Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat dan Memutihkan Baju Putih

Punya baju berwarna putih berarti harus ekstra merawatnya. Salah-salah baju putih jadi menguning dan terkesan kotor. Harus tahu cara merawat baju putih yang baik. Jika sudah terlanjur, kamu juga harus tahu cara memutihkan baju putih yang menguning. 

cara memutihkan baju putih


Eh jangan langsung mingkem begitu dong aku bilang menguning. Kita lagi bahas baju putih yang mengunig kok, bukan alat mengunyah ya. Maaf kalau tersinggung. :D 

Oke lanjut, buat kamu yang sebenarnya favorit dengan baju berwarna putih tapi malas saat baju berubah menjadi kuning. Berarti kamu perlu tahu tips menjaga warna putih baju kita. Berlaku juga untuk kamu yang harus sering-sering memakai baju putih walaupun sebenarnya tidak suka, baju seragam misalnya. 

Baca Juga: 

Oh iya, terutama untuk emak-emak yang musti mengurus pakaian anak-anaknya yang masih usia sekolah. Walaupun sekarang sekolah masih daring tapi tidak ada salahnya kita bahas sekarang. Nanti ketika waktu kembali belajar di sekolah tiba, ibu tidak perlu keluar sungut saat anak-anak pulang dari sekolah. 

Biasanya kan anak berangkat dari rumah keadaan baju putih bersih. Begitu pulang ke rumah bentuknya sudah tidak karuan. Siap-siap keriting tangannya sambil ngedumel ya, Bunda. :D 

Pokoknya siapa pun yang membutuhkan tips atau cara merawat baju putih, hayuklah kita mulai. 

1. Hati-hati saat memakai baju putih 


Baju berwarna putih akan cenderung menyerap warna lain yang bersentuhan dengannya. Untuk warna lain sebenarnya menyerap juga tapi tidak terlalu terlihat seperti pada baju warna putih. 

Maka kita perlu berhati-hati saat memakai baju berwanan putih. Apalagi setelan baju yang semuanya berwarna putih ya. 

Hindari hujan dan tempat becek 


Hindari hujan dan becek sebisa mungkin. Cipratan saat kita berada di dekat tempat saat becek bisa saja menempel di baju. Dan tentu butuh waktu panjang untuk menghilangkannya. Beruntung jika cipratan hanya sedikit. Kalau sampai kita terjatuh ya Alhamdulillah juga. :D 

Waspada saat sedang makan 


Saat makan, selain kita berdoa dan menikmati makanan. Saat memakai baju putih maka perlu perhatikan juga kehati-hatian saat kita bersantap. 

Noda makanan yang biasanya mengandung lemak, seperti kuah santan atau cipratan kecap akan lumayan membandel untuk dihilangkan dari baju putih. Kalau ada celemek makan sangat direkomendasikan kamu memakainya. Menghindari cipratan makanan ke baju putih. 

2. Cuci baju segera setelah selesai dipakai 


Jangan menggantung baju putih kotor atau menumpuknya di keranjang baju kotor terlalu lama. Noda yang menempel di baju bisa makin sulit dihilangkan nantinya. 

Sebaiknya segera cuci baju saat setelah selesai memakainya. Jika memang belum sempat mencucinya saat itu juga, sebaiknya rendam dahulu baju putihmu. 

3. Rendam baju putih dalam air panas 


Air panas direkomendasikan untuk membersihkan baju putih kotormu karena sangat efektif menghilangkan noda. Rendam baju putih dalam air panas selama kurang lebih satu jam atau semalaman juga boleh. Tapi kamu juga perlu memperhatikan label bajumu ya. 

Jika ternyata jenis kain baju tidak diperbolehkan terkena air panas maka jangan lakukan tips ini. Karena bukannya bersih, baju malah jadi rusak. Jenis kain yang tidak bisa dicuci dengan air panas contohnya adalah linen, wol dan sutra. 

4. Fokuskan pada noda yang terlihat 


Jika kamu mendapati noda yang sangat terlihat di baju putih maka sebaiknya fokuskan perhatianmu kesana dulu. Sebelum memasukannya dalam mesin cuci tentunya ya. 

Gunakan sikap gigi jika noda tidak terlalu banyak. Beri deterjen secukupnya lalu sikat noda sampai hilang. Tidak perlu menggosok terlalu kuat, dikira-kira saja agar kain tidak rusak. 

5. Beri soda kue atau air lemon 


Jika dirasa warna baju sudah menguning, sebaiknya beri soda kue atau air lemon untuk mengembalikan warna putihnya. 

Pilihan ini bisa dilakukan jika ternyata persediaan pemutih pakaian sedang habis dan hanya ada bahan dapur lemon dan soda kue. 

Campurkan 5 liter air dengan satu sendok takar soda kue atau air perasan lemon, kemudian masukkan baju putih. Biarkan dulu beberapa jam sampai terlihat noda mulai lepas. 

Tips ini tidak bisa dilakukan hanya sekali ya. Apa lagi jika warna kuning pada baju putih sudah parah. Harus dilakukan setidaknya 2 sampai 3 kali pencucian dengan cara ini. 

6. Setting mesin cuci dengan air panas 


Jika mesin cuci ada opsi mencuci dengan pengaturan suhu air, maka pilihlah mencuci dengan air panas. Makin mudah pastinya proses pencucian baju putih nantinya. 

Jangan lupa masukkan detergen yang mampu mengembaikan warna cerah baju putih. Kamu bisa pilih detergen Rinso untuk mencuci, seperti yang deterjen pilihanku. 

7. Pisahkan baju putih dengan baju berwarna 


Seperti yang aku tuliskan di atas tadi bahwa baju putih bisa menyerap warna lain yang menempel padanya. Maka harus mencuci baju putih dengan warna putih saja. Jangan mencampurnya dalam satu proses mencuci dengan baju berwarna-warni. 

Sebaiknya cuci semua baju berwarna putih dahulu. Baru setelah itu cuci baju lain yang warnanya berbeda. 

8. Jemur di bawah terik matahari 


Ternyata sinar matahari adalah pemutih alami terbaik yang disediakan alam. Sinar matahari juga dapat menjaga baju putih tetap putih dan cerah. 

Selain mendapat sinar matahari, menjemur baju di luar ruangan juga memungkinkan baju mendapat udara yang bisa membuat baju lebih segar dan bersih secara alami. 

*** 

Bagaimana tips merawat dan cara memutihkan baju putih, mudah kan? Mumpung masih banyak waktu di rumah sperti ini bisa dong merawat baju-baju putih di lemari supaya kembali putih. 

Semangat ya. Semoga membantu. :) 







30 komentar untuk "Cara Merawat dan Memutihkan Baju Putih "

  1. Dulu suka make baju putih tetapi setelah kaya yang dijelaskan diatas Tobat deh pake baju putih...🤣🤣

    Lebih suka yang lebih berwarna biar mecinglah..🤣🤣

    Aku kalau kemeja putih pasti kra bajunya atau lengannya pada berubah warna dan sering tanpa sengaja ketumpahan noda..😳😳

    Jadi untuk sekarang bawaannya males pakai baju putih, Terkecuali ke Masjid doang..Males nyuncinya kalau sudah ternoda. Haahaa,🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha nggak apa2 kali mas. kan yg nyuci bukan mas satria juga. :D

      Hapus
    2. Siapa bilang aku dirumah kalau mau nyuci suit dulu sama Istri...Yang kalah nyuci..🤣🤣🤣

      Kecuali udah mentok baru bawa ke Laundry..🤣🤣

      Hapus
    3. Cari suami kayak kang satria ini, kalo ada cucian tinggal ke laundry ya mbak.😆

      Hapus
  2. Tips perawatanmya mantul, kak.

