Kecantikan Pantai Kerang Mas Lampung Timur Masih Perlu Banyak Perhatian

Daerah Lampung Timur memang destinasi wisatanya masih dalam tahap pengembangan dan penggalian potensi. Bila dibandingkan dengan Bandar Lampung, Tanggamus, Pringsewu, Lampung Selatan, pesisir barat dan kabupaten lainnya masih tertinggal.

Beberapa sudah ada tempat wisata yang dikenal luas sampai taraf nasional. Misalnya Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Hutan Mangrove yang berada di Sriminosari dan Taman Purbakala di Pugung Raharjo yang merupakan aset penting lamtim.


Walaupun masih dalam tahap pengembangan, objek wisata Lampung Timur sudah banyak pengunjung di tiap lokasinya. Baik pengunjung lokal atau dari luar daerah. Bahkan beberapa wisatawan asing sudah pernah merasakan indahnya potensi alam di Lampung Timur.

Pantai Kerang Mas

Wilayah yang menghadap lautan jawa ini sangat berpotensi untuk mengembangkan wisata bahari. Salah satunya pantai kerang mas yang sejak pertengahan tahun 2017 mulai dipadati pengunjung. Terutama pada saat libur panjang.

Setelah mendapat bantuan dari Pemeritah daerah, Pantai Kerang Mas sudah banyak mengalami kemajuan. Antara lain adanya lahan parkir, gazebo, mushola dan toilet. Walaupun masih banyak yang perlu mendapat perhatian. 

Tempat pariwisata ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten setempat. Bekerjasama dengan aparatur Desa Muara Gading Mas, serta Uspika Labuhan Maringgai.

Senja di Pantai

Beberapa waktu lalu, didasari keinginan yang sudah ditahan-tahan sekian lama. Rindu akan suasana pantai akhirnya terpenuhi. Sore hari adalah waktu yang pas untuk memanjakan mata dengan melihat warna jingga senja di tepi pantai. 

Perjalanan ditempuh dari Bandar Sribhawono dengan sepeda motor kurang dari 30 menit. Sepanjang perjalanan mata sudah mulai segar dengan bentangan sawah hijau, perkebunan sawit dan karet. Jalan masuk menuju area pantai sudah di aspal tapi masih ada bagian yang rusak dan tergenang air.

Sesampainya disana ada pemandangan sedikit agak menggangu. Banyak sampah yang tidak bertuan berserakan tanpa pertanggungjawaban. Setelah benar-benar masuk area pantai langsung maklum. Ternyata keberadaan tempat sampah sangat minim. 

Wajar saja sampah sebegitu banyaknya. Terlihat dari berbagai postingan di sosial media. Tempat ini mulai hits dengan pengunjung konsumtif yang banyak dari berbagai daerah. 

Ramai pengunjung
Sumber: Fb Damayanti Novi

Tapi tidak dibarengi dengan fasilitas tempat sampah yang mendukung. Entah kebetulan saat saya berkunjung sedang kotor atau memang seperti itu keadaannya setiap hari. 

Namun walau bagaimanapun keberadaan destinasi ini harus sangat disyukuri. Karena pantai ini masih dapat menyuguhkan suasana pantai yang alami.

Gulungan-gulungan ombak yang girang menyambut ramah setiap pengunjung. Bentangan pasir putih di bibir pantai dan udara khas pantai masih bisa didapat disini.

Oppa ❤

Pengunjung tetap bisa mendapat jepretan-jepretan asik dan kece juga. Bisa bermalas-malasan sejenak melupakan penatnya tuntutan tugas dan kewajiban dunia.

Bisa berkumpul bersama keluarga, teman dan siapapun. Atau kalau ingin membuat istana pasir juga bisa disana. Tidak perlu pasang AC karena disana angin sudah cemilir. 

Lari-larian di pasir ala film bollywood sudah pasti bisa banget. Tapi satu yang musti diperhatikan. Pastikan saat lari ada yang mengejar. :D

Bisa juga urek-urek menulis nama pacar, gebetan, atau mantan terindah di pasirnya yang putih. Lalu dikirim atau diposting di sosial media dengan menandai seseorang. 

Cieee.. :D

Alamat Lengkap Pantai Kerang Mas


Objek wisata Pantai Kerang Mas berada di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Lokasi pantai Kerang mas ini tidak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jadi bila berkunjung kesini bisa mampir untuk membeli oleh-oleh seafood disana.

Harga Tiket Masuk Pantai Kerang Mas


Untuk dapat memanjakan mata dan menikmati semua fasilitas di pantai kerang mas ini pengunjung hanya perlu membayar karcis Rp 10.000. Biaya masuk itu dihitung per kendaraan. 

Fasilitas Pantai Kerang Mas


Selain suguhan pantai yang asri, pantai kerang mas juga dilengkapi dengan gazebo-gazebo luas. Satu gazebo bisa menampung 7-10 orang bahkan lebih (kalau mau umpel-umpelan). 

Biaya per gazebonya antara 50-70 ribu rupiah, tinggal bagaimana kita nego harga dengan yang menyewakan. 

Jika ingin bermain di air tapi takut tenggelam, disediakan penyewaan ban dengan tarif 10.000 rupiah saja. Anak-anak akan sangat betah main disini dengan sarana ini.

Bila ingin mengitari sepanjang pantai ini disediakan juga penyewaan perahu nelayan disana. Biaya sewa perahu sebesar 5000 rupiah.

Setelah puas bermain, waktu bilas tidak perlu khawatir. Tempat bilas sudah disediakan disana. Dan bila ingin beribadah sholat, sudah ada fasilitas mushola juga.

Jajan boleh asal bawa uang

Warung-warung yang menjajakan aneka makanan juga berjejer disini. Untuk masalah perut, statusnya aman.

Rute Menuju Pantai Kerang Mas


Untuk menuju lokasi Pantai Kerang Mas ini agak sulit kalau tidak dengan kendaraan pribadi. Karena angkutan menuju pantai yang masuk ke gang masih sulit ditemui. Tapi bila sebatas sampai ke pinggir jalan plang selamat datang ada bus yang melintas.

Jika dari arah bakauheni tidak perlu dikhawatirkan sarana transportasinya. Banyak angkutan bus atau travel dari sana.
Jika pengunjung dari arah Metro atau Bandar Lampung maka pilihan yang tepat adalah bus damri.

Berikut panduan map untuk memudahkan anda mencapai tujuan pantai Kerang Mas



Harapan Untuk Pantai Kerang Mas


Besar harapan adanya pengembangan di pantai kerang mas ini. Karena keberadaannya yang sangat bermanfaat untuk warga sekitar dan pengunjung dari berbagai daerah. 

Harapan pengunjung

Sekiranya pemerintah dapat memberi bantuan atau mencari investor yang bersedia memodali tempat wisata ini. Dengan fasilitas yang baik dimaksudkan agar tempat ini akan menjadi kebanggaan warganya.

Dan tentu saja kerjasama untuk pengunjungnya. Agar menempatkan sesuatu tepat pada tempatnya. Seperti menempatkan sampah pada tempatnya agar tidak menutupi kecantikan alam yang disuguhkan.


Selain itu keamanan pengunjung juga perlu ditingkatkan. Karena rekreasi yang nyaman dan aman akan membuat betah dan selalu dirindukan.

Semoga potensi-potensi lain dari bumei tuwah bepadan lampung timur ini dapat diangkat ke masyarakat luas. Dan bisa menjadi kebanggan dan penyumbang besar pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Sama-sama saling mendukung dan mewujudkan akan menjadikan harapan bukan hanya angan biasa. Bukan hanya menuntut, warga juga turut membantu atau setidaknya menjaga yang hanya titipan. :)

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

59 komentar:

  1. Jika dari Bandar Lampung, diperlukan setidaknya 2 bulatan lagi di belakang nominal HTM untuk selonjoran manja disana πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Begitulah kira2 bang klo mau manja2 disini.
      Tapi pasti lebih milih destinasi tanggamus,pesawaran dll klo dari balam

      Hapus
  2. Cocok nih jadi duta pemerhati lingkungan he,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong dukung saya ya mas. Ketik reg.. Eh πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. Wah beneran asli cantik nih mah mba πŸ˜‚
    Kayaknya pantai yang alami malah lebih bagus mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung selera mayuf, ada juga yg suka hasil make up-an..
      *ga nyambung* 😁

      Hapus
  4. semoga pantai kerang mas mendapatkan perhatian pemerintah secara lebih nantinya ya

    BalasHapus
  5. banyak sekali ya sis potensi wisata di sumatera yang belum dimaksimalkan pengelolaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mang lumayan.. Masih banyak yg belum terekspos dan dikelola

      Hapus
  6. Kerang Mas..?
    Apa di sini kalau beruntung bisa dapet kerang emas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sudah beruntung mas bukan cuma kerang emas aja bisa didapet disini. Kerang ajaibnya spongebob jg bisa didapat disini πŸ˜‚

