Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Open Trip Asik Ke Pulau Pahawang Lampung

Ikut Open Trip ke Pulau Pahawang bisa jadi pilihan jika kamu ingin mengintip pesona bahari yang ada di tanah Lampung. Pulau Pahawang adalah rekomendasi yang bagus untuk dikunjungi pertama kali bagi kamu pecinta pantai. Open trip sangat cocok jika kamu adalah pelancong dari luar daerah dan bingung dengan akses menuju pulau Pahawang.

Open Trip To Pahawang
Open Trip To Pahawang


Bukan hanya pelancong jauh saja tentu, kalaupun kamu adalah warga lokal yang bingung untuk akses, estimasi biaya dan keindahan apa saja yang bisa kamu dapat dari Pulau Pahawang. Pada artikel ini akan aku bagikan pengalamanku saat mengikuti open trip to Pahawang Lampung beberapa waktu yang lalu.

Apa Sih Open Trip?


Untuk kamu yang masih asing dengan istilah open trip, aku akan beri sedikit bocoran tentang program ini. Open trip adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan perjalanan wisata ke suatu destinasi atau rangkuman beberapa destinasi yang dikunjungi rombongan dengan anggota yang belum saling kenal.

Sederhananya program open trip yang disediakan oleh biro perjalanan wisata ini adalah mengorganisir beberapa wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi tertentu. Jadi siapa saja dan wisatawan dari mana saja yang ingin menuju tempat wisata dikumpulkan menjadi satu grup perjalanan. Mirip seperti study tour atau field trip begitu lah.

Keuntungan mengikuti open trip ini adalah kamu tidak perlu khawatir sendirian dan was-was saat menuju tempat wisata yang ingin kamu tuju, apalagi jika itu di daerah yang jauh dari asalmu. Biaya akomodasi juga lebih hemat karena menggunakan sistem sharing cost.

One Day Trip Pahawang
One Day Trip Pahawang


Misalnya untuk menyewa perahu menyebrang pulau, jika kamu datang dan menyewa sendiri (solo trip) akan lebih mahal dibanding kamu bayar saat mengikuti open trip (biaya patungan). Selain itu juga hal ini menyederhanakan kamu yang tidak suka ribet menyusun estimasi waktu perjalanan dan lamanya berkunjung ke tempat wisata, karena sudah ada rundown dari penyelenggara open trip.

Mendapat kenalan dan teman baru adalah bonus yang bagus saat kamu mengikuti open trip. Siapa tahu kan, kamu ketemu jodoh juga di program itu. Hilih si jomblo ketawa. :D

Kekurangan open trip juga pasti ada, kamu tidak bisa menentukan sesuai keinginan akan berlama-lama atau hanya sebentar saat mengunjungi destinasi wisata. Ya tentu saja demikian karena kamu datang bersama rombongan yang keinginannya belum tentu sama. Kamu sama doi aja sering tengkar, apalagi sama rombongan jalan-jalan yang baru kenal ya kan.

Open Trip Ke Pulau Pahawang Lampung


Nah setelah tahu apa itu open trip, aku bisa lanjut cerita tentang kegiatan liburanku beberapa waktu lalu ke Pahawang. Mulai pagi sampai menjelang maghrib.

Destinasi Wisata Pulau Pahawang
Destinasi Wisata Pulau Pahawang


Warga Lampung yang ketinggalan jaman, aku bisa dibilang begitu. Pulau Pahawang sudah lama booming sejak beberapa tahun ke belakang. Bahkan sudah banyak artis dan selebgram yang mengunjungi destinasi yang menawarkan keindahan bawah lautnya ini.

Tapi lebih baik terlambat sih dibanding nggak ikut open trip ke Pahawang sama sekali dong. Akhirnya sampai juga ke Pulau Pahawang yang lama diincar. Alhamdulillah.

The Hidden Paradise, julukan itu cocok untuk pulau yang terletak di Kabupaten Pesawaran ini. Alasannya karena akses transportasi umum untuk menuju kesana masih minim. Belum ada bus khusus menuju destinasi ini. Kamu bisa kesana dengan memesan layanan ojol alias ojek online, tapi pasti akan lebih banyak biaya pengeluaran dibanding jika ada angkot atau bus umum.

1. Kegiatan Open Trip Setiap Akhir Pekan (WeekEnd)


Ada beberapa pilihan trip yang disediakan biro perjalanan wisata ke pulau Pahawang. Pilihannya adalah open trip atau private trip, dimana kamu bisa menentukan jadwal sendiri bahkan menginap di pulaunya.

Tapi untuk kegiatan open trip yang aku pilih adalah one day trip, jadi hanya sehari saja dari pagi sampai menjelang petang. Untuk pilihan ini, dilaksanakan setiap akhir pekan. Kamu bisa sesuaikan dengan jadwal kosongmu mau di hari sabtu atau minggunya.

Berapapun peserta yang ingin ikut, mereka akan selalu jalan. Tanpa minimun peserta, nantinya bisa digabung dengan peserta dari biro perjalanan lainnya. Kebetulan saat aku ikut kemarin ada 12 peserta yang berangkat.

2. Destinasi Wisata Open Trip Pahawang


Dalam satu hari kegiatan jalan-jalan ini ada beberapa destinasi yang dikunjungi. Semuanya adalah tempat wisata air. Jadi kita akan berpindah dari pulau satu ke pulau lain seharian. 

Titik Temu Dermaga Ketapang
Titik Temu Dermaga Ketapang


Tim pecinta pantai sih hayuk banget dong. Kegiatan dimulai dari dermaga ketapang yang menjadi titik temu. Perjalanan kemarin dimulai di dermaga 4 Ketapang lalu lanjut ke pulau berikut

- Kelagian Lunik (Kecil)


Pulau pertama yang disambangi adalah pulau kelagian lunik. Lunik adalah bahasa Lampung yang berarti kecil. Jadi pulau ini biasa disebut juga kelagian kecil.

Spot Foto Kelagian Lunik
Spot Foto Kelagian Lunik


Pulau ini cocok untuk hunting foto yang layak posting di feed sosial media. Masih terkesan alami dengan pasir putih dan air yang jernih. Kamu bisa puas main air atau sekedar buat konten Tik Tok.

Pulau Kelagian Lunik
Pulau Kelagian Lunik


Ada beberapa spot bagus yang disediakan di area wisata ini. Seperti ayunan yang pas untuk pengambilan foto berlatar pemandangan laut luas. Ada juga batang pohon kering yang diletakkan sedemikian rupa, bisa membuat fotomu lebih aestetik.

- Pahawang Besar


Setelah sekitar 30 menit di pulau kelagian lunik, rombongan pindah ke pulau Pahawang Besar untuk snorkeling. Tapi sayangnya tidak lama disini dan gagal untuk kegiatan foto-foto di bawah air. Karena di destinasi ini sedang banyak ubur-ubur.

Pulau Pahawang besar
Pulau Pahawang


Sengatannya lumayan menyiksa, gatal dan panas di kulit. Ini bukan cuma satu, tapi rombongan ubur-ubur yang menyerang. Entah kemana spongebob dan petrik nggak kelihatan berburu ubur-ubur disana. Jadi kami putuskan mengalah dan pindah ke pulau selanjutnya untuk makan dan istirahat.

- Vila Turi Pahawang


Pada kegiatan ini sudah disediakan makan siang juga, jadi kamu tidak perlu bingung untuk urusan perut. Menu yang disediakan sederhana tapi rasanya enak kok. Lengkap juga ada sayur asem, ikan goreng, tempe goreng, lalapan, sambal, kerupuk dan buah semangka.

ishoman di Vila Turi
Vila Turi


Oiya untuk kamu yang tidak bisa makan jenis tertentu bisa disampaikan saat booking ya. Mereka bisa siapkan menu yang sesuai dengan catatan pribadi kamu. Misalnya jika kamu adalah vegetarian, mungkin pihak penyelenggara bisa menyiapkan menu salad untuk kamu.

Eksis di Vila Turi
Eksis di Vila Turi


Setelah bersantap santai di depan pantai, kami lanjutkan dengan sholat dzuhur. Saran untuk kamu cewek-cewek jangan lupa bawa mukena yang ringkas dan pas untuk dibawa-bawa. Walaupun disana disediakan mukena juga tapi kamu akan lebih efektif jika membawa sendiri, tidak perlu antri dengan yang lain.

- Pahawang Kecil


Lanjut perjalanan ke Pahawang kecil setelah istirahat. Disinilah kegiatan snorkeling kami berhasil. Tidak ada gangguan ubur-ubur. Jadi bebas foto-foto di bawah air bareng biota laut yang sudah biasa kedatangan tamu manusia, malah geal-geol ikut eksis ikut berfoto.

Snorkeling di pulau Pahawang
Snorkeling Pahawang


biaya Trip To Pahawang
Trip To Pahawang


Di destinasi ini disediakan spot under water berupa tulisan yang dibuat menempel di batuan karang. Selain berfoto dengan gerombolan macam-macam ikan yang lalu lalang, kamu juga bisa berfoto dengan ikan nemo.

Foto dengan Nemo di pahawang
Foto dengan Nemo

Ikan Badut di Pahawang
Ikan Badut di Pahawang


Beberapa ikan badut yang jadi ikon kartun finding nemo ini diletakkan di batuan dan kita siap untuk mendekati saat pengambilan gambar di bawah laut. Ikan ini tidak akan berenang kemana-mana jika berada di sekitar anemon. Jika anemon dipindahkan, ikan nemo akan ikut berpindah mengikuti juga. Jadi untuk berfoto dengan ikan nemonya, wisatawan hanya perlu mendekatinya dan berpose saja.

