Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

My Wedding

5 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan
Unsplash/Volodymyr Hryshchenko


Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang. Untuk mencapai berat badan yang pas, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan khususnya bagi beberapa orang yang memiliki berat berlebih atau overweight, mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan.

Namun, tidak jarang ada beberapa orang yang langsung melakukan hal yang cukup berat, seperti diet ekstrim hingga melakukan olahraga dengan porsi yang berlebih. Nah, agar dapat menjalankan program penurunan berat badan dengan tenang dan konsisten, kamu bisa mengikuti 5 cara mudah berikut ini, lho!

Perhatikan Pola Tidur


Hal yang pertama dan cukup penting untuk dilakukan adalah memperhatikan pola tidur kamu. Alasannya, nafsu makan yang timbul pada diri kita diproduksi oleh hormon bernama ghrelin dan leptin. Ghrelin ini memegang peranan untuk merangsang rasa lapar dan berujung kita perlu menyantap sesuatu. Sedangkan lepting merupakan hormon yang memberikan rasa kenyang.

Agar kedua hormon ini seimbang, maka kamu perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Jika kamu kurang tidur atau kurang istirahat, maka produksi hormon ghrelin akan meningkat dan berujung kepada keinginan untuk menyantap makanan di malam hari jadi meningkat. Berat badan kamu bisa naik. Jadi, kamu harus memperhatikan pola tidur terlebih dahulu, ya!

Perbanyak Minum Air Putih


Langkah selanjutnya dalam menurunkan berat badan adalah perbanyak mengkonsumsi air putih. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air, sehingga kita perlu tetap terhidrasi dengan baik agar tidak mudah lelah dan juga membantu tubuh dapat membakar lemak dengan baik.

Selain itu, minum air putih saat kamu menjalankan program diet juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan memberikan asupan yang diperlukan, serta menenangkan pikiran kamu. Kamu juga disarankan untuk meminum air putih beberapa saat sebelum makan.

Alasannya, air putih juga dapat menjaga kinerja sistem metabolisme tubuh kamu. Ga hanya itu, air putih juga dapat membantu memberikan rasa kenyang dan menghindari kamu dari mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak.

Olahraga yang Cukup


Ingin menurunkan berat badan bukan berarti memberikan beban yang berlebih kepada tubuh, lho! Sebaiknya, kamu bisa memilih olahraga yang cocok serta dilakukan dalam porsi yang cukup, sehingga tubuh kamu tidak terasa kelelahan dan metabolisme tubuh kamu tetap terjaga.

Untuk membakar kalori agar dapat menurunkan berat badan, ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mulai dengan memilih olahraga jalan kaki atau berlari. Kedua jenis olahraga ini dapat membantumu menghilangkan kalori sekitar 167 hingga 300 kalori, lho! Jika dilakukan dengan rutin, olahraga ini dapat membantumu menurunkan berat badan dengan mudah.

Kamu bisa mulai jalan kaki atau berlari dengan durasi 15 menit. Setelah mulai terbiasa, kamu bisa menambah durasi tersebut. Eits, tapi jangan sampai kelelahan, ya!

Tubuh kamu tetap butuh istirahat dan juga asupan nutrisi dari makanan dan juga minuman. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh kamu tidak mudah cedera saat berolahraga.

Harus Sarapan


Walaupun kamu sedang bertujuan untuk menurunkan berat badan kamu, namun jangan sampai kamu melewati sarapan, ya! Sarapan merupakan momen penting untuk menyantap makanan sehat dan mengenyangkan agar tubuh kamu memiliki energi yang cukup untuk digunakan setidaknya hingga siang hari.

Selain itu, menyantap sarapan juga dapat membantu kamu merasa kenyang dan dapat mengurangi porsi makan siang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa terhindar dari rasa lapar yang memancing kamu untuk menyantap camilan.

Untuk menu sarapan, kamu bisa memilih jenis makanan seperti oatmeal atau roti gandum yang dapat mengganjal perut kamu hingga waktu istirahat siang tiba.

Memilah Makanan


Langkah selanjutnya adalah kamu perlu sedikit lebih selektif dalam memilih makanan, terutama di jam makan siang atau saat makan malam. Pada dua waktu tersebut, kita memiliki kecenderungan untuk membeli makanan dengan porsi yang banyak agar mengenyangkan.

Begitu juga saat malam hari. Setelah beraktivitas seharian, ada rasa untuk menyantap makanan dengan porsi banyak karena merasa lelah dan perlu asupan energi yang banyak. Dari sekian banyak makanan yang dapat kamu pilih, mungkin saja kamu memilih menyantap mie instan karena tidak perlu proses yang lama serta memiliki rasa yang lezat.

Nah, jika kamu ingin menyantap mie instan walaupun sedang menjalankan program menurunkan berat badan, kamu bisa beralih ke mie instan sehat, lho! Kamu bisa coba beli Mie Jiwa Pagi, yaitu mie tanpa MSG dan termasuk dalam mie instan sehat. Walau tidak mengandung MSG, Mie Jiwa Pagi tetap menawarkan rasa yang lezat dan juga mengandung kebaikan seperti vitamin dan juga sayuran Selain itu, Mie Jiwa Pagi juga tidak mengandung pewarna buatan dan juga pengawet. Oh iya, mie ini juga diproses dengan cara dipanggang, bukan digoreng seperti mie instan pada umumnya.

Makanan menu diet
Unsplash/Olayinka Babalola

Dengan begitu, kamu bisa menyantap Mie Jiwa Pagi tanpa perlu khawatir mengenai berat badan kamu! Mie Jiwa Pagi terdiri dari tiga varian rasa, yaitu rasa Mie Goreng, rasa Soto Segeer, dan rasa Ayam Bawang. Mie Jiwa Pagi juga dapat menjadi sumber nutrisi dan juga penambah semangat untuk kamu beraktivitas.

Untuk menikmati Mie Jiwa Pagi, kamu bisa membelinya dengan mudah dari rumah dengan menggunakan aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan juga Bukalapak.

2 komentar untuk "5 Cara Mudah Turunkan Berat Badan"

  1. Masih jadi PR besar nih nurunin BB, pengen nurunin sampe 7kg tp usahanya kagak ada, gaya hidup kacau pula hahahhaha.

    BalasHapus
  2. Saya kemarin puasa ramadhan, bisa turun 6kg mbak.
    Tapi gak tau yaa, pas saya bilang ke ibu saya, beliau bilang jangan2 timbangannya rusak, gak percaya dia hahah

    BalasHapus