Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

My Wedding

7 Tips Berhasil Memandikan Kucing Sendiri Tanpa Grooming di Salon

Kucing memang hewan yang suka mandiri alias suka mandi sendiri. Walaupun begitu masih harus biasa di mandikan dengan air di kamar mandi secara berkala. Jika tidak terbiasa mandi, kucing memang akan panik dan reaksinya sulit dikendalikan. Maka kita yang harus tahu bagaimana cara yang benar memperlakukan kucingsaat dimandikan. Karena kegiatan mandi ini bisa menyehatkan kucing kita, salah satunya untuk mencegah dan menghilangkan kutu yang hidup di bulu kucing.

Kucing membersihkan dirinya
Kucing self grooming 

Kucing yang sebenarnya sudah terbiasa mandi di sepanjang hidupnya ini harus kita mandikan dengan air secara teratur. Tapi karena kucing sebenarnya sangat bermusuhan dengan air, kita harus tahu bagaimana mengenalkan kucing pelan-pelan agar terbiasa.


Jika kita salah treatment kucing saat mandi bisa berdampak kucing makin takut pada air, trauma bahkan sampai stres. Kucing yang suka lincah dan tidak bisa diam harus kita bantu menjaga kebersihan tubuhnya dengan mandi. Beberapa alasannya yang membuat kucing harus dibantu untuk prosesi bersih-bersihnya, yaitu

Kucing yang suka main di luar rumah

Kebiasaan kucing main di luar rumah membuat kucing makin tercemar. Berinteraksi dengan lingkungan yang tidak menentu membuatnya semakin kotor. Memandikan kucing secara rutin selain akan membuat empus sehat juga membuat ia semakin akrab dengan kita. Apalagi kebiasaannya tidur di tempat tidur tuannya, ini hal yang membuat empus wajib dimandikan. 

Ada kalanya juga kucing pulang hujan-hujanan dengan keadaan badan kotor berlumpur. Tapi setelah mendengar suara meongnya yang familiar dan wajah imut-imutnya jadi gemas antara mau mengomel atau tertawa. Pada keadaan tersebut diharuskan mandi dengan segera.

Jenis kucing berbulu panjang

Kucing ras persian, maine coon, atau angora memiliki bulu yang lebih panjang dibanding ras lokal. Kucing jenis ini bulunya sering menggumpal atau gimbal bila tidak sering dimandikan dan disisir. Walaupun tidak terlalu kotor karena sering berada di dalam rumah, tapi untuk mengatasi bulu gimbalnya ia harus sering dimandikan.

Kucing terinfeksi jamur kulit 

Kucing yang menderita penyakit jamur pada kulitnya harus dilakukan treatment mandi dengan shampo khusus. Perlakuan medis yang telah dilakukan dokter padanya harus didukung dengan gaya hidup sehatnya. Agar proses penyembuhan lebih cepat dan mencegah kucing terinfeksi kembali. 

Usia kucing kategori tua

Kucing yang berusia di atas 4-5 tahun termasuk kucing tua. Pada usia ini kucing biasanya lebih lemah dan jarang melakukan self grooming atau menjilati tubuhnya sendiri. Jadi sebagai pemiliknya yang baik harus membantunya mandi dengan teratur agar tetap sehat.

Biasanya kucing akan berontak saat sadar akan dimandikan, apalagi untuk pengalaman pertamanya.  Kamu harus memperhatikan tips berikut jika kamu akan memandikan kucing yang galak. Ada 7 tips berhasil memandikan kucing sendiri tanpa grooming di salon

1. Menyiapkan alat-alat mandi 

Sebelum membawa kucing ke tempat eksekusi pemandian, peralatan mandi harus disiapkan terlebih dahulu. Menghindari kucing kabur kalau kita masih mencari-cari alat penting untuk memandikan. Alat yang harus disiapkan adalah sisir, shampo khusus kucing (rekomendasi yang dapat menghilangkan jamur dan kutu), air hangat, bak mandi, handuk kering, hairdryer (bila perlu) dan cotton bud.

