Universitas Muhammadiyah Metro Kampus Pilihan Sebagai Solusi Sukses Masa Depan

Teringat saat berada di level kakak paling tua di SMA, di kelas 3. Masa dimana pikiran dipenuhi kekhawatiran tentang gugupnya menghadapi ujian nasional dengan batas kelulusan tertentu. Selain itu pertanyaan-pertanyaan dipikiran tentang rencana selanjutnya setelah sukses menjadi alumni SMA. Akankah melanjutkan studi di sebuah perguruan tinggi atau akan langsung berkarir sebagai seorang pekerja atau wiraswasta yang segera akan menghasilkan uang. 

Dalam hati ingin sekali melanjutkan belajar dengan gelar baru sebagai mahasiswa. Syukur Alhamdulillah, dengan segala perjuangan dan cerita panjang akhirnya takdir merestui cita-cita tersebut, hingga gelar sarjana pendidikan bisa sukses diraih.

Beberapa hari yang lalu kenangan-kenangan masa galau tersebut seperti terputar kembali dalam ingatan. Dalam sebuah momen perpisahan siswa dan siswi kelas XII di sekolah tempat saya mengaplikasikan ilmu. Acara tersebut dilingkupi rasa yang penuh haru saat para alumni bergiliran berpamitan dengan guru-guru setelah dikalungkan medali kelulusan. 

Membayangkan mereka yang biasanya menghabiskan hari-hari bersama dengan teman sekelas. Ber-haha hihi tanpa memikirkan tuntutan hidup yang berarti. Dalam sekejap akan segera terjun dan dihadapkan pada suatu proses kehidupan yang tak boleh banyak bermanja-manja. Entah itu akan segera beralih sebagai pemburu dolar atau akan melanjutkan pembelajaran di sebuah instansi berlabel mahasiswa.

Dari pengalaman yang sudah dilewati tentu sangat butuh adaptasi pada masa transisi sebagai seorang siswa sekolah kemudian menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Sikap manja dan tak bisa bergerak cepat akan memperlambat kelulusan dan mendapat gelar strata. 

Sebelum berpikir tentang kehidupan setelah berhasil menjadi mahasiswa, tentu segala sesuatu tentang pemilihan kampus harus dipersiapkan dengan matang dan dengan pertimbangan yang sesuai dengan kemampuan.

Menilik dari kata kuliah itu adalah suatu proses pembelajaran tingkat lanjut dimana pembelajar telah menentukan pilihan jurusan yang dianggap sesuai dengan kemampuan paling menonjol yang ia miliki. 

Dalam pemilihan jurusan ini biasanya seseorang sudah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Dipertimbangkan antara minat dan bakat dimilikinya terhadap jurusan yang dipilih agar sesuai dengan harapannya kelak setelah lulus.

Pemilihan perguruan tinggi juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Sebagai warga Lampung pasti lebih banyak pertimbangan untuk melanjutkan studi dengan memilih tempat belajar di “rumah sendiri” yaitu tetap menuntut ilmu di tanah Lampung. 

Pilihan perguruan tinggi di daerah Lampung semakin banyak dan beragam. Dari sekian banyak itu harus dipilih salah satunya sesuai dengan yang diminati. Perhatikan pemilihannya dari prestasi-prestasi yang ditelurkan oleh perguruan tinggi tersebut. Peringkat yang didapat selama berkiprah sebagai penempa sumber daya manusia yang berakhlak mulia.

Universitas Muhammadiyah Metro

Universitas Muhammadiyah Metro merupakan salah satu perguruan tinggi yang sangat direkomendasikan sebagai wadah mahasiswa mendapat gelar sarjana yang memiliki jiwa yang mencintai Islam semakin baik. Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan amal usaha Muhammadiyah pada bidang pendidikan tinggi. Dimana pendidikan tersebut dilandasi dengan nilai islam dan kemuhammadiyahan. 

Fakultas dan Jurusan Universitas Muhammadiyah Metro


Universitas yang diresmikan di tahun 1990 ini merupakan hasil penggabungan antara Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Muhammadiyah Metro dan Sekolah Tinggi Ilmu Ushuludin Muhammadiyah Metro. 

Setelah merger atau berhasil digabungkan keempat Sekolah Tinggi tersebut menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), dan Fakultas Ushuludin (FU). Kemudian dalam perkembangannya FU berkembang menjadi Fakultas Agama Islam (FAI).

Di tahun 1997/1998, kampus beralmamater hijau ini mengembangkan program Diploma Tiga (D-3) Manajemen Informatika Komputer. Kemudian banyak program baru yang diluncurkan kampus ini hingga jenjang strata 2 atau program pascasarjana. Lengkapnya bisa kita lihat daftar Fakultas dan program studi yang dikelola oleh UM Metro.

Fakultas di UM Metro

Lokasi Universitas Muhammadiyah Metro


Universitas Muhammadiyah Metro memiliki empat lokasi kampus yang tersebar di sekitar wilayah metro. Berikut adalah lokasi-lokasinya:

Alamat um metro lampung
4 Lokasi Kampus UM Metro


  • Kampus I
JL. KH Dewantara NO 116 Iringmulyo , Metro Timur

  • Kampus II
Jln. Ki Hajar Dewantara, 38 Banjar Rejo, Lampung Timur

  • Kampus III
Jl. Gatot Subroto No.100, Yosodadi, Metro Timur

  • Kampus IV
Jl. Proklamasi, Ganjaragung, Metro Barat.

Peringkat yang diperoleh Universitas Muhammadiyah Metro


Menilai dari peringkat terbaru yang berhasil diperoleh oleh kampus UM Metro tidak akan diragukan lagi kompetitifnya dan keseriusan kampus ini dalam meningkatkan kualitas. Dari Universitas Muhammadiyah seluruh Indonesia UM Metro mendapat peringkat 6 terbaik. Kemudian berdasarkan peringkat universitas dunia Webometrics, UM Metro bertengger di posisi 99 dari 5964 perguruan tinggi di Indonesia. 

Berbeda pada peringkat yang diberikan 4ICU, UM Metro mendapat urutan 104 dari 572 perguruan tinggi. Bila dibandingkan dengan PTN/PTS di Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro berada di peringkat 2 dari 7 perguruan tinggi. Posisi sebagai Perguruan terbaik di Kopertis Wilayah II (Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung) juga berhasil diperoleh kampus ini. Hal ini tentu semakin meyakinkan para pelamar sebagai mahasiswa akan memantapkan pilihan dengan keyakinan dalam hati bahwa UM Metro Kampus Terbaik.

Beasiswa Untuk Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro


Kampus yang bercita-cita menjadi wadah dalam meningkatkan banyak sumber daya manusia yang mengamalkan dan mengembangkan nilai islam. Sehingga lulusan dari sini mencerminkan sumber daya manusia profetif dan intelektualis. Mampu mengembangakn bidang keahliannya sehingga lulusan dari UM Metro menjadi alumni yang profesional saat bermasyarakat.

Untuk membantu dan memberi semangat mahasiswanya dalam belajar, UM Metro memiliki program beasiswa yang dapat meringankan biaya didikannya. Beasiswa di kampus ini terbagi menjadi dua, yaitu Beasiswa UM Metro dan Beasiswa Bidikmisi.

Beasiswa UM Metro


Beasiswa dari kampusnya ada beberapa program untuk kategori yang sesuai dengan penerimanya, yaitu.

Beasiswa Potongan 50% Uang Pengembangan

Program beasiswa ini diberikan untuk pendaftar dari bidang studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, D3 Akuntasi dan D3 Keuangan dan Perbankan.

Beasiswa Kader Utusan Persyarikatan se-Kota Metro

Untuk Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di bidang studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Beasiswa yang diperoleh adalah potongan biaya SPP tiap semeser hingga semester 8. Syarat yang harus dimiliki penerima beasiswa ini adalah, pendaftar wajib hafal minimal 10 juz Alqur’an.

Beasiswa Potongan 50% Biaya Kuliah Program Pascasarjana

Bagi masyarakat yang bekerja di amal usaha Muhammadiyah di wilayah Lampung dan ingin melanjutkan belajar pada Program Pascasarjana UM Metro maka akan mendapat beasiswa ini.

Beasiswa BIDIKMISI


Untuk program beasiswa ini pendaftar harus sudah dinyatakan resmi menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro.

***

Berbagai kemudahan yang ditawarkan UM Metro dalam bentuk Beasiswa ini akan menjadi Solusi Sukses Masa Depan untuk generasi berprestasi. Beasiswa ini akan memberi amunisi penguat bagi seseorang yang sudah banyak bekerja keras sehingga membuat dirinya memiliki nilai lebih yang disebut berprestasi. Untuk informasi lebih lengkap, bisa mengunjungi website resmi UM Metro.

Gedung perkuliahan um metro
Gedung Kuliah UM Metro 

Banyaknya program studi yang dinaungi UM Metro tentu semakin memudahkan para calon peserta didik menentukan pilihan, dengan mantap berkata UM Metro Kampusku. Bagi calon pendaftar mahasiswa yang sudah menetapkan keyakinan dengan berkata UM Metro Pilihanku, semoga selalu mampu bertanggung jawab pada tujuan awalnya yang menginginkan kemajuan dalam diri sendiri. Sehingga mampu meningkatkan kualitas diri dan bermanfaat untuk semua yang berada di sekitar. 

Gedung Pascasarjana UM Metro
Gedung Pascasarjana UM Metro

Jika berjodoh dengan kampus Islamiyah ini semoga selalu menjaga nama baik almamater dengan berpegang teguh pada kata UM Metro Kampusku sehingga selalu pikiran positif yang tertanam. Selain itu juga mampu bersaing dan berprestasi dengan baik di lingkungan kampus atau saat terjun ke masyarakat nantinya. 

Semangat berjuang hingga akhir, hingga tali toga berhasil dipindah posisikan disaksikan wali yang ikut berjuang demi gelarmu sampai lupa rasanya lelah untuk kalian semua. Semangat Belajar. \('o')/

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

8 komentar:

  1. Teringat kembali saat tahun 2015 menyambangi kampus ini. Maju terus UMM.

    BalasHapus
  2. Saya ingin kuliah di falkutas ilmu komputer.
    Wah sudah lama berdiri ya.

    BalasHapus
  3. kenalkan.. saya mahasiswa fakultas sastra elektro

    BalasHapus
  4. Gak asing sama nama kampus ini, ternyata udah lama berdiri ternyata ya. Nice share, jadi tau dan siapa tau yang baca ini juga dan mau kuliah bisa dapet referensi soal jurusan dan kampus.

    BalasHapus
  5. Ini berarti sama ya dengan Universitas Muhamnadiyah Tasik? Maksudnya dalam satu naungan yayasan yg sama. Saya pernah sih ke Umtas (muhammadiyah tasik) terus ke UMJ, waktu kunjungan ormawa, dan emg itu univ muhammadiyah berkualitas ...

    BalasHapus
  6. Kampus terbaik pasti banyak diburu calon mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Metro adalah salah satunya. Menjadi mahasiswa berprestasi pasti menjadi idola setiap insan. So, jangan sembarangan memilih kampus, kenali terlebih dahulu kredibilitasnya.

    BalasHapus
  7. saya juga alumni universitas muhammadiyah kak memang mantul

    BalasHapus