Kota Solo, Kota yang Paling Nyaman Ditinggali dan Rinduable


Pernah menjadi perantau yang tinggal di kota lain, tepatnya Kota Surakarta atau Kota Solo. Menuntut ilmu yang sebenarnya tidak bersalah. Sudah 1 tahun lebih meninggalkan kota penuh cerita itu karena ilmu sudah tertuntut.

Kota Solo


Sekarang yang sering menggelayuti adalah rasa rindu suasananya. Sering baper alias bawa perasaan kalau lihat galeri foto dengan latar kota budaya ini. Ingin rasanya walau sebentar berkunjung kesana kalau sedang dipuncak-puncaknya rindu.

Tapi karena aktifitas dan hal lain tidak memungkinkan kesana walau hanya sebentar. Apa boleh buat. Tunggu momen yang pas saja suatu saat nanti untuk berkunjung, agar rindu bisa terbayar.

Di kota solo, banyak hal yang bisa membuat betah untuk tinggal. Kalau yang pernah kesana dan sempat tinggal beberapa hari, pasti tahu apa yang saya maksud. Belum lama ini terdengar kabar, Solo dinobatkan sebagai kota di Indonesia yang paling nyaman untuk dihuni dengan persentase 66,9. Walaupun nilainya turun dari 69,38 ditahun 2014 lalu tapi Kota Solo masih konsisten dipilih warganya.

Mengalahkan enam kota lain sebagai pesaingnya. Yaitu Banjarmasin, Tangerang selatan, Semarang, Denpasar, Balikpapan, dan Palembang. Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia, awalnya mensurvei 19 provinsi dan 26 kota di Indonesia sepanjang tahun 2017 lalu.

Hasil survei itu hasil dari beberapa tinjauan dan pendapat dari 100-200 responden, yang merupakan warga asli Solo. Memang di Solo ada hal yang menjadi alasan untuk betah tinggal. Apa saja itu? Coba saya beri gambarannya dari pengalaman pribadi.

Warga Solo Sangat Ramah dan Bersahabat


Salah satu hasil survei yang menobatkan Solo sebagai kota ternyaman untuk ditinggali adalah kemasyarakatannya. Dari pendapat Walikota Solo yang sedang menjabat saat ini FX Hadi Rudyatmo, Solo dapat mengelola kemajemukannya dengan baik.

Masyarakat bergaul tidak membeda-bedakan antara suku, golongan dan agama. Rasa peduli dan semangat gotong royong masih terus dipertahankan warganya.

Pernah punya beberapa teman perempuan yang suaranya lemah lembut bahkan nyaris tidak terdengar. Walaupun beberapa bukan keturunan jawa, tapi karena kekhasannya jadilah julukan putri Solo di sematkan pada mereka.

Teman-teman yang usil sering menggoda dengan menirukan gayanya berbicara. Yang paling teringat mereka menirunya begini, "Heiii jangan gangguin aku terus laah, tak tembak kamu nanti mak jedoorr." Dilengkapi tangan membentuk pistol dengan gerakan slow motion. Padahal kan nggak gitu-gitu juga. :D

Dari alasan itu, dulu saya sudah memprediksi sebelum berangkat ke kota ini. Orang-orang di Solo itu pasti sangat ramah dan lemah lembut. Ternyata benar, setibanya disana suasananya sangat bersahabat. Keramahtamahan penduduknya sangat terasa. Dengan begitu saya setuju dengan hasil survei IAP tersebut.

Penataan Kota Solo Sudah Baik dan Rapi


Nilai lebih dari hasil survei kota paling nyaman untuk ditinggali juga diperoleh Kota Solo dari penataan kotanya. Infrastruktur yang baik dapat terlihat saat melintasi jalanan kota ini.

Sesuai dengan julukannya, Kota Solo sebagai Kota berseri. Dimana maksud berseri itu adalah bersih, sehat, rapi dan indah. Pada bagian ini juga membuat saya setuju Solo sebagai kota nyaman untuk ditinggali.

Sedikit saran tambahan, sebenarnya Solo bisa lebih lengkap dan mendapat nilai sempurna dari IAP. Bila kebiasaan oknum yang membuang sampah di sungai dapat diatasi. Berdasarkan pengalaman lagi, cerita banjir di beberapa tempat terjadi karena sungai meluap saat musim penghujan. Karena ada aliran sungainya tersumbat sampah.

Bukankah lagu legenda Bengawan Solo saat didengar memancing khayalan tentang aliran sungai yang indah? Namun saat melihat aslinya sekarang akan kecewa karena tidak sesuai ekspektasi.

Warna airnya kecoklatan, kadang menyembul bungkusan sampah terbawa aliran. Apalagi aliran Bengawan Solo yang sangat panjang dari Wonogiri. Kemungkinkan ada kiriman sampah juga dari sana.

Terlepas dari itu, tidak merubah kesepakatan bahwa Solo ditata dengan baik. Karena selama tinggal disana belum pernah mengalami kemacetan berjam-jam. Kecuali kalau kehabisan bahan bakar di tempat yang jauh dari penjualnya. :D

Makanan dan Pakaian di Kota Solo Relatif Murah


Biaya hidup di kota ini terbilang murah. Harga makanan dan sandangnya sangat terjangkau tapi dengan kualitas lumayan bagus. Tak heran kalau disana merupakan salah satu pusat grosir pakaian terbesar. Bertempat di PGS (pusat grosir Solo) atau Pasar Klewer.

Selama tinggal disana, untuk masalah hemat tidak perlu khawatir. Karena harga makanan di Solo murah dan porsinya juga standar di tempat lain. Malah kadang ada yang porsinya lebih banyak.

Tentu saja kalau itu makan dan membeli baju di tempat sederhana. Tapi kalau belanja pakaian di mall, pasti tidak jauh berbeda dengan harga di mall seluruh Indonesia. Atau makan di restoran cepat saji yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Sudah pasti harganya tidak beda jauh juga.

Untuk sekedar informasi, memilih rasa makanannya harus selektif. Karena untuk lidah yang terbiasa dengan rasa gurih atau asin, tidak akan cocok dengan masakan dominan manis. Makanan di solo, banyak yang selera masakannya berasa manis. Walaupun tidak semua, ada juga yang masakannya didominasi rasa asin dan pedas.

Malam di Solo adalah Malam yang Tenang


Jam 9 malam ke atas, di solo cocok digunakan untuk jam istirahat. Setelah seharian melakukan berbagai aktifitas. Walaupun berstatus kota tapi di jam itu jalanan sudah mulai sepi yang berlalu lalang. Hanya beberapa kendaraan yang melintas.

Tinggal di daerah kampus dan berstatus penuntut ilmu, membuat kewajiban belajar menjadi prioritas. Suasana malam yang tenang sangat pas dijadikan tempat untuk berkonsentrasi belajar, begadang mengerjakan tugas, berpikir dan tentu saja beristirahat.

***
Mungkin masih banyak lagi alasan yang menambah daya tarik Solo yang membuat nyaman untuk ditinggali. Poin di atas masih sebatas yang teringat saja.

Tapi secara pribadi, Kota Solo banyak membuat saya lebih mengenal diri sendiri. Banyak pola pikir saya berubah lebih baik saat tinggal disana. Banyak sifat yang kurang baik di masa lalu yang dapat saya jadikan rem diri sendiri agar tidak semakin menjadi-jadi.

Tempat yang tenang untuk banyak berpikir dan instropeksi diri. Banyak sifat yang berubah dari biasanya. Banyak kejadian penting juga yang terjadi saat berada disana. Alasan pribadi yang didukung suasana kota nyaman itu yang selalu membuat hati semakin rindu. Suatu hari, kita harus bernostalgia kembali. :)


Related Posts

123 comments:

  1. Oh...kuliah di Solo? UNS? Jurusan? Angkatan? *Terus kepo :D
    Kalau baru "meninggalkan" Solo 1 tahunan ini, berarti kurang lebih angkatan 2012 / 2013?

