Tips Memasak Kacang Tanah Agar Nutrisi Terjaga

Kacang tanah menjadi snack atau camilan yang sangat populer dengan berbagai manfaat kacang tanah. Banyak orang-orang yang memilih kacang tanah ini sebagai camilan sehari-hari ataupun hidangan yang disajikan untuk para tamu. Sebagai teman bersantai sambil menonton tv atau sebagai teman minum teh atau kopi.

Cara Tepat Memasak Kacang Tanah
Cara Tepat Memasak Kacang Tanah

Berbagai macam penyajian kacang tanah ini, biasa digoreng, direbus dan bisa juga dipanggang atau sangrai. Tapi ternyata, kacang tanah ini harus dimasak dengan tepat loh agar manfaatnya untuk tubuh kita tetap terjaga. Memang masih banyak yang belum mengetahui tips penting membuat hidangan kacang tanah dengan tepat. 

Nah kali ini akan dibahas tentang hal yang perlu kita ketahui tentang perkacang tanahan. Yaitu memahami tentang salah satu cara tepat mengolah kacang tanah dengan mudah, agar berhasil menyajikan hidangan kacang tanah dengan hasil terbaik. Dari sekian banyak tips penting membuat hidangan kacang tanah, satu hal yang harus dihindari yaitu memasak kacang tanah dengan digoreng. 

Kacang tanah yang disajikan dengan digoreng sangat sering kita temui. Bisa dibilang kita lebih sering mengkonsumsi kacang tanah yang diolah dengan digoreng. Walaupun tidak disajikan langsung tapi dibuat sebagai bahan wajib pembuatan bumbu pecel, ketoprak, siomay dan makanan sejenisnya. 

Namun ternyata hidangan kacang tanah seperti itu kurang tepat. Kacang tanah yang digoreng bisa saja membuat kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang tanah tersebut menjadi berkurang atau bisa saja nutrisi pada kacang tanah tersebut sampai hilang. Tak hanya itu saja, bahkan bisa saja proses menggoreng sajian kacang tanah memakai minyak juga bisa membuat kacang tanah tersebut lebih mudah bau tengik kalau kacang tanah tersebut disimpan pada waktu yang terlalu lama. 

Kacang Tanah 

Untuk trik mengolah hidangan kacang tanah yang paling sehat, baik disajikan langsung sebagai makanan utama atau juga sebagai bahan pendamping dalam menu lain seperti pecel tadi. Untuk menghindari kacang tanah digoreng, kamu bisa memasaknya dengan cara lain yaitu dengan cara kacang tanah tersebut dipanggang atau kacang tanah tersebut disangrai. 

Disamping nutrisi kacang tanah tersebut masih bisa tetap terjaga, penyimpanan kacang tanah yang sudah dipanggan tersebut pun dapat bertahan lama. Kalau kacang tanah disangrai, maka kacang tanah bisa bertahan di dalam toples dengan jangka waktu lebih lama. Tak hanya itu, kacang tanah tersebut juga bisa terasa renyah kurang lebih selama dua minggu. Supaya kacang tanah semakin lezat, kamu bisa menambahkan garam. Kamu bisa menakar jumlah garam yang paling pas untuk mendapatkan cita rasa kacang tanah yang sesuai selera.

Selain disangrai, ada tips penting membuat hidangan kacang tanah dengan tepat lainnya. Tips lainnya yaitu dengan menyajikan kacang tanah dengan memanggang kacang tanah tersebut secara kering. Untuk tips yang satu ini memang berhubungan dengan poin yang sebelumnya, pada saat memanggang hidangan kacang tanah terdapat tekniknya sendiri yaitu dengan teknik panggang kacang tanah kering. Pemangganan kacang tanah bisa menggunakan minyak esensial dan membuat aroma kacang tanah jadi lebih wangi. Ada dua metode pemaggangannya yaitu dengan oven dan kompor. Pakai nyala api yang sedang jika dengan kompor. Jika menggunakan penggorengan panas, kamu bisa memasukkan kacang dan tidak menggunakan minyak serta aduk rata. 

Kamu bisa memanfaatkan cara tepat mengolah kacang tanah dengan mudah di atas jika ingin menyajikan hidangan kacang tanah dengan hasil terbaik. Itu saja ulasan sederhana mengenai tips penting membuat hidangan kacang tanah. Dengan ulasan di atas, maka kamu dapat semakin mengerti bagaimana cara tepat mengolah kacang tanah dengan mudah tanpa mengabaikan manfaat kacang tanah yg sangat perlu dijaga agar berhasil kita manfaatkan dalam tubuh kita. 

Sudah tahu tipsnya, jadi silakan untuk mempersiapkan camilan bersama keluarga sehat dengan kacang tanah ya. :D

Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

3 comments:

  1. Baru ngeh ternyata banyak cara lain selain digoreng. Ya walupun digoreng menctiptakan rasa yang paling gurih. Apalagi kacang asin lebaran. wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Dulu semua jenis kacang diembat. Sekarang sadar umur, cukup kacang rebus aja hehehe

    ReplyDelete