6 Cara Membuat Kucing Akrab dengan Pemiliknya


Memiliki kucing di rumah memang sangat menyenangkan bagi pecintanya. Jenis ras apapun, persia, anggora atau kucing kampung. Kucing ras domestik atau kucing kampung paling mudah perawatannya dibanding ras lainnya. Jenis kucing ini juga tidak kalah lucu tingkah polahnya.  Bila kita mengerti cara merawatnya kucing kampung juga akan terlihat mahal seperti kucing ras bulu panjang. Kucing rumahan walaupun kucing kampung tetap bisa diajak bermain, dijadikan teman bahkan sudah dianggap sebagai anggota keluarga untuk pecintanya. Karena sebenarnya kucing akan mengerti bila diperhatikan dan diberi kasih sayang. Tapi untuk pecinta kucing yang baru ingin memeliharanya harus mengetahui cara-cara untuk membuat kucing akrab dengan kita. Berikut 6 hal yang membuat kucing akrab dengan pemiliknya:

1. Memberi makan


Kucing kampung adalah jenis kucing yang sangat gampang dalam hal makan. Hampir semua jenis makanan yang digoreng dia mau memakannya. Kadang juga ada kucing yang mau makan  sedikit buah-buahan dan sayur. Tapi bila ingin kucing kesayangan kita sehat maka harus memberinya makanan yang bergizi. Kadang kita merasa kesulitan memberinya makanan biskuit khusus kucing yang dijual di petshop atau supermarket. Biasanya makanan khusus kucing itu sulit didapat di daerah luar perkotaan. Tapi kita tetap bisa memberinya makanan yang sehat bahkan terbebas dari pewarna dan pengawet. Belikan saja ikan di pasar, mengukusnya lalu menghaluskannya dan diletakkan dalam wadah makanan kucing. Dijamin kucing akan lahap menyantap makanan ini. Tidak masalah bila ingin menambahkan sedikit nasi sebagai campuran, justru akan menjadi asupan karbohidrat sebagai sumber tenaganya. Tapi jangan terlalu banyak untuk menghindari resiko obesitas.

2. Memberi minum 


Kucing adalah hewan yang mudah mengalami dehidrasi, jadi memberinya minum sangat penting untuknya. Pemberian minum untuk kucing cukup mudah. Sediakan saja air putih di sebelah makannya, ia akan meminumnya setelah selesai makan. Jangan beri susu sapi pada kucing karena tidak cocok untuk pencernaannya. Susu sapi akan membuatnya sakit perut sehingga mengurangi nafsu makan.

3. Memandikan kucing


Walaupun kucing selalu membersihkan dirinya sendiri setiap hari namun tetap perlu kita bantu memandikannya dengan air. Tidak perlu setiap hari, seminggu sekali saja cukup untuk membuat tubuhnya lebih bersih dan bulunya sehat. Kucing kampung akan sangat sulit bila berurusan dengan air jadi harus berhati-hati. Lakukan dengan tenang dan sabar. Jangan lupa untuk memberi sampo dan mengeringkan tubuhnya dengan handuk setelah mandi. Karena membiarkannya basah akan beresiko tumbuhnya jamur dan bakteri pada tubuhnya.

4. Mendidiknya untuk tertib buang air 


Hal ini susah-susah gampang untuk dilakukan. Bila kita tidak bisa melatihnya buang air di toilet maka kita harus mendidiknya agar tidak buang air di dalam rumah. Sediakan sebuah celah untuknya agar leluasa keluar dan masuk rumah untuk buang air. Seperti menyediakan celah dengan melubangi daun pintu rumah bagian bawah yang hanya dapat dilalui kucing. Bisa juga dengan membuka jendela rumah yang mudah dijangkau kucing dan hanya seukuran tubuhnya saja. Hati-hati jangan sampai malah membuat orang jahat memiliki kesempatan untuk menggunakan area ini.


5. Sering memanggil namanya 


Kucing yang dipelihara pasti akan dihadiahi sebuah nama oleh pemiliknya. Walaupun tidak perlu dibuatkan bubur merah putih sebagai tanda syukuran. Tapi hanya sebagai tanda sayang dan membedakan dengan kucing lainnya apalagi kalau tak cuma punya satu kucing di rumah. Kucing sebenarnya tidak mengerti nama atau panggilan "pus" maupun "manis" adalah untuknya. Tapi dengan terbiasa kita memanggil namanya saat memberi makan itu akan dia artikan bahwa dia yang dimaksud. Kucing pertama dipanggil tidak akan perduli tapi bila dibiasakan memanggilnya setiap memberi makan, dia akan datang saat disebut namanya. Ya walaupun bisa jadi dia mengartikan nama panggilannya adalah "saatnya makan". Kebiasaan memanggil namanya dan dia merespon dengan mendatangi kita akan membuat si empus lebih dekat dengan pemiliknya. Sebisa mungkin jangan hanya mengetes si empus saja, jadi setiap dia mendatangi kita ketika dipanggil harus kita beri reward berupa makanan atau belaian.

6. Mengajaknya bermain dan berinteraks


Pada saat santai, ajaklah kucing bermain dan berinteraksi. Hal ini akan menjalin keakraban dengan pemiliknya. Kucing yang sering diajak berinteraksi akan lincah dan bersahabat dengan manusia. Untuk berinteraksi dengan kucing sangat mudah. Belai tubuhnya mulai dari kepala sampai ekor, jangan terbalik karena hal itu tidak nyaman untuknya. Saat kucing merasa nyaman ia akan mendengkur dengan kuat. Biasanya bila kucing memang bersifat manja ia akan mengusap-usap tubuhnya ke tubuh kita atau malah tidur dipangkuan.

Baca juga: 8 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Pecinta Hewan Lucu dan Menggemaskan


6 hal yang membuat kucing akrab dengan pemiliknya sangat perlu diketahui pecinta kucing newbie atau pemula. Karena kucing juga mengerti disayangi maka bila hal tersebut dilakukan dengan sepenuh hati ia akan memahaminya. Bila 6 hal itu dilakukan kucing akan akrab dengan pemiliknya, selain itu juga kucing akan sehat dan lincah.
Demikian ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih. (^_^,)

Related Posts

16 comments:

  1. Uwaaaaa ternyata Mbak bikin beberapa postingan seputar kucing <3 Aku suka banget sama kucing tapi sekarang tinggal 1 yang paling tua, umurnya 7 tahun lebih. Kasihan kadang soalnya makin renta gitu badannya...

    ReplyDelete
  2. Kucing ras apa itu,pasti udah kayak adik sendiri itu saking sayangnya ya. :D

    ReplyDelete
  3. nomer 4 itu penting
    pinter lo kucing itu dan sekalian mengakrabkan diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget biar ga bau dimana2 juga kan ya :D :D

      Delete
  4. saya jadi kangen kucing saya namanya TObey Maguire di ambil dr pemeran Spiderman
    kucing trgantung gmna majikan merawatnya
    kucing sya jg nurut banget krna memang dr kecil peliharanya
    d pggil nama mau, naik motor sdh jd hobbynya
    kucing aja bisa nurut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti jenis kelaminnya laki2 ya. Adakah mary jane nya? :D
      Wah kucingnya suka naik motor. Boncengan 3 ga itu? Hehe

      Delete
  5. Aku juga suka kucing apalagi yang masih bayi sering aku cium, karena sayangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi lucu sih ya kalau yg masih kecil itu. Dicium juga ga banyak nolaknya :D

      Delete
  6. Aku bukan pecinta kucing, tp kl liat kucing dirawat dg baik sm pemiliknya tuh rasanya ikut sumringah.. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kucing yg dirawat itu pasti bersih dan sehat mbak. Trus kalau ketemu orang dia ga langsung kabur :D

      Delete
  7. Nomor 1 sama 2 udah dilakukan sih , tapi tetep ajah kucingnya cuek . jagankan dipeluk kayak gitu ,,, disentuh dikit ajah dia udah kaget ,,,
    kadang mikir , apa auraku ngga bagus yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah mungkin itu sebabnya jarang dielus jadi dia ga biasa disentuh. Kalau kucing yg sering dipegang malah biasanya mendatangi minta dimanja 😊

      Delete
  8. Kalo masih kecil akrab..
    Tapi kalo udah gede minggat entah ke mana.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 ngga dikasih makan mungkin jadinya minggat ntah kemana dia hehe

      Delete
    2. Rutin euy beliin sama kasih makannya..
      Mungkin karena udah tau serunya dunia luar, jadi merantau deh dia..

      Tapi kadang-kadang pulang, cuma minta makan aja.. hehe

      Delete
    3. Haha kucingnya juga pengen piknik lah. Ditinggal bosnya piknik terus dia bosen jg itu.

      Delete