      Hapus
  7. Semoga cepat dipoles pantai Kerang emas ... jadi kilaunya beneran kayak emas.
    Kilaunya dapat mengundang makin banyak wisatawan berlibur disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin.. Terimakasih mas hima. Semoga terkabul biar bisa jd kebanggaan warganya 😊

      Hapus
  8. Indah bangeeeettt
    Masih belum banyak dijamah manusia gitu ya mbak pantainyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 tahun belakangan malah sudah jd destinasi favorit untuk liburan disini mas. Makanya sampahnya banyak banget :(

      Hapus
  9. pantai slalu nyihir bikin kangen pingin balik lagi,balik lagi,main air,nulis di pasir,liat matahari terbenam.. , itu foto jempol yg oppa bagus juga,mas juni bgt,#Eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh.. Ada pengantin baru..
      Bulan madu kemana nih? Pantai dong mbak biar pengen balik lg balik lg πŸ˜‚

      πŸ˜‚πŸ˜‚ kupingnya juni ngedengung ntar nih

      Hapus
  10. Nggak jauh beda sama pantai - pantai yang ada di Purworejo juga. Sampah kadang masih dijumpai di beberapa lokasi. Selain karena ulah para si wisatawan, kadang kan para sampah ini juga dateng kebawa ombak dari laut. Jadi ya mau tidak mau, pinggiran pantai kena dampak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian lo pantainya kotor gitu,eman2 :(
      Padahal tinggal menikmati dan menjaga yg sudah ada.
      Klo di sini pantainya banyak dikotori pengunjungnya sih karena dideket2 tempat jajan banyak berserakan sampahnya

      Hapus
  11. rasa nyaman ke area rekreasi sangat penting, masak selalu saja ada pencuri yang mengintai. Bikin tidak tenang, rasa khawatir muncul terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Mau refreshing malah tekor jadinya klo ga aman tempatnya

      Hapus
  12. Orang Sumatera yach Mbak Anggun ini ?

    Dulu saya pernah berkunjung ke Pantai yang berlokasi di Lampung ini, tapi lupa nama Pantainya, maklum sudah luamaaa buangettzz... :)

    Setelah saya zoom2 gambarnya, kok kurang jelas yach Gambar wajahnya. :) ( iseng untuk lihat ekspresi ke gembiraan para2 mbak2 sewaktu disana, mumpung belum Masuk bulan Puasa, hehehe... ). :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggalnya iya kang πŸ˜€

      Memang banyak pantainya lampung ini kang wajar kalau lupa, apalagi cm sekali dan lama

      Haha memang dibuat kecil resolusinya kang, biar ga berat dumasukin blog. Dan aman dilihat pas puasa nanti πŸ˜‚

      Hapus
    2. loh.... memangnya Mbak Asli Orang Mana ?

      Hapus
  13. gimana april.. udah ketemu oppa-oppa belum di pantai itu?

    pantainya bersih ya..
    biasanya banyak pantai yg berserakan sampah2 gtu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketemu opa2 tua jun πŸ˜‚

      Sebenarnya banyak bagian yg kotor itu jun walaupun sampahnya ga di foto :(

      Hapus
  14. Aku baru sekali main ke lampung timur.. Kabarnya ikan disana murah-murah ya, hihi. Waktu itu aku gatau deh ada pantai karang mas ini. Yg aku inget dari lamtim cuma terasi labuhan meringgainya, xixiixiz *emakemak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa nawar bisa dapat murah mbak karena kan langsung sama nelayannya.
      Main sini lg mbak,pantainya mulai hits ini hehe. Nanti beli trasi lg πŸ˜‚

      Hapus
  15. tadi mau komentar apa ya kok lupa, gara gara baca komen dan replay nya di atas jadi kelupaan :D, oh iya pantainya sederhana tapi emng cantik, yah semoga aja pemerintah bisa menyumbangkan dana untuk pantai ini supaya lebih maju, lebih cantik lagi dg hiasan berwarna warni disana sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Untungnya udah inget mau komen apa ini

      Nah iya.. Pokoknya di buat sesuatu yg bisa buat makin cantiklah biar menarik gitu

      Hapus
  16. Nggak cm pantai kerang mas yg perlu diperhatikan nggun.. Mebi, aku juga butuh perhatian *plak! Hahaha
    Nggak enak bgt ya, kl pantai banyak sampahnya. Dududu, yuk kita mantai bareng ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mbak ella sudah makan dan move on belum?" Contoh perhatiannya gitu bukan? Klo bener nti aku biasain deh πŸ˜‚πŸ˜‚

      Ayok mantaii πŸ™‹

      Hapus
  17. Masya Allah.. viewnya keren banget yaa mbak.. nyanset atau nyanrise disini kayaknya seruu juga yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aida terbukti mas kalau seru banget. Saya kesana sore2 dan syahdu banget πŸ˜‚

      Hapus
  18. Kecantikan Pantai Kerang Mas Lampung Timur memang tak diragukan lagi sangat menawan.. seperti juga cantik dan menawannya admin blog ini... hehee...

    Aset yang sangat berharga bagi kota Lampung Timur, semoga bisa di optimalkan oleh pihak terkait agar keberadaannya bisa mendatangkan profit yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaakk melambung2 deh adminnya ini πŸ˜‚

      Amiiin semoga bisa terwujud. Terimakasih mang 😊

      Hapus
  19. Tempat sampah itu adalah barang yg wajib ada di sekitar pantai.. Karna tidak sedikit pengunjung kalau mampir pantai juga sambil bawa makanan sendiri atau beli di pedagang skitar dan jajanan tersebut dimakan sambil berjemur, bermain air atau pasir, dan aktifitas lainnya. Jd kalo ga ada tempat sampah ya dibuang begitu aja. Jarang yg disimpen dlu dan dibuang saat bertemu temlat sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. apalagi rombongan keluarga pasti banyak anak2 kecilnya. ada kotak sampahnya aja sering sembarangan buang sampah apalagi ga ada. Jadi yg tua2 jg ikut sembarangan

      Hapus
  20. Yaa!! Intinya apapun yang nama pantai sudah barang tentu punya pesona sendiri dan keindahannya..πŸ˜„

    Pantai juga terkadang bisa membawa sebuah inspirasi bagi sang pengunjungnya...πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakk setuju dg mas salju deh

      Makanya saya kalau lama tak lihat pantai rasanya rindu :D

      Hapus
  21. Pantai aja butuh perhatian, apa lagi saya hahaha

    mudik mampir pntai sini la, kalo mudik nya naik motor..
    tapi kayaknya jalan kaki tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan kaki biar ga kena macet arus mudik ya mas?
      Bolehlah mampirin oleh2nya klo pas pulang jalan kaki πŸ˜‚

      Hapus
    2. nanti saya bawain kerak telor

      Hapus
  22. kalaupantai biar kotor juga aku tetap suka Sis karena aku sangat suka berenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren mamang mah.. Saya jg suka berenang mang. Gaya udang 😁

      Hapus
    2. Waduh, baru tahu ada gaya udang.. seperti apa tuh mbak anggun :D

      Hapus
  23. Tempat sampahnya kurang bisa berakibat fatal buat itu pantai, akhirnya pantai bakalan dipenuhi sampah, ada tempat sampah aja sembarangan membuang, apalagi kurang hehe, sok bijak banget gua hehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener kok begitulah faktanya. Bener bijak brati lah 😁

      Hapus
  24. Kalai soal sampah sepertinya hampir disetiap tempat wisata begitu ya? menghadapi problem yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebabnya jg kayaknya sama. Tempat sampahnya kurang memadai

      Hapus
    2. Tempat sampah kurang memadai dan budaya buang sampah sembaragan masih mudah kita jumpai.

      Hapus
  25. saya tadinya juga tinggal di lampung, tapi lampung utara, cukup jauh dari pantai... dan saya baru tau kalau ada yang namanya pantai kerang mas di lampung timur, thanks for share

    BalasHapus
  26. pantai Kerang mas di Lampung ini cocok untuk destinasi kala liburan anak sekolah atau setelah lebaran nanti. Jadi ini wisata baru ya mbak dari pertengahan tahun 2017

    Masih berkembang dsn perlu dikembangkan agar pengunjung aman dan nyaman ketika berlibur ke sana

    BalasHapus
  27. Pemandangan pantai yang elok dan suasana pantai memang membuat orang seperti terhipnotis..
    Saya pecinta pantai banget.. Seneng lihat pohon kelapa nyiur yang melambai...diiringi hawaiian song.. Lho kok ngayal sampai ke pantai di Hawaii ya? Xixixi..,

    BalasHapus
  28. pantai kerang, apakah banyak kerangnya mbak? :D

    BalasHapus
  29. Oh gituu
    Berarti sama aja yah masalah nya sama pantai pantai lain. Sampah pengunjung :'(

    BalasHapus
  30. Mau nulis nama siapa ya di pantai? Biar hits gitu, haha

    BalasHapus