Danau Kemuning, Wisata Kampung yang Tidak Kampungan di Sribhawono Lampung Timur

Wisata danau kemuning lampung
Suasana tenang Danau Kemuning Lampung Timur

Daerah Lampung bagian timur tak hanya terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dengan maskot gajahnya. Namun ada beberapa destinasi lain yang dapat dikunjungi untuk menikmati alam.

Salah satunya Taman Wisata Gotong Royong Danau Kemuning yang terletak di desa Sribhawono, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta. Kemarin tanggal 25 Desember 2017 bertepatan dengan hari libur lebaran umat kristiani  atau Hari Natal untuk kesekian kalinya bisa mengunjungi danau ini.

Karena datang pada momen liburan jadi lebih banyak pengunjung yang datang kesini. Ada beberapa objek wisata lain disekitarnya seperti kali aro atau water boom, tapi untuk liburan kali ini danau kemuning yang jadi pilihan. 


Destinasi ini cocok dikunjungi bersama keluarga, teman, kekasih, teman rasa kekasih, atau kekasih tapi tak dianggap. Karena danau yang dikelilingi dengan pepohonan menjadikan suasana wisata ini ramah, untuk sekedar mengobrol, memancing, berenang, menyelami mimpi-mimpi bersama, atau hanya ngopi dan jajan.

Kadang juga disini digunakan sebagai latar pengambilan foto pre wedding. Romantis kan. Tapi bisa juga suasananya menjadi tidak romantis bahkan sedih bila digunakan sebagai latar berakhirnya suatu jalinan asmara :(

Wisata danau kemuning sribhawono
Danau Kemuning saat sepi pengunjung

Airnya jernih karena bagian dasarnya bebatuan. Danau ini sebenarnya adalah sumber air bersih untuk warga Sribhawono dan sekitarnya yang menggunakan jasa PDAM. Bahkan airnya digunakan untuk mengairi sawah di daerah Way curup yang letaknya jauh dari danau.

Oleh sebab itu ada juga yang menyebutnya kali mesin karena sumber airnya dikelola mesin sebagai pengairan. Sebelum dikelola sebagai tempat wisata seperti sekarang, sehari-harinya hanya didatangi oleh bidadari tak bersayap (ibu-ibu) sekitar yang berduyun-duyun mencuci baju sambil mengamati anak-anaknya yang nyemplung ke air.

Baca juga: Kecantikan Pantai Kerang Mas Lampung Timur Masih Perlu Banyak Perhatian

Hampir seluruh bagian danau dipenuhi bebatuan besar yang digunakan untuk talenan mencucinya. Tapi setelah disulap menjadi destinasi wisata seperti sekarang bebatuannya dipindahkan dan hanya ada di bagian pinggirnya saja. Sempurna :D

Harga karcis danau kemuning sribhawono
Pintu masuk danau membayar karcis masuk

Biaya agar dapat menikmati suasana disini hanya sebesar 5000 per orang, biaya parkir 5000 untuk motor dan 10.000 untuk mobil.

Tiket masuk danau kemuning sribhawono
Karcis tanda masuk danau kemuning

Fasilitas yang disediakan juga lengkap, lahan parkir, kamar mandi dengan tarif 2000 rupiah, sewa ban 10.000 untuk ukuran anak-anak dan 15.000 untuk dewasa. Jadi bila ingin merasakan sensasi mandi tapi tidak bisa berenang tidak perlu khawatir.

Sewa ban danau kemuning
Fasilitas sewa ban danau kemuning

Untuk konsumsi juga tersedia warung-warung kopi yang tidak hanya menyediakan kopi saja, berjajar hampir di sepanjang tepi danau. Setelah berenang bisa menyantap makanan dan minuman yang dipesan diwarung-warung tersebut.

Jajanan di danau kemuning
Jajanan bisa di pesan di salah satu warung

Bagi yang tidak ingin berenang tapi ingin mencoba sensasi airnya, disediakan juga jasa sewa sepeda air dengan karakter hewan lucu-lucu, seperti bebek atau paus. Harga sewanya adalah 20.000 per orang selama 20 menit. Seluruh fasilitas dapat dinikmati mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, yang merupakan jam beroprasinya wisata danau kemuning.

