Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makin Cuan dengan 4 Strategi Customer Retention

Bagaimana perasaan kamu saat berbelanja di suatu tempat dan merasa puas? Tentu kemungkinan untuk kembali belanja di tempat yang sama akan besar bukan. Strategi meningkatkan Customer Retention di tenpat kamu berbelanja pasti sangat bagus tuh.

Strategi meningkatkan customer Retention
Strategi meningkatkan customer Retention


Untuk pelaku bisnis seharusnya selalu menggunakan tips retensi pelanggan ini. Keuntungannya tentu banyak dan menjanjikan untuk bisnis kita. Oiya, sedikit info ya bahwa customer retention ini adalah upaya mempertahankan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan.

Jika bisnis kamu sudah pernah dikunjungi oleh orang yang sama beberapa kali, pasti mereka merasa nyaman berbelanja di tempat kita. Promosi usaha akan lebih mudah jika kamu sudah memiliki pelanggan seperti itu.

Tidak seperti bisnis yang baru pertama kali buka, kamu perlu promosi dan mengiklankan usaha kita dengan mengganggarkan biaya yang besar. Namun setelah usaha sudah mendapat pengunjung, bukan berarti promosi berhenti.

Usaha promosi saat awal tadi bisa berkurang biayanya karena kita menggunakan salah satu strategi customer rentensi. Dimana hal itu bisa memancing pelanggan untuk datang lagi dan lagi. Promosi dari mulut ke mulut akan alami dilakukan juga oleh pelanggan yang merasa puas dengan bisnis kita.

Kamu yang punya usaha sudah melakukan strategi meningkatkan Customer retention ini belum untuk mempertahankan pelanggan. Coba cek ya tap poinnya karena nyatanya mempertahankan pelanggan ini adalah upaya yang tidak mudah.

1. Memberi kenyamanan pada pelanggan


Wajib memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan kita. Karena kita adalah pelaku usaha yang menawarkan produk ataupun jasa.

Jika kita di posisikan sebagai pelanggan dan ternyata kecewa dengan pelayanan suatu pelaku usaha, tentu akan merasa kapok. Kemungkinan untuk kembali menggunakan jasa atau membeli produknya akan kecil.

Minimal memberi senyuman ikhlas, sapaan selamat datang dan ucapan terimakasih yang ramah harus kita berikan. Jika kamu pelaku usaha online maka sebisa mungkin berikan respon yang gesit. Karena kalau ketemu pelanggan seperti aku yang tidak sabaran bisa-bisa kabur tidak jadi beli, keburu beli di toko sebelah. :D

2. Memberikan layanan pengguna


Kamu bisa berikan kotak saran di dekat kasir lengkap dengan kertas dan pena supaya saran atau kritik pelanggan bisa tersampaikan. Jika ingin lebih modern, kamu bisa sediakan kontak berupa nomor WA atau form khusus untuk menerima saran dari pelanggan.

Kebiasaan ini jika mendapat respon yang baik dari pelanggan pasti bisa menjadi evaluasi dan pembenahan bisnis kita. Sudah kamu lakukan belum ke bisnis kamu nih?

3. Memberi kupon hadiah untuk pelanggan


Salah satu daya tarik pelanggan yang masih menggiurkan adalah hadiah. Strategi memberi kupon untuk pelanggan yang telah datang bisa memancingnya datang kembali ke bisnis kita.

Bisa kamu berikan minimal pembelian untuk mendapat kupon hadiah untuk diundi tiap bulan. Bisa juga kamu buat syarat untuk mengumpulkan kupon dengan jumlah minimal agar bisa ditukar dengan hadiah yang disediakan.

4. Memberi potongan harga atau cashback


Siapa yang tak senang dengan potongan harga saat berbelanja. Tentu sangat menggoda dan merasa sangat disayangkan jika dilewatkan. Pelanggan akan senang jika ternyata harga belanjanya bisa lebih murah dari sebelumnya. Kamu bisa menyampaikannya dengan cara yang menarik.

Promo semacam ini adalah hal sangat ditunggu-tunggu bagi pelanggan. Mereka akan merasa diprioritaskan dalam bisnis yang kita jalankan.

***

Dari 4 poin strategi mengingkatkan customer retention di atas, mana yang kamu sudah jalankan? Apa sudah maksimal menjalnkannya? Bisa dilakukan evaluasi mandiri ya, demi kemajuan bisnis tentunya.

Ingat, mempertahankan jauh lebih sulit dibanding saat mendapatkan loh. Yah walaupun memang untuk mendapatkan juga bukan usaha yang mudah. Tetap semangat berbisnis, beri yang terbaik dan terus bebenah. :)

Posting Komentar untuk "Makin Cuan dengan 4 Strategi Customer Retention"