    Kalau masalah Bengawan Solo, alkhamdulillah udah ada proyek'an disekitar Jurug sama Terminal Tirtonadi itu, Nggun. Ya, mau di tata lebih cantik lagi, insyaallah. Harapannya setelah ada proyek penataan di bantaran Bengawan Solo, warganya mulai sadar sama kebersihan di sekitar sungai juga. Jadi bisa meminimalisir sampah dan banjir. ((SEMOGA))

    Nah kalau macet, akhir-akhir ini daerah Manahan yang sering kena. Kenapa? Karena ada proyekan (juga) buat fly over. Kalau pas jam-jam sibuk berangkat & pulang kerja, beuh...bisa lama banget itu macetnya. Tapi overall, Solo tetep nyaman kok. Jare uwong-uwong Solo mah, SOLOVELY :3 TERLALU NYAMAAAAAAN....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaps bener. Kuliah di UNS. Angkatannya kurleb benar segitu πŸ˜‚

      Wihh kayaknya mau makin keren nih penataannya. Emang yang kelihatan banget disana itu ya bengawannya. Pemandangannya ga enak banget e klo liat ke bengawannya. :(
      Klo itu dipercantik pasti makin kece kota solo

      Karena jalannya gantian ya dari arah berlawanan? Tapi klo udah jadi fly overnya bakal bebas macet banget itu.
      Setuju lah sama julukan so lovely nya. 😁

      Delete
    2. Kayaknya sih bakal ditata macam sungai-sungai di luar negeri sana. Bakal jadi tempat wisata.

      Iya, jadi macet banget disekitar situ. Mending cari alternatif lain.

      Delete
    3. Walah gek kapan katanya selesainya pembangunan2 itu? Selak pengen nyobain πŸ˜‚ daripada macet2an disana kan

      Delete
    4. Rinduable itu bahas apa sih....bahasa baru kota Solo kah....

      Solo Jawa Tengah, Saya ada di Demak berarti deket dong...?

      kapan kapan kesana ah....nanti mapir ke rumahnya neng Anggun boleh kan ?

      Delete
    5. Rinduable itu bahasa perempuan april mas admin triknews πŸ˜‚πŸ˜‚

      Oiya lumayan dekat itu.. Tapi sayangnya di artikel ga bilang klo sekarang masih tinggal di solo lo yaaa πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ga ketemu nti rumahnya hehe

      Delete
    6. ga mau komentar di bawah ah...pengen disini aja, wong juga cuma pengen ngasih tau saya orang Solo yang nggak pernah tinggal di Solo....unik kan?

      Delete
    7. mohon ijin follow blognya yah...banyak sahabat blogger yang udah narsis di tombol follower nya juga tuh

      Delete
    8. Iya nih bener2 unik. Orang Solo maksudnya disini kalo lg aktivitas sendirian ya? Bukan orang dari "kota solo" πŸ˜‚

      Iya mang saling follow 😊

      Delete
  2. Solo jawa tengah, aku di jawa timur..
    deket dong pril.
    kapan ke solo lagi...
    biar q jemput kau.. #EH

    btw, bulan april nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah nih jun kapan bisa kesana lg,masih tak tau.

      Iya jun,udah april nih. Mau ngucapin? πŸ˜‚

      Delete
    2. Ngucapin tapi takut ke gasiken mba πŸ˜‚

      Delete
    3. Jangan takut mayuf. Nanti biar aku yg ngepasin πŸ˜‚

      Delete
    4. awas nggak boleh nakal tuh...... Mas Hujan Bulan Juni tahun 2018

      Delete
    5. wehh. ada apa ini rame2.. ikutan.. hehe^^
      april g punya cita-cita bikin konten hujan bulan april kah?:D

      april.. sehat.. bagaimana ngajarnya?? lancar??^^

      Delete
    6. πŸ˜‚πŸ˜‚
      Temanya apa ituh? Beneran atuh klo sumbang saran haha

      Lancar jun Alhamdulillah.. Semoga km jg sehat dan lancar pekerjaannya eak :D

      Delete
  3. Sebagai orang Solo..
    Terima kasih sudah menulis artikel ini...

    Memang Solo saat ini begitu nyaman untuk ditinggali..
    Minta doanya juga agar Solo akan selalu senantiasa nyaman untuk ditinggali.. Nggak bertambah macet dan berisik.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. Mudah2an klo kesana 5,10, 15th lagi masih tetap membuat hati nyaman untuk tinggal 😊

      Delete
    2. Wew.. Lama banget ke sininya..
      Seminggu lagi gitu., Mumpung April kan pas.. hehe

      Btw, aku juga kelahiran April hlo..

