Tempat Ngabuburit Asik di Kota Bandar Lampung dan Sekitarnya

Hanya sedikit ingin mengecek. Masih berpuasakah hari ini? Atau godaan warung makan bertirai setengah tiang masih tetap mudah menggoyahkan iman? Syukur kalau masih tetap berpuasa sehari penuh walaupun harus berlemas, letih, lesu di bulan ramadhan ini.

Ngabuburit lah kuuuy..

Saya kalau sedang berpuasa biasanya waktu-waktu lemas itu antara jam 10 sampai jam 3 sore. Di jam sibuk itu, rasanya masih sangat lama untuk menyelesaikan puasa sampai berbuka. 

Setelah lewat waktu ashar, semangat mulai tumbuh lagi. Sebab setelah mengecek jam, ternyata waktu menunggu adzan maghrib tinggal sebentar lagi.  \^o^/
Sembari menunggu waktu berbuka yang tinggal sebentar lagi itu banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Satu trend yang selalu dilakukan masyarakat kita di bulan ramadhan adalah ngabuburit. Tak terkecuali masyarakat di kota Bandar Lampung.

Kegiatan yang dilakukan saat ngabuburit mulai dari sekedar jalan-jalan sambil mencari takjil dipinggir jalan protokol, kongkow di taman, atau juga cuci mata di mall. Menunggu buka makin semangat kalau ada yang mengajak melakukan kegiatan ini.

Ada beberapa tempat rekomendasi yang biasa dijadikan tujuan masyarakat Kota Tapis Berseri untuk ritual satu ini. Ada sebagian yang memilih menunggu adzan maghrib di pinggiran fly over. Biasanya pasangan abg yang banyak terlihat disini.

Menurut mereka pemandangannya sangat bagus dari atas sana. Tapi tempat tersebut tidak akan direkomendasikan dalam artikel ini. Menghindari hal yang tidak diinginkan karena alasan keselamatan.

Jadi tempat mana yang akan direkomendasikan di artikel ini? Berikut uraian tempat ngabuburit asik di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya, versi perempuan april.

1. Taman Gajah atau Elephant Park Lampung 


Lampung yang identik dengan gajahnya menjadi alasan pemberian nama taman ini. Tempat yang belum lama diresmikan oleh Gubernur Lampung, M. Ridho ficardo ini menjadi magnet warga Lampung untuk dikunjungi.

El Gaza eksis di Taman gajah

Lampung elephant park atau taman gajah merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bertujuan untuk menjadi paru-paru kota Bandar Lampung. 

Taman Gajah terletak di daerah Enggal, Kota Bandar Lampung. Sebelumnya, lokasi ini dikenal dengan Lapangan Saburai, Enggal atau Pasar Seni.

Ngabuburit disini bukan hanya bisa duduk-duduk manis. Tapi bisa juga foto-foto narsis dan juga olahraga, karena fasilitasnya tersedia. 

Spot foto di elephant park

Selain itu, yang makin asik adalah tidak ada biaya tiket masuk alias gratis. Apalagi yang lebih asik dari gratis kan? Tapi kalau parkir tetap harus bayar ya, biar aman. Tahu kan Lampung terkenal dengan apanya? Yak tul.. gajah. ^_~

2. PKOR Way Halim Berwajah Baru


Pusat Kebugaran dan Olahraga atau yang biasa disebut PKOR ini merupakan kawasan untuk membangun pusat budaya dan olah raga terbesar di Lampung. Tempat ini berlokasi di Jl. Sumpah Pemuda, Way Halim, Kota Bandar Lampung.

Hal itu yang menjadi alasan di PKOR Way Halim ada Stadion Sumpah Pemuda, Sekretariat Dewan Kesenian Lampung, Anjungan rumah adat seluruh Kabupaten/Kota di Lampung, dan bangunan lainnya. Saat Lampung Fair anjungan-anjungan tersebut dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi masyarakat.

Saat ramadhan, tempat ini seperti menyesuaikan dengan keadaan, karena banyak penjaja takjil yang berjejer. Menjelang sore, banyak pengunjung yang datang kesini. Baik sekedar membeli takjil, atau juga kongkow sambil menonton pecinta skate board berlatih.

Skate park

Pasalnya, disini juga belum lama diresmikan Ruang Terbuka Hijau seperti taman gajah di Enggal. Pengunjung bisa berjogging santai, berlatih skate board, selfie atau hanya duduk-duduk menikmati suasana sore dengan orang tersayang.

3. Kulineran di Halaman Kantor Gubernur Lampung


Tempat selanjutnya ini sebenarnya bukan hanya saat bulan puasa saja ramai. Tapi tiap malam memang dijadikan tempat berkumpul dan kuliner. 