    Sebenarnya, eh* berdasarkan pengalaman pribadi (itu juga saran dari teman) pakaian berwarna putih akan terlihat lebih bersih dan putih cara mencucinya direndam dengan air panas dan sabun terus ditambah dengan sejumput garam ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh juga nih dicoba mas, praktis jg ada di dapur bahannya

      Hapus
  3. soda, air panas, wah sepertinya saya kurang informasi nih

    memang zaman waktu sekolah pas masih suka pake seragam putih, bikin males kalo udah keliatan kusam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi kesannya jorok ya padahal sih bersih :D

      Hapus
    2. ditambah anak anak suka iseng jail bikin baju seragam kotor, makin kesel deh

      Hapus
  4. Biasanya sih aku pakai air panas untuk menghilangkan noda di baju, baik baju putih ataupun warna lainnya. Ternyata bisa pakai soda juga ya mbak.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis itu kasih madu mas, langsung minum selagi hangat, seger wkwkwk

      Hapus
    2. wahh mas intan jangan ditiru ya mas agus wkwk

      Hapus
    3. Ngga apa-apa mbak, kan kang intan itu sudah nyoba lebih dulu, sudah berpengalaman air rebusan baju dikasih madu terus diminum.😆

      Hapus
  5. jujur aku hanya punya satu baju putih karena ribet perawatannya untung ada artikel ini bisa belajar merawat baju putih deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ribet dan repot memang kalau baju putih ngerawatnya

      Hapus
  6. Baru tahu kalau salah satu caranya adalah dengan menggunakan air panas, kadang kala pas terkena sekali aku abai dan ngucek langsung di gilingan mesin cuci, e pas kering masih ada tu noda uda susah lagi dihilangkan hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi keliatan tetepan ya mbak, padahal abis dicuci. wehehehe

      Hapus
  7. Ternyata ada cara"nya wkwk pantes aja aku pernah coba padahal dah pake pemutih tapi hasilnya gak ilang nodanya ,otw coba lagi nih dengan cara yang di share sama mbak anggun

    BalasHapus
  8. ini baju seragam anak saya tetap saja kurang maksimal putihnya
    Saya juga heran, ternyata memang air di daerah saya memang tercemar sehingga tidak bisa putih bersih.
    Kayak ada noda kuning gitu

    BalasHapus
  9. Nomor 7.. Ibuku sering gitu, dulu ketika kecil, belio sering ngomel ngomel kalo baju putih digabung dengan baju yang lain. hihihi
    Biar mudah mencucinya, kata belio

    BalasHapus
  10. Aku jd inget pas masih zaman sekolah dulu, baju seragam langsung dipisahin Ama mba ART di rumah, trus dia LBH duluan nyuci itu. Kalo dulukan blm banyak tuh pilihan pemutih pakaian. Jadi si mba paling sering pake blawu, tau ga mba, yg kalo direndam jadi biru hahahahaha. Kayaknya udh ga ada zaman skr yaaa

    Aku paling seneng liatin mbak ku nyuci baju. Tugas nyemplungin blawu pasti aku, Krn suka aja liat airnya jd biru. Trus baju2 putih di masukin dan direndam deh. Jd putih memang :D.

    Kalo skr mah udh pake produk2 pemutih, tp kdg g mempan juga sih menurutku -_- . Blm pernah coba pake soda kue dan lemon nih mba. Tapi kok sayang kalo lemon. Mahaaal bok wkwkwkwkwkwk LBH enak di jadiin minuman juga :p.

    BalasHapus
  11. Belakangan ini jarang make baju putih sih.
    Tapi setelah pandemi ini berakhir, bakal sering make baju putih juga.
    Jadi tipsnya cukup berguna juga, makasih buat tipsnya Mbak. 😊

    BalasHapus
  12. Baru tau kalau mencuci baju putih pakai air panas atau soda kue bisa mempertahankan warna putihnya selama ini nyuci baju tau cuma pakai air, sabun atau deterjen aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku, tahunya tinggal pakai baju mas, urusan nyuci urusan istri.😆

      Kaboorrrr 🏃🏃🏃

      Hapus
  13. Akutuh paling sebel kalau baju putihku kelunturan baju warna lain mbak, rasanya kezel banget. Skrg2 ini aku sama suami ga pernah beli baju warna putih sih, susah ngrawatnya hahaha

    BalasHapus
  14. Aku paling malas pakai baju putih, perawatannya sulit hehehe, salam kenal mba 🙏

    BalasHapus
  15. Kunjungan perdana ke blog ini. Menarik artikelnya. Terutama baju putih yang kotor dan bernoda baiknya direndam air panas terlebih dulu agar nodanya cepat hilang. Sukses selalu untuk blog ini..

    BalasHapus