Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lakukan Ini Pada Kucing Diare Supaya Cepat Mampet

Sebagai pecinta kucing, kamu pasti khawatir dan sedih banget kalau kucing sakit. Apalagi saat kucing diare atau mencret. Kalau tidak segera disikapi bisa tanbah parah sampai lemas loh. Pengalaman aku mengobati kucing yang diare kemarin Alhamdulillah berhasil. Makanya mau aku bagikan disini nih, semoga membantu ya. 

Cara tangani kucing Diare
Kucing Diare cepat mampet


Dulu aku tidak terlalu memperhatikan waktu kucing aku menunjukkan gejala diare. Aku baru gupek w waktu sudah kucing terlihat lemas, malas makan bahkan sampai meninggal. :( 

Alasannya karena kucing aku seringnya buang kotoran di luar, jadi aku tidak bisa mengontrol kesehatannya dari fesesnya kan. Aku baru sadar saat kucing aku sudah sangat parah diarenya. 

Belum lama ini aku punya kucing kecil dan karena dia belum berani buang air di luar maka aku siapkan litter box untuk dia menunaikan panggilan alam. Nah dari situ malah aku bisa kontrol kesehatan kucing aku nih kalau ada gejala diare. 

Karena si kucing kecil ini aku siapkan litter box, nah ibunya kadang-kadang sering juga nebeng buang air disitu juga. Dari situ aku malah jadi tahu kalau waktu anaknya diare kok ternyata ibunya juga. Bisa jadi kan kucing aku yang lain mengalami hal yang sama. 

Soalnya penyebab kucing diare bisa karena beberapa faktor. Kamu harus tahu sih faktor penyebab kucing diare atau mencret, supaya kamu bisa antisipasi sebelumnya. Dari yang aku tahu penyebab kucing diare yaitu 

1. Perubahan cuaca yang tidak menentu 


Sudah aku tandai nih sebelumnya karena beberapa kali menimpa kucing-kucing aku. Hampir tiap cuaca yang sering hujan, kucing aku akan diare. Mungkin dia tidak tahan dengan hawa dinginnya. Sampai waktu itu aku terlambat menangani. Dia sampai lemas dan meninggal. :( 

2. Tidak cocok pada makanan 


Penyebab ini juga pernah aku perhatikan pada kucingku. Waktu itu aku pernah berikan ikan tongkol kukus. Kemudian keesokan harinya mereka malah buang airnya encer dan berair, sering buang air sampai lemas dan malas makan. 

Ini sih kemungkinan yang bisa terjadi kalau kucing aku diare secara bersamaan. Bukan karena penyakit diarenya yang menular diantara kucing. Tapi karena apa yang mereka konsumsi sama, jadi kemungkinan hal yang mereka alami akan sama. 

3. Alergi virus atau bakter 


Kemungkinan ini hanya bisa dilihat kalau kamu konsultasi dengan ahli yaitu dokter hewan. Sebagai orang awam, tentu kita tidak paham atau menyimpulkan penyebab kucing kita diare karena inveksi virus atau bakteri. Jadi untuk berkonsultasi dengan ahlinya juga pentingagar kucing cepat ditangani dan sehat kembali. 

4. Minum susu manusia 


Penyebab kucing diare ini aku dapat dari bacaan-bacaan yang pernah aku baca sebelumnya. Bahwa ternyata kucing itu bukannya sehat kalau kita beri susu yang biasa kita minum. Justru mereka akan alergi yang ditunjukkan dengan diare. 

Soalnya fungsi pencernaan kucing yang berbeda dengan manusia ini tidak bisa mencerna laktosa yang terkandung dalam susu yang berasal dari sapi. Karena itulah pencernaannya menolak dan menyebabkan diare 

5. Minum atau makanan kotor 


Higienitas juga perlu sekali kita jaga untuk si empus loh. Kalau kita membiarkan mereka mencerna makanan kotor bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Apalagi untuk kucing kecil yang daya tahan tubuhnya masih rentan. Begitu juga untuk kucing kamu yang biasa makan makanan bersih, jika mencerna makanan kotor tubuhnya akan menolak. 

Kucing yang diare dan tidak segera ditangani bisa menjadi hal yang serius. Kucing akan lemas jika intensitas pup-nya sering. Seperti halnya manusia, kucing yang diare juga akan banyak kehilangan cairan tubuh. 

Pengalaman tangani kucing diare
Tangani kucing diare


Hal itulah yang membuat kucing lemas dan malas makan. Pengalaman aku kemarin mengobati kucing-kucing di rumah yang mengalami diare dengan beli obat di pet shop dan memberi makanan yang mudah dicerna. Selengkapnya begini 

1. Kucing diberi obat diare Primacat Drop 


Primacat adalah antibiotik yang indikasi obatny untuk menyembuhkan kucing dari diare karena virus, diare karena bakteri, dan diare karena peradangan di lambung, usus halus dan usus besar. 