2. Pilih tempat yang tertutup 

Jangan mandikan kucing di area terbuka. Lakukan saja di dalam kamar mandi, menghindari kucing kabur saat setengah basah. Bila terjadi maka akan sulit untuk menangkapnya kembali. Sudah pasti akan menjadi lebih kotor karena kotoran yang makin mudah menempel di tubuhnya yang basah.

3. Memegang tengkuk kucing dengan lembut dan menyiram perlahan

Setelah peralatan siap dan kucing sudah dibawa ke dalam kamar mandi, maka bisa memulai kegiatan mandi. Letakkan kucing di dalam bak yang sudah disiapkan. Buat kucing tenang dengan mengelus bulunya sambil agak ditekan agar ia tidak di posisi berdiri dan kaku. Elus dibagian tengkuknya dengan tenang. 

Saat di posisi rileksnya mulai menyiram dari tengkuk sampai ekor dengan sedikit air. Bisa menggunakan gayung atau hand shower bertekanan air rendah agar kucing tetap tenang. Biarkan ia merasakan dan terbiasa dengan air di tubuhnya dan tetap mengelus bulunya. Hindari menyiram bagian kepala, hal itu membuatnya takut dan akan meronta. 

Setelah beberapa kali disiram dan cukup basah, beri shampo secukupnya sambil memijat agar meresap. Bagian-bagian ketiak dan perut jangan sampai terlewatkan untuk diberi perlakuan. Saat pemijatan juga berguna sebagai waktunya shampo berproses membasmi kuman penyebab jamur dan membunuh kutu. Sisir seluruh tubuh kucing agar bulu gimbal dapat diatasi, dipotong bila perlu.

Kucing mandi disisir
Menyisir bulu kucing setelah dishampo

4. Bilas sampai busa hilang dari bulunya 

Tidak perlu lama-lama saat memandikan kucing. Bila dirasa shampo sudah cukup bekerja, bilas dengan air perlahan sampai busa hilang. Tentu saja sambil terus mengelus-ngelus bulunya dengan tenang.

Kucing mandi disiram air
Membilas sampai busa hilang

5. Membersihkan bagian kepala kucing

Setelah badan selesai dibilas, tinggal bagian kepala untuk dibersihkan. Pada bagian ini tidak perlu disiram air seperti tubuhnya tadi, cukup basahi dengan tangan kita yang sudah dicelupkan ke dalam air.

Membersihkan gigi kucing
Membersihkan gigi kucing dengan cotton bud

Bersihkan bagian ujung mata untuk menghilangkan kotorannya (belek). Bagian telinga dan gigi bisa dibersihkan dengan cotton bud atau kain yang sedikit basah.

Membersihkan kuping kucing dengan kain
Membersihkan telinga kucing dengan kain dibasahi

6. Pengeringan badan dengan handuk

Proses terakhir bukan dengan diangkat dan ditiriskan ya karena ini kucing bukan ikan asin :D
Tapi keringkan tubuh kucing dengan handuk kering. Buat dia nyaman agar proses pengeringan efektif. Sambil mengeringkan tubuhnya, telapak tangan kucing juga perlu dibersihkan. Biasanya kucing tidak begitu nyaman bila telapak kakinya disentuh, jadi bersihkan sekedarnya saja. 

Kucing yang sudah biasa grooming terbiasa juga dengan hairdryer dan akan membantu bulunya lebih cepat kering. Tapi untuk kucing yang jarang atau pertama kali mandi lebih baik hindari penggunaan hairdyer. Karena kucing takut dengan suara dan udara panasnya, cukup gunakan handuk saja. Keringkan sampai benar-benar kering sebab tubuh yang lembab berpotensi tumbuhnya jamur.

Mengeringkan kucing setelah mandi
Mengeringkan tubuh kucing dengan handuk sampai benar-benar kering

7. Waktu dan usia

Faktor penting sebelum proses di atas dilakukan adalah mengetahui waktu mandi dan usia ideal kucing. Waktu yang baik untuk memandikan kucing adalah antara jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Hindari memandikan kucing saat cuaca hujan, kucing akan rentan sakit bila dimandikan disaat tersebut. 

Untuk usia yang baik kucing mulai mandi adalah umur 3 bulan atau sudah disapih oleh induknya. Memandikan kucing kecil kurang dari usia itu kekebalan tubuhnya masih sangat rendah, dikhawatirkan akan sakit karena kedinginan atau malah terjangkit jamur. 

7 tips berhasil memandikan kucing sendiri tanpa grooming di salon ini sudah sering dipraktekkan dan sukses. Untuk pemula mungkin akan mengalami cakaran-cakaran saat memandikan bila perlakuan tidak hati-hati, usahan tetap tenang dan sabar. 

Baca juga: 

Lakukan dengan rutin setiap seminggu sekali, maka kucing akan sehat dan makin akrab dengan kita. Kalau terbiasa membawanya ke salon untuk mandi pun tidak masalah, tergantung budget yang dimiliki. Kalau punya anggara khusus untuk si empus ke salon jadi lebih praktis. 

***
Tips sederhana memandikan kucing sendiri tanpa grooming di salon ini berdasakan pengalaman aku sendiri. Sering aku praktikan sendiri dan berhasil. Walaupun bukan berarti kucing aku jadi biasa saja saat berurusan dengan air. Tapi mereka sangat tenang saat mandi, tidak sampai meronta dan tidak terkendali.

Demi kesehatan empus tersayang kita memang harus belajar hal kecil seperti ini ya. Hal terpentingnya adalah kucing kita makin lincah dan sehat bagaimanapun cara kita menyayangi si empus. Terimakasih  dan semoga berhasil yang ingin mempraktekkan tips di atas (^_^,)9

44 komentar untuk "7 Tips Berhasil Memandikan Kucing Sendiri Tanpa Grooming di Salon"

  1. Seru juga kayaknya,, tutorialnya based on pengalaman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget,sering memandikan kucing2 di rumah soalnya :D

      Hapus
  2. Ya ampun ini bikin geli banget mbak april... Iiiiiih gemes deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi mbak ella geli apa gemes sih? Ekspresinya gimana? :D :D

      Hapus
  3. Kemarin berhasil sih mandiin kucing menggunakan tips dari mbak ini meskipun di dalam kamar mandi dianya nggak bisa diem. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru pertama mandi kah kucingnya?
      Mungkin untuk mandi yg selanjutnya dia akan lebih tenang :D

      Hapus
  4. Ini kegiatan saya seminggu sekali
    mandiin kucing
    tapi sekarang sejak gak di rumah lagi?
    kucing sdh tinggal sama orang tua saya
    gak ada waktu lagi saya ngurusin kucing.. kerjaan yg pergi pagi pulang malem
    kucing itu memang hewan yg lucu dan bikin hati tenang kalo gendong dan ngelus2nya haha

    BalasHapus
  5. Wah bang toyib nih :D
    Mudah2an kucingnya ga lupa

    Obat stres buat pecinta kucing cuma dengan ngelus2 badan dan mainan sama empus ya :)

    BalasHapus
  6. saya pingin seperti ini Sis tapi kebingungan kucing saya 16 gimana ya kalau pingin mandikannya satu-satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bingung :D
      Coba mandikan 3-4 kucing dalam 1 hari biar ga kerasa berat. Klo sekaligus ya buanyak. Kucing di rumah jg banyak kok ada 11 dan punya jadwal mandi masing2 hehe

      Hapus
  7. Seger abis mandi... tinggal bobo

    BalasHapus
  8. Hai April... aku juni...
    dan kita terpisahkan oleh mei.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juni..
      Tak apa.. tapi kan akhirnya kita dipertemukan oleh desember hahaha

      Salken 👋

      Hapus
    2. aseeekk.... hihi..
      apa kabar april????
      tahun baruan kemana... ikuuut

      Hapus
    3. Alhamdulillah baik.
      Ya udah tahun baru ikut aja ya,surprise pokoknya 😄

      Hapus
    4. wah.. perasaanku g enak nih,
      jngn2 q jadi obat nyamuk yg ngikutin kamu sama pacarnya yg lagi liburan..
      apRiiiill... yg kamu lakukan ke saya itu.. JAHHAT...

      Hapus
    5. Jangan berpikir yang iya2 gitu dong juni. Ini rencana kejutan :D

      Hapus
    6. wooo..

      baru rencana aja sudah kaget kayak gini.. :D

      Hapus
  9. Aku punya kucing kak,, bukan punya si,, nemu .. heheh
    badannya agak kotor, aku biarin aja, soalnya aku gak tahu cara mandiin kucing,
    ternyata kayak gitu ya kak caranya,,, wahhh,,, makasih infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,sama2. Mandiin aja biar sehat kucingnya jadi kalau mau ngelus2 ga sungkan :D

      Hapus
  10. Ah, sayangnya saya tidak memelihara kucing. Di kampung saya, kucing tak pernah dirawat seistimewa itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena memang bukan pecinta kucing jd merasa perlakuannya istimewa. Padahal biasa kok itu 😀

      Hapus
  11. Wooww!! Tips tentang hewan yang menarik...Apakah ini berlaku untuk semua kucing..termasuk kucing Anggora.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya praktekan ke kucing saya ras persia juga kok,kucing anggora pun bisa :)
      untuk ras bulu panjang malah lebih nurut,berontaknya tidak terlalu parah

      Hapus
  12. Kucingnya nurut banget pas dimandiin, udah biasa kali ya. Saya belum pernah mandiin kucing, walaupun di rumah banyak kucing, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah biasa dimandiin mbak jadi nggak terlalu protes hehe

      Hapus
  13. Waaaaah pinter nih kucingnyaaa.. Hihihiii. Makasi tipsnya yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak adriana. Terimakasih juga sudah berkunjung :)

      Hapus
  14. dia ngga rewel kan yah kena air ,,, ntar kena cakar lg karna ngamuk kayak kucing aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe
      Dia ngamuk kalau sudah biasa dan benar saat mempraktekkan tipsnya. Kalau dicakar ya wajar untuk pengalaman pertamanya :D

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Berarti harus siap2 dicakar dong yah

      Hapus
    4. Harus siap lah kalau berurusan sama kucing 😁
      Kadang lg main2 aja dia nyakar apalagi takut pas mandi kan

      Hapus
  15. Wah jadi inget waktu dulu masih piara kucing, sering mandiin pake aer anget, tapi masih suka nyakar juga, gak heran Selepas mandiin kucing, tangan pada baret2, hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha resiko ya mas hendra. Tapi lama2 kucingnya nurut juga kok klo sering mandi

      Hapus
  16. Kalau kucing saya gak pernah dimandikan, dia mandi sendiri tuh. Dia juga nakal, sering najakin saya maen kucing-kucingan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucingnya mandiri jadi mandi sendiri :D

      kalau kucing2an sih pasti karena diajarin majikannya

      Hapus
  17. mksh mbak...anak2ku suka kucing semua...cuman kalau dimandiin di salon kucing mahal...pingin mandiin sendiri...

    BalasHapus
  18. Wah... Harus dicoba nih tipsnya, kebetulan udah lama nggak mandiin kucing karena takut dicakar. Hi...hi...😁

    BalasHapus
  19. Wah, ini pengalaman yang berharga memandikan kucing. Saya ada 19 ekor dan setiap minggu bergantian dimandikan karena sering bermain di luar. Tips ok dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus