Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Alami yang Ampuh Mengusir Lalat

Gemes banget kalau lalat ada di rumah, pengen banget langsung mengusir mereka supaya cepat pergi. Lalat yang dikenal sebagai hewan jorok karena suka hinggap di tempat kotor pasti buat risih kalau ada di sekitar kita. Apalagi kalau rame-rame bawa rombongan datang ke rumah. Sangat berbahaya juga untuk kesehatan orang yang tinggal di rumah kan, karena mereka suka nempel kemana-mana termasuk makanan. Cepat-cepat harus diusir deh lalat-lalat ini.

cara mengusir lalat secara alami
cara mengusir lalat secara alami


Ada kok cara mengusir lalat secara alami tanpa menggunakan produk yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Celaka jika kita menggunakan produk pengusir lalat yang mengandung bahan berbahaya kemudian lalat menempel di makanan atau tempat penyimpanan makanan tanpa kita sadari. Bisa-bisa bakteri yang menmpel di kaki-kaki lalat tadi justru masuk ke badan kita dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Berbagai penyakit yang sering terjadi akibat media penyebaran dari lalat ke tubuh kita seperti disentri, diare, bahkan tipes. Jadi sesegera mungkin usir lalat yang ada di rumah sebelum hal buruk terjadi ya. Jangan lupa juga menggunakan bahan yang alami agar tetap aman.

Kita bisa memanfaatkan alat dan bahan-bahan yang ada di rumah untuk mengusir lalat. Sudah pasti aman karena bahannya alami. Coba cek bahan mana yang ada di rumah diantara pilihan ampuh mengusir lalat berikut ini.

Bunga Lavender


Wangi-wangian yang kita suka, justru sangat dibenci lalat. Kita gunakan kelemahan lalat itu dengan menghadirkan bunga levender di rumah. Selain lalat, nyamuk rewel di rumah juga tidak akan betah berada di rumah karena aroma bunga berwarna ungu ini.

Jika kamu tidak mempunyai tanaman jenis ini kamu bisa mengganti dengan tanaman karnivora seperti kantung semar atau venus fly trap. Selain itu kamu juga bisa menggunakan minyak lavender yang disemprotkan ke area yang sering dihinggapi lalat.

Jeruk atau lemon


Pernah lihat atau membeli produk pengusir serangga dengan aroma lemon atau citrus? Banyak sekali kan produk seperti itu yang dijual di pasaran. Hal itu disebabkan karena aroma dari jeruk atau lemon ini sangat dibenci juga oleh lalat.

Kamu cukup letakkan kulit jeruk atau lemon di area yang sering dihinggapi lalat. Sedikit digosok-gosokan agar aromanya lebih keluar. Jangan lupa mengganti kulit yang hampir busuk dengan yang lebih fresh.

Kamu juga bisa menggunakan kombinasi lemon dan cengkeh untuk mengusir lalat. Caranya kamu potong-potong lemon lalu tancapkan cengkeh di atasnya. Kemudian letakkan di sekitar area lalat mudah hinggap.

Daun Pandan


Sepertinya hampir semua orang suka aroma khas daun pandan ini. Bahan tambahan membuat berbagai menu masakan ini sangat dihindari lalat juga ternyata. Jadi selain kamu bisa membuat kue, kamu juga bisa mengusir lalat dengan daun pandan.

Iris-iris beberapa lembar daun pandan kemudian letakkan di sekitar lalat biasa datang. Auto mereka akan menyingkir setelah mengetahuinya.

Kantung plastik berisi air


Kalau kamu biasa makan di warteg, sudah pasti tahu cara fenomenal satu ini. Mengusir lalat dengan plastik yang berisi air kemudian diikat lalu diayun-ayunkan di sekitar lalat. Cukup ampuh untuk membuat lalat menyingkir entah kemana.

Lilin


Cara ini juga bisa kamu pilih untuk mengusir lalat yaitu dengan lilin. Hewan jorok ini sangat membenci asap dan akan menyingkirkan mereka. Tenang saja, mereka tidak akan terharu lalu make a wish jika kamu menyalakan lilin untuk mereka kok. :D

***

Sudah ada yang pernah kamu coba cara mengusir lalat dengan bahan alami di atas? Kalau belum boleh kamu praktekan jika lalat sedang banyak di rumah. Namun sebelum hal itu terjadi jangan lupa menjaga kebersihan tempat tinggal kita dan menutup makanan dengan rapat. Menghindari lalat mampir ke rumah kita jika bersih dan sehat.

21 komentar untuk "Cara Alami yang Ampuh Mengusir Lalat"

  1. cara yang pertama oke juga karna bisa buat harum ruangan.. tapi cara yg pake plastik di isi air yang ga habis pikir, ko bisa ya :D

    BalasHapus
  2. Sering banget ngeliat kantung berisi air dan lilin dimeja makan. Ternyata ampuh ya buat usir lalat? Tak terduga yaa

    BalasHapus
  3. Artikel yang bagus dan dari 5 tips mengusir lalat, cara no 4 dan 5 yang sudah dilakukan. Point 1 - 3 nanti akan dicoba. Terima kasih sharingnya. Salam sehat.

    BalasHapus
  4. Itu aku kadang pakai air di masukkan ke plastik lalu digantung dan memang lalatnya jadi kabur, itu kira kira apa sebabnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut yang aku baca struktur mata lalat kesulitan melihat benda yang goyang2 begitu mas. sederhananya si lalat tuh bingung gitu :D

      Hapus
  5. Yang praktis mungkin lemon dan daun pandan. Insyaallah akan dicoba. Terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu ternyata daun pandan juga bisa mengusir lalat ya mba, wow, menarik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus udah nyoba belum koh kuanyu, manjur enggak? 😅

      Hapus
    2. coba mas kuanyu praktek tipsnya manjur ga untuk lalat disana :D

      Hapus
    3. Nah, nanti saya coba deh, barangkali lalatnya kabur 😀

      Hapus
  7. untungnya selama ini di rumah lagi ga kedatengan lalat
    entah ga tahu kenapa jarang ada lalat, mungkin karena jarang masak apa yah? jadi ga ada bahan makanan sisa olahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti rumah mas selalu bersih nih. Wah bagi tipsnya dong mas sampe lalat ga berani bertamu . Serius nih mo ikutin tipsnya hehe

      Hapus
    2. Kayaknya yang penting rumah bersih maka lalat akan segan, rumahku juga tidak ada lalat masuk, bukan karena bersih tapi karena ada tulisan.

      LALAT DILARANG MASUK.

      🤣🤣🤣

      Hapus
  8. nah yang paling sering aku jumpai di penjual kaki lima adalah menggantungkan plastik berisi air putih buat ngusir lalat, Nggun.. hihi
    pernah juga ada yang pakai lem kertas itu, lalatnya nempel di kertas dan bikin sedikit mual saking banyaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sering mampir warteg klo ga rumah makan padang kayaknya ya sist? hehe
      iya kalo yg pakai lem emang bikin males liatnya pas udah banyak yg nemplok

      Hapus
  9. Kantong plastik berisi air, tadinya saya ngga tau kalau kantong plastik berisi air itu fungsinya buat mengusir lalat saya pikir hanya kerjaan iseng pelayan warteg aja eh ternyata saya salah..hihihi

    BalasHapus
  10. Kalo aku biasanya pake daun belimbing sih kak.. Dan biasanya disini kalo da acara nikahan pasti ada daun belimbing di taruh samping prasmanan supaya gk ada lalat yang ganggu hehe..

    BalasHapus