Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menjadi Agen BRILink yang Sukses, Ada kiatnya Loh

Urusan transaksi perbankan di BRI tidak jarang bergelut dengan antrian panjang hampir di setiap lokasi Bank. Tapi sekarang sangat terbantu dengan banyaknya masyarakat yang jadi Agen Brilink dan tersebar di seluruh Indonesia bahkan sampai daerah terpelosok. Syarat menjadi agen Brilink juga mudah dan tidak perlu berprofesi sebagai karyawan BRI tentunya. 

spanduk jadi agen brilink


Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang nasabahnya paling ramai di Indonesia. Kantor cabang yang hampir ada di wilayah Indonesia, baik Kota maupun desa. Tidak heran jika masyarakat lebih memilih menyimpan uangnya di BRI dibanding Bank lain. 

Apa itu Brilink? 


Program Brilink diluncurkan BRI sebagai dukungan atas pencanangan program pemerintah yaitu Branchless Banking yaitu layanan bank tanpa kantor. Selanjutnya program OJK juga mencanangkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). 

Program ini bertujuan untuk memudahkan nasabah bertransaksi, baik transfer uang, tarik tunai, atau membayar tagihan. Apalagi nasabah yang tinggal di daerah yang jauh dari kantor cabang BRI. 

BRI juga sebenarnya sangat terbantu dengan adanya program ini. Karena BRI tidak perlu membangun banyak kantor cabang di wilayah baru, alih-alih memperbanyak jalinan kerja sama dengan agen brilink untuk memenuhi pelayanan nasabahnya. 

Baca juga: 

Cara dan Syarat Menjadi Agen Brilink 


Persyaratan jadi agen Brilink tidak terlalu sulit tapi juga tidak mudah. Peluang usaha ini sangat menjanjikan di tengah makin ramainya transaksi perbankan saat ini. Hampir semua orang melakukan kegiatan bayar membayar melalui ATM dan digital. 

Kebutuhan masyarakat yang sangat besar itulah yang membuat peluang usaha ini banyak diminati. Untuk kamu yang juga ingin menekuni usaha ini simak syarat dan ketentuan jadi agen Brilink berikut ini. 

Syarat yang harus disiapkan untuk jadi agen BRILink

1. Fotocopy KTP

2. Surat izin usaha

3. Surat ekstensi sewa jika tempat untuk membuka usaha bukan milik sendiri

4. Rekening BRI



syarat jadi agen brilink sukses
Syarat Jadi Agen Brilink


Syarat di atas untuk memenuhi ketentuan menjadi agen BRILink  


1. Warga negara Indonesia atau WNI yang juga menjadi nasabah BRI. Siapkan fotocopy KTP pemilik atau pengurus untuk memenuhi persyaratan ini.
2. Tinggal di daerah yang sama dengan kantor yang kamu ajukan. Jadi untuk menjadi agen Brilink kamu hanya bisa mengajukan di kantor tempat kamu tinggal saja ya.
3. Memiliki Surat Izin Usaha dan memiliki usaha yang telah berjalan minimal satu tahun.

Dokumen yang harus disiapkan adalah fotocopy legalitas usaha yaitu surat keterangan usaha minimal dari RT/RW, atau SIUP, SITU, TDT (untuk agen berbadan usaha), akte pendirian (untuk agen usaha berbadan hukum), izin usaha lainnya.

4. Tempat usaha yang selanjutnya akan kamu gunakan untuk transaksi Brilink adalah milik sendiri. Bila tempat usahamu masih sewa, kamu harus menyertakan surat ekstensi sewa yang terdaftar minimal kurun waktu satu tahun.
5. Kamu akan diminta mengisi formulir dan menandatangani beberapa surat perjanjian saat mendaftar
6. Mempunyai rekening BRI dengan saldo sesuai dengan yang ditetapkan Bank untuk melakukan transaksi nantinya. 
7. Perlu diperhatikan juga untuk menjadi agen BRILink berarti kamu belum bekerjasama dengan bank lain sebagai agen.
8. Rekening BRI yang kamu daftarkan untuk bekerja sama sebagai agen BRILink harus memiliki saldo lebih dari 3.000.000. Saldo 3.000.000 dari tabungan akan digunakan sebagai jaminan BRI karena kita menggunakan mesin EDC. Uang tersebut baru bisa diambil jika kita sudah tidak bekerjasama menjadi agen BRILink lagi. 
9. Untuk melakukan transaksi sebagai agen BRilink, kamu akan dibekali mesin EDC (Electronic Data Capture) dari BRI dan kamu juga harus menggunakan aplikasi BRI Mobile.

Transaksi yang bisa dilakukan di Agen BRILink 


Walaupun agen BRILink tidak bisa membantu nasabah dalam pembuatan rekening baru, pembuatan kartu atm atau pelayanan yang dilakukan oleh customer service bank. Namun banyak transaksi yang bisa dilakukan untuk membantu pembayaran nasabah meminimalisir antrian jika dilakukan di Bank. 

Layanan T-Bank 

  • Setor tunai 
  • Transfer sesama Bank 
  • Transfer antar Bank 
  • Tarik tunai 
  • Cek saldo 

Melayani Payment Point Online Bank (PPOB) 

  • Bayar listrik/ token 
  • Bayar telepon/ speedy 
  • Bayar angsuran motor 
  • Bayar BPJS 
  • Isi ulang pulsa 
  • Bayar TV kabel 
  • Pembelian tiket kereta/ pesawat 
  • Dsb. 

Keunggulan Menjadi Agen BRILink 


Di tengah sulitnya mendapat pekerjaan, kerjasama dengan pihak Bank sebagai agen ini lumayan menguntungkan. Jika kita memiliki tempat membuka usaha sebagai agen BRILink tanpa menyewa lebih baik lagi tentunya. Disamping cara menjadi agen BRILink yang mudah, keunggulan usaha ini juga banyak. 

1. Tidak akan rugi karena yang kita sediakan adalah uang 


Sebagai layanan jasa pada umumnya tidak akan sama penghasilannya bila dihitung per bulan. Ramai dan sepinya pelanggan berbanding lurus dengan penghasilan per bulan sebagai Agen BRILink ini. Namun karena yang kita sediakan adalah uang maka kita tidak akan rugi. Berbeda jika kita berniaga seperti membuka usaha toko. Jika usaha kita adalah toko yang menyediakan produk fisik kebutuhan konsumen tentu jika pelanggan sepi kita bisa mengalami kerugian. 

Apalagi jika jualan yang kita miliki berupa makanan yang punya masa layak konsumsi. Jika tidak segera dibeli pelanggan pasti kita akan mengalami kerugian bukan? Namun dalam usaha menjadi agen BRILink ini tidak demikian. Bila pelanggan sepi kita hanya mengalami pemasukan yang sedikit tapi masih bisa digunakan di lain waktu karena stok yang kita sediakan berupa uang. 

2. Pendapatan per bulan melebihi gaji PNS 

Sejak awal artikel aku sudah menyatakan bahwa usaha ini akan menjanjikan. Karena per bulannya bisa kita dapatkan lumayan banyak. Misalkan saja setiap hari rata-rata keuntungan yang kita dapat dari transaksi bank pelanggan adalah 200.000, hitung saja dalam sebulan. Kisaran 6.000.000 rupiah bahkan lebih bisa kita dapatkan dan tentu sudah lebih tinggi dari gaji PNS untuk beberapa profesi dan jabatan tentunya ya. Bagi aku pendapatan itu cukup banyak. Sudah bisa memenuhi kebutuhan bulanan bahkan menabung dan lain-lain. 

Kenapa bisa menguntungkan jika kita jadi agen BRILink? Alasannya adalah sistem keuntungan yang kita peroleh bersumber dari dua jalan dalam tiap transaksinya. 

a. Sharing fee 

Pembagian fee ini dilakukan 50:50 dengan pihak bank untuk tiap transaksi per transaksi. Tiap transaksinya agen akan mendapat pembagian fee yang berbeda-beda. Misalnya untuk transaksi sesama BRI agen BRILink akan mendapat keuntungan Rp 500; jika transaksi antar Bank atau berbeda Bank maka agen menerima fee Rp 2.500. Terlihat receh, namun jika banyak transakti yang kita terima dalam satu hari tentu hal tersebut akan banyak juga. 

b. Fee tambahan 

Selain dari sharing fee, agen juga mendapat keuntungan dari fee tambahan. Penghasilan tambahan ini diperoleh agen BRILink sesuai dengan penetapan tarifnya masing-masing. Misalnya agen menetapkan transfer sesama BRI dengan nominal satu juta ke bawah Rp 5000 per transaksi dan untuk antar bank sebesar Rp 8.000 sudah bisa dikira-kira keuntungannya akan lumayan banyak. 

3. Difasilitasi Bank BRI 

Adanya agen BRILink ini sangat menguntungkan pihak Bank menyebabkan syarat menjadi agen BRILink sangat mudah dan sangat difasilitasi untuk memudahkan transaksi. Dibekali mesin EDC dan fasilitas BRI mobile agar transaksi yang dilakukan bisa lebih mudah. 

4. Bisa menjalankan usaha lainnya 

Sebagai agen BRILink kita bisa sekaligus menjalankan usaha lain secara bersamaan. Banyak agen BRILink yang aku lihat bukan hanya melayani transaksi Bank saja, namun tempat usahanya menyatu dengan usaha lain. Seperti warung, toko baju, toko makanan, penjual buah dan lain sebagainya. Semankin banyak usaha yang kita jalankan pasti pendapatan juga akan semakin banyak. 

5. Nasabah BRI sangat banyak ada dimana-mana seluruh Indonesia

Sebagai Bank milik negara, nasabah banyak mempercayakan tabungannya di BRI. Selain itu jangkauan BRI yang besar hingga ke desa-desa membuat Bank ini lebih familiar dibanding Bank lain. Masyarakat yang tinggal di daerah pelosok pasti memilih bank yang paling dekat untuk mempermudah akomodasi. Hal tersebut yang menyebabkan antrian BRI setiap harinya mengular di kantor-kantor cabang. 

Kebutuhan aktivitas masyarakat terkait dengan transaksi mau tidak mau terus meningkat saat ini. Semakin canggihnya metode pembayaran dan makin mengertinya masyarakat dengan transaksi perbankan. Alasan tersebut menjadi keuntungan seorang agen BRILink juga tentunya. Nama yang sudah familiar dan kepraktisan transaksi tanpa perlu ngantri panjang di kantor Bank akan teralih otomatis ke jasa agen BRILink. 

Kekurangan Menjadi Agen BRILink 

Walaupun keuntungan yang sangat menjanjikan sebagai peluang usaha, jadi agen BRILink tentu memiliki kekurangan yang perlu diketahui dan diantisipasi. 

1. Rawan dijadikan objek kejahatan 

Banyak tersiar kabar kriminal yang menargetkan usaha agen BRILink ini. Karena lokasinya memang digunakan untuk transaksi uang, sudah pasti tempat tersebut bisa saja dijadikan target kejahatan perampok atau penipuan uang. Perlengkapan penyimpanan dan keamanan yang seadanya menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan ini tentunya. 

2. Harus menyiapkan tabungan yang banyak di rekening dan juga tunai 

Saat mendaftar kita diwajibkan memiliki saldo minimal 3.000.000 di rekening sebagai jaminan kita membawa mesin EDC. Tentu kita harus memiliki saldo lebih yang akan kita gunakan untuk traksaksi pelanggan nantinya. 

Jika saldo yang tersedia di rekening sedikit, kita sendiri yang akan repot bolak balik ke bank untuk menambah saldo. 

3. Ada target yang harus dipenuhi selama sebulan 

Setelah grace periode selama 6 bulan, agen BRILink diharuskan melakukan transaksi sebanyak 200 kali per bulan. Jika target transaksi per bulan tidak bisa dipenuhi selama jadi agen BRILink maka akan dikenakan penalty. 

Kiat yang harus dilakukan agar menjadi agen BRILink yang berhasil 


Segala usaha yang halal pasti kita ingin mendapat keuntungan yang besar bukan? Dalam hal ini menjdai agen BRILink sebagai penyedia jasa transaksi dengan penghasilan yang berbanding lurus dengan performa usaha pasti kita harus mempuanyai strategi dalam menjalankan misi bisnis. Berikut tips menjadi agen BRILink yang sukses.

1. Menyiapkan syarat menjadi agen BRILink yang sesuai dan mendaftar 

Menyiapkan syarat yang dibutuhkan untuk menjadi agen BRILink kemudian mendaftar ke kantor BRI tentu menjadi kiat yang pertama. Supaya sah kita menjadi agen BRILink yang bekerja sama dengan BRI. 

2. Menyiapkan modal dalam rekening 

Karena usaha yang kita jalankan membutuhkan uang sebagai transaksi, pasti kita harus menyiapkan nominal saldo yang banyak agar usaha bisa berjalan. Di luar kewajiban menyiapkan uang 3.000.000 untuk jaminan tentunya. Walaupun tidak ada patokan modal menjadi agen BRIlink, namun tentu usaha ini sangat membutuhkan persiapan uang yang tidak sedikit. 

Apalagi jika ternyata tempat usaha kita banyak pelanggan yang datang, pasti membutuhkan modal yang banyak untuk mencukupi semuanya. Hal itu juga meminimalisir kamu agar tidak bolak-balik ke bank untuk isi ulang saldo di rekening. Jika kamu memiliki saldo 2.000.000 aku pikir usaha ini sudah bisa berjalan, karena nantinya keuntungan yang kita dapat bisa kita gunakan sebagai modal tambahan lagi. 

3. Menyiapkan lokasi usaha yang nyaman dan aman 

Lokasi menentukan juga berjalan baik atau tidaknya suatu usaha. Jika kamu memiliki lokasi sendiri akan lebih menguntungkan karena tidak perlu memikirkan membayar uang sewa. 

Mengantisipasi tindak kejahatan yang mengintai, pilihlah lokasi usaha yang ramai. Misalnya di daerah pertokoan yang banyak orang. Karena kriminalitas bisa diminimalisir jika banyak orang yang berada disekitar lokasi usaha kita. 

Memasang CCTV di sudut yang bisa melihat pengunjung yang datang. Keberadaan CCTV juga bisa menahan terjadinya perampokan karena mereka juga tidak ingin terekam aksinya. Namun jika sampai kejadian yang tidak diinginkan akhirnya terjadi, maka rekaman CCTV bisa digunakan untuk membantu melacak pelaku. 

Menyiapkan tempat yang bersih dan nyaman untuk pengunjung juga perlu diperhatikan. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang. Ada baiknya tempat dilengkapi dengan pembatas bening antara pelanggan dan petugas yang membantu transaksi. 

4. Menyebarkan informasi tentang usaha agen BRILink yang dimiliki 

Keuntungan yang berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung tadi harus disiasati dengan penyebaran informasi oleh agen BRILink. Beritahukan pada teman, kerabat atau siapapun jika kamu menyediakan jasa agen BRILink dengan info lokasi yang jelas. 

Kamu bisa menyebarkannya lewat sosial media, brosur dan lai sebagainya. Selain kamu harus memnuhi target transaksi dari bank, hal tersebut adalah salah satu strategi pemasaran yang baik. Orang-orang jadi tahu bahwa ada lokasi penerima jasa. 

5. Jangan menetapkan tarif terlalu mahal 

Walaupun fee tambahan yang bisa kita terima dapat kita tentukan sesuai keinginan, jangan menetapkannya terlalu mahal. Sebab jika dilihat selama ini menjadi agen BRILink sudah dilakukan banyak orang yang berarti saingan banyak. Konsumen akan membanding-bandingkan dengan tarid penyedia jasa lain, jika ada tarif agen BRILink yang lebih murah pasti mereka akan berpaling. Apabila saingan kita cukup banyak bahkan jaraknya tidak terlalu jauh.

