Wisata Kali Aro di Bandar Sribhawono Bakal Suguhkan Wahana Baru

Lampung timur masih punya destinasi wisata alam kekinian. Wisata kali aro yang berada di Desa Srimenanti, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur.

Wisata alam kali aro srimenanti
Wisata Alam Kekinian Kali Aro
Destinasi ini menyajikan wisata keluarga bertemakan air dan kebun. Sebagai hasil ide kreativitas dari ibu Ning alif sekeluarga sebagai pemilik wisata kali aro yang mengolah tanah warisan dari orang tuanya. Walaupun ibu-ibu tapi jiwa dan seleranya masih sangat muda. Terlihat dari cara penyajian wisata kali aro yang ia kelola. Kekinian dan dapat menarik banyak perhatian khususnya dari kaum-kaum muda jaman now.

Masih satu aliran air dengan wisata danau kemuning yang beberapa waktu lalu saya kunjungi. Walaupun masih dalam satu kecamatan namun kedua tempat ini berada di dua desa yang berbeda.


Fasilitas yang ditawarkan 

Pelataran parkir tersedia bagi pengunjung yang datang, baik motor atau mobil. Setelah memasukin lokasi wisata ini akan disambut dengan pernak pernik dan payung yang menjadi atap saat kita melintas.

Hiasan payung di kali aro
Hiasan yang memayungi pengunjung yang datang
Disediakan gazebo untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk. Dipersilakan memilih gazebo yang berada diantara kebun atau yang dibangun di atas airnya.

Gazebo kali aro srimenanti
Gazebo taman di kali aro
Tak cukup hanya disitu, pengunjung yang masuk akan langsung menuju tempat yang unyu-unyu di bagian sedikit agak turun. Pas mantap untuk berswafoto dengan konsep kekinian. Bentuk-bentuk love dan hiasan yang bagus untuk background foto narsis.

Foto di wisata kali aro
Instagramable banget kan :)
Airnya sangat jernih dan ada ikannya kecil-kecil pada mabok. Bila ingin memancing disini juga diperbolehkan. Ikan yang berasal dari alam (bukan bu Ning yang menanam) boleh dibawa pulang dengan cuma-cuma.

Wisata keluarga kali aro srimenanti
Airnya jernih dan boleh mancing
Ingin nyemplung ke airnya pun bisa karena disediakan waterboom mini juga disini. Jadi cocok untuk anak-anak yang suka main air. Atau juga bisa pura-pura nemenin adek atau anak untuk bisa main air disini. Cocok saja kok. :)

Waterboom mini kali aro srimenanti
Waterboom mini wisata kali aro sedang dikuras
Setelah lelah bermain dan perut mulai uring-uringan, tak perlu takut kelaparan. Karena makanan disini enak dan pilihannya bervariasi. Kalau ingin membawa bekalpun tidak apa jadi tidak harus beli makan disini.

Wisata kuliner kali aro srimenanti
Kuliner untuk pengunjung kali aro
Untuk yang beragama islam tidak perlu khawatir seharian main disini, karena disediakan juga mushola untuk sholat. Jadi tetap bisa absen tanpa beralasan.

Mushola di kali aro srimenanti
Mushola di kali aro
Kamar mandi juga disediakan, bersih dan terawat. Jika ingin bilas atau ada panggilan alam tidak perlu bingung. 

Tarif kali aro

Untuk bisa menikmati fasilitas di kali aro cukup membayar tiket masuk 10.000 rupiah saja. Karcis bisa dibeli di loket yang berada di pintu masuk lokasi wisata ini.

Akan ada yang baru di kali aro 

Awalnya tiket masuk hanya 5.000 rupiah tapi karena pengelola merasa masih belum mencukupi biaya pengeluaran jadi tarifnya dinaikkan. Tapi dengan dinaikkannya tarif menjadi 10.000 rupiah, bu Ning masih memiliki PR untuk mempercantik wisata keluarga ini. Ia masih ingin membuat lokasi semacam gardu pandang dengan view persawahan yang apik. Tentu saja dengan dekorasi yang kekinian. Untuk bagian ini masih dalam proses pengerjaan.

Gardu pandang kali aro
Gardu pandang proses pengerjaan
Selain itu konsep lain yang masih menjadi keinginan bu Ning adalah membuat dekorasi di dalam air. Jadi pengunjung yang ingin berfoto bawah air akan disediakan dekorasi dan sewa fotografernya. Tema dekorasi yang akan diusung adalah klasik. 

Ada lagi yang ingin di ciptakan disini, yaitu lokasi perkemahan. Bagian ini atas sumbang ide dari ibu nomor satu di Lampung Timur yaitu ibu Bupati Chusnunia Chalim yang pernah masak gurame bakar disini. Untuk dekorasi dalam air dan perkemahan masih dalam tahap perencanaan. Semoga segera terealisasikan tanpa hambatan dan kita tunggu saja tanggal mainnya. :D

Akses menuju kali aro 

Lokasinya memang agak masuk ke dalam dari jalan utama, tapi orang di sekitar sini tahu persis letaknya. Bila datang dengan kendaraan pribadi, silakan bertanya lokasi kali aro maka akan dengan senang hati ditunjukkan arahnya oleh warga sekitar. Untuk memudahkan silahkan gunakan panduan map berikut


Tapi bila menuju wisata kali aro menggunakan angkutan umum


1. Dari arah Bakauheni atau Metro 

Bisa menaiki bus damri dengan tujuan pemberhentian pasar simpang. Selanjutnya akan diantar abang ojek dengan negosiasi harga terlebih dahulu.

2. Dari arah Bandar Lampung 

Bisa menaiki bus rajawali dengan tujuan pemberhentian puskesmas lapangan Sribhawono. Disana juga akan disambut abang ojek yang standby menunggu penumpang. Jadi bisa menggunakan jasa beliau untuk sampai ke tujuan.

Dijamin seru dan betah di sini karena tempatnya sangat menyenangkan.  Pulang dari sini juga pasti membawa oleh-oleh foto instagramable yang siap diposting. Walaupun belum disediakan fasilitas menginap tapi sudah ada traveller asal Jakarta yang ramai-ramai bermalam disini. Hanya tidur di Mushola tapi makan 3 kali sehari disediakan oleh Bu Ning sekeluarga dengan tarif menginap 50.000 per malam. Monggo, silahkan dicoba. Travellingan jaman now di ndeso. (^.^,)/

Dokumentasi :


Gazebo atas air

Loket pembelian tiket

Pamer foto :D

Spot foto kali aro

Kamar mandi dan tempat wudhu


Related Posts

95 comments:

  1. Kayak gitu aja udah kece gimana nanti pas udah ditambah wahana baru ya mbak? Bakalan kece badai nih kayaknya wisata X-Aro. :* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh... trus akang kece kapan kesininya? :(

      Delete
    2. kece dan sangat mempesona panorama dari WISATA KALI ARO DI BANDAR SRIBHAWONO asri dan sangat ndeso dibikinnya, saat Ke Lampung, maen kesonoh ah

      Delete
    3. Mudah2an bisa kesini beneran mang. Walaupun ndeso tapi ga malu2in kok πŸ˜€

      Delete
  2. Ada ikan2 kecil pada mabok, dingin2, dimandiin, nanti masuk angin. Nyahahha
    Kece tuh buat yg suka foto2, pan kapan kl ke lampung ajakin aku jalan2 yak sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil ngobok2 mbak el ni pasti haha

      Kapan geh.. Hayukk laah

      Delete
  3. Tempatnya asyik, bersih dengan fasilitas yang cukup lengkap. Cocok deh buat wisata keluarga mengisi saat-saat liburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Banyak pengunjung yg datang bareng keluarganya kesini memang sih,nyenengin anak istri katanya hehe

      Delete
  4. Tempat dan fasilitasnya asik banget nih, terlebih ada tempat untuk shalatnya, aku suka itu. Jadi pengen ke wahana kali aro..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,lengkap deh pokoknya nggak perlu khawatir.
      Boleh banget dikunjungi klo kepengen mas andi :D

      Delete
    2. Semoga bisa ya. Bisa dalam artian siap, siap waktu dan dananya..he
      Jadi terlihat adem karena banyak tumbuh-tumbuhannya..

      Delete
  5. Nah itu yang penting banget tempat shalat dan air bersih, biasanya kalau wisata keluarga bisa seharian, biarpun seharian ibadah/shalat haruskan hehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. shalat tetap harus dilaksanakan dg adanya fasilitas ibadah ini jadi nggak ragu utk berkunjung ke tempat wisata ini, (maaf blm selesai ngetik terpencet tidak sengaja)

      Delete
    2. Iya mbak maya. Sholat tetep bisa dilaksanakan walaupun sedang liburan. Disini disediakan kok tempatnya :)

      Delete
  6. Keren euy destinasinya..
    Sayangnya jauh.. Andai Solo-Lampung cuma deket.. hehe

    Tapi seenggaknya jadi semakin tahu destinasi di Lampung..
    Pernah ke sono tapi cuma lewat aja soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 jam sampai mas anggara, naik burung besi hehe
      Orang solo tah ternyata πŸ˜‚

      Iya,masih banyak yg belum dieksplor ini destinasinya

      Delete
    2. Tapi musti terjun payung ya.. haha

      Yup benar, saia orang Solo...
      Kapan main ke Solo lagi..?

      Delete
    3. Ya janganlaah,malah tragedi nanti πŸ˜‚

      Wah.. Belum tau kapan kesana lg. Pengen banget sebenernya :D

      Delete
  7. Tarifnya kalau menurut saya tergolong elit ya, ditempat saya umumnya lima ribu perak. itu belum termasuk parkir. Saya lebih suka dengan kulinernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih. Klo destinasi lain 5ribu rata2 disini tp mungkin karena swadaya jadi lebih mahal.

      Delete
  8. Sepertinya cukup jadi sebuah pertimbangan klu ingin mencari tempat yang nyaman,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga, tpi klu mampir sich,,,hihihihi... :)

      Delete
  9. tempatnya sederhana tapi tenang dan masih asri kayaknya. oh ya mbak lampung timur itu dekat dengan tanjung bintang ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbah,jauh dari bising disini

      Lumayan sih. Waktu tempuhnya mungkin 1,5 jam dari lampung timur ke tanjung bintang via sepeda motor mbah dinan. Jangan2 pernah ke tanjung bintang ya mbah?

      Delete
  10. Waa sama2 perempuan yg lahir d bulan April. Salam kenal Mbak πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh kembar :D
      Dari namanya kayaknya perempuan lincah hehehe maaf kalau salah

      Salam kenaaalll mbak april

      Delete
  11. Sekarang banyak tempat wisata yang instagramable ya mbak anggun
    cocok la untuk kaum milenial yang suka berswafoto
    cocok jg untuk ngilangin stress dari kerjaan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari inspirasi sambil cuci mata ya mas? wkwkwk

      Delete
    2. Cocok banget klo mau ngilangin penat karena kerjaan. Ketiduran di gazebonya sebentar aja bikin fresh karena udara yg dihirup sehat mas adi

      Delete
    3. Apa lagi bareng pasangan haha
      bareng temen dan keluarga lebih asyik kayaknya

      Delete
  12. Lagi trend design kekinian yang instagrammable nih kayaknya hehe

    Biar ngimbangin gaya hidup kidz jaman now hihi

    Berarti ini mah milik keluarga ya mbak? Tapi dijadikan ruang wisata publik, keren tempatnya...kalo deket mah lumayan buat stock foto IG hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha
      Ya gimana kids jaman now nya harus punya stok foto yg mau dipasang di instagram. Dijadikan peluang untuk pengelola tempat wisata mas nugraha

      Iya. Ini dikelola keluarga sendiri untuk dikunjungi umum. Seru ya kalau punya tanah warisan yg tempatnya asik :D

      Delete
    2. Lebih asik kalo punya warisan tabungan yang gaakan abis tujuh turunan, biar bisa keliling kemana aja nyari bahan tulisan + stock foto wkwkwkwk

      Delete
    3. Jangan cuma 7 dong turunannya,kasihan nanti yg turunan ke 8 dst :D

      Delete
  13. Owalah tempatnya bagus. Saya salut dengan pemiliknya yang kreatif. Biasannya, warisan dari orang tua di jual. Nah ini dibuat tempat wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Pemiliknya sadar dengan potensi yg beliau punya jd dikelola untuk peluang usaha. :)

      Delete
  14. wah tempatnya rekomendasi banget buat anak-anak ya, tapi asik juga udaranya adem, jangan lupa juga bawa jaket kalo kesana hhe. Yang punya juga kreatif deh bisa merubah apapun jadi tempat wisata yang menarik, kecehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya desi. Aman buat anak2 karena airnya dari mata air alam langsung.
      Haha iya dingin tapi nggak dingin banget kok,sejuk gitu

      Delete
  15. sesekali explore ke jawa timur dong april...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa pankapan jun..
      Pernah ke jawa timur tapi waktu belum tahu kamu juni :D

      Delete
    2. pril..apri.. aq apelin nih.. buatin minuman napa....^^

      Delete
    3. Ya ampun. Hujan2 jangan sering2 minum lah juni,nanti beser. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    4. ya bikinin yg hangat dong apriil.. sekalain ama gorengannya.. :D

      sekalian kamu buka warung pril..^^

      Delete
  16. Kalau diliat-liat dari fotonya bener-bener full colour yaa itu tempat wisatanya? Bikin hasil foto jadi cantik sama backgroundnya ehehe. Mau dibangun lokasi perkemahan? Bakal makin menarik donggg.

    Salam kenal mba, mba nana abis follow blog ini, boleh followbacknya mbae? :)
    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,warna warni di sini. Jadi ceria gitu lah kesannya hehe

      Salam kenal jg mbak e. Oke nanti difolback :D

      Delete
  17. Fasilitasnya keren-keren yah mba jadi pengen nih juga liburan kesana. Makasih tulisannya bisa menginspirasi neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dikunjungi mas ammar biar tambah keren hehe
      Sama2 mas ammar 😊

      Delete
  18. biasa sih cew yg suka tempat kayak begini mah ,,, cowok paling dateng sama pacarnya , nah kalo yg jomblo kayak gua haaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhaaaaaaaah
    cukup sekian dan terimakasih
    #Ngomongapasih ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun ga usah dateng sama sapa2 klo kesini. Sendiri aja nggak pa2. Kan nggak ada yg kenal jg. Aman πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    2. lonely is pain #apaanlagiini
      ntar deh kalo punya gandengan , aman sih iyah tapi haaaaaaaah sudahlah
      :D

      Delete
    3. Hahaha ya sudah ya sudah. Nanti aja klo punya gandengan klo gitu (tapi kalau udah punya gandengan kan lupa segalanya)
      -_-

      Delete
  19. Wah, jadi pengen duduk di gazebo tamannya, enak banget dilihatnya ya, Mbak..

    ReplyDelete
  20. Awalnya gue pikir ini tuh karo yang batak itu. Ternyata beda. Hehehehe. *dijitak

    Daan itu murah banget dong. 10 ribu aja. Paling demen deh ke tempat-tempat begituaan. \(w)?

    Anyway, kayaknya baru pertama kali mampier ke sini deh. Salam kenal ya nggun! \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dijitak sendiri kan ya 😁

      Murah aja lah biar sisanya bisa ditabung
      Salam kenal jg mas kresnoadi 😊

      Delete
  21. Benar2 tempat yg wajib jadi destinasi kunjungan wisata..
    Mungkin kapan2 bisa berkunjung ke sana..

    ReplyDelete
  22. wah..dekorasi bawah air? penasaran,
    kabari sy ya mba kalau sudah ada.. sekalian nunggu tabungan jalan-jalannya penuh jg ini, haha aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak. Mudah2an cepet kumpul banyak banget tabungannya biar puas jalan2nya 😊

      Delete
  23. Jaman sekarang kalo tempat wisata gak pake warna warni atau hiasan begitu kayaknya ada yang kurang ya. Dimana mana temanya mirip. Padahal kalo menurut aku, asal tempatnya udah kece. Mending jangan terlalu ramai dan lebih cakep kalo hiasannya pake warna natural aja. Beda kalo secara kasat mata, biasa aja tapi sebenarnya bisa dikembangkan. Baru deh pake beginian supaya lebih menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sekarang lg ngetrend warna warni kayaknya mbak. Jadi klo nggak berwarna banyak jadi kurang hits.
      Tapi masukan dari mbak bagus. Asal bisa atur letak dan proporsi warnanya malah keren jadinya 😊 anti mainstream kan jadinya

      Delete
  24. Tempat nya bagus, cocok untuk liburan keluarga, ntar kapan2 kalau pulang ke sumatra mungkin bisa singgah ke sini..
    :) :)

    ReplyDelete
  25. sangat menyenangkan bisa punya banyak tempat rekreasi pilihan dengan harga murah seperti ini Sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mang jadi kalau perlu refreshing nggak terlalu dalam merogoh kantong :)

      Delete
  26. Wah aku ketinggalan informasi nih, untungnya telah baca artikel ini...! tempat wisata ini nih wajib saya kunjungi bukan hanya tempatnya tapi ulasannya lengkap sekali semua ada disini. Terimakasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ketinggalan kok,masih banyak temannya 😁
      Sama2 mas warman. Silakan berkunjung kapan2 :)

      Delete
  27. Sungguh indah yaa,, wisata sekarang emnk lg berlomba2 buat lokasi yg hits,, #payung2 sekarang lg bnyk disukai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,juga kebanyakan muda mudi yg suka datang dan posting foto2 berbagai tempat hits di sosmed jd fasilitasnya mirip2.

      Delete
  28. Tempat wisata buat berswafoto nih yaaaa, keren kalo ke lampung ada tambahan destinasi baru nih dikunjungin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Siapin kamera dan angle yang bagus klo kesini ya πŸ˜‚

      Delete
  29. Wahh, tempatnya seru kayaknya. Tapi jauh.

    ReplyDelete
  30. Lampung Timur, saya berlum pernah ke sana, kalau Lampung Selatan sih pernah, tapi sudah lama banget...
    Saya suka dengan foto ke 4 dan ke 12.. hehe... :D
    Harga tiketnya murah banget... cuma Rp. 000,- hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi balas komen ini jadi scroll ke atas untung ngitung urutan foto
      Dan ternyata ada yg menyadari tulisan di foto pintu loket. Teliti banget πŸ˜‚

      Delete
  31. Transportasinya agak mirip dengan Lampung Selatan yah...? Dulu juga saya dari Bakauheni naik bus (tapi lupa, itu Damri apa bukan), lalu di kemudian naik ojek, seperti di bawa kabur gitu... naik motornya kenceng banget... secara karena tempatnya masih sepi, jalanannya semi aspal, kiri kanan hutan belantara... hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha itu tahun berapa sih?
      Tapi masih bisa komen disini brati nggak diculik tukang ojek ya 😁

      Delete
  32. Cocok nih buat wisata keluarga.

    ReplyDelete
  33. Tapi sebetulnya tanpa dekorasi artifisial itu, Kali Aro udah punya daya jual (pemandangan cantik alami misalnya) belum mbak?

    Salam kenal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah mas matius. Suasana karena memang sumber air alam, sekeliling destinasinya ini area persawahan dan pepohonan hijau

      Delete
  34. Seneng rasanya kalau baca travelling dan tempat wisata alam yang masih alami.

    apa lagi di suguhi foto-foto yang aduhai. betah rasanya main ke blognya.

    ReplyDelete
  35. Mbak infonya komplit..Nanti kalau pas nyebrang dan main ke Lampung bisa dikunjungi ini..
    Btw, tiketnya masih murmer ya..sukaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murmer mbak. Kesini bareng rombongan biar tambah seru

      Delete
  36. Kreatif ya ibu-ibu zaman now dalam mengelola tanah warisan ini. Meskipun sederhana, tapi setidaknya dapat memberikan hiburan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar ya mba Anggun... Nice sharing euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,yg muda kalah :D
      Terimakasih banyak mas sudah berkunjung dan komentar :)

      Delete
  37. Waduh udah bagus tempatnya ditambah murah lagi :D
    Wajib di coba nih ,hehe
    Cuma sayangnya jauh

    ReplyDelete
  38. Sumpah keren banget mba pemandangannya. Instagramable bangeeet. Harga tiketnya juga lumayan. Ntar kalo dikasi rejeki main ke Lampung, saya pengen banget deh main kesitu mbaa πŸ˜„πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doain tabungannya kebanyakan mbak biar bisa nengokin kesini. Amiiin πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  39. Pernah beberapa kali main ke Lampung, tapi belum pernah nginjak ke daerah ini. Tapi boleh juga dengan konsep dekorasi bawah kolam yang akan diterapkan, semoga bisa menjadi salam satu ikon wisata daerah di Lampung Timur.

    ReplyDelete
  40. Konsepnya keren..
    Kalau anak anak disediain waterboom. Kalau dewasa boleh nyemplung nggak?

    ReplyDelete