Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Supaya Ikatan Keakraban dengan Kucing Kesayangan Makin Erat

Kalau lihat-lihat video kucing di youtube atau intagram gitu ada-ada saja ya tingkahnya. Ada yang lincah polahnya tidak bisa diam. Ada juga yang terekam waktu momen dia pasang muka lucu, imut, manja dan menggemaskan. Karakter kucing sebenarnya beda-beda, sama seperti manusia yang sifatnya beraneka ragam. Tapi semua kucing itu suka dimanja, dielus dan dirawat. Kucing bisa dilatih supaya akrab dengan manusia, apalagi kalau kita merawatnya dari kecil. Nah, kita sebagai pemiliknya yang harus paham bagaimana membuat si empus ini makin erat ikatan batinnya dengan kita. Karena untuk pecinta kucing, makhluk lucu ini sudah seperti sahabat loh. 

Tips akrab dengan kucing

Sebenarnya aku pernah membahas cara membuat kucing akrab dengan pemiliknya, di artkel itu aku memberi tips yang sesuai dengan pengalamanku selama merawat kucing karena aku selain pecinta kamu aku juga pecinta kucing. Hehe 

Artikel kali ini untuk melengkapi tips sebelumnya saja supaya kamu punya ikatan makin erat dengan si empus. Ada 6 tips yang bisa kamu ikuti nih. 

1. Beri snack favorit 


Kucing juga suka ngemil seperti manusia dan produk cemilannya lumayan bervariasi yang bisa disesuaikan dengan budget kita. Tips supaya kucing jadi makin akrab ya kamu sendiri yang selalu memberi snack ke kucing minimal sekali setiap harinya.

Snack cemilan kucing
Ngemil time

Kalau aku sering memberi snack untuk kucingku merk Me-o creamy treats snack. Karena bentuknya creamy jadi dia jilat-jilat dari bungkusnya yang kita pegang. Bisa juga kamu biarkan dia snacking di punggung tanganmu yang sudah diolesi creamy-nya. Kalau kamu tidak geli, justru ini akan membuat kucing bisa lebih mengenal kamu lewat rasa dan bau tubuhmu. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah menjalankan tips ini ya. 

2. Ajak kucing jalan-jalan 


Tidak perlu ke eropa atau afrika selatan, kamu cukup ajak kucing kamu bermain di halaman sekitar rumah. Kalau ada pohon atau apa saja yang bisa dia panjat atau mengasah kuku-kukunya pasti dia senang sekali. Pasti dia akan lari kesana kemari saking gembiranya apalagi untuk kucing yang aktivitasnya kebanyakan di dalam rumah. Tips ini juga membuat kucingmu lebih berani, tidak jadi kucing penakut. 

Sebagai hewat predator, sifat aslinya memang senang berburu di alam liar. Jadi saat kita membiarkan mereka berada di alam bisa menghindarkan diri mereka dari stres. Kucing bahagia dan makin senang bermain dengan kita. 

3. Menatap mata kucing 


"Tatap mataku dan kau akan tahu"

Cara ini cocok sekali untuk menunjukkan bahwa kita menyukai keberadaan si empus. Karena kucing berkomunikasi dengan kita juga dengan tatapan mereka. Arti tatapan kucing juga berbeda-beda lo, kalau kita sering mengamati mereka pasti jadi paham maksud pesan yang ingin disampaikan empus setiap mereka menatap. 

Menatap matanya sambil mengelus bulunya akan membuat nyaman si meong. Apalagi kalau dia menyipitkan matanya dan berkedip-kedip, itu menandakan dia merasa aman dengan kita. 

4. Tidur bersama 


Tips keempat ini bukan berarti kucing harus tidur satu kasur dengan kita ya. Jika kita merasa tidak nyaman atau mungkin bulu empus sedang banyak rontok, kamu bisa membuatkan tempat tidur di dekat kasurmu.

Kucing tidur lucu

Tips ini juga akan membuat kucingmu merasa akrab dengan kamu dan percaya. Akhirnya dia bisa nyaman dan tertidur pulas di dekatmu. 

5. Beri dia ruang sendiri 


Sifat alami kucing di alam liar senang berada di tempat yang aman dan tersembunyi untuk menghindari predator. Jadi kita harus paham bila menemukan kucing kita sedang tidur di dalam kardus atau tempat yang jarang terlihat.

Kucing menyendiri

Hal  itu wajar terjadi di saat-saat tertentu atau mungkin saat dia sedang merasa kurang nyaman dengan keadaan sekitar. Asalkan hal tersebut tidak dilakukan dalam waktu yang lama dan tetap bisa berinteraksi dengan baik saat bertemu denganmu.

6. Elus kepala terutama bagian dagu 


“Puurrrr...” 

Begitulah tanda yang ditunjukkan kucing saat dia nyaman dengan perlakuan kita mengelus tubuhnya. Bagian farorit mereka dielus adalah kepala, terutama dagu.

Mengelus dagu kucing
Mengelus dagu kucing

Sering memperlakukan kucing kita dengan mengelus dagunya akan membuat mereka makin senang bersama kita dan itu menjadikan kita makin akrab tentunya. 

*** 

Dari beberapa tips di atas, poin mana yang sudah kamu terapkan untuk kucing kesayangan nih? Kalau semuanya sudah kamu lakukan pasti kucing kamu manja sekali denganmu. Itulah serunya memelihara kucing sebagai teman akrab walaupun tidak bisa dimintai pendapat saat kita mengalami kegalauan. Tapi polah lucunya cukup membuat kita tertawa bahagia. :D

Posting Komentar untuk "Tips Supaya Ikatan Keakraban dengan Kucing Kesayangan Makin Erat "

Berlangganan via Email