Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kenali Jenis Mata Uang Kripto Populer Ini

Mata uang kripto yang dianggap sebagai uang masa depan saat ini sedang sangat digandrungi. Banyak yang mulai mempelajarinya sebagai sarana berinvestasi. Ada banyak jenis mata uang kripto atau cryptocurrency yang sudah ada.

Mata Uang Kripto Populer
Mata Uang Kripto Populer

Cryptocurrency adalah jenis mata uang elektronik yang dikelola teknologi blockchain. Dimana blockchain berarti suatu jaringan komputer canggih yang dirancang secara matematika dan pengkodean. Perlu diketahui pula bahwa mata uang kripto ini tidak diatur atau dikeluarkan oleh pemerintah atau otoritas manapun seperti bank.

Oleh karena itu, untuk kamu yang tertarik investasi kripto sebaiknya mempelajari jenis mata uang kripto dengan baik. Hal itu tentu saja agar tujuan berinvestasi tercapai dan mendapat keuntungan yang besar.

Ada ribuan mata uang kripto yang tersebar saat ini. Sebagian besarnya memiliki nilai yang sangat kecil dan potensi ke depannya masih tidak jelas. Untuk menghindari kerugian, kita sebaiknya tetap memperhatikan arahan dari banyak pengamat tentang cryptocurrency.

Banyak pengamat menyebutkan bahwa investor sebaiknya selalu berpatokan pada kripto populer di crypto market, dua diantaranya adalah bitcoin dan ethereum. Jika kamu ingin mempelajari lebih banyak, sebaiknya kamu mengetahui cryptocurrency populer yang dikutip berdasarkan CoinMarketCap.com per 8 April 2022 berikut.

1. Bitcoin


Bitcoin adalah jenis mata uang kripto tertua karena merupakan kripto yang pertama kali diperkenalkan ke dunia. Dibuat secara misterius oleh seseorang yang disebut memiliki nama samaran Satoshi Nakamoto.

Bitcoin memulai debut pada tahun 2009 tahun dan masih menjadi rujukan orang berbicara mengenai cryptocurrency. Hal tersebut dikarenakan bitcoin sampai saat ini masih dianggap paling aman.

2. Ethereum (ETH)


ETH atau Etherium merupakan salah satu mata uang kripto populer dan direkomendasikan pengamat. ETH pertama kali diluncurkan sejak tahun 2015 lalu.

Mata uang kripto ETH ini populer karena memiliki sejumlah aplikasi potensial seperti smart contract (kontrak pintar) dan NFT (Non Fungible Token). Kontrak pintar yang dibangun di jaringan Etherium ini dapat dijalankan tanpa kendali. Sehingga kekhawatiran akan penipuan oleh pihak ketiga dapat dihiraukan.

3. Tether USDT


Tether disebut sebagai salah satu stablecoin alasannya karena harga yang stabil pada 1 dolar AS per koin. Pergerakan nilainya tentu akan mengikuti kurs dolar. Sehingga mata uang digital ini terikat dengan aset dunia nyata seperti dolar AS. Hal ini menjadikannya berbeda dengan aset kripto seperti bitcoin yang pergerakannya volatil.

Mata uang kripto yang dirilis oleh Tether Limited ini sering dijadikan sarana pedagang yang ingin berpindah dari satu kripto ke kripto lainnya. Namun beberapa orang khawatir keamanan tether ini karena memang tidak memiliki akses perbankan dimanapun di dunia.

4. Binance (BNB)


Koin Binance merupakan mata uang kripto yang dikeluarkan oleh salah satu bursa kripto terbesar di dunia dengan nama yang sama, Binance pada tahun 2017. Awalnya koin binance hanya digunakan sebagai token untuk menerima diskon biaya perdagangan dan mendapat benefit lainnya.

Sekarang mata uang kripto BNB ini bisa untuk transaksi pembayaran barang dan jasa. Bisa untuk pembayaran bahkan pemesanan pengaturan perjalan. Mata uang kripto ini bahkan dapat digunakan untuk trading.

