Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Hidup sehat dengan berolahraga rutin apapun jenisnya. Sebelumnya harus dilakukan pemanasan sebelum olahraga terlebih dahulu. Badan yang berolahraga akan melakukan gerakan yang aktif. Untuk menghindari cedera maka perlu melakukan pemanasan setidaknya selama 5 menit.

manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga
Pemanasan Sebelum Olahraga



Tahun 2021 teman-teman sudah menerapkan pola hidup sehat belum nih? Aku masih mencoba membuat perubahan pola hidup loh. Kalau soal menu makanan rasanya aku sudah menuju pola hidup sehat walaupun belum sempurna. Karena masih suka makan mie instan dan jajan sana sini kadang-kadang.

Diantara semua pola hidup sehat yang paling sulit aku mulai adalah olahraga. Banyak banget alasan untuk kegiatan satu ini. Walaupun begitu tetap aku agendakan dong setiap pagi sebelum memulai aktivitas lain. Kalau memang jadwal sedang padat aku agendakan olahraga seminggu minimal 4 kali.

Tidak pernah lupa aku selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga. Karena sering kejadian tidak pemanasan dulu sebelum olahraga berakibat cedera atau kaku dan nyeri setelah olahraga. Ternyata manfaat pemanasan sebelum olahraga ini penting sekali. Manfaat yang aku tahu adalah

1. Pernapasan Lancar


Olahraga yang melakukan kegiatan aktif membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Jika tubuh dipaksa langsung berolahraga tanpa pemanasan bisa berakibat sesak napas, apalagi jika seseorang yang tidak terbiasa berolahraga.

Jika pernapasan tidak stabil maka pasokan oksigen tubuh akan mengalami kekurangan. Kurangnya aliran oksigen ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketegangan area tubuh yang belum dipasoki oksigen dengan baik.

2. Menambah Fleksibilitas atau Kelenturan


Manfaat pemanasan sebelum olahraga ini bukan hanya terasa saat kegiatan olahraga berlangsung saja. Bahkan saat beraktivitas lainnya juga berpengaruh.

Tubuh yang lentur bisa memudahkan segala aktivitas sehingga lebih cekatan dan bisa menunda penurunan kemampuan gerak yang diakibatkan bertambahnya usia.

3. Meningkatkan Performa Olahraga


Kondisi otot dan sendi akan lebih siap saat berolahraga jika dilakukan pemanasan sebelumnya dibanding jika tidak pemanasan. Hal tersebut terjadi karena sendi dan otot tersebut menjadi lebih fleksibel melakukan gerakan olahraga.

Penggunaan tenaga juga lebih sedikit jika otot dan sendi yang flekseibel. Maka kegiatan olahraga terasa lebih bertenaga dan semangat, jiga tidak mudah kelelahan.

4. Mengurangi Ketegangan Otot


Otot yang melakukan pemanasan sebelum olahraga akan merasa lebih rileks. Hal ini terjadi karena pasokan oksigen dalam darah juga sudah terpenuhi. Sehingga cedera yang sering terjadi saat olahraga dapat dihindari dengan baik.

5. Mempersiapkan Mental


Ternyata pemanasan sebelum olahraga bukan hanya bermanfaat untuk tubuh saja ya. Tapi juga berpengaruh pada mental kita. Jika melakukan pemanasan sampai tubuh terasa panas bisa membuat rasa stres dan depresi hilang.

Hal tersebut terjadi karena kegiatan pemanasan tersebut menciptakan efek relaksasi di otak. Karena aliran oksigen dalam darah lancar.

Untuk kamu yang berolahraga untuk suatu kompetisi perlu sekali dapat efek relaksasi ini ya. Karena dalam kompetisi tidak jarang ada rasa tegang. Dan pastinya juga, jika akan melakukan kompetisi seseorang tersebut tidak perlu diperintah lagi ya. Sudah pasti otomatis pemanasan dulu sebelum olahraga. :D

***

Manfaat lain dari pemanasan sebelum olahraga ini pasti masih banyak yang lainnya. Tapi dari 5 poin diantaranya yang aku sebutkan di atas tadi pasti sudah bisa menggambarkan kelebihan melakukan pemanasan sebelum olahraga ya.

Jangan sampai lupa melakukan pemanasan dulu nih sebelum olahraga apapun. Selain terhindar dari cedera, kamu bisa lebih percaya diri saat berolahraga. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan di luar ruangan atau dimana pun tempat yang banyak orang bisa melihat.

Kurang keren kan kalau di tengah-tengah aktifitas nge-gym tiba-tiba cedera yang ternyata kejadiannya karena tidak pemanasan dulu. Duh.. gagal tebar pesona dong. Haha..

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya. Biar aku semangat juga menuju hidup sehat  nih. Yeay~

9 komentar untuk "5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga"

  1. Yaa, setuju mbak. Pemanasan sebelum olahraga itu sangat perlu, sering terjadi kan kalo tidak ada pemanasan, malah jadinya susah di diri kita sendiri. Otot menjadi tegang, jadi mudah cidera, dsb hiiiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget tuh mas. Istilahnya badannya kaget ya :D

      Hapus
  2. Jadi inget dulu pernah ketagihan rexona men haha nambah pede 20% lah mungkin wkwk

    BalasHapus
  3. Betul banget mba. Penting banget pemanasan sebelum olahraga. Aku pernah pas mau berenang enggak pakai pemanasan, alhasil keram lah kaki ku habis renang 20 menitan dengan tenaga ekstra gitu. Karena langsung dipaksa olahraga ekstra power-akibat lupa pemanasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah mbak kayak gitu. Paling sering sih perut aku sengkil gitu rasanya, ini kalo olahraganya lari.

      Hapus
  4. Aku juga kadang malas olahraga, ada saja alasannya seperti tidak ada waktu karena harus kepasar, harus antar anak ke sekolah dll.

    Banyak juga ya manfaat pemanasan sebelum olahraga, seperti melancarkan pernapasan, menambah kelenturan tubuh, mengurangi ketegangan otot dan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo semangat olahraga mas agus di tengah kesibukan harian. biar sehat hehe

      Hapus
  5. biasanya kalau mau renang jarang banget aku ambil pemanasan dan ujung ujungnya kram hahaha

    BalasHapus

Berlangganan via Email