Obat Diare Kucing Primacat
Obat Diare Kucing Primacat


Harga primacat ini kisaran 15.000 kemarin aku cek di e-commerce. Tapi karena aku belinya di pet shop dekat sini harganya mahal, karena dihitung ongkir mungkin ya. Satu botolnya berisi 30 ml obat diare dengan dosis pemberian untuk kucing berat badan: 

  • ½ kg : 1,5 ml (1/4 sendok teh) 
  • 1 Kg : 2,5 ml (1/2 sendok teh) 
  • 2 Kg : 25 ml (1 sendok teh) 
  • 4 Kg : 10 ml (2 sendok teh) 

Karena aku khawatir kucing aku sembuh dari diare malah jadi sembelit akhirnya aku kurangi dosis pemberiannya kemarin. Untuk kucing kecil aku hanya berikan kira-kira 2 teter primacat saja. Untuk kucing besar aku beri 3 sampai 4 tetes. 

Sepertinya obatnya tidak enak, entah pahit atau apa rasanya. Dilihat dari ekspresi kucing setelah aku tetesi primacat, mereka langsung meronta tidak nyaman dan mengeluarkan liur. Sebaiknya beri minum kucing setelah memberi primacat pada kucing. 

Jika kucing belum mau langsung minum kamu bisa beri makanan basah atau ikan kukus supaya rasa obat di mulutnya cepat hilang. Aku kemarin begitu soalnya dan kucing aku langsung biasa lagi setelah aku beri potongan ikan. 

2. Memberi makan mudah dicerna untuk kucing diare 


Setelah kucing diberi obat tetes primacat tadi. Makanan mereka juga aku pastikan yang mudah dicerna. Jadi makanan sereal mereka yang biasa aku singkirkan dulu. 

Sebagai gantinya aku beri kucing aku makanan basah yang aku beli di pet shop. Aku beri wet food merk Whiskas junior yang kemasan 85 gram. Dicampur dengan tempe yang aku kukus. 

Makanan untuk kucing diare
Makanan untuk kucing diare


Campuran tempe dan whiskas basah tadi aku berikan ke kucing-kucing aku yang diare dan dimakan sampai hambis oleh mereka. 

Keesokan harinya aku cek di litter box ternyata fesesnya sudah normal kembali. Karena sudah baik-baik saja aku tidak beri obat tetes lagi. Tapi makanan mudah dicerna tetap aku beri untuk mereka. 

Kalau kamu tidak ada makanan basah untuk mereka, kamu bisa ganti dengan ikan rebus atau kukus. Berikan sebagai campuran tempe agar lahap dihabiskan kucing. 

*** 

Begitulah pengalaman aku menangani kucing aku yang diare atau mencret kemarin. Jangan dibayangkan bentuk fesesnya jadi kesannya jorok artikelnya jadinya. Hehe 

Tapi semoga berhasil ya tips aku mengobati kucing diare ini. Karena dari pengalaman aku kemarin bingung banget untuk menangani mereka yang sakit diare ini. 

Jangan tunggu sampai mereka lemas dan malas makan, makin susah mengobatinya nanti. Perhatikan saat mereka menunjukkan gejala dan segera ditangani. 

Setelah mereka sembuh beri vitamin agar kesehatan terjaga. Kebersihan kandang dan diri mereka juga perlu sekali diperhatikan. Makan dan minum sudah pasti kita perhatikan ya sebagai pecinta kucing. Semoga sehat-sehat terus teman bulu kita yang lucu. :D

6 komentar untuk "Lakukan Ini Pada Kucing Diare Supaya Cepat Mampet "

  1. Kucingku malah kalo diare itu karna susah di bilangin, biasanya abis makan tikus atau kadal tapi gak ketahuan, makanya kalo aku liat ya langsung tak ambil paksa supaya gak diare sama muntah"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucingnya mas mayuf seneng berburu brati ya, bawa pulang tikus atau kadal. Sebenernya itu oleh-oleh loh buat mas kayaknya. hehe
      Tapi kalau tikus lebih beresiko sih mas, kalau ternyata itu tikus yang habis diracun kucing kita bisa jd korban jg.

      Hapus
  2. waduh kucing jua bisa diare :( . pantas kadang kucingku agak males males kalau dikasih makan .

    BalasHapus
  3. wah pengetahuan baru plus dapat informasi obat diarenya nih mba anggun...maklum bapakku piara banyak anak cemeng jadi kadang ada aja yang lagi sakit misal diare gini

    jadi tahu pus meong bisa juga dikasih wuledan tempe kukus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ternyata manjur juga itu. Bisa diinfokan ke bapak biar anak cemeng nggak mules-mules. :D

      Hapus

Berlangganan via Email