Telaga Biru Semin, Pesona Tersembunyi di Sudut Terpencil Yogyakarta

Ujung timur Yogyakarta ternyata memiliki tempat yang layak dikunjungi pecinta alam Indonesia raya. Telaga yang berlokasi di dusun Ngentak, desa Candirejo, Semin, Gunung kidul, Yogyakarta, memiliki sebutan telaga biru semin. Lokasi yang berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah membuat tempat ini disebut telaga biru Sukoharjo oleh beberapa orang.

Telaga biru semin batuan kapur
Matanya hijau bukan karena lihat uang

Telaga yang terbentuk karena hasil penambangan batu kapur itu meninggalkan lubang yang menganga. Lama kelamaan lubang tersebut terisi air hujan dan dengan aktivitas alam air hujan yang bercampur batuan kapur berubah warna menjadi biru. Hal tersebut yang membuat tempat ini disebut telaga biru. Saat-saat tertentu, tempat ini sangat ramai pengunjung yang ingin nyemplung ke dalam airnya.

Mencari jati diri di bawah pohon jati

Bukan hanya satu lubang yang terbentuk di sana, banyak bekas galian lain yang membentuk telaga di tempat ini. Sampai saat saya dan partner segala suasana saya, kang Zuki singgah di sana pun aktivitas penambangan masih eksis dilakukan para penambang. Jadi bisa dipastikan akan ada telaga-telaga lain yang akan terbentuk disana.

Luka menganga sang telaga

Ternyata alam mempunyai cara untuk mengobati lukanya sendiri. Walaupun luka menganga terus dilakukan manusia terhadapnya, seiring waktu ia malah membalasnya dengan indah. Dibalasnya dengan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Pose Indiahe :D

Tidak ingin larut dalam ke-baper-an terlalu lama, saya fokus menikmati pemandangan yang terlihat dari atas bukit. Danau biru, persawahan, bukit dan lekuk-lekuk jalan yang terlihat seperti miniatur pedesaan. Duduk sejenak melihat pemandangan didampingi senyum manis dari sang partner. Sesekali mata kriyip-kriyip dihempas semribit angin yang sedikit borongan, syahdunya siang mendung kala itu :D

Nyaris mimisan

Tidak ada biaya tiket untuk masuk ke area objek wisata satu ini karena belum ada tarif resmi dari pemerintah. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Murah bukan untuk menikmati segarnya suasana alam seperti telaga biru semin ini.

Anginnya bikin sleepy

Tempat ini relatif mudah ditemukan. Saat mengunjungi tempat ini, kami sama sekali tidak tahu daerah tersebut. Tapi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, kami menggunakan bantuan Google map. Jangan malu-malu juga untuk bertanya pada penduduk ramah sekitar jika tidak ingin sesat di jalan. 

Kesini ya!πŸ”¨

Silahkan berkunjung kesini dan sesekali melihat bagaimana alam mempunyai cara untuk membalas manusia. Happy me (^.^,).

Related Posts

6 comments:

  1. Hebat, bisa sampai ke perenungan bahwa alam mempunyai cara untuk mengobati lukanya sendiri. πŸ‘

    ReplyDelete
  2. Bagus bange tempatnyaa <3

    http://xxxrerain.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Beda sih kayaknya. Walaupun cm lihat dari foto2nya kayaknya tebing breksi sudah dikelola dg baik. Tampilannya sudah kekinian

      Delete