Beberapa Contoh Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc atau yang sering juga disebut dengan seng merupakan salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh. Zinc memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesuburan, membantu pertumbuhan sel-sel tubuh, mengurai karbohidrat, menyembuhkan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, dll. 

Makanan Mengandung Seng

Zinc merupakan nutrisi yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sendiri. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan zinc dalam tubuh bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc.

Jumlah zinc yang diperlukan oleh tubuh tidaklah banyak. Sehingga Anda cukup mendapatkannya dari berbagai makanan yang mengandung zinc saja. Namun untuk kondisi tertentu saat tubuh kekurangan mineral ini, sangat dianjurkan mengkonsumsi suplemen zinc. 

Seperti pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare yang parah, sirosis, menderita gangguan usus yang kesulitan dalam menyerap zinc, pasca menjalani operasi besar, dlsb.

Tak banyak jenis makanan yang mengandung zinc. Sehingga Anda harus mengenali makanan apa saja yang termasuk salah satunya. Untuk itu berikut ini beberapa contoh makanan mengandung zinc yang perlu Anda ketahui:

Kuning telur


Kuning telur memang mengandung kadar kolesterol yang tinggi. 

Telur Mengandung zinc

Namun bahan makanan yang satu ini nyatanya mengandung banyak zinc dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan zinc dalam tubuh.

Daging merah


Daging merah pada daging sapi maupun daging domba memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi. Anda bisa mengkonsumsi daging merah agar tercukupi kebutuhan zinc dalam tubuh sehingga senantiasa sehat.

Hati sapi


Hati sapi memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat beragam. Mulai dari zat besi, kalsium, zinc, dan masih banyak lagi.

Jamur


Salah satu kandungan mineral yang bisa Anda temukan dalam jamur adalah zinc. Zinc pada jamur sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti untuk mencegah timbulnya ketombe dan bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit.

Biji wijen

Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare serius memang sangatlah besar. Namun untuk kondisi normal, Anda bisa mencukupi kebutuhan zinc dalam tubuh lewat dengan cukup mengkonsumsi makanan tertentu saja. Salah satunya bisa Anda temukan pada biji wijen. Yang mana selain kaya zinc juga kaya akan kalsium yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

5 comments:

  1. Saya suka banget bikin omlet telur plus jamur, ternyata kaya akan zinc yah.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, cukup sering makan telur..

    Itu jamurnya apa ya..? kan ada banyak.. hehe

    ReplyDelete
  3. Eh, jamur mengandung zinc? Gak nyangka. Atau gue yang kurang pengetahuan ya. Haha

    ReplyDelete
  4. Saya jarang makan telur, apa ini yang membuat saya kurus terus ya... haa

    ReplyDelete
  5. 4 makanan diatas mengandung Zinc semua..Tetapi saya tetap doyan dan lahap memakannya apalagi kalau gratis..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete