Tips Melakukan Service dan Perbaikan Genset Sendiri

Salah satu keuntungan dari menggunakan perusahaan sewa memang adanya service genset 24 jam. Namun selain itu, Anda tentunya harus terbiasa untuk melakukan perbaikan, service dan bahkan perawatan genset sendiri yang digunakan di perusahaan atau pun proyek. 

Merawat Generator Set

Untuk beberapa kerusakan, perbaikan genset memang sebaiknya diserahkan pada para ahlinya. Namun bukan berarti tak ada jenis perawatan dan juga perbaikan sendiri yang bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Perusahaan jasa persewaan Sewatama memiliki layanan untuk pemeliharaan genset 24 jam di, http://sewatama.com/id/product/power-rental/

Namun selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa perbaikan sendiri pada genset yang digunakan. Di bawah ini merupakan tips untuk service dan perbaikan genset yang bisa dilakukan.

1. Selalu ketahui kerusakan yang terjadi


Sebelum melakukan perbaikan genset sendiri, sebaiknya ketahui dulu apa yang menjadi kerusakan serta penyebabnya. Hal ini memang tak bisa secara langsung diketahui. 


Melainkan perlu dipelajari lebih dulu. Namun ada beberapa kerusakan yang cukup mudah diketahui apa penyebabnya. Misalnya saja genset yang tiba-tiba panas atau pun berhenti bekerja kemungkinan besar dikarenakan adanya korsleting.

Setelah mengetahui kerusakan yang terjadi, melakukan perbaikan sepertinya akan menjadi cukup mudah. Pahami dan juga ketahui apa yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada genset. Sehingga proses perbaikan bisa diiringi dengan mencegah kesalahan yang sama terjadi nantinya.

2. Gunakan spare part asli


Setelah kerusakan dan juga penyebabnya diketahui, Anda mungkin harus melakukan perbaikan dengan mengganti spare part. Mengenai suku cadang ini, beberapa pergantian bisa dilakukan sendiri tanpa masalah. 

Misalnya mengganti suku cadang untuk aliran listrik genset. Proses penggantian pun sebenarnya akan cukup mudah dilakukan.

Namun satu hal yang wajib jadi perhatian ketika mengganti spare part pada genset ini, selalu pastikan menggunakan suku cadang asli. Saat ini ada banyak sekali jenis suku cadang palsu yang mungkin harganya lebih murah. 

Tapi belum tentu, suku cadang palsu ini tak akan menyebabkan masalah lain pada genset. Sehingga selalu pastikan menggunakan suku cadang asli untuk genset.

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

0 comments: