Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Belajar SEO di Kelas Growth Blogger

Blogger itu urusannya nulis, nulis dan nulis. Aku mana terpikir belajar SEO waktu awal ngeblog dulu. Semakin lama menikmati kegiatan blog jadi menambah pengetahuan dan rasa ingin tahu jadinya. Sering berkunjung ke blog sana sini jadi tahu bahwa ternyata mengurus blog butuh waktu dan pemahaman yang tidak simpel. Apalagi setelah aku belajar SEO di kelas Growth Blogger.

Belajar SEO untuk pemula

Search Engine Optimization (SEO) atau langkah optimasi website agar berhasil mendapat posisi di halaman pertama pencarian google. Sebenarnya penting dan tidak penting juga belajar SEO seperti ini. Pentingnya untuk kamu yang memang konsen ngeblog untuk mencari rezeki alias menetapkan satu-satunya profesimu adalah blogger. Tentu kamu harus mengoptimalkan website-mu agar mampu bersaing dengan website lain untuk berada di posisi halaman satunya google. 

Belajar SEO tidak penting untuk kamu yang secara pribadi hanya ingin menuliskan apa yang ada dipikiranmu saja. Tidak memperdulikan trafik blog atau mengharap dapat uang dari blog. Tentu sah-sah saja alasannya, karena tujuan kita tidak mungkin akan seragam sama. Aku juga suka menulis hal yang sedang dirasakan, seperti saat aku rindu Kota Solo aku menumpahkannya dalam artikel. Bahkan sampai bingung mau menulis apa juga aku tulis.

Walaupun blogger bukan profesi utama, bagaimana untuk kamu yang selalu penasaran bagaimana cara mengoptimasi blog atau website nih? Asik juga kan kalau hobi bisa bermanfaat untuk orang lain sekaligus menghasilkan uang. Aku banget ini, sangat ingin tahu trik dan tips menjadikan artikel nangkring di halaman muda google. 

Rasa ingin tahu ku tentang mengerti tentang SEO ini makin bertambah sejak berteman dengan blogger yang selalu membahas tentang blog. Tapi bingung juga harus belajar dengan siapa. Modal belajar SEO pemula otodidak dengan mencari-cari sumbernya di google malah merasa tidak terarah. Harus diapakan dulu awalnya blog ini lalu selanjutnya bagaimana malah jadi bingung. Akhirnya proses berhenti di jalan karena mentok. :D 

Syukur Alhamdulillah aku diberi kesempatan jadi salah satu peserta di kelas Growth Blogger yang dibentuk Coach Irwin Andriyanto bersama coach lain yang kece punya dan tentunya mantap ilmu SEO-nya. Belajar seo pemula sangat cocok di kelas ini.

Kesempatan ini sangat langka dan melalui seleksi ketat tentunya. Peminatnya banyak banget, semua pendaftarnya ingin mendapat materi bergizi yang baik untuk kesehatan blog lebih baik. Apalagi kelas ini tidak dipungut biaya. Sepertinya Coach yang mengajar sangat mengerti bahagianya saat bisa memberi. :)

Kelas gratis ini dimulai sudah sejak awal bulan September ini dan akan berlangsung sampai akhir bulan. Materi pertama dengan Kak Monica Anggen membahas tentang Mahir Menulis dan Editing Blogpost dan mendapat tugas menulis artikel tentang alasan menulis blog. Salah satu ilmu yang aku dapat dari materi ini adalah bahwa aku harus rajin membaca jika ingin tulisannya semakin baik.

Lanjut materi selanjutnya adalah belajar SEO, ngoprek-ngoprek blog dalam rangka merayu google untuk memilih postingan blog kita di posisikan di halaman pertamanya. Materi ini adalah dasarnya,belajar SEO untuk pemula seperti aku ini. 

Pematerinya tentu dari ahlinya, Coach Bahrul Ilmi atau lebih akrab dipanggil Bang Baim. Beliau ini Blogger iya, Content writer iya, SEO Enthusiat iya dan juga web content editor di salah satu agency Jakarta.

Profesi sebanyak itu dia jalani sekaligus, sudah pasti ilmunya tidak diragukan karena jam terbangnya sudah tinggi. Setiap selesai memberi materi, pertanyaan serbuan pertanyaan dari pesertanya dlibas habis dengan jawaban yang mantap oleh coach asal Pontianak ini.

Coach Bahrul Ilmi selalu menyampaikan materi dengan santai tapi serius. Lalu apa saja yang aku dapat setelah belajar materi SEO dengan Coach Baim tentang tentang Google Analytic, Google Search Console, Research Keyword, dan Parameter SEO Onpage? Jawabannya banyak. Aku akan ulas sedikit tentang pemahamanku dari kelas ini ya. 

1. Materi SEO tentang Membaca Google Analytic (GA) untuk Blogger 


Salah satu jurus belajar SEO adalah menautkan blog kita dengan Google Analytic (GA) untuk memudahkan kita mengetahui traffic pengunjung blog kita secara lengkap. Fungsi Google Analytic banyak, yaitu. 

Bisa memantau traffic blog kita 


Kita bisa mnggunakan fitur realtime yang ada di GA. Dari menu ini kita bisa mengetahui data terbaru pengunjung blog kita. 

Digunakan untuk evaluasi Bounce rate dan durasi waktu kunjungan 


Menu Bahavior berguna untuk mengevaluasi bounce rate dan waktu kunjungan. Behavior > Overview agar kita dapat membaca hasil ringkasan data secara umum. 

Mengetahui postingan kita yang mendapat banyak kunjungan 


Menu Acquisition bisa membantu kamu menampilkan data jumlah kunjungan pada tiap artikel. JAdi kamu bisa mengetahui postingan mana yang pengunjungnya paling banyak disini. 

Mengetahui sumber traffic blog, seperti negara, kota dan perangkat yang digunakan juga bisa diketahui. 


Menu Audience adalah fitur GA yang bisa membatumu mengetahui sumber kunjungan blog. Apakah dari URL langsung, dari mesin pencari, sosial media atau link yang mengarah ke blog kita. Data perangkat yang digunakan untuk berkunjung ke blog kita juga tercatat, bisa dari mobile atau dekstop. 

2. Materi SEO tentang Google Search Console (GSC) 


Agar kita bisa memaksimalkan blog dan artikel yang kita buat, perlu menyambungkan blog dengan Google Seacrh Console (GSC). Sekian banyak fitur yang ada di GSC, ada yang sangat penting dan perlu diketahui, yaitu 

Performance 


Pada fitur ini kita bisa melihat data hasil penelusuran pengunjung blog atau artikel kita di pencarian google. Jadi berapa total klik yang kita dapatkan dalam kurun waktu yang ingin kita ketahui. 

URL Inspection 


Fungsi fitur ini adalah untuk mengetahui apakah halaman atau artikel kita sudah diindex google atau belum. Setiap kita membuat artikel baru atau melakukan perubahan apapun pada artikel lama kita, sebaiknya lakukan URL inspection. Dimana fitur ini akan memberi perintah pada bot google untuk proses crawl agar halaman yang diinginkan dapat segera muncul di mesin pencari. 

Coverage 


Fitu ini membantu kamu untuk mengetahui masalah yang terjadi di blog. Jika terjadi error dan harus diperbaiki kamu bisa bia memantaunya dari fitur GSC ini. 

Sitemaps 


Fitur sitemaps atau peta situs ini sangat penting karena dapat membantu bot google mengenali konten apa saja yang ada di blog kita. Selain itu penggunaan sitemaps dapat membantu halaman blog kita terindeks dengan baik. 

3. Materi Riset Keyword 


Sebelum menyusun suatu artikel yang SEO friendly, perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu. Karena artikel yang kita buat akan bersaing dengan artikel dari blog lain, maka penerapan riset keyword ini akan menguntungkan. Kenapa menguntungkan? Sebab ada banyak manfaatnya, yaitu. 