Sepeda air danau kemuning
Naik sepeda air hanya bisa berdua saja

Danau ini dibagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh bendungan yang di atasnya adalah jembatan. Bagian yang lebih dalam digunakan untuk area mengayuh sepeda air atau memancing, sedangkan bagian yang lain dengan kedalam rendah digunakan untuk berenang.

Danau kemuning dengan fasilitas lengkap
Bagian lebih dalam untuk area sepeda air

Rute sampai kesini juga tidak sulit, apalagi dengan bantuan map dan pedoman pribahasa "malu bertanya sesat di Jalan." 


1. Bila dari arah Bandar Lampung 

Bisa menggunakan jasa angkutan bus rajawali atau mertasari dari terminal rajabasa dengan tarif 35.000. Pesan pada kondektur atau sopirnya untuk diturunkan di Lapangan Sribhawono depan Puskesmas. Bila tiba tidak terlalu pagi atau sore pasti banyak abang ojek yang menawarkan jasa antar. Bilang saja "Danau kemuning 5000 ya?" Setelah deal maka anda akan diantar ke tempat tujuan.


2. Bila anda dari arah metro

Anda bisa menggunakan fasilitas angkutan damri. Pesan pada kondekturnya untuk diturunkan di pasar simpang. Disana juga pasti akan disambut oleh abang-abang ojek pangkalan. Jangan lupa juga untuk menentukan tarif antarnya sebelum berangkat, "5000 sampai danau kemuning ya?" begitu.

3. Bila anda dari arah Bakauheni atau Labuhan Maringgai

Anda bisa juga menggunakan jasa angkutan bus damri. Minta juga untuk diturunkan di pasar simpang agar disambut oleh abang ojek disana.

Plang penunjuk danau kemuning sribhawono lampung timur
Plang penunjuk jalan danau kemuning

Hanya sekitar 1 Km jaraknya dari lapangan Sribhawono atau pasar simpang. Agar lebih mudah silakan gunakan panduan map berikut:

Hal yang disayangkan adalah jalan yang rusak menuju ke destinasi ini, baik dari Bandar Lampung, Bakauheni atau Metro. Diharapkan pemerintah lebih memperhatikan jalan sebagai fasilitas umum untuk mempermudah akomodasi agar destinasi-destinasi yang dikelola dapat dieksplor dan dinikmati banyak orang. Karena bagaimana pun destinasi ini memiliki andil dalam pendapatan asli kabupaten Lampung Timur. 

Sekian cerita liburan di danau kemuning Sribhawono, terimakasih. Ayo Traveling. d(^.^)b

Dokumentasi:

Parkiran danau kemuning lampung
Lahan parkir danau kemuning


Pengunjung danau kemuning sribhawono
Pengunjung danau kemuning di hari libur

Berenang di danau kemuning
Areal untuk berenang tidak dalam

Tempat makan di warung danau kemuning
Meja makan warung danau kemuning

Warung makan di danau kemuning
Salah satu warung danau kemuning

Jembatan bendungan danau kemuning sribhawono lampung timur
Jembatan pembatas areal berenang dan bukan

Sewa ban karakter untuk anak-anak
Sewa ban untuk anak-anak

Kamar mandi danau kemuning
Bayar 2000 ke kamar mandi


Related Posts

51 comments:

  1. Salah satu wisata air yang direkomendasikan untuk keluarga. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,cocok banget untuk piknik bareng keluarga :)
      mantap

      Delete
  2. murah tapi bagus banget tempat rekreasinya coba dekat ini Sis dari Sulawesi pasti aku kunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kalau mau eksplor yang jauh boleh dicoba kesini :D

      Delete
  3. Bener ya, tempatnya adem, asik buat nyantai. Apalagi disore hari, terlebih sembari menikmati makanan gitu. Tiket masuknya juga nggak menguras kangtong. Cukup murah dan terjangkau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Murah dan nyaman. Seru tempatnya untuk acara ramai2

      Delete
  4. Ah jauh sih ya, kl deket udah langsung cussss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayolah mbak cuss kesini kalau sudah benar2 sembuh tapi ya :D

      Delete
    2. Hahaha, dah sembuh kok mbak.. Batinnya yg belum sembuh2 ih.. *apasih* haha

      Delete
    3. Nah kalau gitu bisa disembuhkan disini mbak ella :D

      Delete
  5. Di setiap tempat destinasi mesti dijumpai kendala, entah sarana entah akses menuju ke sana. Walaupun begitu kiranya tetap jadi tujuan berlibur untuk masyarakat di sana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar :)
      masih jadi tujuan wisata favorit masyarakat syukurnya disini,karena tempatnya tidak membosankan

      Delete
  6. aprill.. ajak aq tahun baruan ke situ lah...
    kemana aja boleh deh..
    terserah kamu mau kemana.... asal aku ikut
    hahaha...