      Delete
    3. Waduh gawe tambah pengen gek ndang haha
      Tapi belum bisa mas wepe :(

      Widih.. Pria april nih brati yo.. Selamat mas wepe.. semoga berkah umurnya pokoknya :)

      Delete
    4. Oiya, jangan waktu deket ini ding ke Solonya..
      Baru macet, soalnya baru pembangunan fly over Manahan... Selesainya sekitar Oktober..

      Aamiin.. Lebih enak kalo laki-laki sih.. haha
      Sama-sama..

      Delete
    5. Iya katanya mas wisnu yg komen paling atas iku lg macet dijam2 sibuk ya di daerah manahan?
      Yo dah lah,nunggu rampungan aja :D

      Laki-laki april gitu ya? Haha baiklah.. Cucok 😊

      Delete
  4. Solo/surakarta ,memang indah dan bagus penataan nya ya mba, tapi gak tahu juga di perdesaan nya, soalnya waktu saya ke solo cuma ke bagian kotanya aja buat jalan" hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mayuf.. Tata kotanya memang rapi banget dan tempatnya ga ngebosenin gitu :)

      Delete
  5. Solo memang sebelas dua belas sama jogja, rinduable kosa katanya pas bngat buat solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang idris.. Kayak sodaraan gitu lah 2 tempat itu 😊

      Delete
  6. Beberapa tahun aku ngga ke Solo, saat libur Lebaran kemarin jadi pangling banget dengan kemajuan yang ada disana.

    Jembatan penghubung dari terminal ke stasiun keretanya ... wuiih ... panjaang dan bersih banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😊 keren ya perubahannya? Ditata terus soalnya
      Ini nanti klo kesana mungkin saya jg udah pangling. Itu jembatannya aja aku ga tau πŸ˜‚

      Delete
    2. Kapan2 ke Solo cobain jembatan panjangnya ya,kak ☺.
      Pintu masuknya di area halaman stasiun , berupa bangunan berwarna silver.

      Delete
  7. jadi ngebayangin solo apalagi kalau ketemu gadis penutur asli kromo inggil wah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe
      Ajak istri aja mang,mengulang bulan madu disana. Romantis lo 😊 biar klo ketemu gadis solo ga menimbulkan salah paham πŸ˜‚

      Delete
  8. Bagi saya yang orang Malang, dulu waktu stay di Solo rasanya panaaas banget. Tapi setuju, fasilitas di Kota Solo makin maju dan lengkap. Makanan juga masih murah-murah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang panas banget klo pas kemarau,tapi waktu penghujan dinginnya ga karuan πŸ˜‚ tapi klo panas sih dimana2 jg gitu sekarang :(
      Nah setuju ya :)

      Delete
    2. Iya memang panas banget klo pas kemarau,tapi waktu penghujan dinginnya ga karuan πŸ˜‚ tapi klo panas sih dimana2 jg gitu sekarang :(
      Nah setuju ya :)

      Delete
  9. saya orang jawa ga pernah disolo padahal kuliah disemarang ga pernah main ke solo, kemarin mau kesolo sudah siap eh ada sesuatu ga jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal sama2 jawa tengah ya mas. Kuliahnya bener2 brati mas agus,ga sambil main2 hehe

      Delete
  10. berarti kota ini merupakan kota kenangan tersendiri yach buat Mbak Anggun. :)

    sekaligus menjadi kota yang merubah sifat kurang baik Mbak Anggun yach... :)

    Jadi sekarang sudah Pulang kampung nich Mbak ?

    Ohy ada apa dengan bulan APRIL ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas di solo bisa banyak berpikir kang nata jd banyak perubahan disana. Ya begitulah pokoknya :D
      Komennya keliatan kalau bener2 dibaca 😊
      Sekarang sudah kembali ke kampung halaman kang nata :)

      di bulan april ada banyak kebahagiaan kang. Amiiin :D

      Delete
    2. Saya selalu lahap setiap tulisan Mbak Anggun, sebab lucu dan menarik.:)

      Kumpul2 dng Keluarga Dong..asekkk...:)

      Di Bulan Ini sepertinya Mbak Anggun Ultah yach, heheheh.... :)

      Delete
    3. Hehe terimakasih kang nata. Komentarnya selalu jadi penyemangat nulis 😊

      Betul sekali kang. Kumpul keluarga :D

      Biasanya sih iya kang. Mudah2an tahun ini juga deh πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  11. Pegen sebenernya tinggal di Solo, selain harga2 yang murah, biaaya hidup tidak terlalu tinggi.. Kalau di bsd sini semua pada mihill. Mikir dua kali tinggal lama2 dsni hahaha.. Tapi emang orang solo pada teratur dan baik2 orangnyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Harus direncakan dgn sangat baik mbak vika kalau mau pindah tempat tinggal. Sudah berkeluarga kan soalnya :D
      Btw bsd itu dimana sih mbak?

      Delete
  12. Saya belum pernah ke solo :(
    Btw tangerang selatan masuk list kota nyaman untuk ditinggali? Baru tau! Seenggaknya merasa bangga sebagai penghuninya hihi

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 main mbak :)

      ikut bangga ya mbak,kota tinggalnya masuk 6 besar kota ternyaman 😊

      Delete
  13. pernah tinggal di solo juga toh mbak anggun
    saya belum pernah ke daerah jawa, ada pengen tapi blum kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. Pernah nebeng hidup di jawa :)

      harus kesana mas,mumpung masih bujang. Memperbanyak cerita pengalaman buat ditukar sama istrinya nanti :)
      Sekarang transportasi sudah gampang jd pergi2 sendiri jg ga masalah.

      Delete
  14. Aku belum pernah ke ssolo. Sesekali pengen juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekali aja dulu. Baru 3, 4,5 dst nya nanti menyusul :)

      Delete
  15. Betul sekali, kota solo kini semakin membaik dalam soal tata kotanya. Dan warganya ramah dan tamah. Tidak ada istilah ketok harga. Karena memang saya termasuk wong solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kan berarti pendapat saya :)

      keturunan solo atau memang kelahiran solo mas bumi?

      Delete
    2. Untung manggilnya bukan Mas Bumi dan Bangunan yah? Wkwkwkwk

      Delete
    3. πŸ˜‚ ya bukanlah.. Itukan pajak hha

      Delete
    4. Asli solo, dan lahir di solo :)

      Delete
    5. Wah.. Ternyata ada yg asli solo. Beruntung sekali :)

      Delete
    6. Sudah bebarapa kali berkunjung kok masih kota solo terus ya?? Kapan ke Semarang???

      Delete
    7. πŸ˜‚πŸ˜‚
      Belum update lg mas bumi hehe
      Ke semarang sudah lama banget dulu. Ga ditulis diceritakan di blog tp

      Delete
  16. Bukan tentang Kota Solo yang sejak dulu memang menarik, tapi lebih ke tentang kerinduan yang tertuang dalam tulisan ini yang membuat hati tertarik untuk sampai pada paragraf akhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh.. Terimakasih banyak ya bang rustam. seneng klo artikelnya dibaca sampai selesai dan ditangkap maksudnya dg baik πŸ˜€

      Delete
  17. kota Solo memang terkenal berpenghuni ramah-ramah. Gaungnya saja sampai terdengar ke luar pulau. Belum lagi Pak Presiden berasaldari daerah sekitar sana makin menambah seantero Indonesia

    Aku ucapkan selamat ya karena sudah lulus PTN dengan baaik. Semoga dengan ilmu yang diterima berguna bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar tempat tinggal minimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bener.. Karena pak presiden asalnya dari sana makin punya nilai lebih kota solo 😊

      Amiiin.. Semoga bisa berguna ilmunya ya. Terimakasih atas doanya :)

      Delete
  18. Ning stasiun balapan...kuto Solo sing dadi kenangan...kowe karo aku...naliko...ngeterke lungamu...
    Da...aaa...dada sayang....heheheh Solo Solo Solo, Yes!

    ReplyDelete
  19. Kl ke solo lagi berkabar ya, aku pengin minta ttd cewek pecinta kucing.. Wkwkwk
    Beberapa kali ke solo, emg adem anyem bgt kotanya. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cius lo yaaaaa..
      Ntar tak kasih klo cm ttd.. Gantinya harus selfie sama cewek mboncengan yak πŸ˜‚

      Delete
    2. Hahahaha, njiirrr.. Aku mau diboncengin juga ah kl ketemuπŸ™Š

      Delete
  20. Beberapa kali singgah dan menginap di Solo karena ada adik ipar tinggal di sana..dan semua alasan di atas benar. Paling suka karena murah makanannya, sebagai penduduk Jakarta ini benar-benar bisa jadi alasan utama. Juga tenang kalau malam..coba Jakarta, di dalam perumahan saja masih terdengar orang seliweran 24 jam..hiks.
    Jadi kapan ke Solo lagi, Mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dibandingkan dg kota jakarta pasti kerasa banget mbak bedanya. Jakarta itu kota yg ga pernah tidur kayaknya ya πŸ˜‚
      Harga makanannya jg beda banget

      Ga tau ni mbak dian. Pengen banget padahal nih πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  21. Pernah sekali ke kota solo, khususnya di surakarta ke UNS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke solo pasti ke surakarta mas, soalnya sama aja 😁 study bandingkah mas dzaky?

      Delete
  22. Pernah ikut tour keliling di Solo. Kotanya memang asyik, tertata dan memiliki banyak ragam wisata. Kuliner, budaya, literasi, dll. Tak heran kalau mbak April merindukan, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau yg udah pernah kesana pasti paham maksudnya nih hehe

      Delete
  23. Aku pernah ke Solo udah lama juga sich.. kangen sama kuliner nasi liwetnya..dan suasana kotanya.. Kalau sempat ke Solo lagi aku mau nyoba ke PGS... Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe
      Sempatin mbak. Trus diborong deh. Oiya jangan lupa ditawar harganya 😁

      Delete
  24. Sing tak senengi nek dolan nang Solo ki mampir nang angkringanne mbak Anggun. Lawuhe ngaranku luweh komplit soko angkringan Jogja. Lan yow regane bersahabat nang kantong. Opo maneh roso teh cem-cemane joss gandos. Nyamleng lah nek jajan nang angkringan daerah Solo ki. Wis wareg plus murah :)

    Keteromen le kere mas jajane nang angkringan. Yowis ben! :D

    Sugeng Ambal Warsa Mbak Anggun, Mugi Gusti paring panjang yuswa ingkang barokah, Mugi Gusti tansah paring bagas kasarasan lan katentreman. Amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya itu. Aku jg seneng beli makan di angkringan. Lawuhnya macem2 dan jajanannya yo ada aja pokoknya 😁
      Bukan kere sih tapi sederhana saja hehe

      Waduh walaupun aku ga tau pasti artinya apa tp dikira2 kayaknya berhubungan dg bulan april. Terimakasih banyak doanya mas arief. Semoga doanya diijabah dan berlaku untuk yg mendoakan jg. Amiiin :)

      Delete
  25. orang jawa memang ramah-ramah. Semoga ada rejekinya suatu hari main-main ke Solo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin mbak. Semoga bisa main bersama keluarganya :)

      Delete
  26. malamnya tenang, jadi pingin mencobanya..

    ReplyDelete
  27. betul ilmu tak salah mungkin ada kalimat yang lebih baik selai kata "menuntut ilmu" hehe

    banyak perantauan yang pulang dari Solo membawa cerita keindahan, kenyamanan, keramahan intinya semua ya h baik baik dari solo

    Aku percaya itu dan tetangga ku orang Solo aduhai ramah dan lembutnya saat beliau bicara sangat menyenangkan menjadi tetangganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe apa mbak yg lebih baik? Ada saran?

      kalau asli solo kelihatan banget ya mbak gaya bicaranya. Bikin terpana kalau lg ngobrol πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    2. Mungkin, mengunduh ilmu atau menginstal ilmu hehe ...

