WAJIB TAHU ! 6 JENIS KESALAHAN MENYUSUI BAYI YANG SERING DILAKUKAN

Ketika saat menjadi seorang ibu baru, biasanya tidak semua ibu baru bisa langsung mengeluarkan ASI sehingga ini dapat mempengaruhi si ibu menjadi stres. Ketidakmampuan menyusui akan dianggap sebagai kegagalan menjadi ibu. 

Tips Menyusui Bayi

Padahal, mengingat menyusui bayi adalah hal paling alami di dunia ini, seharusnya semua perempuan bisa menyusui. Oleh karena itu kami berikan 6 jenis kesalahan yang biasanya dilakukan ibu baru saat menyusui. Yuk simak moms!

1. Berpisah dari bayi usai melahirkan


Moms tentu mengenal program inisiasi menyusu dini. Program ini memang sedang gencar dilakukan untuk meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak yang baru lahir. Sayangnya, masih ada beberapa dokter atau perawat yang tidak menggunakan metoda ini. 

Mereka langsung membawa bayi ke kamar bayi, sehingga si ibu tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan bonding dengan bayinya. Terkecuali ada alasan medis sehingga bayi dipisahkan dari ibunya. Sebisa mungkin dekatkan bayi tetap bersama Anda moms. Selain memfasilitasi kebiasaan menyusui, program inisiasi menyusui dini ini juga akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi, lho. 

2. Menempel pada sisi yang salah 


Ketika akan menyusui, usahakan mulut bayi harus terbuka lebar supaya ia tidak hanya mengisap bagian puting, tetapi juga areola pada payudara moms. Jika bayi tidak menempel dengan benar, ia tidak akan mendapatkan Asi dengan maksimal, sementara itu moms juga akan mengeluh puting Anda nyeri. 

Cara agar mulut bayi terbuka lebar yaitu gelitik area di antara hidung dan mulut bayi dengan putting moms, dengan cari itu bisa membuat bayi membuka mulutnya lebih lebar. Setelah mulut terbuka lebar langsung moms tempelkan ke putting.

3. Jadi stres ketika sesi menyusui tidak berjalan lancar


Pada saat pertama proses menyusui, tidak semua ibu bisa langsung mengeluarkan ASI. Sebagian ibu baru harus mempelajarinya lebih dulu, begitu pula si bayi. Jika percobaan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya, ini tidak langsung berhasil, jangan langsung stress ya moms. 

Kuncinya moms harus tenang dalam proses penyusuan ASI. Jika memang belum keluar ASI dan bayi rewel sebaiknya moms jangan stress karena proses pengeluaran ASI memang berbeda-beda setiap ibu. Tetap semangat ya moms.

4. Mencari posisi yang benar untuk menyusui 


Sebetulnya dalam mencari posisi menyusui bayi tidak ada praktiknya harus begini atau begitu, yang terpenting ketika moms menyusui posisi yang ternyaman saja menurut moms. Yang penting, moms bisa merasa nyaman dan relax setelah itu moms letakkan bayi di atas dada moms. 

Posisi kepalanya di bawah dagu moms, dan perutnya di atas perut moms. Bayi akan bergerak sendiri ke arah payudara, kemudian moms berdua akan menemukan posisi yang pas.

5. Tidak mendapatkan dukungan 


Mungkin moms biasanya sering mendengar cerita dari teman atau keluarga mengenai persalinan dan menyusui. Jika moms selalu dikelilingi oleh pengaruh negatif, sebaiknya carilah dukungan yang positif. Jika moms tidak memiliki teman dekat atau keluarga yang memiliki pengalaman menyusui yang baik, carilah komunitas ibu baru. 

AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, www.aimi-asi.org) salah satunya. Dukungan dari ibu ke ibu akan sangat berarti ketika moms sudah membawa bayi pulang ke rumah.

6. Membuat bayi mengikuti jadwal menyusui 


Dalam memberikan ASI kepada bayi jangan disamakan dengan memberikan makan kepada anak BALITA. Artinya, bayi akan ingin menyusu ketika lapar. Jadi, tawarkan dulu ASI kepada bayi, karena menyusu bukan masalah makanannya. 

Memberlakukan jadwal menyusu pada bayi yang baru lahir itu seperti mencoba menggiring kucing. Tidak akan sukses, dan hanya akan membuat moms dan si bayi frustrasi.

Itulah 6 jenis kesalahan yang umumnya dilakukan oleh ibu baru ketika akan memberikan ASI kepada bayi. jagalah dan berikanlah ASI sebaik mungkin agar bayi dapat tumbuh sehat dan pintar ya moms !

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

4 komentar:

  1. Kami baru ngeh yang nomor 1 setelah anak keempat. Selama ini edukasi ttg menyusui rasanya kurang yah utamanya soal program inisiasi. duh bahagia banget liat baby seketika baru lahir udah dibaringkan ke ibunya

    BalasHapus
  2. Memang dibutuhkan keseriusan ibu dan ayah dalam mencari ilmu tentang menyusui yang benar sejak sebelum anak lahir.
    Dukungan orang sekitar terutama suami juga penting banget :)

    BalasHapus
  3. alhamdulillah, semua sudah di dilakukan, info dari istri maksudnya

    BalasHapus
  4. duh noted nih nggun, biar besok udah pro pas menyusui bayik.. hhh

    BalasHapus