Jadi tentukan harga per transaksi yang wajar saja, tidak perlu mematok harga besar untuk mendapat keuntungan yang besar namun hanya bertahan sebentar. Lebih baik mendapat keuntungan yang cukup namun konsumen bisa kembali lagi nantinya. Selain itu, jika konsumen puas dengan pelayanan kita secara otomatis mereka akan menyebarkan informasi pelayanan jasa kita kepada orang lain. 

*** 

Semoga artikel ini membantu kamu yang ingin menjadi agen BRILink. Kamu tentu harus mengetahui keunggulan dan kekurangan usaha menjadi agen BRILink tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan dan pengaturan strategi usaha. Semoga tips menjadi agen BRILink di atas juga membantu usaha berhasil dan mendapat keuntungan yang besar ya. :)

15 komentar untuk " Cara Menjadi Agen BRILink yang Sukses, Ada kiatnya Loh"

  1. Infonya lengkap banget Mbak.
    Jadi lebih paham cara mendaftar dan tips-tipsnya untuk menjadi bri link.
    Mantap.

    BalasHapus
  2. BRI LINK sangat membantu kalau di banknya lagi antri , jadi begini ya syaratnya jadi agen BRI link

    BalasHapus
  3. Kalau antrian udah mengular,, apalagi pas buru-buru,, BRI Link bener-bener ngebantu. :)
    Termyata gak sulit ya jadi agen BRI Link,, yang penting modal cukup.. Untungnya juga waah :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya mba. Sangat membantu

    BalasHapus
  5. Ternyata jadi agen BRIlink tidak susah ya, sempat mau buka juga buat di kios di rumah sekalian jaga toko sekalian jadi agen BRIlink

    BalasHapus
  6. BRI Link ini banyak bgt agennya. Aku banyak lihat di tempatku. Ternyata kalau mau maksimal keuntungannya harus ada triknya ya. Terima kasih banyak infonya Mbak, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Wah ternyata syarat-syarat menjadi agen BRI link gak terlalu susah ya
    Bagus juga nih buat peluang bisnis
    Terimakasih infonya mbak. Bermanfaat banget

    BalasHapus
  8. Oalah..baru tahu nih saya tentang BRILink. Bisa jadi loket bayar tagihan ini itu juga yaa.praktis deh, bisa ngurus pembayaran tagihan telepon, listrik dan lainlain sendiri.

    BalasHapus
  9. Di tempatku letak ATM agak jauh, sekitar 3km. Jadi solusi kalo lagi perlu ke bank ya aq ke BRI Link.
    Praktis sih, nggak perlu antrian panjang

    BalasHapus
  10. Wah ini informasi yg bermanfaat mbak..
    Sangat membantu buat yg mau jadi agen BRI Link

    BalasHapus
  11. Di skitarku banyak juga nih yang jadi BRILink...sepertinya karena memang menguntungkan ya...Apalagi tetap bisa dijalankan dengan usaha lainnya..makin banyak sumber penghasilan...

    BalasHapus
  12. Bibiku amat sangat terbantu dengan adanya agen BRILink ini. Banknya cuma ada di kecamatan. Sementara itu mesin ATM BRI di dekat rumah juga sering trouble. Jadi lebih seringnya transaksi di Agen BRILink dah.

    BalasHapus
  13. Aku pernah lihat agen BRILink di dekat rumah. Cukup ramai juga yang datang ke sana. Karena memang memudahkan masyarakat sekitar ya.

    BalasHapus
  14. Allhamdulillah disekitarku juga banyak yang usaha buka BRILINK ini kak, jadi membantu lingkungan. Karena banyak yang make BRI juga.

    BalasHapus
  15. Berarti mirip dengan jasa agen-agen lainya kah? Mungkin bedanya kalo BRILINK berada langsung dibawah bank nasional BRI, jadi menurutku lebih trusted.

    BalasHapus

Berlangganan via Email