Jogging Sebagai Hiburan Murah dan Menyehatkan

Thursday, January 11, 2018

Jogging adalah aktivitas jalan cepat atau lari kecil yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Lebih baik dilakukan secara rutin.

Jogging for more fun

"Berlarilah dan terus tertawa walau dunia tak seindah surga". Lirik lagu nidji yang sudah dimodifikasi ini tidak cocok diterapkan saat jogging. Apalagi kalau aktivitas jogging dilakukan sendiri di tempat yang ramai. Bisa-bisa jadi video viral karena ada yang iseng mengabadikannya dan disebar di media sosial. Waduh, jangan sampe. Akang bisa mundur sebagai calon pendamping eneng karena tidak sanggup menanggung malu. :(

Lebih baik jogging bersama teman, jadi sesekali tertawapun tidak malu. Seperti saya yang selalu jogging dengan teman, jika tertawapun masih wajar karena alasan bercanda. Semangat berjogging juga bertambah bila teman-temannya dianggap seru. Biasanya saya rutin berjogging tapi sempat libur lumayan lama. Sekarang mulai ingin aktif berjogging kembali.

Sehat jogging bareng

Jogging itu fleksibel bisa dilakukan pagi atau sore hari. Menjadwalkannya pada waktu kita mempunyai waktu luang saja. Sebenarnya aktivitas jogging ini hanya memiliki satu manfaat, yaitu sehat. Tapi banyak bonusnya yang saya dapat setelah rutin melakukannya. Berikut beberapa bonus manfaat yang saya rasakan setelah rutin berjogging


1. Menurunkan berat badan


Poin ini menjadi yang nomor satu dari sekian banyak manfaat. Karena ini jadi tujuan paling utama yang muncul saat ada kata olahraga jenis apapun. Bukan hanya wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, laki-laki pun banyak yang memperhatikan penampilannya. Kalau jarum timbangan makin ke kanan sudah pasti mulai tercipta cita-cita olahraga. Walaupun kadang hanyalah jadi sebuah cita-cita. 

Jogging bisa dijadikan salah satu pilihan olahraga yang pas. Karena jogging efektif membakar lemak yang tertimbun di dalam tubuh. Semakin sering dan rutin kita melakukannya, berat badan akan berkurang hingga tercapai berat ideal tubuh.

2. Menghilangkan stres


Manfaat ini bukan berarti jogging sebagai sarana latihan kita lari dari masalah. Lari dari tanggung jawab, hutang, kenyataan atau lari dari tekanan-tekanan lainnya.

Jogging pagi sore sehat

Tapi setelah aktivitas jogging dilakukan ada perasaan tenang dan rileks, selain rasa capai. Ternyata saat berlari tubuh kita melepaskan hormon endorfin. Hormon ini diperintah oleh otak untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, mood menjadi baik hingga muncul perasaan bahagia. Apalagi bila dilakukan bersama-sama teman ataupun hanya diiringi lagu-lagu kesayangan yang diplay dengan headset di telinga.

3. Membuang sampah dalam tubuh


Tubuh yang melakukan aktivitas sehari-hari akan menghasilkan sampah. Polusi dan debu menempel hingga meresap ke dalam pori-pori. Manfaat jogging ini salah satunya bisa membantu mengelurkannya. Pori-pori yang membuka saat berkeringat merupakan sarana yang baik untuk sampah-sampah dalam tubuh keluar. 

Biasanya setelah berkeringat kulit juga akan mudah dibersihkan. Sel-sel kulit mati atau yang biasa disebut daki akan mudah terangkat. Apalagi saat mandi menggunakan sabun yang mengandung scrub, ini akan lebih efektif. Setelah digosok dengan lembut saat mandi, tubuh terasa jadi sangat bersih.

4. Meningkatkan kualitas tidur


Setelah berlari tubuh akan cepat mengantuk. Tidur juga akan lebih nyenyak pada keadaan ini. Sehingga terapi jogging sangat baik dilakukan bagi penderita insomnia. Akan membuat tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup dan saat terbangun di pagi hari tubuh akan terasa bugar dan bersemangat.

Keutamaan olahraga ini hampir tidak membutuhkan biaya apapun. Tidak perlu membayar biaya untuk prakteknya. Mungkin kalau dilakukan di lapangan atau stadion hanya perlu membayar parkir saja. Dilakukan di luar ruangan akan membuat mata segar setelah atau sebelum seharian bekerja dalam ruangan sambil menatap monitor.