5. USD Coin (USDC)


USDC merupakan stablecoin yang nilainya sama sejak pertama kali diluncurkan yaitu 1 dolar AS. Centre Consortium, perusahaan teknologi dibalik USDC mengklaim bahwa lembaga keuangan yang teregulasi.

USDC awal kemunculannya di tahun 2018 diluncurkan secara terbatas. Namun saat ini dibuat lebih luas seiring banyaknya transaksi digital semakin umum. Hal ini menjadi sejalan dengan tujuan USDC sendiri yaitu menciptakan ekosistem USDC dapat diterima di berbagai e-wallet dan menjadi tempat aman untuk crypto traders pada saat volatilitas.

6. Ripple (XRP)


Ripple atau XRP dibuat pada 2012 lalu dengan menawarkan cara pembayaran dengan berbagai mata uang negara di dunia nyata. Hal ini yang membuat XRP unik dan berbeda dengan mata uang kripto yang lain.

Bank atau perusahaan keuangan yang akan mentransfer uang tidak perlu membuka rekening di negara lain, bahkan tidak perlu membayar valuta asing dengan biaya tinggi. Sistem kerjanya ini menyebabkan XRP menjadi pesaing SWIFT yang merupakan sesama lembaga keuangan untuk transfer uang internasional.

7. Terra/Luna


Terra merupakan platform yang mendukung berbagai stablecoin dengan Luna sebagai mata uangnya. Terra adalah protokol blockchain dengan aset stablecoin yang nilainya sesuai dengan mata uang fiat untuk mendukung sistem pembayaran global.

Terra atau luna ini diluncurkan pada tahun 2018 oleh Daniel Shin dan Do Kwon. Walaupun terbilang pendatang baru namun Terra mampu membangun kepercayaan dengan berbagai platform pembayaran dan menjalin kemitraan di kawasan Asia-Pasifik.

8. Cardano/ADA


Cryptocurrency Cardano diciptakan oleh Charless Hoskinson pada tahun 2015 dengan simbol token ADA. Hoskinson merupakan seorang matematikawan dan entrepreneur. Orang-orang di balik organisasi Cardano merupakan akademisi dan saintis yang aktif mereview blockchain sebelum dirilis.

Cardano merupakan generasi ketiga dalam sejarah crytocurrency, jadi tingkat mutakhirnya sangat tinggi. Dukungan teknologi yang maju membuat Cardano dipercaya dapat memberi solusi pada permasalahan yang dapat dihadapi penambang bitkoin dan enthereum yang merupakan generasi pertama dan kedua mata uang kripto.

9. Solana/SoL


Solana merupakan platform mata uang kripto dan unit individualnya disebut sol. Didirikan oleh Solana Foundation pada tahun 2020 dengan blockchain bersifat open source.

Mata uang yang terhitung baru ini lebih cepat menyelesaikan transaksi dan platform skala web-nya sangat kokoh. Penerbitan mata uang sol ini dibatasi hanya 480 juta koin saja.

***

Bagi kamu yang tertarik mempelajari dan mencoba investasi Bitcoin, kamu bisa melalui website Indodax atau mobile Apps resmi mereka. Kamu bisa melakukan pengecekan harga bitcoin secara realtime, melakukan pembelian, penjualan secara cepat, mudah. Semua transaksi bisa kamu lakukan kapan dan dimana saja.

Perlu kamu ketahui bahwa Indodax merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange. Member-member Indodax yang ingin belajar langkah-langkah trading aset digital dengan benar juga difasilitasi dengan adanya Indodax Academy.

2 komentar untuk "Kenali Jenis Mata Uang Kripto Populer Ini"

  1. banyak juga ya jenis mata uang kripto, gw taunya selama ini cuma bitkoin doang :D

    BalasHapus
  2. Olah ternyata sebanyak itu jenisnya, aku yg masih awam bgt ama kripto cuma tau bitkoin doang hahahhaa

    BalasHapus