Lumayan lama menghabiskan waktu disini, tidak terasa juga menghabiskan banyak energi untuk foto-foto. Setelah semua peserta dapat giliran foto-foto sampai puas, kami pindah ke destinasi terakhir.

- Kelagian Besar


Karena sudah sangat lelah, kami tadinya tidak ingin mampir ke kelagian besar. Tapi akhirnya tetap mampir sebentar sih.

pulau Kelagian Besar
Kelagian Besar


Sudah puas bermain air di destinasi sebelumnya, aku tidak lagi nyebur di pulau ini. Aku putuskan untuk ganti baju dan sholat ashar disini. Jadi turun kapal langsung cari kamar bilas dan mushola.

3. Open Trip Bareng PT. Aero Travel Indonesia


Setelah mencari-cari di instagram, akhirnya aku menjatuhkan pilihan pada biro perjalanan wisata PT. Aero Travel Indonesia ini. Dilihat dari akun mereka sudah terpercaya karena banyak testinomi, punya banyak follower dan feed selalu update.

Mereka menyantumkan kontak WhatsApp di bio dan caption postingan jika kamu tertarik untuk booking atau tanya-tanya dulu. Respon mereka sangat cepat dan ramah. Rekomen sih menurut aku.

- Fasilitas Open Trip


One day trip to Pahawang ini kamu akan dapat banyak fasilitas di dalamnya. Sistem All in sehingga akomodasi perjalanan lebih ringkas dan efisien. Fasilitasnya yaitu

  1. Perahu selama wisata eksplor pulau + asuransi
  2. Makan siang prasmanan
  3. Alat snorkeling + baju pelampung
  4. Dokumentasi (under water dan up water)
  5. Guide/ pemandu wisata
  6. Air mineral
  7. P3K
  8. Kamar bilas

- Biaya Open Trip Pahawang


Semua fasilitas selama kunjungan pulau kamu dalam sehari ini perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 150.000/orang. Menurut aku tidak mahal, dilihat dari apa yang didapat baik fasilitas lengkap maupun semua yang bisa dilihat selama perjalanan. Worth it sekali.

Biaya Trip Ke Pahawang
Biaya Trip Ke Pahawang


Pembayaran dilakukan dua kali yaitu saat fiksasi bookingan kita harus membayar Rp 50.000/orang. Sisanya kita bayarkan di hari keberangkatan sebesar 100.000.

- Rule Kegiatan Open Trip Pahawang


Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kegiatan open trip jadi pengalaman yang seru dan asik adalah

  1. Mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan, karena saat ini kita sedang dilanda pandemi Covid.
  2. Datang tepat waktu di dermaga Ketapang sebagai meeting point-nya. Jika terlambat konsekuensinya bisa ditinggal rombongan dan uang tidak bisa ditarik lagi.
  3. Peserta membawa flashdisk atau memori card dengan space minimal 4 GB untuk membawa pulang hasil pengabadian momen selama perjalanan. Karena pihak mereka tidak menyediakan layanan kirim data via WA ataupun cara online lainnya.

Kamu bisa lihat video dokumentasi perjalanan aku selama mengikuti open trip ke Pahawang berikut ini




***

Open trip Pahawang ini bisa lumayan jadi obat pusing kamu yang butuh refreshing. Banyak pemandangan yang bisa untuk cuci mata.

Jadi weekend kapan nih yang kamu agendakan ke Pahawang. Berenang bareng ikan nemo, berburu ubur-ubur dan eksis bareng biota laut lainnya? Nggak akan menyesal kok, perjalanannya seru dan menyenangkan.

2 komentar untuk "Open Trip Asik Ke Pulau Pahawang Lampung"

  1. Indahnya pantai dan airnya, seindah keanggunan Anggun.

    Ada menyelam juga, duh serunya, seseru ikan nemo 😳😳🤭🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa2 Huu...Udah aku nggak diajak pula lagi...😥😥😥 Aku juga kepengenkan open trip kali aja bertemu dengan tambatan hati...Hooohoooooo!🤣🤣🤣🤣🤪


      Yaa meski Open Trip ada kekurangannya tetapi menurut saya cukup menyenangkan sih terlebih jika tujuannya kepantai atau pulau.😊😊

      Dan saya juga baru tahu kalau Pantai atau Pulau Pahawang sudah ada sejak lama...Jadi kepingin culik aku dong neng Anggun dan bawa kepulau Pahawang.😆😆😁

      Hapus

Berlangganan via Email