksanakan kegiatan itu adalah saat libur. Walaupun hanya sehari, itu cukup untuk memanjakan diri sendiri.

Untuk yang tinggal di kost sangat cocok, karena gangguan menciptakan suasana tenang hanya sedikit. Gangguan yang dimaksud adalah adanya anggota keluarga lain bila dilakukan di rumah.

Misalnya sedang asyik-asyiknya mandi, digedor karena harus bergantian. Jadi dikhawatirkan malah semakin bad mood. Pilihlah waktu dimana anggota keluarga sudah jarang menggunakan kamar mandi.
Atau sedang manis-manisnya tersenyum di depan cermin, ada ayah atau ibu yang melihat. Kan malu. :D

Sekian Tips mengusir bosan yang murah dan mudah ini. Semoga bermanfaat. Tersenyum dan berbagialah, karena kita tak selalu sadar. Bahwa senyum kita bisa saja menular pada orang yang melihatnya. :)

Related Posts

78 comments:

  1. Kalau aku sih, cuma nonton, baca, dan ngeblog. Kalau lagi bosan melakukan semuanya, aku telpon kakak, ajak dia main keluar, dan minta traktir. Langsung deh gak bosan lagi. πŸ™Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengusir Bosan, jenuh, BT yang sering saya lakukan yaitu menatap diri di cermin, memperhatikan segala karuniaNYA yang ada pada diri sendiri, sambil bertanya, siapakah haqiqat di dalam cermin itu,

      nah sadar atau tidak sadar jika perasaan peka , maka kita menemukan sesuatu yang AGUNG daripada isi dunia ini,

      pikirkan hal ini.....

      Delete
    2. Kakaknya pasti pahalanya banyak ya kak ranger, selalu bisa mengusir kebosanan adiknya hehe

      Iya mas trik,sering2 ngaca biar tau kekurangan dan kelebihan diri sendiri lebih baik :)

      Delete
  2. Waduh kalo yang luluran mah ya gak cocok buat saya mba, hehe
    Saya juga termasuk jarang piknik nih kadang bosen ,cuma belum nemu kegiatan yang cocok selain ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok aja lah.. Karena ga terbiasa aja mayuf mungkin 😊
      Tapi ga p2 klo bosen trus ngeblog,makin banyak artikelnya jadinya πŸ˜€

      Delete
  3. Saya sih tinggal seruput "Kapal Api" ditemani kepulan "Dunhill Tobacco of London Limited Abang Punya Selera", sudah cukup ciptakan rasa bahagia di hati. πŸ˜πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. Saya ga berani coba kebahagiaan bang Rustam tapi hehe..
      Ini endorse bukan bang? πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  4. Jarang sekali piknik, piknik mungkin bareng sama temen jadi rame. Kalau gak ada yang ngajak ya diem aja dirumah. Kebetulan saya tinggal dirumah nenek untuk mengusir kebosanan saya gunakan bersih sana-bersih sini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe malah jadi bersih semua sana sini ya mas glend gara2 bosan.. Ga p2 lah.. Ada rasa tenang klo tempat tinggal bersih :)

      Delete
  5. kalo saya mandi sih, kadang kalo lagi ngerasa kesel, bosan, suntuk, gak enak bgt, biasanya kalo hbs mandi ud agak mendingan, cukup bisa mmbuat bahahia lah hanya dg mandi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh.. Iya bener.. Apalagi kalau sabunnya wanginya cocok.. Bisa tambah bahagia abis mandi hehe

      Delete
  6. aku paling suka mandi air panas itu membuat saya relaks banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa dipijit ya mang kalau pke air hangat. Kalau air panas melepuh mang πŸ˜‚

      Delete
  7. kalau aku sih, tidur sambil baca buku kesukaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren.. Gmn caranya mas fajar? Kan tidur merem 😁
      Tiduran mungkin maksudnya ya mas 😊

      Delete
    2. hahah, ya ya , itu maksud mas. :D

      Delete
  8. Kalau aku bayar adek sendiri buat jadi tukang pijit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan jg jd adeknya mas. Bisa dapet uang jajan tambahan πŸ˜‚

      Delete
  9. Gua main mobile legends sampai bosan, kalau udah bosan, biasanya ngajakin bosan jalan-jalan kedalam rumah ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bosan disana nurut2 ya mas idaham,bisa diajak jalan2 πŸ˜‚

      Delete
  10. Waaahh, aku juga paling seneng beberes kamar, ganti spre, dll. Lalu maskeran, mandi keramas.. Duh, bahagiaaaanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeaaa.. Bahagia tak terkira ya mbak el.. Rasanya ngelebihin abis digombalin gebetan πŸ˜‚