Masih banyak manfaat dan keutamaan olahraga jogging yang tidak disebutkan di sini. Untuk mendapatkan sekian banyak manfaat secara maksimal tersebut ada yang perlu diperhatikan.


1. Atribut jogging yang sesuai


Paling utama adalah penggunaan atribut jogging yang sesuai. Kaos yang longgar dan menyerap keringat dengan baik, celana olahraga atau training, dan sepatu yang nyaman lengkap dengan kaos kaki. Juga jilbab yang nyaman bagi muslimah cantik.

Sepatu jogging joging

Akan lebih maksimal bila kostum olahraga dibalut lagi dengan baju berbahan parasut sebagai luaran.

2. Lakukan pemanasan


Melakukan pemanasan sebentar sebelum memulai jogging. Hal ini dimaksudkan untuk membuat tubuh beradaptasi dengan aktivitas olahraga yang akan kita lakukan. 

Taekwondo pemanasan olahraga

Panas tubuh bisa dihasilkan dengan jalan di tempat, menggerakkan leher dan kepala, bahu dan lengan. Sampai merasa tubuh siap untuk berlari. Bukan panas tubuh yang dihasilkan dari pemanasan dengan mengingat-ingat kesalahan mantan atau mengingat-ingat kekasih yang nge-love foto cewek cantik di instagram.

3. Lakukan dalam keadaan lapar


Bila tujuan olahraga adalah menunjang program diet maka jogging dilakukan 1 jam sebelum makan. Pembakaran yang terjadi di dalam tubuh akan semakin banyak. Tapi jangan terlalu dipaksakan, cukupkan saja bila sudah merasa lelah. Karena hal yang dipaksakan hanya akan menyakiti. Ini serius bukan baper.  -_-

Tiap langkahnya diiringi dengan motto "Kurus! Kurus! Kurus! Kurus!" Di dalam hati

Setelah laripun jangan langsung makan, tunggu 1 jam setelahnya. Perasaan lapar akan makin muncul memang, bisa disiasati dengan banyak minum air putih yang banyak. Jadi sebisa mungkin tahan godaan jajan yang menggiurkan.

4. Pendinginan


Setelah dirasa cukup, jangan langsung duduk atau berbaring. Lakukan pendinginan dulu dengan berjalan santai selama 5 menit. Agar pacu jantung perlahan menjadi stabil kembali.

Botol air minum olahraga jogging joging sehat

Setelah itu barulah duduk sembari minum dengan menyandarkan punggung dan meluruskan kaki.

Melakukan jogging secara rutin seperti mempunyai hiburan tersendiri untuk saya. Perasaan semangat, pikiran yang fresh memicu mood yang baik sepanjang hari. Olahraga mudah dan murah. Hanya 30menit per hari dan dilakukan 3 kali dalam seminggu, akan lebih baik lagi bila setiap hari melakukannya. Setelah merasakan manfaatnya, jadi akan tetap semangat berlari walaupun tidak ada yang mengejar. \(^o^)/

Jangan Lewatkan

37 comments

  1. Kalau saya jogging bisa terlaksana ketika bisa bangun pagi, kalau nggak ya terpaksa mengurungkan niat. Soalnya tahu sendiri lah gimana suasana di pagi hari, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya tau tau tau hahaha
      Boboable banget memang 😂
      Makanya saya pilih yg sore joggingnya

      Delete
  2. Wah banyak juga ya manfaat joging

    ReplyDelete
  3. POIN 1, MENURUNKAN BERAT BADAN, o tidaak.. sy lg pingin gendut mbak :D
    tp banyak mmg manfaat dr jogging ini,

    jogging sm teman emg lebih seru drpd jogging malu2 sama si doi, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Joging malu malu itu gimana ya
      lari nya jaim, pelan pelan di bilang jalan jg enggak..

      Delete
    2. Duh kebalikan dari aku dong,coba bisa transfer haha
      Tapi abis jogging rasa laparnya makin besar lo mbak. Bisa disiasati makan atau minum jus habis jogging.

      Lari jaim sama doi itu lari slow motion mungkin mas adi. Dan larinya sambil sering2 benerin jilbab atau rambut terus sambil mesam mesem haha

      Delete
    3. hahaha baru tau saya ada jogging malu malu -_-

      Delete
  4. Saya setiap hari minggu selalu jogging
    tapi selalu sendirian juga
    temen pada males joging
    setelah joging badan jga terasa segeran
    tidur jg nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sendiri saya biasanya sambil dengar musik pakai headset joggingnya. Biar ga kesepian 😂

      Iya mas adi. Langsung kerasa kok efek positifnya ya

      Delete
  5. Kalau habis jogging badan enak, fresh, tp ngilangin malesnya itu lhoo. Susaaah.
    Salam kenal mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sabar mbak neli, males memang belum ada obatnya kok

      Salam kenal mbak neli 😊

      Delete
  6. Biasanya hbs jogging di Car Free Day langsung kulineran, malah lemak yang keluar lbh sedikit dengan yang masuk, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas gagal diet kalau ke CFD, jajan sama olahraganya masih hebat godaan jajan yg jejer berderet2 😂

      Delete
  7. wah aku sudah 5 tahun nggak pernah joging paling jalan di depan rumah maklum udah tua persendian sudah nggak kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 banyak jalan kaki saja mang biar sehat. Walaupun sudah tidak muda lg kan tetap perlu olahraga

      Delete
  8. Owalah asyik. Kalau saya biasanya ikut CFD setiap minggu pagi. Kapan2 kitq jogging bareng ya 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh banyak jajannya klo di cfd,gagal diet banget nanti 😂😂

      Delete
  9. kalau saya jarang jogging mbak. titip salam yah sama yang kudung coklat yang sampingnya pake gaya ultramen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie.. Cie.. Mas insan pedekate nih.. 😁

      Delete
    2. Oke nanti disalamin. Sekalian salam untuk anak dan suaminya nggak mas insan? 😂😂

      Delete
  10. Kalau dulu sih iya saya rajin jogging, tapi sekarang udah sangat jarang, atau boleh dibilang hampir gak pernah lagi, sebagai gantinya saya pergi pulang kerja naik sepeda 🚲 ysng jaraknya 3 km, lumayan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih itu mah keren pisan atuh. Sampe kantor apa nggak mandi lagi itu jadinya mang? 😂

      Delete
  11. Saya gak kuat lari, soalnya kaki pernah cedera, paling banyakkan jalannya kalo jogging, hehehe... Padahal manfaatnya luar biasa buat kesehatan tubuh ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau karena cidera lebih baik olahraga yg tidak terlalu banyak menggunakan kaki mas hendra. Menghindari hal yg membahayakan :)

      Delete
    2. Makanya, paling juga cukup jalan cepat aja sih mba

      Delete
  12. Sebenarnya ada salah satu manfaat lagi yang terlupa mba, yakni melihat pemandangan--tanpa membatasi apa yang dimaksud pemandangan itu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhhmmn saya tau kok maksudnya pemandangan itu apa mbak hahaha

      Iya bener. Terimakasih sudah melengkapi ya mbak maria :)

      Delete
  13. Sebenarnya ada salah satu manfaat lagi yang terlupa mba, yakni melihat pemandangan--tanpa membatasi apa yang dimaksud pemandangan itu hehehehe

    ReplyDelete
  14. Kl aku lg jogging dlm hati selalu bilang gendut gendut gendut.. Hahah, ku kurus banget ih, susah makan sih.. Akhir2 ini udah jarang banget jogging, dlu pas masih jadi mahasiswa rutin minimal seminggu sekali, ya kan sekalian cari mangsa. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pengen banget aku hibahkan sebagian milikku yg kebanyakan untukmu mbak rasanya

      Duh banyak nih korbannya mbak el kayaknya haha

      Delete
  15. Dari akhir tahun kemarin, udah bikin resolusi tahun ini mau rajin olahraga jalan. Niatnya mah biar kuat nafasnya pas ke Air Terjun Sipiso Piso, yang jalannya wooooow itu. Hanya orang - orang ruar biasa yang mampu kesana

    Eh tapi sampe tengah bulan ini belum ada perubahan. Tetep mager

    Bisa terancam gagal turun lagi nih ke air terjun kayak kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh jangan dong. Semangat kejar resolusinya. Air terjun mau melihat keluar biasaanmu hehe

      Delete
  16. benar sich Mbak jogging adalah cara mendapatkan hiburan murah dan menyehatkan, asalkan setelah joggingnya tidak mampir ke rumah makan berbintang lima. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nyari chefnya buat minta ajarin masak ikan goreng ya hahaha

      Delete
  17. Buat kebanyakan orang sih jogging tujuan nya supaya mengurangi berat badan atau diet, kalo saya pribadi selalu joging minimal 1 minggu sekali tujuan nya supaya badan ga terasa lemas, sebab jika sudah ga jogging badan bawaan nya jadi lemes gimana gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo udah terbiasa malah nggak enak ya badannya tanpa jalanin rutinitas jogging. Kebiasaan bagus mah nggak p2,biar sehat :D

      Delete

Powered by Blogger.