Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

My Wedding

Pengalaman Atasi Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes

Apa kamu pernah merasakan tiba-tiba mata terasa perih, gatal, merah dan seperti ada pasir yang mengganjal saat sedang asyik di depan laptop? Atau mungkin kamu merasakan matamu terasa pegal saat sedang khusyuk scroll sosmed. Hal itu jangan kamu abaikan karena bisa jadi kamu terindikasi mengalami gangguan mata kering loh.

Insto Dry Eyes mata kering
Insto Dry Eyes


Aku sering punya pengalaman mata kering karena terlalu lama menatap layar. Jika indikasi awal muncul biasanya masih aku abaikan. Apalagi jika sedang berkutat dengan deadline kerjaan. Mau tidak mau harus tetap fokus menatap layar laptop demi target waktu tercapai menyelesaikan tugas.

Kadang juga aku terlalu asyik berselancar di dunia maya sampai berjam-jam. Apalagi saat anak bayiku sudah tidur. Aku jadi makin leluasa menatap layar tanpa takut bayiku jadi ikut-ikutan kepo dengan gadget di tangan. Kan bahaya ya untuk si kecil karena belum waktunya. :D

Sekali waktu aku merasa mata mulai lelah dan pegal, lalu aku berhenti melakuka kegiatan ku di depan layar. Namun kadang juga tetap aku teruskan menatap gadget, entah itu meneruskan tugas atau terlalu asyik melihat video yang lewat di beranda sosial media.

Lama kelamaan mata jadi perih dan tidak nyaman hingga akhirnya tanpa sadar tangan mulai mengucek mata. Bukannya baikan tapi malah penglihatan jadi memudar dan makin tidak nyaman. Sambil mengerut-ngerutkan mata karena penglihatan agak buram aku mendapati mataku merah saat mengeceknya di depan cermin.

Bingung juga jadinya harus diapakan jika sudah terjadi demikian. Akhirnya aku mencari tahu yang sedang aku alami. Harus kembali lagi ke gadget karena tidak tahu harus bertanya pada siapa yang lebih paham. Memang ya era sekarang semua mesti serba gadget dan online. Benar-benar sangat menolong saat keadaan darurat. Ya walaupun juga sering menjadi masalah jika terlalu lama menggunakannya, seperti yang dialami mataku ini.

Apa Itu Mata Kering?


Sindrom mata kering atau keratoconjunctivis sicca (KCS) adalah keadaan mata tidak mendapat asupan air mata sebagai pelumas seperti seharusnya. Ketika dalam keadaan seperti ini mata akan mengalami hilangnya kemampuan menyingkirkan benda asing yang dapat mengganggu kinerja mata. Sehingga akan mudah sekali mata mengalami infeksi karena permukaan luar mata yang fungsinya meneruskan cahaya masuk ke bagian dalam mata menjadi terganggu. Jika sudah begitu tentu kita akan mengalami gangguan penglihatan.

Air mata adalah komponen paling penting pada kesehatan mata kita. Saat kita berkedip, saat itulah air mata melumasi kornea agar kesehatan indera penglihatan kita tetap terjaga. Jika kelembaban mata terjaga, maka mata akan berfungsi dengan baik dan terasa nyaman.

Sebenarnya mata kita sudah didesain oleh sang pencipta dengan sangat sempurna. Dirancang sampai dengan cara kerjanya dapat otomatis melindungi sistemnya sendiri. Karena air mata sangat berbeda dengan air yang kita minum. Komposisinya terdiri dari campuran dari air, lemak, lendir dan juga terbentuk dari 1500 lebih jenis protein.

Campuran tersebut dapat menjadikan permukaan mata tetap halus, melindungi mata dari perubahan lingkungan, sampai menyingkirkan benda asing yang membuat mata tidak nyaman. Produksi air mata bisa tidak sesuai standar yang seharusnya atau bisa juga diakibatkan adanya penguapan berlebih. Nah saat mata kehilangan kemampuannya tersebut sudah pasti dapat menyebabkan mata kering yang dapat menghambat kinerja harian kita. Lalu aku makin tertarik dengan gejala spesifiknya, agar aku bisa mewaspadainya lebih awal.

Apa Saja Gejala Mata Kering?


Perlu diketahui bahwa penderita penyakit mata kering banyak dari kaum wanita dibanding lelaki. Pasalnya perubahan hormon bisa menjadi pemicu terjadinya mata kering. Misalnya saat wanita mengalami menopause atau sedang hamil. Walaupun persentasenya lebih sedikit, tapi kaum pria juga bisa mengalami sindrom mata kering ini. Tidak heran aku juga pernah mengalaminya, karena aku belum lama melahirkan dan saat ini sedang mengASIhi. Sudah pasti perubahan hormon dalam tubuh sedang terjadi.

Gejala Mata Kering
Gejala Mata Kering


Gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita mata kering biasanya mata merah, mata terasa panas, mata terasa seperti berpasir dan kering, penglihatan buram, sensitif terhadap cahaya matahari dan mata terasa cepat lelah. Untuk pengguna setia gadget seperti aku akan lebih sering mengalami tiga kategori gejala mata kering berikut ini.

Mata Sepet


Lama kelamaan menatap layar dan terlalu fokus bisa mengakibatkan mata sepet. Keadaan ini sebenarnya adalah alarm mata untuk diistirahatkan. Mata sudah terasa lelah dan butuh menyingkir dari layar.

Mata Pegel


Terlalu fokus juga dapat menyebabkan mata pegel dan tidak nyaman. Karena jika terlalu fokus, mata jadi jarang berkedip dan sudah pasti tidak terlumasi dengan baik.

