Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Belajar Sedikit Tentang Kehidupan Dari Drama Korea 18 Again

Drama korea 18 Again merupakan remake dari film Amerika yang berjudul 17 Again. Serial ini berakhir pada bulan November 2020 lalu. Bagi pecinta drama, serial ini wajib banget ditonton. Bagus, lucu dan seru menurut aku ceritanya. 

Nonton drama 18 again sub indo
Sumber: Instagram/jtbcdrama



Apalagi pemeran yang sudah sering membintangi drama korea dengan sukses. Pemeran utama drama ini adalah Kim Ha-neul yang memerankan tokoh Jung da jung. Kemudian ada Yoon Sang-hyun yang memerankan Hong dae young sebagai suami dari Jung da jung.

18 again, menunjukkan bahwa cerita drama ini sangat menarik karena pemeran utama prianya bisa terlihat kembali muda secara ajaib. Nah saat Hong dae young muda ini diperankan oleh aktor muda Lee Do-hyun.

Ceritanya lumayan imajinatif karena keanehan tokoh utamanya yang secara misterius bisa kembali ke tubuh mudanya saat berusia 18 tahun. Banyak kejadian lucu dan baper dalam serial ini setelah menonton hingga akhir episodenya.

Walaupun rada aneh tapi aku bisa menangkap nilai baiknya setelah Nonton Drama 18 Again Sub Indo ini via Vidio. Karena ceritanya sebenarnya banyak yang relate di kehidupan sehari-hari. Baik di keluarga, pertemanan dan dunia kerja. Beberapa yang aku ingat pelajaran yang aku ambil dari drama 18 again ini adalah

Lakukan Saat Kamu Siap Bukan Karena Harus


Perjalanan kehidupan pasangan suami istri dalam drama ini sungguh sulit dan berat. Sebenarnya keadaan mereka masih belum siap untuk berkeluarga sejak awal. Hal itu disebabkan karena pacaran yang kebablasan sampai akhirnya Da jung hamil saat masih berstatus pelajar SMA.

Ini pembelajaran bagus untuk remaja-remaja kita, betapa bertanggungjawab memiliki keluarga sendiri sangat sulit saat belum waktunya. Usia yang seharusnya penuh gairah dengan semangat mengejar cita-cita harus ditanggalkan karena harus menanggung tanggung jawab besar.

Sumber: Instagram/jtbcdrama


Bukan hanya merusak masa depan diri sendiri, tapi tentu keluarga juga terutama orang tua yang kecewa. Tergambar pada drama ini akibat kehamilan Jung da jung berakibat Hong dae young menjadi sangat jauh dan tak akur dengan ayahnya.

Masa yang mereka lalui belum waktunya mereka dapat karena mereka belum siap. Tapi keadaan memang mengharuskan mengambil keputusan lain.

Berani Berbuat Berani Bertanggungjawab


Walaupun tindakan fatal pasangan kekasih dalam drama 18 again ini salah dan tak patut dicontoh, tapi ada hal yang membuat aku salut. Keputusan mereka untuk bertanggungjawab membesarkan anak kembarnya itu walaupun penuh dengan cobaan.

Padahal keputusan itu menghancurkan masa depan cerah yang hampir diraih. Bahkan tidak ada seorangpun yang mendukung keputusan mereka. Tapi keduanya berani mempertanggungjawabkan semuanya.

Alih-alih menjadi pengecut seperti yang sering muncul dipemberitaan tentang temuan bayi yang diduga hasil hubungan gelap. Sudah salah bukannya bertanggung jawab malah melarikan diri. Kasihan manusia kecil tanpa dosa yang dihadirkan di dunia oleh orang-orang tidak bertanggung jawab itu.

Cinta Orang Tua Tidak Akan Terbalas


Tanpa keahlian dan bekal matang untuk modal membesarkan kedua anak kembar Da jung dan Dae young rela bekerja sebagai apa saja. Sangat sering mereka merasa kekurangan dan terhimpit masalah ekonomi.

Tapi demi anak-anaknya Dae young rela dihina dan diperlakukan tidak hormat saat bekerja. Beberapa scene-nya juga memperlihatkan bahwa Dae young dan Da jung seperti hampir tidak sanggup lagi. Namun meraka hanya perlu waktu untuk menenangkan diri dan menahan semuanya demi keluarga.

Semarah dan kecewanya Ayah Dae Young dan Ibu Da jung atas kesalahan anak-anaknya, tidak membuat mereka membenci dan tidak peduli. Karena mereka merasa bahwa walaupun anak-nya sudah dewasa bahkan sudah menjadi orang tua, dihadapannya anak-anaknya masih tetap anak kecil.

Aku jadi teringat orang tuaku sendiri, pasti mereka pernah kecewa juga denganku. Tapi aku tetap masih dirawatnya dengan baik dan tidak kurang apapun selama ini. Ahhh mewek.. :’)

Komunikasi Adalah Hal Wajib Dalam Hubungan


Aku yakin walaupun sudah berumah tangga bertahun-tahun tapi pasti banyak yang tidak terbuka satu sama lain. Kesulitan yang diterima saat bekerja, tekanan yang diterima di masyarakat kemudian hanya dipendam sendiri. 

Sebenarnya mungkin maksudnya tidak ingin membebani partner rumah tangganya di rumah, tapi karena ketidaktahuan kesulitan yang dialami satu sama lain akhirnya kesalahpahaman sering terjadi.

Siapa korbannya? Anak pastinya. Semakin banyak tekanan yang diterima orang tua di luar. Saat kembali ke rumah maka anak-anaknya yang paling mudah dijadikan pelampiasan amarah.

Drama ini bagus sekali penggambarannya, saat Dae young mengalami kesulitan dalam pekerjaannya. Lalu tidak mengkomunikasikannya pada istri tapi malah melampiaskan pada alkohol akhirnya pertengkaran sering terjadi.

Sumber: Instagram/jtbcdrama


Satu sisi Dae young seperti tidak mendapat pengakuan baik di tempat kerja maupun keluargnya di rumah. Namun sisi lain keluarga mereka melihat Dae young adalah orang tua pemabuk yang tidak pernah ada untuk keluarga.

Sampai pada akhirnya Dae young seperti meledakkan bom waktu di pikirannya, dia yang sedang merasa tertekan dan depresi akhirnya mengatakan hal yang sangat buruk pada istrinya Da jung. Dia berkata bahwa dia menyesali keputusannya menikahi istrinya saat berusia 18 tahun. Seandainya bisa kembali dia akan memilih mengejar mimpinya menjadi pemain basket.

Ya walaupun semuanya dikatakannya dibawah pengaruh alkohol tapi tetap saja sangat menyakitkan untuk Da jung. Apalagi itu terjadi di acara reuni SMA dan disaksikan teman-temannya. Hal itu berakibat pada gugatan cerai Da jung pada Dae Young, lalu mulailah drama kembali muda terjadi.

***

Pokoknya drama ini banyak pesan baiknya deh untuk penontonnya. Disajikan dengan cerita yang menarik walaupun agak sedikit ‘aneh’ karena bisa kembali ke tubuh mudanya. Tapi disamping itu memang pelajaran bagusnya banyak yang bisa diambil.

Oiya menurut aku antara Hong Dae Young umur 37 tahun dan 18 tahunnya masih kurang mirip. Tinggi badan dan garis wajahnya sangat beda. Tapi untuk aktingnya wah sudah luar biasa banget sih. Tanpa ragu aku bilang bagus banget.

Aku tetep kepikiran sih, belum nemu juga rekomendasi peran yang cocok dan mirip Hong Dae Young muda dan tuanya. Kalau kalian yang sudah nonton, siapa kira-kira pemeran yang pas?

17 komentar untuk " Belajar Sedikit Tentang Kehidupan Dari Drama Korea 18 Again"

  1. Aku tidak terlalu hobi dengan film Korea, mbak. Tidak juga tahu tokoh tokoh artisnya hehe. Misal, Kim Ha-neul. Ga tau. Tau nya sama Kim Jong-Un hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tahu mas Dodo nge-fans Kim Jong un.😆

      Hapus
    2. Haha sama² Korea sih ya.
      Iya ya mas Agus ternyata eh ternyata mas Dodo ini 😄

      Hapus
  2. Belum nonton Drakor 18 again mbak, jadi belum bisa berkomentar siapa yang pantas memerankan Dae Young muda dan tua. Mungkin bisa diganti dengan kang Satria kali ya.🤣

    Tapi banyak pelajaran yang menarik dari drama ini ya, misalnya kalo pacaran jangan kebablasan sampai melendung. Terus kalau pun nasi sudah menjadi bubur atau hamidun, ya harus bertanggung jawab, baik terhadap pasangannya dan tentunya anaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha kalau ga biasa nonton drama banyak episode paling ya ga betah nontonnya mas.

      Nah iya itu, udah ngelakuin hal yg salah. Bukannya bertanggungjawab malah lari. Banyak yg jadi jahat malah.

      Hapus
  3. drama korea memang ahlinya bikin nangis para penonton

    18 Again bisa jadi referensi saya buat nonton nanti, terima kasih

    BalasHapus
  4. aku nggak suka nonton drakor mbak soalnya laki-lakinya .cantik banget jadi jealous lihat muka mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha aku yg cwe jg jealous Lo liat muka mulus mereka 😄

      Hapus
  5. Aku belum nonton 18age, tapi aku suka dengan wejangan yang diusung drakor ini 'berani berbuat berani bertanggung jawab'

    Itu prinsip aku bangeeet ..., yang diajarkan ortu ke kami anak2nya sejak kecil.

    Eh, iya dulunya aku ngga suka nonton drakor, kak.
    Tapi pernah sekali lihat di channel K-drama lah ternyata kok menarik juga diikuti.
    Tiap ending episodenya sengaja dibuat penasaran, jadinya kayak nagih nontonnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus mas didikan ortunya, sampai jadi prinsip hidup buat anak²nya kayak mas hima. Bukan cuma berani berbuat tapi lari dari tanggungjawab.

      Kalau ditonton menghibur jg kok ya mas, ga membosankan. Tapi buat yg belum pernah nonton pasti dikiranya film bucin. Jadi males wkwk

      Hapus
  6. Drama Korea, jujur kenapa saya ngga berminat buat nontonnya lebih senang nonton film Hollywood atau film animasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya semua genre hayuk mas. Asal awal² filmnya menarik, klo awalnya udah jelek biasanya diskip. Haha

      Hapus
  7. Ya ampun, apa cuma aku yg ga pernah nonton drakor di sini??
    Ini pesan ceritanya terpampang nyata ya mbak, realistis banget, dimana2 kalau nikah pas usia belajar itu pasti blm banyak yg siap.

    Btw di korea sana, hamil di luar nikah dan ga dinikahin itu hal yg tabu bukan sih?? kalau di Eropa atau Amerika kan itu hal yg biasa. Kok si Dae Young bisa bilang menyesal nikahin istrinya pas umur 18 thn, kalau di Indo ya memang harus dinikahi lah hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok mbak temannya yg ga nonton drakor. Haha

      Nah bagian kebiasaan masyarakat mereka gmn aku kurang tau sih. Tapi pernah lihat film lain yg ceritanya tentang seorang ibu tanpa menikah jg ga aneh sepertinya disana.

      Hapus
  8. Aku belum nonton mba, tapi ini udh aku masukin ke list drakor yg bakal aku tonton :). Pas tau kalo pemain yg cowo nya pernah main di hotel Del Luna, aku lgs tertarik nonton 18 again. :D. Dari review2 yg aku baca sih memang bagus kayaknya yaaa.

    Tipe drama gini sih yg aku suka, asalkan ga sad ending aja hahahaha. Baperan ntr :p

    BalasHapus
  9. Hihi harus nonton mbak klo suka yg drama². Happy ending kok mbak.

    Lucu filmnya, seru sampe ga kerasa tau² episode terakhir.

    BalasHapus

Berlangganan via Email