      Apa aku harus hijrah dulu ke Solo ya biar bisa lebih baik ? Becanda cantik ... yang penting ada niat dan usaha untuk lebih baik

      betul wong Solo lembut banget kalau ngobrol mungkin ada darah biru yang mengaliri jiwa beliau

      Delete
  28. untung ya kalau harga makanan murah..

    kos hidup jadi rendah.

    cash in hand jadi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Ga khawatir hidup hemat kalau disana :)

      Delete
  29. terakhir ke Solo ke pasar klewer 5th lalu. :D
    jadi pengen tau kota Solo yang sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Borong kalau ke pasar gitu pasti :)
      banyak yg diperbarui mas di solo. Kapan2 coba dicek hehe

      Delete
  30. saya malah belum pernah sama sekali ke kota Solo...
    Cuma dengar di media, Solo kota yang ramah orangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa dibuktikan langsung mas. Sambil refreshing :)

      Delete
  31. kalo liat tulisan yang ada di gambar nya jdi inget saat tugas ke yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo? Kok jadi ingat jogja? πŸ˜‚
      Oohh.. Trus mampir ke solo..(mungkin) πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  32. Jadi pengen ke Solo lagi dan pengen ngerasain malamnya disana, setiap ada agenda kesana selalu nggak sempet bermalam, pernah pun diperjalanan..he
    Yang bikin kangen itu kulinernya yang masih tergolong murah nggak nyekik kantong mahasiswa..

    Ada kejutan nggak ya, udah bulan april nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba mas. Deket lo cm 2 jam πŸ˜‚ kira2 sama ga nanti sama pengalamanku hehe
      Ga diragukan kalo murahnya memang lah disana itu :)

      aduuhh deg2an nih πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  33. Iya nih aku juga cnta banget sama kota solo, makanannya itu murah bangetttt ya ampun.. pengen kesana terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. πŸ˜‚πŸ˜‚
      Kayaknya cinta berat banget ini hehe
      Mudah2an dia jg sama ya. *lah?* πŸ™„

      Delete
  34. Aku belum pernah ke solo, tapi memang udah terbayang sih soal keramahannya solo, apalagi didukung dengan tulisan ini

    Hmm makin pengen dah tinggal di solo
    Yaaa doain deh mbak, supaya suatu hari aku bisa tinggal di solo, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doakan kesampaian mbak. Bakal betah klau cita2nya benar2 tercapai bisa tinggal disana :)

      Delete
  35. Wah mbak, aku jadi penasaran pengen ke Solo. Seumur-umur belum pernah kesana. Di Solo banyak objek wisatanya ngga mba? Trus ngga ada rencana balik ke Solo lagi nih mba? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mbak yani.. Kalau mau ke daerah lain sekitar solo jg banyak. Jadi klo dari solo itu strategis,dekat mau ke daerah lain 😁
      Belum mbak. Dan rencana pasti akan ada nanti hehe

      Delete
  36. Saya belum pernah ke SOlo mba Anggun. Selama ini cuma liat dari TV atau internet aja, kasian banget ya, hehehe... Cara bicaranya juga mungkin paling halus dibanding daerah lainnya di Jawa Tengah kali ya,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 saya jg bisa kesana karen beruntung mas hend. Kalau ga karena lanjut sekolah ga mungkin sampai kesana.

      Delete
  37. Di antara yang saya suka dari Solo adalah tengkleng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya.. Enak itu.. Saya juga beberapa kali coba 😊

      Delete
  38. Yang selalu gw kangenin dari solo, nasi liwet ! Terus kotanya itu, tata kotanya rapiiiii bangetttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanannya dulu yg paling dikangenin ya πŸ˜‚
      Iya memang setuju begitu kok

      Delete
  39. Pernah tinggal di solo ya meskipun cuma 2 bulan tapi udah bikin nyaman, pengen balik ke solo lagi tapi belum ada kesempatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah terasa nyamannya walaupun cuma 2 bulan ya mas 😊

      Delete
  40. Jadi pengen ke Solo, siapa tau dapat jodoh, kata peramal yang kebetulan peramal tersebut adalah diri gue sendiri dan kemampuan ramalannya masih abal2 mengatakan, jodoh gua itu adalah seorang wanita dan perempuan ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bisa jd peramal setelah dilan rilis πŸ˜‚