Mata Perih


Keadaan ini lebih sering terjadi saat kita berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama. Karena hal ini memungkinkan penguapan air mata lebih banyak. Dan tidak diimbangan dengan produksi air mata yang mencukupi.

Sebenarnya ketiga kategori gejala mata kering itu terasa saat yang masih tergolong ringan. Tapi karena aku menyepelekan jadi keadaannya makin tidak nyaman. Setelah tahu dan pernah mengalami gejalanya seperti itu pastinya aku akan lebih mewaspadainya. Ternyata penyebab mata kering ini bukan hanya murni dari lamanya kita menatap layar, faktor lain juga turut menjadi penyumbang terjadinya sindrom ini.

Kenali Penyebab Mata Kering


Tidak mau mengalaminya lagi dan apabila harus mengalaminya lagi aku tidak kebingungan lagi. Maka informasi yang aku dapat harus lengkap dan bisa memenuhi rasa penasaranku. Sebenarnya apa saja penyebab mata kering ini bisa kita alami? Berikut ini adalah poin yang aku peroleh.

Perubahan Hormonal


Wanita yang sedang hamil, menopause dan mengonsumsi pil KB ternyata lebih rentan mengalami mata kering. Karena perubahan hormon juga turut menjadi salah satu faktor penyebab mata kering. Bisa jadi keadaan aku saat ini yang belum lama melahirkan dan sedang menyusui menjadi salah satu penyebab aku mengalami mata kering ya. Walaupun ya memang dibarengi dengan tidak membatasi mata terpapar layar gadget.

Penuaan


Lansia atau orang yang usianya lebih dari 50 tahun lebih rentan mengalami mata kering. Karena faktor penuaan ini menyebabkan produksi air mata menjadi menurun sehingga sindrom mata kering jadi lebih mudah dialami.

Kondisi Medis dan Obat-obatan


Pasokan air mata tidak sesuai standar kebutuhan jika sedang mengonsumsi obat-obatan seperti kontasepsi oral, obat hipertensi atau obat jerawat. Kondisi medis seperti diabetes dan HIV juga lebih rentan mengalami mata kering.

Lingkungan dan Aktivitas


Berada di lingkungan ber-AC, berdebu, kering dan adanya tiupan angin panas juga menjadi faktor penyebab mata kering. Terlalu lama berada di lingkungan yang tidak sehat seperti itu dapat menyebabkan kelembaban mata berkurang.

Jarang berkedip karena terlalu fokus ke gadget adalah aktifitas yang menjadikan mata kurang terlumasi dengan baik. Sehingga makin mudah mengalami mata kering.

Bahaya Mata Kering


Jika sering mengalami gejala mata kering dan mengabaikannya tentu akan berdampak buruk untuk kesehatan mata. Karena mata yang harus terjaga kelembabannya tentu memerlukan pasokan air mata yang sesuai kebutuhan.

Saat sering menganggap sepele indikasi mata kering, bahayanya bisa mengalami infeksi mata dan kerusakan pada lapisan permukaan mata. Jika tameng awal sudah rusak tentu untuk merusak organ penting di dalamnya akan semakin mudah.

Tidak ada penjagaan, jika mata terkena debu atau asap akan lebih mudah mengalami infeksi. Lebih parahnya bila merusak kornea bisa memungkinkankan hilangnya kemampuan melihat atau mengalami kebutaan. Keadaan tersebut tentu sangat berbahaya karena dapat mengganggu aktifitas harian kita. Sehingga kualita hidup kita jadi menurun.

Solusi Untuk Mata Kering


Setelah mencari-cari banyak informasi tentang mata kering. Aku juga mencari obat mata kering yang paling mudah ditemukan. Karena mau tidak mau aku akan sering melakukan aktifitas di depan peranti berlayar atau gawai. Entah itu menyelesaikan pekerjaan atau hanya sedang berselancar di sosial media.

Solusi Mata Kering
Solusi Mata Kering


Karena penyebab utama mata kering adalah kurangnya pasokan air mata. Maka yang paling diperlukan adalah suatu pengganti air mata itu sendiri.

Insto Dry Eyes adalah #SolusiMataKering yang paling direkomendasikan. Cukup dengan meneteskan 1 sampai 2 tetes Insto Dry Eyes untuk setiap mata per harinya. Jika gejala dirasa masih ringan lalu langsung meneteskan Insto Dry Eyes, tidak butuh waktu lama mata jadi jernih dan penglihatan kembali nyaman.

Kemasannya yang mungil dengan netto 7,5 ml ini menjadikan #InstoDryEyes lebih praktis diselipkan dalam barang bawaan saat bepergian. Jadi untuk mengatasi mata kering saat tidak di rumah pun bisa segera diatasi.

Walaupun sudah mengetahui Insto Dry Eyes sebagai solusi mata kering terbaik. Alangkah lebih baik jika pemicunya lebih dihindari. Sebagai pengingat untuk diri sendiri, jangan terlalu lama menatap gawai berlayar. Jika dirasa mata menunjukan gejala tidak nyaman maka sebaiknya menghentikan aktifitas tersebut.

Mengerjakan tugas tidak mepet deadline juga jadi salah satu solusi agar mata tidak diforsir menatap gadget lama-lama. Bisa dicicil sedikit-sedikit untuk meminimalisir mata fokus terlalu lama. Semoga aku bisa menerapkan tips yang aku buat ini ya agar mata selalu sehat dan bisa beraktifitas lancar setiap hari. Tapi tetap jangan lupa untuk selalu membawa INSTO DYR EYES sebagai pertolongan pertama.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Atasi Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes"