Ini dia Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri Di Rumah

Penyuka binatang pasti punya keinginan juga untuk merawatnya sendiri di rumah. Karena bisa berinteraksi sesering yg kita mau. Binatang peliharaan yang banyak digemari biasanya adalah kelinci.

Hewan yang terkenal suka mencuri timun ini memang lucu. Gayanya yang melompat-lompat mengundang rasa gemas untuk menyentuh. Apalagi anak-anak yang melihatnya. Selain pemberian makan yang mudah, tempat untuk tinggalnya juga mudah. Kamu bisa membuatnya sendiri sesuai keinginan.

Membuat Kandang Kelinci
Membuat Kandang Kelinci 

Mungkin sebagian dari kamu belum pernah membuat kandang untuk kelinci. Padahal cara membuat kandang kelinci yang baik itu bisa dibilang sangat mudah dan murah, sehingga bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Jika bisa membuat kandang kelinci sendiri, tentunya bisa mengurangi biaya pengeluaran jika dibandingkan dengan membeli kandang kelinci yang sudah jadi. Biasanya kandang yang sudah jadi itu harganya jauh lebih mahal. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang cara membuat kandang kelinci sendiri di rumah. Yuk simak.

Bahan Serta Peralatan Yang Dibutuhkan dan Jumlah Pengeluaran


  • Membeli balok kayu atau kayu usuk sebanyak 12 buah. Yang harganya berkisar Rp 150.000. 
  • 3 balok bambu yang harganya sekitar Rp 30.000.
  • Harga 1 lembar asbes yang haragnya sekitar Rp 45.000. 
  • Harga kawat galvanis atau strimin 4 meter persegi sekitar Rp 60.000.
  • Paku usuk dan paku bambu yang harganya sekitar Rp 15.000.
  • Tempat untuk kotoran kelinci bagian bawah, bisa dari plastik besar maupun yang lainnya, hanya sebagai wadah saja (optional). Walaupun langsung ke tanah juga sebenarnya tidak apa-apa untuk pupuk.


Bahan-bahannya relatif mudah ditemukan bukan? Selain itu, jika dikalkulasikan biaya semuanya berkisar kurang lebih Rp 300.000 saja. Jika ingin membuat kandang kelinci yang bahannya full dari kayu. Tentunya biayanya akan lebih mahal karena sekarang ini harga kayu jauh lebih mahal dibandingkan harga bambu. Bahkan kalau kamu tinggal di desa hanya untuk mendapatkan bambu kamu bisa mendapatkan secara gratis tinggal tebang saja.

Peralatan Membuat Kandang Kelinci


  • Palu, jika tidak memiliki palu bisa juga menggunakan batu besar untuk memukul pakunya.
  • Obeng plus/min (optional)
  • Penggaris besi (optional)
  • Gergaji


Selain membuatkan kandang kelinci, kamu juga harus memperhatikan beberapa perawatan khusus untuk kelinci seperti menyediakan makanan, minuman, dan cemilan bagi kelinci. Berikut ini adalah makanan, minuman, dan cemilan untuk kelinci :

  1. Kamu bisa memberikannya banyak rumput jerami yang memang jerami ini merupakan makanan pokok dalam pola makan kelinci yang harus tersedia setiap saat. Dalam hal ini, rumput jenis Timothy, oat dan brome merupakan pilihan yang terbaik bagi kelinci. Kamu bisa menyimpannya di dalam kandang yang bagiannya bersih.
  2. Selain memberikan jerami, kamu juga bisa memberikan banyak sayuran, karena memang kelinci ini juga sangat menyukai makanan jenis sayuran terutama wortel. Namun kamu tidak boleh memberikan wortel ini terlalu banyak, karena wortel ini banyak mengandung gula. Dan sebelum memberikannya harus mencuci sayuran tersebut dan kalau perlu bisa memberikannya sayuran organik. Hal ini dilakukan supaya steril dan kelinci terbebas dari berbagai macam penyakit seperti diare.
  3. Lalu jauhkan kelinci dari makanan yang tidak menyehatkan. Karena tidak semua jenis sayuran itu bagus bagi kelinci, seperti tomat, kubis, jagung, selada, kacang polong, kentang, serta bawang. Selain itu, hindarkan kelinci dari memakan bambu, butiran, biji-bijian, dan jenis daging apapun.
  4. Berikan kebutuhan air bersih yang banyak bagi kelinci, kamu bisa menyimpannya di mangkuk maupun botol yang biasa digunakan untuk minuman hamster, akan tetapi ukurannya harus disesuaikan dengan kelinci.  Selain itu, jangan lupa juga harus mengganti air muinumnya setiap hari supaya tetap sehat, dan jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat minumnya supaya steril dan tidak terkontaminasi.


Itulah cara membuat kandang kelinci sendiri dan cara merawat kelinci yang baik. Bagi kamu yang ingin memelihara binatang menggemaskan ini, cara-cara di atas bisa dicoba.


Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

4 comments:

  1. Jadi inget bapak dulu pernah jualan kelinci :D lucu" imut" apa lagi kelincinya beraneka jenisnya

    ReplyDelete
  2. aku save dulu mbak
    dua kali buat kandang kelinci eh mati semua kelincinya
    hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga save dulu, bsk kalau anak lanang pengen pelihara kelinci, dibikinin kandangnya biar ga beli, lebih irit

      Delete
  3. Wah... si Anggun sekarang lagi hobi ternak ya. Tapi kelinci itu ee nya bau kalau enggak rutin di bersihin.

    ReplyDelete