Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

My Wedding

4 Keistimewaan Jogja Dibandingkan Dengan Kota Lain Di Indonesia

Ada yang mengatakan bahwa “Setiap sudut kota jogja memiliki ceritanya sendiri yang membuat rindu.” Saya setuju dengan kalimat tentang kota Jogja itu. Kota yang modern tapi tetap menjujung tinggi kearifan lokal. Kota yang sibuk tapi tetap ramah dalam kemajemukan. 

Kota Jogja Istimewa

Beberapa kali berkunjung ke kota ini rasanya masih belum akan bertemu kata bosan. Karena ada banyak “surga” yang tersimpan di alamya. Ada budaya yang kental masih dilestarikan dalam jiwa warganya.

Jogja merupakan destinasi kedua teramai di Jawa setelah Bandung. Letaknya yang berada di tengah-tengah memudahkan kaum traveller untuk berkunjung. Biasanya kalau ke Jogja pasti mampir ke Candi Borobudur yang ada di Magelang, jaraknya sangat dekat.

Pengunjung yang berasal dari indonesia timur ataupun kota besar lainnya sangat mudah menuju ke kota ini. Karena opsi transportasi untuk berkunjung ke sini sangat beragam. 

Mulai dari kereta ataupun dengan booking tiket pesawat murah di reservasi.com yang bisa dijamin kamu sudah bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang sesuai dengan budget kamu. 

Pengunjung yang berasal dari wilayah yang jauh dari jogja juga tidak perlu khawatir masalah menginap. Karena Jogja merupakan destinasi yang banyak menarik perhatian wisatawan, tentu akomodasi di Jogja juga tidak perlu diragukan lagi.

Tak kalah dibandingkan dengan kota besar lainnya, ada Eastparc Hotel Jogja yang menawarkan harga kamar per malam  sangat terjangkau. Namun juga memilki segudang fasilitas yang bisa kamu nikmati ketika menginap di sana. 

Mari bernostalgia bagi traveller yang sudah pernah menginjakkan kaki di kota gudeg ini. Dan bagi yang belum berkesempatan mengunjungi kota istimewa ini, harus segera diagendakan. Karena ada beberapa hal yang unik di kota ini.

Artikel ini akan menampilkan beberapa keistimewaan Jogja bila dibandingkan dengan kota lainnya. Dijamin setelah ini akan membuat kamu jadi tambah ingin  booking tiket pesawat lalu terbang menuju ke kota Jogja. Coba saja! ^.^

1. Papan Jalan Malioboro


Walaupun terdengar aneh tapi papan jalan di malioboro ini memang sudah menjadi salah satu ikon di kota Jogja. 

Bahkan ketika kamu berkunjung ke Jogja dan menginap di Eastparc Hotel Jogja ketika high season serta ingin mengunjungi jalan malioboro pasti kamu akan melihat banyak traveller yang mengantri berfoto di papan jalan ini. 

Alasan yang membuat papan jalan Malioboro ini begitu populer adalah karena jalanan ini merupakan salah satu area turis tersibuk di jogja. 

Dan sepanjang jalanan malioboro ini menyediakan banyak hal yang mencerminkan kota Jogja. Mulai dari batik, makanan, angkringan, hingga oleh-oleh lainnya. 

Papan jalan malioboro

Jadi merasa hal yang wajib bila bertandang ke kota ini untuk berfoto dengan background papan jalan malioboro. Karena banyak juga foto yang tersebar di media sosial dengan latar papan jalan bertiang hijau ini. Hal itu seperti suatu hal yang mengesahkan bahwa benar adanya pernah sampai ke kota Jogja.

Papan jalan malioboro ini terdapat di 2 (dua) lokasi. Salah satunya berlokasi di ujung jalan sebelah utara yang dekat dengan persimpangan arah Malioboro atau lebih tepatnya berada di sebelah selatan stasiun tugu. Dan satunya lagi di sebelah selatan, tepatnya di depan kantor Dinas Pariwisata DIY.

Bila ingin eksis disini harus kuat PD. Karena letaknya di pinggir jalan yang sibuk. Banyak berlalu lalang kendaraan dan turis yang melintas. Selain itu, di saat-saat tertentu juga untuk mendapat jepretan bagus disini harus rela antri dengan pengunjung yang lain.

Tapi tak perlu khawatir, karena saat mengantri foto kamu bisa memikirkan gaya foto apa kira-kira yang bagus nanti. Atau bisa juga memikirkan akan pergi kemana setelah berfoto. Atau juga memikirkan siapakah yang akan bersanding di pelaminan denganmu nanti. Bebas lah.

2. Angkringan Kopi Jos


Belum ke Jogja namanya kalau kamu belum mencoba untuk makan di angkringan. Di Jogja sendiri terdapat banyak angkringan yang menyediakan makanan yang enak. Mulai dari nasi kucing, tempe mendoan hingga sate usus. 

Jika kamu belum pernah merasakan makan di angkringan, kamu bisa langsung booking tiket pesawat murah di reservasi.com yang menjual tiket pesawat dengan harga terjangkau.

Lalu setelah kenyang, bisa booking tiket lagi untuk pulang. Bila kamu booking tiket di reservasi.com dijamin budget liburan kamu ke Jogja tidak akan berat di harga tiket. ^0^

Angkringan ini awalnya merupakan tongkrongan para orang tua. Di tempat ini biasanya diterangi cahaya lampu teplok, sehingga menimbulkan suasana remang-remang. 

Kopi jos Jogja, dap

Saat kamu makan di angkringan, pastikan jangan sampai lupa untuk memesan kopi jos. Kopi jos ini ada dua varian, kopi hitam atau kopi yang ditambah susu. Kemudian ditambah bara arang yang masih merah dan bara tersebut akan dimasukkan ke dalam kopi. 

Bunyinya, joooosssssss… Seru ya. Tapi jangan salah kira, setelah kopi disruput, arangnya jangan dijadikan camilan. Bukan itu fungsinya. ^^

3. Musik Jalanan


Ketika sudah booking kamar di Eastparc Hotel Jogja, kamu tidak akan melewatkan suasana di Malioboro yang ramai dengan musik jalanan di malam hari. 

Menyantap makanan di angkringan dengan pemandangan lalu lintas orang berlalu lalang di jalan malioboro. Serta diiringi musik jalanan yang dinyanyikan oleh pengamen setempat pasti kamu makin cinta dengan kota Jogja. 

Bukan hanya ada pengamen yang jago menyanyi saja disana tapi beberapa sampai membawa penari agar penampilan mereka lebih menarik lagi. 

Pengamen jalanan jogja

Karena saking banyaknya traveller yang berkunjung ke Jogja, untuk menemukan para pemusik jalanan ini tidak hanya di jalan malioboro saja. Tapi ada  juga di lampu merah yang berada di sudut-sudut kota. 

Kapan lagi kan kamu bisa mendengar pemusik jalanan yang memiliki kualitas suara yang bagus secara gratis? Terkadang kamu bahkan juga bisa request lagu yang kamu inginkan pada mereka.

4. Titik Nol


Setelah lelah berkeliling kota Jogja, tapi masih enggan kembali ke Eastparc Hotel Jogja. Maka tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Titik nol km kota Jogja.

Sumber: Instagram/ malioboro_insta

Apa sih titik nol ini? Titik nol ini sebenarnya merupakan tempat berkumpulnya para anak muda Jogja. 

Biasanya saat malam minggu banyak acara yang diadakan di sini. Mulai dari acara yang diadakan oleh institusi, anak muda jogja itu sendiri ataupun acara yang diadakan oleh komunitas. 

Titik nol Jogja ini terletak satu garis dengan tempat-tempat populer lainnya seperti Tugu (Pal Putih) Jogja, Malioboro, Pasar Bringharjo dan Keraton Yogyakarta.

Warga Jogja biasa menyebut lokasi tersebut sebagai perempatan Kantor Pos Besar. Sebab memang ada gedung Kantor Pos Pusat Yogyakarta di sudut selatan-timur

Sayangnya saat ini titik nol sedang berada di tahap renovasi. Tapi tenang saja kamu masih bisa kok bersantai di sini dengan tenang. Karena renovasi yang dilakukan juga tidak terlalu besar sehingga titik nol masih bisa dinikmati oleh para traveller. 

***

Benar-benar unik dan berbeda bila dibandingkan dengan kota lain. Keempat poin tersebut sangat sederhana tapi daya tariknya luar biasa.

Bila nanti berkesempatan menengok kota jogja, jangan sampai lupa untuk merasakan sensasi dari keempat poin yang dijabarkan tadi. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhan akomodasi traveling kamu di reservasi.com Agar perjalananmu mudah dan berkesan. Happy travelling yes. ^^

84 komentar untuk "4 Keistimewaan Jogja Dibandingkan Dengan Kota Lain Di Indonesia "

  1. Cieee .. ciee .. cieee .. kak Anggun ikutan berfoto di plang nama jalan Malioboro 😉

    Saat itu ngantri panjang ngga,kak ?Biasanya di lokasi itu selalu full antrian berfoto ... bahkan turis mancanegara juga banyak ikutan ngantri 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau berfoto memegang tiang papan jalan gak pake antri Mas....

      Hapus
    2. Pas saya foto ga antri untungnya mas hima. Kalo antri mungkin malah ga jd foto 😂
      Kebetulan siang hari,panas gitu. Yg lain pada males mungkin hehe

      Biasanya antri mas trik 😁

      Hapus
    3. Cantik loh kak Anggun di foto di lokasi plang nama jalan legendaris itu ☺

      Terakhir aku melewati sana, plang nya lagi dibongkar,kak.
      Sedang ada penggarapan irigasi.
      Semoga nantinya tetap dipasang kembali plang nama itu,ya ... meski seringkali bikin muaceet paraah .. saking banyaknya yang ngantri disana.

      Hapus
  2. Kalo ke kota Jogja, paling pengen lihat pengamen jalanan yang grup musik angklung itu. Kebetulan ada cara booking pesawatnya pula. Tapi belum pernah naik pesawat. ✌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh partner ga kesananya? Bilang aja geh pasti siap aku 😂

      Hapus
  3. Foto siapa di papan nama itu yaa? Hemm ... Rasa-rasanya saya pernah liat 🤔

    BalasHapus
  4. Jogya Memang keren, apalagi ada sosok wanita nan cantik yg berpose disamping plang Jl.Malioboro.

    Hati2 plangnya roboh mbak, ntr jadi viral loh... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeaaaakkkk😂😂😂

      Hahaha.. Untungnya ga roboh kang,bisa viral dan didenda saya.

      Hapus
    2. itu bukan palang jalan ,tapi palang cinta, tahu..!!!

      Hapus
  5. Jogja memang bikin pengin kesana lagi, kaya bikin ketagihan mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesana lg mayuf 😁 ketagihan berkunjung ke jogja ga p2 kok hehe

      Hapus
  6. lihat poto nomer dua ...itu siapa yang memotret ?
    saya...

    BalasHapus
  7. Malioboro nya yang membedakan dari kota lain

    BalasHapus
  8. Malioboro, pingin banget kesana.. kulineran jogja juga katanya murah2 ya,

    kapan,kapan? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera mbak,kan sudah ada partner.. Jadi seru perginya 😊

      Hapus
  9. Yogya memang kotayang paling bagus menurut saya,, apalagi kuliner yang enak ya kak anggun.. btw itu aku pengen iii pergi ke titik nol selama ini belum pernah kesana.. makasih sharenya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss reservasi.com kak vika hihi
      Nanti aja ding klo debay udah launching dan sudah agak besar 😅

      Hapus
  10. Saya suka dengan jogja, apalagi adatnya yang masih kental

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adat istiadatnya masih dijaga disana walaupun sudah modern 😊

      Hapus
    2. Bisa dijadikan tempat pilihan berwisata bersama keluarga...

      Hapus
  11. jadi pengen jalan-jalan ke jogja saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Realisasikan mas insan. Bisa dari reservasi.com loh 😊

      Hapus
  12. ke jogja aku kan kembali walau apapun yang terjadi , jogja memang sesuatu

    BalasHapus
  13. Dari dulu pengen kesini tapi blum ada waktu
    padahal temen bnyak yg study di sana
    kan lumayan numpang nginep hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempetin mas adi barang sehari atau 2 hari lah. Nanti kan ketagihan hehe

      Hapus
  14. Jadi ingat dulu waktu mau foto di plang Malioboro, nunggunya lama banget karena kebetulan pas malam minggu. Antri panjang, untung suasana malamnya mendukung untuk dinikmati, kalau gak udah kabur tanpa bisa foto di plang, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah nyoba aku mbak klo fotonya malem. Rame banget nget perasaan klo malem tuh 😂

      Hapus
  15. Papan jalan Malioboro, saya dulu juga pernah berphoto disana. Harus siap mental ,karena pastinya banyak yang akan melihat action atau gaya kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu istimewa ya mas jika foto disana...

      Hapus
    2. Haha.. Jd pusat perhatian orang2 yg aslinya pengen foto jg.

      Hapus
  16. Dulu sekali sekitaran tahun 2000, setahu saya papan Malioboro tidak begitu diperhatikan utk di selfi2, yang menjadi perhatian di Jogja adalah musik jalanannya yang oke banget, sambil makan lalapan n gudeg selalu di temani musik yang nyaman didengerin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang apa2 dijadikan objek foto ya mbak,papan jalan tanpa terkecuali 😂
      Wah itu syahdu banget ya mbak hehe

      Hapus
  17. di sinetron pernah aku lihat ada musik pengamen yang diundang oleh pengunjung di malioboro
    sangat mengasyikkan

    BalasHapus
  18. Ini masih sekitaran jalan malioboro mbak. Bener tuh, saya juga tiap kali ke jogja pasti selalu liatin dulu tuh papan nama, dalam hati saya kok banyak banget yang foto yah. Daripada foto sama papan nama, saya malah lebih suka pencetin tombol penyeberangan aja di malioboro mbak, hehehe...

    Tapi yang paling berkesan buat saya adalah angkkungannya mbak. Kalau malam saya suka banget duduk di malioboro sambil dengeri alunan musik angklungannya. Gimana yah gambarinnya, pokoknya merdu deh dan gak pernah bosen dengerinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😂 awas nanti rusak mas dipencet2in terus tombolnya

      Klasik lah pokoknya.. Beda dari yg lain rasanya 😊

      Hapus
    2. pengen nyobain gak mbak? seru loh pencet tombolnya, nanti bang jo langsung keluar terus mobil pada berhenti semua.

      Hapus
  19. Waduh.. bikin kepingin saja mampir ke yogYogyaka,, 😪

    Langsung pesan tiket... He..he 😂

    BalasHapus
  20. udah ke jogja tapi belom ngajak saya nih ga donggg lah

    BalasHapus
  21. Aku LBH suka eksplore candi dan pantainya 😁

    BalasHapus
  22. Keren, Mbak...terakhir kali ke Jogja waktu masih SMP..hehe. udah lamaa banget..pengen main lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak muyas jalan2 ke jogja. Ngobatin kangen 😁

      Hapus
  23. buat saya jogja istimewa karena banyak candinya...
    apalagi slemannn tinggal pilih mana yg mau dikunjungi hehe

    BalasHapus
  24. Berhubung saya sering lewat Malioboro, jadi nggak terlalu tertarik buat ikut-ikutan foto di depan plang nama Jalan Malioboro yang legendaris itu. Isin ngono, ketoke XD
    Yang masih penasaran banget sampai sekarang itu, kopi jos. Seumur-umur belom pernah ngrasain sensasinya. Oiya, kalau masalah renovasi di titik nol, setau saya udah selesai itu. Udah bisa buat nongkrong-nongkrong dan berfoto ria lagi, kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😂 iya lah wong sering liat, udah ga gumun lg. Klo orang jauh segala plang jalan jg buat foto haha

      Udah selesai ya? Jd ga ada gangguan2 pak tukang yg sedang bekerja klo mau selfie disana ya

      Hapus
  25. Dari dulu penasaran sama rasa kopi jos...tapi gak pernah berani nyoba. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp mbak ga berani hehe.. Serem liat baranya ya 😂

      Hapus
  26. aah yogya, kapan aku bisa ke sana?
    jl. Malioboro, sering banget aku mendengarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Kalau ke jogja kurang afdol rasanya kalo ga ke malioboro mas

      Hapus
  27. Jogja...sebuah tempat di pulau jawa yang paling berbeda dengan kota2 dijawa tengah dan timur.😄

    Ciri khas kratonnya yang selalu tetap membuat suasana bah disebuah kerajaan..😂😂

    Bicara soal jogja memang banyak yang unik dan menarik ditempat ini yang pernah saya kunjungi setahun lalu..😄

    Jadi kangen pengen ke kali urang jogjakarta. Dan semua yang ada dijogja deh tanpa terkecuali..😃😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya bikin rindu ya mas salju..
      Kota unik yang ngangenin hehe

      Mudah2an bisa berkunjung lagi kesana

      Hapus
  28. jogjakarta akan terus menjadi kenangan , walau sebuah kenangan ia akan terus hidup selama kita masih ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya mamang banyak kenangan di jogjakarta? 😊

      Hapus
  29. Jogja memang istimewa, enggak ada bosennya mampir ke Jogja. Hampir tiap mudik ke Jatim, singgah dulu ke sana..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serunya mbak dian mudik bisa mampir2 ke kota keren. Mupeng 😊

