6 Tips Mencari Pekerjaan


Ucapan selamat yang sesuai untuk para lulusan anyar dari pendidikannya adalah "Congratulation for you.. and welcome to the real life anyway". Selamat datang di kehidupan yang sebenarnya :)
Karena kelulusan dari dunia pendidikan adalah sebuah awal dari kehidupan dimana kita menghadapi dengan sebenar-benarnya permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. Kita yang terbiasa menggunakan otak kiri saat memahami konsep materi yang diberikan pengajar dalam menuntut ilmu namun setelah lulus kita dituntut lebih banyak menggunakan otak kanan. Hal tersebut sesuai dengan filosofi pemindahan tali toga saat wisuda dari kiri ke kanan. Setelah lulus kita diharap lebih kreatif dan tidak minta terus disuapi tapi dituntut harus peka terhadap peluang yang ada. Permasalahannya, tidak semua orang memiliki daya kreativitas baik sehingga tidak semua orang mampu membuat lapangan kerja sendiri. Lebih banyak yang memilih mencari pekerjaan dari info lowongan-lowongan kerja yang ada untuk menjadi karyawan suatu lembaga, perusahaaan dan lain sebagainya. Karena memang semuanya sudah sesuai takaran, semuanya harus seimbang. Kalau semua mau jadi bos lalu siapa yang jadi karyawan? Kalau semua mau jadi pegawai lalu siapa yang jadi tukang tambal ban?
Ya begitu kira-kira. Nah, untuk fresh graduate atau yang baru anget lulus kemarin atau juga siapa saja yang mulai lelah ditanya kerja dimana sedangkan kerja saja belum tapi tidak ada ide usaha, berikut ada beberapa tips mencari pekerjaan.

1. Paham Potensi Diri

Orang yang harus paham tentang diri kita sebenarnya adalah diri kita sendiri. Bisa memimpin diri kita sendiri sebagaimana baiknya. Agar dapat melakukan itu kita harus mengenali diri kita, paham tentang kelemahann dan kelebihan yang dimiliki. Hal ini penting untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri.

2. Tentukan Target

Setelah kita tahu potensi diri kita, selanjutnya kita bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai. Selain jenis pekerjaan menentukan lokasi kerja yang sesuai dengan keinginan. Kemudian mencari info lowongan kerja untuk jenis dan lokasi pekerjaan yang sudah ditetapkan tadi sebanyak-banyaknya.

3. Perluas Pergaulan

Bergaul dengan banyak teman dari berbagai profesi akan sangat membantu untuk memperoleh pekerjaan. Karena lebih banyak yang mengenal kita maka makin banyak kemungkinan info pekerjaan yang diterima. Ikuti reuni-reuni yang diselenggarakan, kemungkinan bertemu dengan teman-teman yang memiliki latar belakang pendidikan yang sama akan sangat membantu kita memperoleh pekerjaan. 

4. Up to date

Selalu rutin mencari info lowongan-lowongan pekerjaan dari berbagai media seperti koran, televisi, radio, dan sosial media lain. Buat daftar pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita. Lalu coba memasukan lamaran kita ke tujuan tersebut.

5. Instropeksi Proses

Setelah melamar pekerjaan disana sini tetapi belum juga mendapat panggilan pekerjaan, hal yang dilakukan adalah instropeksi proses. Kita harus bisa menilai diri kita sendiri saat melakukan pencarian. Apakah cara dan persiapan saat melamar pekerjaan sudah sesuai dan baik? Bila merasa kurang pada salah satu langkah maka sebaiknya diperbaiki untuk kesempatan yang selanjutnya.

6. Berdoa

Semua yang dilakukan di atas harus dicover dengan doa. Agar semua hasil yang kita peroleh tidak akan terasa sia-sia. Libatkan Tuhan dalam tiap langkah prosesnya.

Demikian beberapa tips mencari pekerjaan, semoga bisa membantu dan segera memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita. Setelah mendapatkan apa yang kita inginkan maka cintai setiap lelahnya dan lakukan dengan sebaik-baiknya. Karena semua pekerjaan memiliki resikonya masing-masing, tidak ada pekerjaan yang tidak melelahkan. Dengan menyenangi apa yang kita kerjakan dan merasa cukup dengan hasil yang diperoleh maka lelahnya tidak akan terlalu terasa. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar: