5 Cara Mudah Belajar Bahasa Mandarin Bagi Pemula

Kemajuan di segala bidang era sekarang membuat kita dituntut mampu mengusai berbagai hal. Keterampilan dan kemampuan sangat dipertanyakan saat kita bersaing dalam pertumbuhan ekonomi. 

Tips Belajar Bahasa Mandarin

Memiliki hal yang berbeda dari yang dimiliki orang kebanyakan tentu akan menjadi nilai tambah untuk kita dalam persaingan.

Tak terkecuali kemampuan berbahasa. Menguasai banyak bahasa tentu akan memudahkan dalam berkarya atau berkarir. Salah satunya bahasa mandarin. Menguasai bahasa ini pasti akan menambah nilai untuk portofolio kita. 

Tapi kadang untuk memulainya kita akan menemukan kesulitan. Sangat wajar karena bahasa itu bukan bahasa sehari-hari kita.

Terhadap sesuatu hal yang baru dan unik setiap orang pastinya akan memiliki rasa penasaran. Hal ini adalah sesuatu hal yang wajar dan bagus karena memang sesuatu hal yang baru dan unik itu harus dapat kita kuasai. 

Sebagai contoh adanya orang yang merasa penasaran dengan cara merakit laptop, maka orang tersebut pastinya akan terus mencari tahu tentang bagaimana cara untuk merakit laptop. 

Lalu adanya orang yang merasa penasaran dengan bagaimana cara belajar Bahasa Mandarin bagi pemula. Mereka yang merasa penasaran itu pastinya akan kursus bahasa mandarin yang mudah bagi pemula. 

Berikut 5 cara mudah belajar bahasa Mandarin bagi pemula diantaranya yaitu:

1. Dengan Menguasai PinYin


Langkah pertama yang harus dilakukan para pemula pada saat akan belajar bahasa Mandarin adalah dengan menguasai PinYin terlebih dahulu. Yang perlu kamu ketahui PinYin ini adalah penulisan romawi didalam bahasa mandarin, dimana bunyi bunyi yang digunakannya itu berasal dari setiap huruf mandarin itu sendiri. 

PinYing

Selain itu PinYin juga adalah bentuk penyederhanaan, karena jika kamu belajar bahasa Mandarin di Taiwan maka pelajaran tentang PinYin tidak akan pernah kamu dapatkan. 

Yang akan kamu dapatkan pada saat belajar di Taiwan adalah hanyalah tentang bentuk bentuk dari huruf yang lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melafalkan sebuah hurf yang berada didalam kata mandarin. 

2. Dengan Mempelajari Nada Nada Dalam Bahasa Mandarin


Seperti yang telah kita ketahui jika Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang bernada. Dalam arti apa yang telah kamu ucapkan didalam Bahasa Mandarin jika salah pelafalan nadanya, maka akan salah juga arti yang akan diterima oleh para pendengarnya. 

Sederhananya itu adalah didalam Bahasa Mandarin arti dengan nada yang diucapkan itu akan berbeda. Kata yang dimiliki didalam sebuah penulisan dan pengucapan yang sama bisa berbeda arti. 

3. Dengan Melatih Pendengaran Tentang Bahasa Mandarin


Untuk bisa Bahasa Mandarin dengan segera maka diperlukannya melatih pendengaran tentang Bahasa Mandarin dimulai dari sekarang. Bagi para pemula hal ini sangatlah baik untuk dilakukan supaya telinga nantinya akan semakin peka dengan pelafalan nada didalam Bahasa Mandarin. 

Pasalnya didalam Bahasa Mandarin ini, beda nadanya maka akan berbeda juga artinya. Oleh karena itu harus dipelajari dengan sebaik mungkin Bahasa Mandarin.

4. Dengan Melatih Penulisan Didalam Bahasa Mandarin


Supaya cepat bisa berbahasa Mandarin maka sebaiknya setiap hari melakukan latihan menulis huruf mandarin.Jangan lupa juga untuk menghapalkan artinya dan juga harus memahami bagaimana penggunaan setiap kalimat yang ada didalam Bahasa Mandarin.

5. Dengan Menggunakan Bahasa Mandarin Didalam Kehidupan Sehari Hari 


Cara paling utama supaya kamu cepat bisa Bahasa Mandarin adalah dengan menggunakan Bahasa Mandarin tersebut didalam kehidupan sehari hari.Cara ini memang terdengar cukup aneh karena kamu tinggal di Indonesia tetapi diminta untuk menggunakan bahasa Mandarin didalam kehidupan sehari hari. Tetapi sebuah pembelanjaran akan efektif jika dipraktekan. 

***

Itulah 5 cara mudah belajar bahasa Mandarin bagi pemula. Selain itu masih ada cara mudah lainnya yaitu dengan mengikuti kursus bahasa mandarin. Sekarang di zaman teknologi modern, kamu bisa belajar bahasa Mandarin dengan mendaftarkan diri di salah satu tempat kursus online. Dengan melakukan kursus online ini maka akan didapatkannya proses pembelajaran yang mudah dan santai.


Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

6 comments:

  1. Suka liat di metro tv yang berita dalam bahasa mandarin... rasanya rumit banget hehehe

    ReplyDelete
  2. Bicarain bahasa Mandarin ... hahaha .. aku kalah jauuuh kepinterannya sama 2 ponakanku.
    Dari kelas 1 SD mereka sudah dibekali mata pelajaran bahasa Mandarin disekolahnya.
    Sementara aku cuma menguasai sedikit angka dan arti kata tertentu.
    Malunya akuuu ... :(

    ReplyDelete
  3. Mandarin kayaknya bahasa yang paling susah ya, pake nada segala lagi. Kalau saya dulu sempet belajar bahasa jepang secara otodidak, kendalanya itu karena nggak ada temen yang punya keinginan sama jadinya sering ngomong sendiri dan karena sudah lulus, sekarang udah banyak yang lupa. Cuman kalau pas lagi dengerin lagu jepang saya masih ngerti dikit-dikit dan jadi pengen belajar lagi😁😁

    ReplyDelete
  4. sepertinya bahasa mandarin adalah bahasa yang paling susah buat di kuasai, tapi dengan usaha yang maksimal dan mengikuti tips yang di berikan oleh mbak anggun ini pasti nanti jadi mudah :D

    ReplyDelete
  5. Dulu saya pernah ada kerjaan buat menulis bahasa mandarin gitu-gitu, tapi ternyata, susah euy. PinYin itu sih yang agak penting, tapi, gimana yaaaaa wgwgw

    ReplyDelete
  6. Gua mah boro-boro belajar bahasa Mandarin, bahasa Indonesia yang baik dan benar aja belepotan,dasar gua, hehe

    ReplyDelete