Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

My Wedding

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Tipsnya!

Untuk kamu yang berbody kurus pasti pernah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Perasaan ingin memiliki berat badan yang ideal ini tidak jarang menimbulkan perasaan cemas dan juga stres. Terlebih lagi bila timbangan tidak menunjukkan tanda-tanda positif.

Cara menghitung berat badan
Cara menghitung berat badan


Pada akhirnya, kamu akan terjebak dalam bermacam-macam tips mendapatkan berat badan ideal yang justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Parahnya, menjalankan diet yang tidak sehat justru dapat mempengaruhi kesehatan kamu untuk jangka waktu yang lama.

Sebaiknya, kamu melakukan tanya jawab dokter gratis tanya jawab dokter gratis secara online. Hal ini tentunya agar kamu dapat mengetahui langsung berapa berat badan ideal kamu dan bagaimana cara sampai pada berat badan tersebut dengan cara yang sehat.

Selain berkonsultasi dengan dokter gizi secara online, kamu juga bisa menghitung berat badan ideal secara mandiri dengan menggunakan kalkulator berat badan idealkalkulator berat badan ideal.

Berikut ini cara pemakaian kalkulator untuk menghitung berat badan ideal kamu.

Cara menggunakan kalkulator berat badan ideal


Untuk mengetahui berapa berat badan ideal kita, kamu bisa menggunakan kalkulator berat badan ideal ini untuk mengetahui berapa BMI kamu. Apa itu BMI?

BMI adalah Body Mass Index atau dalam bahasa indonesia adalah Indeks massa tubuh. BMI ini digunakan untuk mengkategorikan berat badan kamu dengan membandingkan tinggi dan juga berat badan.

Dengan menghitung BMI atau Body Mass Index, kamu akan mengetahui kategori dari tubuh. Apakah masuk pada kategori kurang, ideal, atau berlebih.

Namun, dengan adanya kemajuan teknologi membuat kamu semakin mudah untuk menghitung indeks massa tubuh. Yaitu dengan menggunakan kalkulator BMI. Ada banyak kalkulator BMI yang disediakan oleh berbagai pihak, namun kami akan membahas tentang kalkulator BMI yang disediakan oleh klikdokter.

Untuk dapat menghitung indeks massa tubuh pada kalkulator BMI klikdokter, kamu tidak perlu untuk melakukan login atau membuat akun terlebih dahulu. Kamu bisa langsung mengaksesnya dengan mudah.

Pada halaman pertama, kamu akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama, jenis kelamin, usia, berat badan, dan juga tinggi badan. Kamu juga akan diminta untuk memilih jenis kegiatan atau aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. Terdapat empat pilihan yang tersedia. Kamu hanya perlu memilih apakah kamu termasuk orang yang sering berolahraga atau justru tidak berolahraga sama sekali.

Setelah mengisi semua data diri tersebut, kamu bisa langsung klik tombol ‘Cek Sekarang’. Setelah itu akan muncul hasil dari perhitungan indeks massa tubuh kamu.

Dari halaman hasil tersebut, akan menunjukkan kategori berat badanmu berdasarkan perhitungan BMI. Terdapat lima kategori di dalamnya yaitu, kurang, ideal, gemuk, pre-obesitas, hingga obesitas. Terdapat pula jumlah kebutuhan kalori yang kamu perlukan sehari-hari.

Hasil yang ditampilkan pada laman klikdokter ini termasuk simpel dan mudah untuk dimengerti. Terdapat pula gambar dari masing-masing kategori tersebut yang semakin membuatnya lebih menarik.

Bisakah mengandalkan perhitungan BMI saja?


Perhitungan BMI bisa dijadikan salah satu pengukuran agar dapat mengontrol berat badannya. Namun, bukan berarti perhitungan ini bisa dijadikan sebuah acuan pasti.

Hal tersebut dikarenakan banyak sekali faktor yang mempengaruhi berat badan seseorang. Kamu juga harus memperhatikan faktor lain seperti genetik, gaya hidup, jenis kelamin, usia, dan lain sebagainya.

Perhitungan BMI ini juga bisa membuat seseorang terkadang menganggap bahwa semua bobot menjadi sama, sehingga banyak yang mengesampingkan orang dengan massa otot yang tinggi seperti atlet. Terlalu mengacu pada perhitungan BMI juga bisa membuat kamu mengabaikan distribusi lemak yang terjadi pada tubuh manusia. Padahal hal tersebut adalah hal yang sangat penting dalam mengidentifikasi sehat atau tidaknya seseorang.

Hal ini berarti orang dengan tubuh yang ideal, bukan berarti sudah mempunyai tubuh yang sehat. Sehingga, walaupun dalam perhitungan BMI kamu tergolong dalam kategori ideal, bukan berarti kamu tidak harus memperhatikan kesehatan atau asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Artinya, kamu tidak bisa 100% mengandalkan perhitungan BMI saja. Karena banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi berat badan seseorang.

Cara menjaga berat badan ideal


Berikut ini merupakan beberapa cara agar berat badan ideal kamu tetap terjaga:

Rutin olahraga


Mempunyai berat tubuh yang ideal bukan berarti kamu tidak perlu melakukan atau mengurangi intensitas olahraga. Olahraga yang rutin dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat dan bugar.

Olahraga yang diperlukan ini bukan berarti harus melakukan olahraga berat seperti angkat beban dan sebagainya. Kamu cukup meluangkan waktu untuk berolahraga ringan seperti jogging setiap pagi atau sore selama 30 menit.

Memiliki kualitas tidur yang baik


Kualitas tidur dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh. Semakin baik kualitas tidur, maka tubuh tidak akan mudah merasa lapar. Orang dengan kualitas tidur yang buruk biasanya akan malas berolahraga karena tubuhnya selalu merasa lelah.

Konsisten dengan pola makan yang seimbang


Mengontrol asupan makanan yang masuk dan keluar ini merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga berat badan yang ideal. Jangan lupa untuk mengkonsumsi probiotik agar sistem pencernaan kamu menjadi sehat.

Menjaga hidrasi tubuh


Sebagian besar komponen tubuh merupakan cairan. Hal ini membuat kamu perlu untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari. Minumlah air putih minimal 8 liter dalam sehari. Minum air putih juga dapat memberikan rasa kenyang tanpa menambah kalori dalam tubuh.

***

Itulah cara menghitung indeks massa tubuh atau BMI (Body Mass Index) dengan menggunakan kalkulator BMI. Tidak hanya harus menjaga berat badan agar tetap ideal, tetapi kamu juga perlu memperhatikan kesehatan tubuh kamu. Tubuh yang ideal belum tentu mencerminkan kesehatan dari dalam tubuh kamu.


Jika Anda kesulitan dalam mengatur pola makan atau mencapai berat badan ideal Anda, lebih baik untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter gizi. Dokter gizi nantinya akan membantu Anda dalam mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Dokter gizi juga dapat mengidentifikasi penyakit-penyakit yang ditimbulkan dari berat badan Anda yang kurang ideal ini.

1 komentar untuk "Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Tipsnya!"

  1. Kalo pengin berisi berarti nerapinnya kebalikannya ya mbak

    BalasHapus