Halaman kantor Gubernur yang luas dimanfaatkan untuk tempat nongkrong yang asik. Lokasinya berada di Jalan Wolter Monginsidi No. 69, Kota Bandar Lampung, Lampung. 

Berburu takjil 

Banyak penjual takjil dan hidangan berbuka yang berjejer disana saat menjelang berbuka puasa. Disini tidak perlu membayar tiket, tapi biaya parkir tetap diberlakukan.

4. Coba Wahana di Transstudio Mini Lampung


Untuk keluarga yang memiliki anak usia senang bermain, cocok diajak ngabuburit kesini. Karena banyak tersedia wahana bermain anak-anak dengan harga yang relatif terjangkau.

Datang bersama keluarga lebih seru 

Lokasinya berada di Jl. Sultan Agung No. 283, Way Halim Permai, Way Halim, Kota Bandar Lampung. Tidak jauh dari PKOR di Way halim.

Seperti halnya transstudio mini yang banyak tersebar di kota besar di Indonesia. Transstudio mini Lampung juga berkonsep area bermain indoor.

Banyak wahana yang bisa dicoba, khususnya untuk anak-anak. Karena pilihannya beragam. Untuk wahana dewasa juga tapi hanya beberapa saja yang tersedia.

Pengunjung masuk kesini tidak perlu membayar tiket. Namun bila ingin mencoba wahananya baru dikenakan tarif. Untuk pembayaran, pengunjung diwajibkan membeli kartu perdana yang dapat diisi ulang dengan berbagai harga sesuai kebutuhan.

5. Keluar Sedikit dari Kota Menuju Villa gardenia Lempasing


Agak sedikit keluar dari kota Bandar Lampung. Menuju ke Jalan. RE Marta Dinata, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Lampung. Ada tempat asik bernama Villa gardenia.

Awalnya tempat ini hanya sebuah villa biasa yang digunakan penggiat traveling menginap. Tapi setelah dilakukan perombakan, saat ini taman Villa gardenia sedang menjadi tempat hits. Foto-foto yang berlokasi disini banyak tersebar di sosial media.

Villa gardenia Lempasing

Untuk seorang pengguna aktif sosial media, seperti instagram, tempat ini sangat cocok dikunjungi. Biaya tiket masuk villa gardenia ini masih terjangkau, hanya 10.000 rupiah.

Lokasinya yang tidak jauh dari TPI Lempasing membuat pemandangan yang disuguhkan adalah bentangan laut yang biru luas di depan mata. Letaknya berada di bukit membuat spot untuk berfoto makin kece.

Bila dari Kota Bandar Lampung, perjalanan yang ditempuh sekitar setengah jam. Menunggu waktu menjelang berbuka tidak akan terasa bila sedang berada di tempat ini.

6. Studio Foto 3D Lampung Walk


Lahannya yang luas membuat lampung walk menjadi pusat rekreasi yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Pusat olahraga, kuliner, tempat wisata dan hiburan.

Lampung walk Bandar Lampung

Belum lama ini, lampung walk menghadirkan wahana wisata baru untuk pecinta sosial media. Yaitu studio foto 3D Lampung Walk. Pengunjung bisa mendapat jepretan apik disini dengan biaya tiket masuk sebesar 25.000 rupiah.


Lampung walk berada di Jl. Urip Sumoharjo No. 61, Way Halim Permai
Way Halim, Kota Bandar Lampung. Lokasinya tepat di depan RS. Urip Sumoharjo.

Untuk lokasi studio foto 3D ada di lantai 2 Lampung walk. Sangat cocok mengajak anak-anak ngabuburit disini karena tempatnya sangat menyenangkan.

7. Cuci Mata di Mal Boemi Kedaton Bandar Lampung


Mal bukan hanya bisa dijadikan tempat tampat belanja saja. Tapi juga pilihan yang asik untuk ngabuburit dengan teman atau keluarga saat ramadhan.

Salah satu mal yang banyak dikunjungi di Bandar Lampung adalah Mal Boemi Kedaton. Mal terbesar yang ada di Lampung ini lebih familiar disebut MBK.

Mal Boemi Kedaton terletak di Jalan Teuku Umar dan Sultan Agung No. 1, Kedaton, Bandar Lampung, dan mulai beroperasi pada tanggal 12 Juli 2014.

Untuk menuju mal ini bisa ditempuh dengan angkutan umum seperti Trans Bandar Lampung, Angkutan Kota, dll.

Ngabuburit sekalian buber teman masa KKN

Selain bisa berburu diskon, disini juga bisa menonton di bioskop, duduk-duduk sampai waktu maghrib. Dan saat waktu berbuka tiba bisa segera menyantap makanan. Karena disini banyak pilihan restoran dengan berbagai ciri khasnya.

***

Walaupun sebenarnya untuk menunggu waktu berbuka bisa dilakukan di rumah saja. Mendengar video tausiah, tilawah quran atau lagu-lagu favorit sambil masak kolak pisang. Tapi untuk mendapat suasana baru, sekali-kali tak apalah pergi keluar dengan yang ter-, ter-, tersayang.

Perlu diperhatikan bahwa waktu ngabuburit jalanan kota akan semakin padat. Jadi tetap harus berhati-hati saat berkendara, agar selamat sampai hari raya tiba.

Itu tadi rekomendasi tempat ngabuburit asik di Bandar Lampung dan sekitarnya saat bulan ramadhan. Tempat mana yang menjadi favorit anda? Dimanapun tempat yang dikunjungi jangan lupa untuk selalu menjaga keindahannya. Dengan menempatkan sampah pada tempatnya. Selamat berpuasa. (*o*)/\(*o*)

sumber foto: keluarga bahagia Anggit A.N.


Tulisan ini diikutsertakan dalam program Tematik Ramadhan di Lampung bersama Tapis Blogger.

Related Posts

73 comments:

  1. Hmm.. Entah udah lupa atau enggak pernah tau bagaimana itu "ngabuburit" yang sesungguhnya...
    Beberapa tahun belakangan kalau menjelang buka puasa kalau enggak olah raga, ya di rumah/kosan.. Sementara makanan dibeli sekitar jam 3..

    Btw.. Kalau di sekitar Masjid Agung-nya Bandar Lampung enggak termasuk kah..?
    Biasanya masjid besar gitu kan bagi-bagi buka puasa gratis dengan ngadain pengajian sebelum buka puasa.. Kayaknya asik ngabuburit dengan cara demikian.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuh masa belinya siang banget. Dingin dong.. Klo sendirian keluarnya jg ga seru sih,mending di rumah ajah udah

      Ada sih,tapi belum pernah kesana ngabuburitnya jd ga masuk list πŸ˜‚

      Delete
    2. Malah enak.. hehe
      Emm.. Biasa juga keluar sendiri og.. hehe

      Wah, bisa dimasukin part II tu..

      Delete
  2. Hmm, aku malah kagum sama gaya si adik el Gaza ... keren deh gayanya adik kecil itu ngga malu-malu 😁

    Asiik tuh kak di elephant park bisa foto tridi gratis ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaya si adik yang mana sih,..bikin ane cemburu deh

      Delete
    2. Haha iya tuh udah ngerti harus gmn klo depan kamera. Gayanya udah alamiah πŸ˜‚πŸ˜‚

      Aduh.. Mas trik bacanya kelewat nih pasti hehe

      Delete
  3. Wah,, lagi di Lampung lah . Ternyata transtudio ada di Lampung jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih bang lg di lampung πŸ˜‚
      Haha.. adaaaalaaaahhh -_-

      Delete
  4. Tempat-tempat ngabuburit seru di Kota Balam yang cukup recommended. Selain nomor 5, semua tempat di atas mengelilingi kantor Tebar Pesona Travel. Bahkan berhadapan langsung dengan PKOR Way Halim πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooohhh jadi disana kantornya yahh. Oke sip πŸ˜‚ kirain di by pass sana bang kayak travel2 lainnya..

      Delete
    2. Iya, di by pass. Tapi yang berhadapan langsung gitu lho nggun 😁

      Delete
    3. Oiya.. Paham.. Kirain yg dari jalur 2 way halim πŸ˜‚

      Delete
  5. saya malah fokus sama baju pink, tega nian ya poto membelakangi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panggil aja mas trik biar nengok dia πŸ˜„

      Delete
  6. Saya lebih suka halaman depan kantor gubernur. Karena saya suka berburu kuliner.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi klo siang belum buka lo mas bumi.. Belum bisa beli es jadinya πŸ˜‚

      Delete
  7. Vila gardenia lempasing saya suka

    Lama tidak ke kota Bandar Lampung
    Rindu sangat ingin berkunjung obati kangen di Park Elephant Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Memang mbak anisayu tinggal dimana..

      Main2 ke lampung mbak,banyak yg baru :)

      Delete
  8. banyak juga ya tempat ngabuburit ya asyik di lampung , kalau aku tempat ngabuburitnya di mesjid yang punya wi-fi gratis sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada takjil gratisnya jg mang?
      Wahh bisa sembari ngeblog ya ngabuburitnya😊

      Delete
  9. Saya sudah lama ga ngabuburit
    pulang kerja udah kemaleman mulu.
    Bisa tarawih itu udah paling bahagia banget, itupun harus kejer2an sama jam.

    Ternyata Lampung udah banyak perubahan ya, terakhir kali ke lampung tempat bibi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti yg juara jamnya itu kan kerjer2an😁
      Ga p2,kan bisa di rumah klo tarawih

      Sudah banyak berubah lampung,banyak yg baru dan makin padat

      Delete
  10. Tusukan sate-satean yang ada di depan halaman kantor Gubernur Lampung, berasa sate-sate yang ada di HIK Solo. Hahaha... Tapi harga jajanan di Lampung relatif sama nggak sih, Nggun, sama di Solo? Apa lebih murah di Solo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya emang.. Ada beberapa penjual kucingan jg di lampung tuh..
      Harganya mah masih murah di solo mas wisnu.. Perbandingannya di solo harga kenyang di lampung masih minta nambah πŸ˜‚

      Delete
  11. ngabuburit sekarang blogwalking, kalo dulu rajin cari takjil tapi sekarang males menjelang maghrib keluar rumah atau kosan soalnya jalanan rame pol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak padat merayap klo jam ngabuburit itu. Harus hati2 di jalan.. Kadang udah hati2 aja masih celaka...

      Delete
  12. Rame kayaknya ngabuburit, tapi sekarang gua tinggal di pedesaan gitu, jadi ngabuburit nya yah tidur aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pedesaan bukannya malah pemandangannya bagus? Ga rame banget jalannya..
      Keliling2 sawah sambil lirik2 gadis desa nan manis.. Klo ini ga usah ding πŸ˜‚

      Delete
  13. Baru tahu aku, ternyata trans studio mini ada juga di Lampung ya. Dan itu yang pertama gak asing buatku, hanya saja belum mengunjunginya euy..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus eksplor ke lampung nih diary mahasiswa biar tau isinya apa aja mas πŸ˜‚

      Delete
  14. Wah banyak pilihannya. Bisa ditolling nih, hari ini kesini besoknya kemana lagi hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak retno. Biar semua kebagian dikunjungi ya 😊

      Delete
  15. cari yang gratis saja di taman Gajah
    ketimbang membayar untuk masuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. πŸ˜‚ sangat boleh mas awan. Hemat pangkal kaya kok hehe

      Delete
  16. aku belum pernah ke Lampung Walk itu hahahaha. Asik kali ya ngabuburit situ. Skalian buka puasa disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak dicobain,lagi happening banget kan tempatnya nih πŸ˜€

      Delete
  17. Dari sekian banyak tempat ngabuburit taman gajah merupakan yang paling favorit buat saya. Selain murah juga relatif baru. Juga masih bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma bayar parkir aja ya mas. Hemat dan masih fresh 😊

      Delete
  18. Wah kapan neh tapis blogger ngabubuuritt menikmati bebeapa spot yang dijelaskan dlm tulisan keren ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngadain kemungkinan saya ga bisa ikut lg nih acaranya :(

      Delete
  19. Wah jadi gak bingung harus kemana kalo mau ngabuburit. Thanks informasinya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bisa langsung ditentukan mau kmn. Sama2 mas debi :)

      Delete
  20. Dari dulu suka males sama ngabuburit atau pergi2 sore setelah ashar di bulan puasa. Crowded dimana2 dan parahnya di tempat tinggal saya banyak abege2 pada motoran dan itu anoyying banget. So, ngabuburit paling oke tetap di rumah sih menurut saya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak,semrawut jalanan klo menjelang berbuka.. Anak2 tanggung udah menguasai jalanan. Lebih aman di rumah memang tp klo pas pengen keluar ya hati2 saja

      Delete
  21. Tempat yang saya ngabuburit di Pulau Pasaran. Coba deh ke sana. Datang saat senja mau turun. Suara alunan ngaji sebelum berbuka, anak anak ke mushala, ibu ibu pulang dari aktifitasnya, serta kapal nelayan yang tengah bersandar. Alamak tidak ada duanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana itu,kok syahdu banget kayaknya 😊

      Delete
  22. Seoga suatu saat bisa main2 ke lampung, liburan pasti banyak tempat wisata terbaik

    ReplyDelete
  23. Belum kesampaian ke Elephant Park Lampung. Benar ya Bandarlampung makin padat macam Jekardah, apalagi jam2 buka puasa. Kalau pas di Rumah mau ke MBK aja yang biasa tinggl ngesot, sekarang cukup menyita sabar.

