4 Tips Cerdas Dalam Belanja Online

Penikmat era digital pasti sudah sangat biasa dengan kemudahan, praktis dan efisien. Hampir semua keperluan bisa diatasi dengan sekali klik di gadget. Tak terkecuali belanja kebutuhan yang menunjang kehidupan kita. 

Tips Cerdas Belanja Online 

Pengguna sosial media pasti sangat hafal tempat-tempat belanja yang direkomendasikan. Info-info terbaru juga mudah sampai dengan kemudahan share unggahan di akun sosial media kita. Apalagi masa liburan akhir tahun sampai tahun baru ini. Banyak sekali penawaran-penawaran belanja yang sulit ditolak.

Karena memang daya tarik media digital lebih kuat sekarang ini, sehingga sebagian besar masyarakat kita lebih tertarik untuk berbelanja secara online. Tidak heran sih, ya karena itu tadi hanya dengan bermodal gadget dan kuota internet, kita bisa langsung berbelanja dimana saja dan kapan saja tanpa harus terjun langsung ke pasaran. 

Tentu saja hal tersebut akan membuat waktu kita menjadi lebih efisien. Dengan belanja brompton online, kita hanya tinggal duduk santai di rumah sambil menunggu barang pesanannya datang. 

Semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk berbelanja secara online, tentunya diimbangi juga dengan banyaknya situs-situs e-commerce yang bertebaran pada mesin pencarian seperti Google. Namun perlu kalian ingat, bahwa tidak semua situs e-commerce yang ada itu dapat dipercaya lho! 

Sebab sudah banyak korban konsumen yang tertipu ketika berbelanja pada situs e-commerce tertentu. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Tenang, kalian tidak perlu khawatir, karena di bawah ini ada 4 tips cerdas dalam belanja online :

1. Jangan Mudah Tergiur Oleh Penawaran Harga Yang Terlalu Murah


Sebagai seorang konsumen, pastinya kita akan langsung tergiur dengan penawaran harga produk murah. Namun, justru kita harus curiga jika penawaran harga tersebut jauh lebih murah dari pasaran. 

Pasalnya, penawaran harga murah yang tidak wajar ini merupakan strategi dari para penipu agar dapat memikat konsumen lho! Maka dari itu, kamu jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang terlalu murah. 

2. Lihat Tampilan Situs Toko Online Tersebut


Tips cerdas kedua yang harus kamu ketahui sebelum berbelanja online, yakni lihat dulu tampilan situs toko onlinenya. Dengan kata lain, kamu harus membedakan mana situs toko online yang sudah professional dengan situs toko online yang abal-abal. Mengenai cara membedakannya, kamu bisa lihat pada tampilan situs web toko online tersebut. 

Ya, apabila tampilannya terlihat lebih menarik dan tertata rapi, maka situs toko onlinenya memang sudah professional dan terpercaya. Jika sebaliknya, maka bisa dipastikan bahwa situs toko online tersebut adalah abal-abal. 

3. Cermati Keamanan Situsnya


Dalam hal ini, kamu bisa melihat tanda atau ikon yang berbentuk kunci gembok di bagian alamat situs pada URL browsernya. Sebelum kamu memasukan informasi pribadi, maka periksa dulu tanda gembok tersebut apakah ada atau tidak. 

Ya, ketika kamu diminta untuk memasukan informasi nomor kartu kredit, coba lihat alamat situs web apakah diawali dengan “shttp” atau “https”. Apabila alamatnya menjadi https, maka informasi pembayarannya akan dienkripsi sehingga bisa dipastikan aman. 

4. Pilihlah Situs Toko Online Yang Memiliki Track Record Bagus


Tips cerdas berikutnya yang harus kamu ketahui dalam berbelanja online, yakni memilih situs toko online yang mempunyai track record bagus. Ya, seperti Blibli.com, yang merupakan salah satu situs toko online terbesar dan paling terpercaya di Indonesia. Hal itu pun terbukti, dimana situs yang satu ini selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian besar konsumen untuk berbelanja berbagai kebutuhan secara online. 

Pasalnya, produk-produk yang tersedia di situs Blibli sangatlah lengkap. Bukan hanya itu, belanja di Blibli juga ada banyak diskon menarik mulai dari 5% hingga 80% lho. Yang tak kalah pentingnya lagi, belanja di Blibli ini sudah dijamin aman, nyaman, mudah, dan terpecaya. 

Demikianlah ulasan singkat seputar 4 tips cerdas dalam berbelanja secara online, sehingga kamu akan terhindar yang namanya penipuan. Selamat berbelanja, dan selamat berakhir pekan!


sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

4 komentar:

  1. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Selama ini aku kalau belanja online paling juga di market place, semacam blibli dan kawan-kawannya, yang insyaallah udah dijamin aman. Tinggal kita kudu pinter-pinter milih akun seller yang no tipu-tipu. Biasanya sih tak lihat review si toko dari para pembeli biar lebih yakin :D

    BalasHapus
  3. harus bsa nahan nafsu banget emang hehe

    BalasHapus