      Delete
  11. Saya kalau bosan biasanya baca novel biar tumpukan novel barunya berkurang. Bosan baca buku, ganti dengan nonton film. Dan dua kegiatan ini bikin saya bahagia tiada akhir. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren caranya mbak falkhi ini.. Baca bukunya patut dicontoh 😊

      Delete
  12. Wew.. Tipsnya mostly girly.. hehe

    Kecuali yg beres-beres kamar..
    Paling enak disambi njemur kasur.. begitu kamar bersih ntar kasur dimasukin lagi trs langsung dipake tidur..

    Berasa tidur di awan.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha menyesuaikan nama blog mas,perempuan. Tp sebenernya laki2 yo bisa lo

      tidur di kasur abis dijemur ni emang nyaman banget. Anget gitu.. Tapi klo kasur kapuk sih

      Delete
  13. Kalo saya merasa bosan di kost, main game bntar..

    Kalo bosan nya udah akut, ambil wudhu baca qur'an, cari ayat2 galau, ayat2 motivasi..

    sering banget ngerasa bosen di kost -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbaik mas tama. Usir bosan dg ayat2 suci 😊

      Ya wajar klo bosan,karena rutinitasnya belum ada pergantian

      Delete
  14. Menatap Kaca Sambil Tersenyum Lalu Bersyukur

    ini yang saya banged... ^^
    kalo lagi banyak masalah dan stress.
    percaya atau tidak saya biasa melakukan ini.

    trus sambil bilang: kamu pasti bisa kok.. kamu kece!

    its real. jangan di ketawain.^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya kok 😊

      Aku jg klo lg kesel kadang gitu jg. Karena ga mau berlama2 dg rasa ga enak di hati. Mau bahagia aja daripada nyesek hehe

      Delete
  15. Memang jarang piknik sih karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, pun kalau lagi penat di rumah paling bersih2. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau rumah bersih pikiran dan hati ikut bersih ya mas. Bahagianya menyusul 😊

      Delete
    2. Nah betul ada rasa kebahagiaan tersendiri tiap melihat rumah jadi bersih. :D

      Delete
  16. Liatin komen2 di meme aja udah seneng gue mah daripda memenya sendiri. Receh emang, tapi netizen emang kreatip. wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya bener klo liatin meme itu kadang ga kepikiran yg buat meme itu bisa punya ide kayak gitu

      Delete
  17. me time ku di cafe sambil nyeruput kopi pait. dan nulis di blog

    ReplyDelete
  18. Dulu kalau bosen pergi mancing di kali deket rumah, ehhh palah tambah bosen gak dapat2 :D

    ReplyDelete
  19. kalau saya sich kalau lagi malas keluar rumah cara ngusir bosannya main game

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya malah keterusan ga mau berhenti itu ya πŸ˜‚

      Delete
  20. Betul,
    Bahagia ngga nya tergantung di pikiran kita sendiri.

    Diantara tips dari kak Anggun, aku paling cocok (hampir mendekati kesamaan) ... nyium aroma wewangian favorit.
    Kusemprot dikit di kamar biar nimbulin mood positif dan senangat lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo nyium aroma wangi itu ada perasaan rileks gitu kan ya. Jadi pikirannya ga semrawut

      Delete
    2. Ya,betul,kak.
      Pikiran jadi rileks nyium aroma wewangian.
      Aroma kayu-kayuan favoritku terbukti ampuh ningkatin mood.

      Delete
  21. Yang aku sering lakukan si mandi dan keramas pake air hangat, me time relaksasi gtu ya kak.. Seger banget ke badan ga bikin mumet.. Kadnag cukup maskeran wajah aja udah cukup..

    ReplyDelete
  22. Kalau saya pas libur malah jarang ada di rumah, pasti kelayaban. kalau enggak ke mall ya kerumah neneknya anak-anak. kalau pas ada uang lebih pergi ke tempat yang agak jauh...

    kalau pas enggak keman-mana. paling nonton tv dan main sama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masandi mah partnernya banyak jd klo bosen tinggal jalan bareng :D

      Delete
  23. Aku sih pas mager di rumah atau kos biasanya bersih-bersih. Abis gitu beli bahan-bahan dan coba kreasi masakan deh :D

    Sayangnya aku cuma bisa kreasi masakan yang ringan. Porsi satu orang gitu, atau ala-ala jajanan. Kalau disuruh masak seperti masakan rumah malah ga bisa huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Sering2 bosen mbak klo gitu trus saya dikabari untuk nyicip hehe
      Biar bisa nyicip bahagianya mbak ima :)

      Delete
  24. Makasih tips2 nya mbak Anggun..
    Kalau aku untuk ngilangin kebosenan dengan cara harus keluar rumah sebentar meski hanya ke mini market ganti suasana beli kebutuhan .. pulang nonton film2 di tv kabel nonton acara favorit lainnya sambil nyantap makanan favoritku... Itu aja sudah bikin aku bahagia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shopping dan nonton film memang cepet kembaliin mood jd baik lg ya mbak fidy :)

      Delete
  25. SEtiap kita punya kita punya kiat untuk mengatasi jenuh intinya kita butuh memanjakan diri aendiri sekali waktu
    teinma kasih tips menariknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Apapun caranya yg penting jenuh hilang :)

      Delete
  26. Wah, ternyata banyak cara ya untuk mengusir kebosanan. Saya malah kebalik, susah buat cari untuk me time, soalnya kebanyakan kegiatan.. Jadi kata bosan mulai menjauh dari hidup ini, Hahaha


    Tapi ide ngaca bisa juga dicoba, mana tahu tambah cakep, haha

    ReplyDelete
  27. Kegiatan praktis utk mengusir penat. Thanks sharingnya mba..

    ReplyDelete
  28. wah artikelnya sederhana tapi sangat bermakna dan sangat bermanfaat. akan aku coba nanti ya gan biar tambah rileks

    ReplyDelete
  29. Yang mandi, saya banget. Kadang kalau lagi bosan juga lebih suka olahraga kayak jogging, biking, atau gak ya walking nyari angin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sehat banget klo hobinya begitu mas. Sering2 bosen jg ga rugi hehe

      Delete
  30. jarang piknik, tapi sekalinya piknik langsung 10 destinasi dalam waktu 3 hari hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beehh ini mah keren banget. Aku jg pernah sih gitu.. Puas rasanya haha

      Delete
  31. Saya jarang piknik nich.... paling2 kalau mau piknik saya piknik ke blog teman2 yang membahas wisata, lumayan bisa ngirit uang Kas pribadi, hahahahah.....

    sepertinya Mandi keramas perlu di coba nich,,,,siapa tahu, aura menjadi terang dan kepikiran untuk piknik di Dunia Nyata. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang nata,liat keindahan indonesia dari artikel temen2 blogger aja dulu. Nanti klo udah keramas baru piknik beneran πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  32. Kalau saya poin pertama, makan dan minuk apa yang disukai sampai kenyang terus ketiduran deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh jangan langsung tidur mas bumi,tunggu sebentar dulu laah biar makanannya melorot dulu πŸ˜‚

      Delete
  33. Kalau saya baca buku favourite sampai terlena. Hi Anggun, salam kenal dari
    SIS HAWA blogger dari Malaysia. Done follow blog ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cepet banget tidur klo baca buku
      Iya salam kenal,saya jg sudah folback 😊

      Delete
  34. Buat emak-emak yang notabene di rumah kayak aku. Mandi sama keramas ( kalo pas ada sediaan lulur ya luluran ) sambil menghirup aroma wangi shampoo plus sabun. Masya Allah, nikmatnya luar biasa. Gak cuman bikin badan seger, pikiran pun langsung maknyess. Adem bawaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga cm emak2 kok bu, yg belum emak2 kayak saya jg seneng klo mandi dan memanjakan diri seperti itu. Aromanya yg dipilih tentu yg bikin rileks

      Delete
  35. Seolah tahu kalau sy jarang banget piknik..hihi..makasih mbak, bemanfaat sekali..

    ReplyDelete
  36. #metime, apa ya, paling nonton film seharian dan ga mau diganggu, atau itu tuh makan makanan favorite, memanjakan diri wkwkwkwk

    Etapi saya ga setiap jenuh aja, kalo lagi di kejar deadline juga gitu hahaha

    H-3 deadline belum kelar, ya waktunya #metime dulu, soalnya kalo dipaksain ntar stress wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha pokoknya #metime dulu yg lain belakangan ya mas. Ga mau nunggu ya udah tinggal aja hahaha

      Delete
  37. kalau saya yang ini Santap Makanan Dan Minuman Yang Disukai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kenyang itu pokoknya tenang ya mas agus 😁

      Delete
  38. Aku sih simpel aja, duduk santai depan laptop sambil liatin foto mbak anggun dengan senyumnya yang khas, heee...

    ReplyDelete