      Itu istrinya 2 ya brati. Wanita dan perempuan

      Delete
  41. Saya cukup sering ke Solo, karena bapak juga orang Solo. Setiap pulang ke Sragen kami melewati Solo, saya loh pengen banget tinggal di Solo. Warganya baik2 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mbak klo pulang ke sragen. 1 jam ya kira2 dari solo.
      Pasti bapaknya mbak jg baik ya 😊

      Delete
  42. Terakhir ke SOLO mungkin sekitar sd, pesantren disana. udah lama banget, kadang sering lewat kalau naik bus ke jakarta. ya cuma lewat aja. masih ada ga bus kota tumpuk. dulu aku SD masih ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas afrizal sd nya tahun berapa itu? Udah lama apa belum? πŸ˜‚πŸ˜‚

      Masih ada dan beroperasi mas tapi saya malah belum pernah cobain itu

      Delete
  43. Huhu.. Sedih πŸ™..blm pernah mampir ke kota solo yg katanya indah dan penduduknya yg ramah tamah, lewat mungkin pernah, itupun malam hari. Blm ada kesempatan menikmati keindahan kota solo… mbak anggun bisa ajak saya jalan-jalan mungkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti mang klo saya ke solo lagi. Bisa ngajak mamang keliling solo dengan istri tercintanya hehe

      Delete
  44. aku baru sekali ke solo... dan nyaman banget emang... kendaraan tinggal pake BST murah dan nyaman,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Naik bst lebih murah. Karena angkot sudah ga jadi favorit disana. Paling kalau yang lebih cepet ya udah ada ojol sih atau taksi yg mahalan :D

      Delete
  45. Aku baru satu kali ke Solo pas waktu aku SMA. Sudah lama banget. Ke sana pun cuma sebentar. Istilahnya hanya menumpang tidur. Meski cuma sebentar, aku langsung jatuh cinta dengan Solo. Aura kotanya itu lho... Beda. Apa ya... Semacam menyenangkan dan bikin adem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sebentar udah terasa hawa nyamannya ya mbak. Emang dasarnya nyenengin jadi ya sebentar pg terasa 😊

      Delete
  46. wah komentarnya udh banyak bgt ya, gua yg terahir terahir ni :D, jujur aja gua belum pernah ke solo jadi gak tau tuh rasanya tinggal disana, padahal gua juga tinggalnya di jawa tengah, tapi emg jarang bgt jalan jalan ke luar kota huhuh

    ReplyDelete
  47. aku ingat kata-kata di sebuah dokumenter tentang geger penghapusan Daerah Istimewa Surakarta dan gerakan anti swapraja,
    "Solo mnemang indah namun menyimpan bara api di dalamnya"
    tapi aku coba buktiin dan gak bener kok
    asyik banget apalagi orang-orangnya
    bagian dari kota Solo yang aku suka ya yang sekitar Taman Sriwedari.
    aku juga suka jalan-jalan pagi di Komplek Stadion Manahan
    dipandu mbak-mbak cantik pas ke Mangkunegaran
    Pasar-pasar di Solo juga antik dan asyik
    sayang aku cuma bentar ke sana
    huhu

    ReplyDelete
  48. Pernah beberapa kali ke Solo. Suasananya memang sebelas dua belas dengan Jogja. Bahkan karakter jalannya pun, banyak yang mirip dengan Jogja. Walaupun rutenya lebih membingungkan sih. Jadi inget dulu pernah nyasar hampir nyampe Sukoharjo, padahal cuma mau pulang ke Jogja.

    Yang paling nyenengan dari solo adalah Nasi liwetnya. Wenak tenan.

    ReplyDelete
  49. Pernah maen ke solo dalam rangka study tour, setelah itu gak pernah kesana lagi. Rasanya tempatnya emang nyaman sih untuk ditinggali, kata temen2 gue yg kualih di solo juga bilang gitu.

    ReplyDelete
  50. Keren yah kalo ada kota yg tenang
    Solo salah satu kota impian yg pgen aku tinggali selain jogja

    ReplyDelete