  1. Pencarian keyword membantu kita menemukan ide tulisan dan mengembangkannya 
  2. Hasil riset keyword akan membantu kita menemukan kata kunci potensi 
  3. Pada blog baru perlakuan ini dapat membantu kita melakukan pemetaan link atau internal 
  4. Bisa ditemukan pengunjung dari mesin pencari, bukan hanya kunjungan langsung ke blog kita 
  5. Artikel yang kita buat tepat sasaran karena dapat membantu permasalahan yang dicari pengunjung sesuai kata kunci yang dicari 

4. Materi Parameter SEO Onpage 


Materi optimasi blog selanjutnya dari Coach Baim adalah tentang paramater SEO onpage. Optimasi onpage adalah pembenahan yang dilakukan dari dalam blog itu sendiri. Jadi yang dioprek bukan hanya artikelnya saja tapi juga keseluruhan blog. Ada beberapa optimasi onpage yang perlu dilakukan agar hasil belajar SEO ini mendapat hasil yang memuaskan yaitu 

  1. Judul artikel mengandung keyword 
  2. Ada Keyword di permalink 
  3. Meta deskripsion mengandung keyword 
  4. Awal paragraf mengandung keyword 
  5. Optimasi tag heading 
  6. Optimasi gambar 
  7. Penggunaan outbond link 
  8. Penggunaan internal link 
  9. Menyisipkan LSI dari keyword 
  10. Share ke sosial media 
  11. Submit URL ke GSC 

***

Dari materi yang telah disampaikan, ada beberapa artikel lama yang aku gunakan sebagai sarana pengaplikasian ilmu. Tiga artikel tepatnya yang aku optimasi yaitu artikel tentang kebiasaan mahasiswa KKN, nama bayi Thailand dan Larangan pecinta kucing lakukan.

Setelah belajar SEO aku jadi mahir? Belum dong tapi paling tidak aku mendapat pencerahan dari ilmu yang dibagikan di kelas. Sebenarnya sudah diwanti-wanti sejak form pendaftaran kelas ini dibuka. Katanya sebelum mendaftar perlu dipikirkan dengan baik, apakah yakin sanggup atau tidak. Karena sistem yang digunakan di kelas semi militer. 

Bukan angkat senjata api sih, tapi kita dituntut gesit dan cekatan saat mendapat tugas apapun. Kalau tidak mengerjakan tugas siap-siap saja dapat tendangan madun dari Coach Irwin yang mahsyur terdengar di kalangan blogger. 

Walaupun kelas ini gratis tapi sistemnya berkelas, hasilnya pun jelas. Baru sekali mengerjakan tugas aku berhasil menaikkan 4 poin angka DA-ku. Peminat kelas ini banyak sekali, namun sayangnya ini adalah kelas terakhir di tahun ini. 

Kelas Growth Premium (Coaching SEO For Blogger)


Untuk teman-teman yang sudah tidak sabar ingin mahir ngeblog bisa ikut belajar SEO premiumnya saja. Di kelas ini kamu bisa banget belajar SEO sambil rebahan atau santai ngemil kacang. Coach handal yang akan bertanggung jawab pada kelas tersebut. Jadi kalau kamu sedang mencari kelas belajar SEO pemula, disini pilihan tepat. Kamu akan dibimbing oleh pakar SEO yang sudah tidak diragukan lagi ilmu blognya, Coach Masirwin dan Coach Pewe

kelas seo premium

Tenang saja, kelas premium ini anti kick kok. Kamu punya kartu imun belajar seo sampai kelas selesai. Mumpung masih masa pandemi begini, waktu keluar rumah pasti berkurang. Mau menyingkir dari rutinitas dengan jalan-jalan juga harus sesuai protokol kesehatan di perjalanan. Kamu bisa menggali ilmu sebanyak-banyaknya dengan belajar ngeblog di waktu-waktu seperti ini. 

3 komentar untuk "Belajar SEO di Kelas Growth Blogger"

  1. Wahhh mantep mbak sharingnya, jadi ngerti nih, saya emang ndak begitu mudeng masalah seo. Selama ini yaa asal aja tapi nggak tau kenapa yang asal ngasal gitu kadang blogku mlh nangkring di page one, Heheheh

    BalasHapus
  2. Sampe sekarang masih bingung sih ama SEO ini, emang butuh ada yang ngajarin secara langsung.

    BalasHapus
  3. Sukses selalu mbak Anggun, semoga dengan mengikuti ClassGrowth Blogger, ilmu bloggingnya maksin banyak dan blognya makin membumi :)

    BalasHapus

Berlangganan via Email