    ReplyDelete
  7. Waa bagus ya :D jadi pengen kesitu :( seandainya jarak tiada berarti hahaha πŸ˜‚ semoga ku bisa segera traveling kesana yak doakan πŸ˜‚

    ReplyDelete
  8. Kalo mudik nanti, bisa mampir sejenak biay istirahat nih
    Buat tongkrongan jomblo jg bvus nih, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha cocok buat nongkrong atau duduk2 walaupun jomblo. La emang mudiknya kemana mas?

      Delete
    2. Saya ke OKU Timur
      cuma 5 jam perjalanan aja
      jadi kan bisa mampir dulu
      kalo dulu sering main ke way kambas, sewaktu masih tinggal di Oku timur

      Delete
    3. Oo kalau jalur darat lewat lintas timur ya melewati lampung yaa.
      Jauh kerjanya di ibukota kan,musti piknik2 biar refresh ini :D

      Delete
  9. Wah seru ini buat dikunjungin kalo ke lampung, salam kenal mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dimasukan dalam list liburan ke lampung :)
      salam kenal juga mbak

      Delete
  10. Danaunya nampak tenang mba. Bagus untuk wisata keluarga juga nampaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Direkomendasikan untuk piknik keluarga banget mas 😊

      Delete
  11. Bagus, Mbak. Suatu saat ajak saya ke sana. :)

    ReplyDelete
  12. cuma 5rb bisa dapat view kayak gt ya mba, disini parkir nikahan aja harus bayar 10rb.. hiks bgt!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun mahalnya, bisa 2x masuk ke tempat piknik ini mbak nia πŸ˜„

      Delete
  13. Weh aku yang dari Lampung baru tahu danau kemuning dan keberadaannya indah ya, aku cuma tahu danau ranau sust hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah ke danau ranau mbak hehe
      Mbak di lambar,jauh sih dari sini

      Delete
  14. Murah ya tiket masuknya..
    Wah, sayang jauh di solo mah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah banget mbak sara. Hehe tapi cepet klo naik pesawat lo mbak
      Mahal ongkosnya tapi πŸ˜‚

      Delete
  15. Asli, cocok bangat untuk bersantai dan seru-seruan bersama sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sama mantan terindah gmna bang, cocok ndak?? :D

      Delete
    2. Cocok bang,bisa sampai lupa hutang 😁

      Move on juni move on πŸ˜…πŸ˜…

      Delete
  16. Kalau modal 100ribu aj bisa nikmatin semua fasilitasnya tuh, murah banget soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ajakin gebetan jg malahan mas kalau modal segitu 😁

      Delete
  17. masih satu pulau boleh lah kesana
    tapi kok airnya ngga kuning yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget,dari provinsi mana mas?
      Iya nggak kuning,mungkin rajin sikat gigi 😁

      Delete
    2. Apaan sih ah hehehe
      Orang Medan
      salam kenal yah

      Delete
    3. 😁 iya,masih satu pulau. Salam kenal juga bang

      Delete
  18. melihat foto-foto dari aara piknik di danau kemuning sribhawono, Lampung ini emang keren dan ciamik banget, pokoknya emang pas kalau wisata kampung yang nggak kampungan teh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciamik pisan euy mang ini πŸ˜‚
      Dijamin nggak kampungan

      Delete
  19. wah seru ya, jadi pengen main kesana juga


    salam kenal
    Diah
    http://www.diahestika.com/

    ReplyDelete
  20. Sudah nyampe sono, gak sesuai foto yg dipost

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan menunjukkan akun anda sebagai identitas untuk pertimbangan saya percaya komentar anda. Terimakasih sudah memberikan waktu berharga anda untuk berkunjung dan berkomentar :)

      Delete
  21. duhh..pengen banget naik sepeda airnyaa yang mengayuhh di danau kemuning ini...

    seru sekali kayanyaa nihh mbaa..hehhe

    ReplyDelete