      Hapus
  30. Gua nggak Goku ke foto yang ada tulisan Malioboro, tapi fokus ke foto ceweknya, boleh dong kenalan...? Entar gua kirimin daftar riwayat hidup gua dan beberapa pengalaman ditolak cewek gebetan, kok curhat ckck, emang Yogyakarta nggak ada matinya hehe, keren pisan eyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh2. Kirim aja dulu berkas2nya. Tahap awal memang seleksi berkas dulu. Kalau lolos akan dihubungin via email tetangganya 😂

      Hapus
  31. Namanya aja Daerah Istimewa, udah pasti segala sesuatunya jadi istimewa. Kapan y saya bisa maen ke sana lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya kalau nanti kesampaian main ke Jl. Malioboro saya minta ditemenin sama mbak Anggun, jadi guide saya mau kan ya mbak... hahaa...

      Hapus
    2. Wahh mau banget sebenarnya mang. Kalau saya lg ada di jogja tapi ya mang 😂

      Hapus
  32. saking senengnya sama jogja, setahun sekali pasti ke jogja. bulan april kemaren ngtrip ke 4 tempat diatas bareng kodesjabar haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bosen2 ya mbak kesana lagi kesana lg 😂
      Masih tetap favorit dikunjungi tempatnya

      Hapus
  33. Ngguuuun, tambah 1 lagi ya keistimewaan Jogja..
    5. Banyak kenangan bareng mantan!
    Ya gimana, lha wong 3 tahun pacaran di jogja trus, tiap 2 minggu sekali ku bela2in ke jogja coba. Hah!!!!! *nangis di pojokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emoh.. Ga mau aku nambahinnya.. Udah ga istimewa lg lah klo udah mantan 😂
      Behh 3 tahun cuuyy.. Yapantesan aja tangisan kayak gitu.
      Cinta... Cinta... Lucu banget 😂

      Hapus
    2. Kampret lu ya.. Sedih begini malah dibilang lucu, e tapi ayahku juga asli jogja tiap lebaran mudik, dan kalau lewat jalan2 yg penuh kenangan bareng mantan tu sakit bangeeettttttt😭😭😭😭

      Hapus
  34. 4,5 tahun saya disana, serasa membaur menjadi warga jogja... mungkin saya kurang peka terhadap hal - hal tersebut.. kini setelah lebih dari 6 tahun meninggalkan jogja, saya baru sadar bahwa saya kemarin keliru.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena sudah tinggal lama dan membaur disana jd hal2 yg disebutkan sudah biasa dilihat ya mas.

      Hapus
  35. Duh aduh jadi kangen banget sama jogja, kangen suasana dan orang2nya disana, jogja emang istimewa banget ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mbak istimewa dan ngangenin banget ya 😊😊

      Hapus
  36. jogja memang istimewa, kangen kopi joss

    BalasHapus
  37. Waduh, mbak anggun masih betah di Jogja yaa..., masih belum beranjak, mana destinasi wisata terbarunya? Udah gak sabar pengen berkomentar nih, hihihi....

    BalasHapus
  38. Dari dulu pengen banget ke jogja.. Huuu... Jadi tambah pengen ke jogja --_--

    BalasHapus
  39. Jogja memang gak ngebosenin, dah berkali-kali kesana tapi tetep aja berasa seru :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  40. Nggak cuma kopi yang jos tapi tulisan ini juga jos!!! :)

    BalasHapus
  41. Ga PD, itu sih yg jd alasan kenapa aku sampe skr ga pernah foto di plang Malioboro walopun berkali2 ke Jogja hahahahah. Mana badanku kaku kayak sapu kalo udh disuruh pose mba :p. LBH suka motretin orang deh ,drpd aku yg jd objeknya :p.

    Jogja selalu ngangenin. Bangetttt. Ga prnh bosan kesana. Apalagi Krn Deket Ama kampung suami di solo, aku jd sering bolak balik ke sana. DEC besok aku bakal libur LBH lama di Jogja mba. Ga sabar .... Dan yg aku suka LG kalo udah ke sana, hotel2 di jogja even yg bintang 5, hrgnya msh terjangkau drpd di JKT :p. Gimana coba ga makin kangen :D

    BalasHapus
  42. Memang kalo ke Yogyakarta tidak puas kalo belum ke jalan Malioboro dan makan di angkringan ya mbak anggun. Mana makanannya murah meriah pula.😀

    BalasHapus