    Selain tempat2 di atas, aku biasanya nongkrong di Buhe Itadara. Arah ke Kemiling sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak jangan ngesot lahh,serem πŸ˜‚
      Rumah mbak deket dari mbk ya?
      Kayaknya mending agak nanti aja kesananya biar ga berjubel banget

      Delete
  24. Saya menikmati sekali tulisan dan cerita Mbak April ini, mengalir, menarik dan membuat semangat untuk membaca lagi artikel berikutnya. :)

    Mbak Orang Lampung yach... ? Apakah masih banyak gajah disana.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhh jd seneng kang nata, karyanya diapresiasi dg baik hehe.. Terimakasih kang nata,jadi semangat jg nulis lg jdinya πŸ˜‚

      Masih kang nata,dirawat dg baik di way kambas sini. Boleh kalau mau dihitung langsung,biar yakin kalau beneran masih banyak hehe

      Delete
    2. Saya wakilkan dng Mbak Anggun saja utk menghitungnya. :) biar afdol.... :)

      Delete
  25. terusterang saya belum pernah jalan jalan ke tempat yang dijelaskan diatas.. sedih ya, ketauan banget kalo kurang jauh pikniknya. setelah membaca dengan cermat tulisan ini seakan membayangkan suasana tempatnya. hemmmm bisa banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Kapan2 boleh dikunjungi mbak. Biar pikniknya bisa khatam di lampung.. Banyak yg baru2 kan ya

      Delete
  26. Waahh tempat2nya sejuk dan mengasikkan..πŸ˜„πŸ˜„

    Yaa! Apapun itu untuk ngabuburit semua tempat itu menyenangkan tinggal bagaimana diri kita menyigapinya..πŸ˜„πŸ˜„

    Yang terpenting puasa kita jangan batal pas ngabuburit karena terlalu banyak lirik sana dan sini haahaa!! πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Ga p2 lah mas salju kalo mau lirik sana lirik sini.. Asal bisa kembali ke posisi normal bola matanya πŸ˜‚

      Delete
  27. Semuanya menarik ununt dikunjungi, kalo saya ngabuburit ke Lampung ditemenin mbak Anggun, bisa-bisa saya gak mau pulang nih, hihii…

    ReplyDelete
    Replies
    1. *ununt baca: untuk πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Maaf typo

      Delete
    2. Terlalu semangat pasti komennya mamang ini haha

      Waduh klo ga mau pulang berarti harus nyiapin 2 atau 3 kamar buat nanang dan keluarga ini. Kan pasti kayak uler2an rombongannya πŸ˜‚

      Delete
  28. Seru banget ya menanti berbuka puasa dengan kegiatan bersama keluarga apalagi jalan-jalan di sekitar Bandar Lampung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya umi,asal tetap hati2 dan jaga emosi klo lg di jalan 😊

      Delete
  29. wew.. banyak juga tempat ngabuburit yang asyik..

    ReplyDelete
  30. Meski gak menjalankan ibadah puasa, saya selalu semangat berburu takjil. Ada keseruan tersendiri.

    ReplyDelete
  31. Saya baru tahu kalau di Lampung udah Trans Studio. Kirain cuman ada di bandung dan Makassar doang. Kalau tempat buat ngabuburit paling kece ya di area publik sih mbak, kayak taman gitu. Kalau di sini yang terkenal namanya Pantai Losari

    ReplyDelete
  32. Rekomended deh tempat-tempatnya. Yang penting jangan ngabuburit di fly over. Kemarin ada kejadian anak muda kesrempet mobil dan luka-luka gegara nyore sambil sepfie-selfie di fly over Kemiling

    ReplyDelete
  33. keren semua tempatnya, saya juga pernah tinggal di Lampung

    ReplyDelete
  34. Kuy ah kak anggun cantik kta nongki sambil ngabuburit di taman gajah.. wkwkkwkw dulu sempat beberapa bulan tinggal di palembang, tapi sekarangkayanya agak sulit kalau pengen main k bandar lampung abis diongkos.. hiks

    ReplyDelete
  35. Wow ngabuburit, tempatnya banyak pilihan ya. Sambil ngabuburit biasanya lanjut buka puasa di luar itupun saat sekalian beli2 kebutuhan. Tempat yang dilist dekat sekali dari rumahku hehe.

    ReplyDelete
  36. Mantap ya Mbak. Saya sendiri jarang sekali ngabuburit waktu bulan puasa. Gak tahan macet sama antri makan sholat nya. Tapi kalau ada undangan ya gak nolak sih. Hehe

    ReplyDelete