Inilah Perbandingan Motor Matic dan Bebek yang Wajib Kamu Ketahui

Di era modern seperti saat ini, hampir seluruh masyarakat memiliki mobilitas yang tinggi. Tingginya tingkat mobilitas dan aktifitas sehari-hari masyarakat membuat kebutuhan masyarakat ikut berubah. Ada banyak kebutuhan yang muncul setelah aktifitas masyarakat berubah, salah satunya adalah kebutuhan kendaraan.

Kendaraan dinilai sebagai salah satu kebutuhan yang cukup penting saat ini. Kendaraan juga dinilai mampu memberikan berbagai manfaat seperti penghematan waktu dan tenaga. Dengan menggunakan kendaraan, kamu bisa menghemat tenaga yang biasa digunakan untuk berjalan kaki.

Perbandingan Motor Matic dan Bebek
Perbandingan Motor Matic dan Bebek

Ada berbagai jenis kendaraan yang bisa digunakan untuk aktifitas sehari-hari mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat. Jenis kendaraan yang sudah sangat menjamur di Indonesia adalah kendaraan roda dua atau yang sering disebut motor.

Di Indonesia ada 3 jenis kendaraan roda dua yang beredar di pasaran yaitu jenis matic, bebek dan kopling. 

Namun diantara ketiga jenis ini, jenis matic dan bebek dinilai sebagai jenis yang paling digemari hingga banyak masyarakat yang membandingkan kedua jenis ini. 

Saat membeli sebuah kendaraan, tentu banyak hal yang harus kamu pertimbangkan.

Perbandingan-perbandingan yang banyak disampaikan masyarakat tentang jenis-jenis kendaraan ini bisa menjadi gambaran untuk kamu pertimbangkan. Berikut 3 perbandingan kendaraan roda dua jenis matic dan bebek yang wajib kamu ketahui.

Kemudahan Pemakaian


Untuk pemakaian sehari-hari, motor jenis matic dinilai lebih mudah karena pengendara tidak perlu mengganti gigi seperti sedang mengendarai kendaraan jenis bebek. Pengendara cukup menggunakan kendaraan jenis matic dengan mengatur gas dan rem sehingga sangat mudah saat digunakan.

Berbeda dengan jenis matic, kendaraan jenis bebek mengharuskan pengendaranya untuk mengoperasikan motor dengan transmisi manual. Meskipun transmisi yang digunakan masih manual, namun kendaraan roda dua jenis ini sudah menggunakan kopling otomatis sehingga tidak akan terlalu menyulitkan saat kamu belajar mengendarainya.

Ketersediaan Spare part


Selain masalah mesin, masalah ketersediaan spare part juga wajib masuk dalam daftar pertimbangan yang kamu lakukan. Kendaraan jenis matic cenderung memiliki spare part yang lebih mudah ditemukan karena banyaknya varian motor matic yang tersedia. Hal ini membuat spare part untuk jenis kendaraan ini sangat mudah ditemukan.

Hal ini juga berlaku bagi kendaraan roda dua jenis bebek. Sebelum kendaraan jenis matic merajai jalanan, kendaraan jenis bebek sudah terlebih dahulu menjadi raja jalanan hingga banyak perusahaan yang menyediakan spare part dari kendaraan jenis ini. Hingga saat ini spare part untuk kendaraan roda dua jenis bebek masih mudah ditemukan di bengkel-bengkel seluruh Indonesia.

Kemudahan Pemeliharaan dan harga spare part


Pemeliharaan menjadi hal penting yang harus dilakukan saat kamu memiliki sebuah kendaraan. Hal ini juga yang wajib masuk dalam salah satu daftar pertimbangan sebelum kamu membeli sebuah motor. Kendaraan roda dua jenis matic dan bebek memiliki cara pemeliharaan ataupun service yang cukup berbeda termasuk dari segi harga.

Kendaraan jenis matic cenderung memiliki biaya service yang lebih mahal dari jenis kendaraan bebek. Hal ini dikarenakan spare part yang digunakan kedua jenis kendaraan ini berbeda. Kendaraan jenis bebek cenderung memiliki biaya service yang lebih murah karena kebanyakan montir sudah lebih menguasai kendaraan jenis ini mengingat masa eksistensinya yang sudah cukup lama sehingga para montir sudah menguasai perawatan untuk kendaraan jenis ini.

Itulah 3 perbandingan kendaraan jenis matic dan bebek yang paling penting untuk kamu bandingkan sebelum kamu memutuskan membeli kendaraan. Memilih jenis motor yang sesuai selera dan sesuai kebutuhan akan memberikan manfaat yang tepat dalam kehidupan sehari-hari kamu. Karena ketepatan manfaat akan memberikan kemudahan dalam kehidupan kamu kedepannya.

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

6 komentar:

  1. Bener ini, secara harga, memang harga beli motor matic itu terbilang lebih murah dibanding motor bebek. Tapi, secara perawatan, ternyata motor matic lebih mahal. saya kira karena matic bakal lebih mudah dan lebih murah semuanya. (ngalami pas ganti ke motor matic) tapi walo begitu, tetap saja kalo buat dipake di eilayah perkotaan yang jalanannya mulus, matic tetap paling nyaman sih.

    BalasHapus
  2. Wajib nih kak gak sunnah :v

    BalasHapus
  3. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Sayaaaaaa adalah pengguna setia motor matic, karena dengan motor bebek, saya pernah jatuh dan trauma wgwgw :D

    BalasHapus
  5. dirumah punya matic sih, tapi kaang pengen juga yahh punya motor bebek, semodel bebek 70...keren kayanya klasikk

    BalasHapus
  6. Dulu ngajarin istri naik motor bebek gak bisa2. Sekali beli matic, langsung jadi. Sepertinya emang lebih sederhana cara pemakaiannya karena gak perlu mikirin pindah porsneling

    BalasHapus