Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Resep Masakan Sederhana untuk Anak Kost

Jadi seorang anak kos merupakan sebuah pengalaman yang cukup berharga, sebagai anak kos pastinya kamu harus pintar mengatur budget untuk makan. Anak kos juga bisa membuat seseorang jadi lebih mandiri karena mereka diharuskan mengurus semua keperluan mereka sendiri.

Resep Masakan Anak Kost
Resep Masakan Anak Kost

Walaupun harus irit, sebagai anak kos kamu juga harus tetap memikirkan kesehatan dengan melakukan pola hidup yang baik. Berdasarkan pengalaman dulu selama bertahun-tahun merantau jadi anak kost, jauh dari keluarga makan sangat perlu diutamakan. Soalnya modal semua urusan lancar yang penting badan sehat. Karena kalau sudah sakit dan jauh dari orang tua rasanya lebih nelangsa. :(

Anak kost harus mengkonsumsi makanan yang sehat walaupun judulnya harus hemat. Makanan yang sehat tidak selalu makanan yang mahal kok, yang terpenting kamu bisa mengelola makanan tersebut jadi lebih sehat.

Beli makanan yang sudah jadi memang akan lebih praktis tapi makanan tersebut belum tentu bisa menjamin kesehatan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasak sendiri. Dengan memasak, uang makan Anda juga akan lebih hemat dan pastinya hidup jadi lebih sehat. Artikel kali ini aku mau berbagi beberapa resep masakan praktis yang cocok untuk anak kost, bisa nih kamu praktikan di dapur sederhana yang ada di kost:

1. Bakso manis pedas.

Buat kamu penyuka bola daging ini buat makanan praktis ini saja. Cepat dan sehat tentunya, bahannya ada di mana-mana.

Resep Bakso asam manis
Bakso asam manis

Bahan-bahan:

  • bakso sapi 300 gram
  • bawang bombai 1 buah (cincang-cincang)
  • saus pedas 4 sdm
  • kecap manis 2 sdm
  • saus tiram 2 sdm
  • jeruk kunci 5 buah (ambil airnya)
  • Garam
  • air
  • margarine 2 sdm

Bumbu halus:

  • cabai rawit sesuai selera
  • bawang putih 4 siung

Cara memasak:·

  1. Panaskan margarine kemudian tumis bumbu yang sudah di haluskan dengan bawang bombai, masak semuanya sampai harum jika sudah kemudian masukan bakso.
  2. Tambahkan saus tiram, saus pedas, kecap manis, dan masukan juga air perasan jeruk kunci, aduk sampai merata lalu masukan air
  3. Masak hingga airnya menyusut, kemudian masukan garam dan juga gula jika sudah masak sampai airnya habis kemudian tes rasanya kemudian angkat dan siap untuk disajikan

2. Jamur crispy.

Resep kedua ini juga bahannya mudah didapat. Banyak dijual di pasar tradisional dengan harga yang murah. 

Resep Jamur krispi
Jamur krispi


Bisa disimpan juga untuk lauk makan 2 sampai 3 hari, asal menyimpannya di tempat yang rapat ya. Yuk dicoba yuk langsung bikin.

Bahan-bahan:

  • Jamur tiram
  • tepung serba guna 250 gr
  • tepung meizena 3 sdm

Bumbu:

  • bawang putih 4 siung (haluskan)
  • merica bubuk 1 sdt
  • garam 1 sdt
  • kaldu bubuk 1 sdt

Cara membuat:

  1. Cuci jamur sampai bersih kemudian peras sampai airnya benar-benar hilang
  2. Masukan bumbu ke dalam wadan yang berisi jamur, kemudian aduk sampai merata dan tunggu selama 10 menit.
  3. Jika sudah masukan ke adonan tepung kering, pastikan semua bagian sudah tertutupi dengan tepung
  4. Goreng jamur hingga warnanya berubah ke coklatan
  5. Jamur siap untuk disajikan, bisa di tambah saus sesuai selera.

3. Oseng kacang panjang dan tempe

Menu yang terakhir ini juga paling mudah ditemui dan hampir semua suka. Perpaduan ijo royo-royo dan gurih tempe. 

Oseng kacang panjang dan tempe
Oseng kacang dan tempe

Masakan yang mengingatkan masakan bunda di rumah. Boleh atuh coba dibuat dengan kebolehan tangan sendiri.

Bahan-bahan:

  • kacang panjang 1 ikat (potong korek api)
  • tempe besar 1 papan (potong dadu)

Bumbu halus:

  • bawang merah 4 siung
  • bawang putih 3 siung
  • cabai rawit merah dan hijau 10 buah
  • Garam
  • Gula pasir
  • Kaldu bubuk
  • Kecap manis
  • Saori saus tiram

Cara memasak:

  1. Cuci kacang panjang yang sudah dipotong korek api, kemudian sisihkan.
  2. Goreng tempe yang sudah dipotong sampai berubah keemasan kemudian tiriskan
  3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan kemudian masukan saori, kecap, garam, kaldu, dan juga gula.
  4. Masukan kacang panjang kemudian aduk lagi sampai adonan tercampur rata kemudian tambahkan sedikit air.
  5. Terakhir masukan tempe kemudian asuk sebentar dan koreksi rasanya kemudian masakan siap untuk di sajikan.

***
Ketiga menu rekomendasi untuk anak kost di atas praktis, enak dan bergizi. Tidak perlu teknik memasak yang aneh-aneh, kamu bisa sekalian mengasah kemampuan memasak loh. Bukan cuma cewek-cewek saja ya, para pria pun bisa mempraktikan membuat menu di atas.

Semangat jaga kesehatan ya, biar terbiasa jagain aku nantinya. Eak.. :D
Stay safe teman.

6 komentar untuk "Resep Masakan Sederhana untuk Anak Kost"

  1. Jadi inget masa2 jadi anak kos selama 6 th, seneng masak2 bareng tmn2 di dap ur umum kalau weekend, jd bukan cuma perkara makanannya aja tp kenangan sama mreka yg ga mungkin terulang, karena skrg kami semua udah pisah2, tinggalnya jauh2an hahaha.

    tp kalau weekday aku ga pernah amsak sama sekali,ribet jd beli trshahahha.

    BalasHapus
  2. Bumbu baso manis pedasnya jadi pingin aku tiru, mau coba utak atik dirumah. Kebetulan aku juga pecinta bakso, apapun bumbunya dan gimanapun tekstur hasilnya, tetep deh suka! :D

    BalasHapus
  3. Makasih buat resepnya mbak.
    Mudah dan enak. 🤤

    BalasHapus
  4. Pengin coba ah masakan yang bakso manis pedas, sepertinya enak, bahannya juga dapat dibeli di pasar tradisional.😃

    BalasHapus
  5. kayaknya yang paling simpel dan mudah untuk dibuat itu jamur crispy yaa mba 😃

    BalasHapus
  6. kayaknya yang paling simpel dan mudah untuk dibuat itu jamur crispy yaa mba 😃

    BalasHapus