Bye Mata Kering Dengan Si Mungil Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes- Pernahkah saat sedang asik stalking sosial media gebetan yang ternyata sudah punya pacar, kamu mendadak merasakan mata sepet? Atau pernahkah kamu mengalami mata perih ketika mendapati postingan story sosmed jalan-jalan temanmu yang belum bayar hutang?

Bye Mata Kering insto dry eyes
Bye Mata Kering 

Atau mungkin di saat kamu nonton film Korea lalu menyadari bahwa pasanganmu tak sesempurna aktornya, lalu kamu merasakan mata pegel? Atau tiba-tiba mata terasa perih, gatal, merah dan seperti ada pasir yang mengganjal ketika sedang asyik di depan laptop atau handphone?

Jika jawabanmu adalah iya, iya dan iya. Sebenarnya yang perlu kamu khawatirkan adalah kesehatan matamu loh. Bisa jadi kamu terindikasi mengalami gangguan mata kering. Keadaan seperti itu biasanya hanya dianggap sepele oleh kita. Tidak jarang juga mata lelah yang mulai berwarna merah itu dikucek-kucek karena merasa ada yang mengganjal. Ada yang perlu dipahami tentang gejala-gejala mata seperti di atas yang diindikasi ciri dari Dry Eye Symptom. Istilah apa itu? Mari simak sampai tuntas artikel ini agar terbuka pikiran serta dibukakan penglihatan yang terang oleh Alloh SWT. Aamiin. :D

Mata adalah salah satu indera yang sangat vital dalam kehidupan kita. Indera ini berfungsi sebagai organ penglihatan yang memudahkan kita mengetahui letak setiap yang ada di sekitar kita. Kita bisa menikmati indahnya pemandangan, menyadari simpul dari wajah bahagia seseorang dan melihat hal-hal lain yang terjadi dengan jelas bila indera penglihatan berfungsi sebagaimana mestinya.

Mata kita mampu berfungsi dengan baik ternyata tidak lepas dari peran air mata. Ketika berkedip sebenarnya kita mengaliri kornea dengan air mata agar fungsi mata terjaga. Air mata ini berfungsi untuk menjaga kelembaban mata dan sebagai pelicin agar kenyamanan saat melihat kita dapatkan. Jadi air mata bukan hanya diproduksi saat kita sedang sedih atau marah saja ya. 

Bila mata mulai tidak menghasilkan air mata seperti seharusnya atau bisa juga terjadi bila komposisi bahan produksi air mata tidak memenuhi standar dan hal lain yang bisa terjadi saat adanya penguapan lebih cepat dari keadaan biasanya. Bisa diindikasikan kita menderita penyakit mata kering. Sebenarnya apa sih mata kering ini? Mari kita lanjut membacanya.

Apa Itu Mata Kering?


Mata kering atau keratoconjunctivis sicca (KCS) atau juga sering disebut Dry Eye Symptom adalah keadaan mata tidak mendapat asupan air mata sebagai pelumas seperti seharusnya. Kondisi ini menyebabkan mata kehilangan kemampuan untuk menghilangkan benda asing seperti debu yang masuk ke daerah mata dan akan mengganggu kinerja mata. Hal tersebut bisa menyebabkan infeksi dan berakibat permukaan luar mata yang fungsinya meneruskan cahaya masuk ke bagian dalam mata akan terganggu. Jika sudah begitu tentu kita akan mengalami gangguan penglihatan.

Air mata yang kita produksi dalam tubuh merupakan senyawa campuran dari air, lemak, lendir dan juga terbentuk dari 1500 lebih jenis protein. Campuran ini membuat permukaan mata tetap halus dan melindungi mata dari perubahan lingkungan, juga benda asing yang membuat mata tidak nyaman. Sangat kompleks ternyata komposisi air mata alami kita ini ya sehingga air biasa tidak akan cukup untuk menunjang kesehatan mata kita.

Gejala Penyakit Mata Kering


Perlu diketahui bahwa penderita penyakit mata kering banyak dari kaum wanita dibanding lelaki. Walaupun begitu, untuk mengetahui gejala-gejala mata kering bukan hanya perlu dipahami oleh kaum hawa saja karena tidak menutup kemungkinan kaum adam juga mengalami sindrom mata kering ini. 

Kondisi yang sering dialami oleh penderita mata kering biasanya mata merah, mata terasa panas, mata seperti berpasir dan kering, penglihatan buram, sensitif terhadap cahaya matahari dan mata terasa cepat lelah. Gejala yang paling sering terjadi bagi generasi era digital saat ini bisa dikategorikan menjadi tiga kondisi umum seperti poin berikut ini.

Gejala Mata Kering mata sepet mata pegel mata perih
Gejala Mata Kering

Mata Sepet


Keadaan ini terjadi karena mata terlalu lama menatap layar gadget. Saat sedang asik dengan gadget sampai lupa waktu akhirnya mata mulai terasa sepet. Jangan anggap remeh jika keadaan ini melanda.

Mata Pegel


Mata pegel terjadi biasanya saat mata diajak terlalu fokus pada layar laptop dalam waktu yang lama. Karena tuntutan deadline yang sudah melambai-lambai hingga mata dipaksa selalu fokus di depan layar laptop.

Mata Perih


Keadaan ini sering terjadi saat kita berada di lingkungan ber-AC atau terkena paparan kipas angin terlalu lama. Karena hal ini memungkinkan penguapan air mata lebih banyak. Jadi jangan beranggapan jika berada di dalam ruangan tidak akan mengalami gangguan fungsi mata satu ini.

Mata Kering Menyerang Saat Sedang Asik Dengan Gadget


Sebagai manusia yang hidup di era yang serba serbinya penuh dengan gadget, tentu kondisi mata yang diforsir kinerjanya sering mengalami gangguan. Sehari-hari hidup tidak bisa jauh dari gadget, entah itu sedang mengerjakan tugas, hobi atau hanya menghabiskan waktu.

“Sendok di tangan kanan, handphone di tangan kiri dan jodoh tetap di tangan Tuhan yang sedang kurayu-rayu”

Kegiatan yang selalu menuntut mata lebih fokus dengan apa yang kita kerjakan akan menyebabkan mata menjadi kering. Hal itu bisa terjadi karena intensitas mata berkedip semakin berkurang karena mata jarang diberi pelumas air mata.

Sejalan dengan Dr. Yuichi Uchini, seorang penulis dan dokter mata di School of Medicine di Universitas Keio Tokyo yang mengungkapkan bahwa ketika kita menatap layar handphone atau laptop, waktu kita berkedip akan berkurang bila dibandingkan saat kita membaca buku.”

“Selain itu juga orang-orang yang sedang menatap layar gadget akan membuka kelopak mata lebih lebar dibandingkan saat melakukan kegiatan lain.” Imbuhnya lagi.

Hal itu cukup menerangkan kondisi yang sering dialami mata karena sehari-hari betah berlama-lama menatap layar gadget. Mulai dari scrolling timeline media sosial sampai dengan saat menekuni profesi sampingan sebagai atlet marathon drakor dengan episode yang panjang. Mata lelah tak jarang dialami.

Mata Kering Akibat Gadget
Mata Kering Akibat Gadget

Atau sedang dikejar deadline tugas yang mengharuskan bekerja di waktu yang tidak sebentar. Sehingga berhadapan dengan layar komputer atau laptop tidak bisa dielakkan. Tidak hanya ketika dikejar deadline saja, kadang saat sedang semangat-semangatnya ngeblog sampai lupa waktu, betah mengerjakan tulisan dari awal sampai selesai. Karena jika tidak langsung dituangkan ke dalam tulisan, ide yang sudah matang di kepala seringnya hilang begitu saja. Keadaan dapat lebih buruk jika kegiatan tersebut dilakukan di ruangan dengan pendingin ruangan.

Teringat beberapa waktu lalu dimasa memperjuangkan gelar. Tuntutan revisi draft tesis dan jurnal berturut-turut harus segera dibereskan. Menyodorkan hasil lemburan ke dosen pembimbing pertama dengan coretan cinta pena berwarna merah.

Lanjut ke dosen pembimbing kedua yang tak kalah cintanya dalam draft yang disodorkan. Target revisi yang harus dilaporkan kembali dua hari berikutnya mengharuskan untuk betah di ruang perpustakaan kampus yang selalu setia dengan AC dinginnya.

Fasilitas yang lengkap dengan ruangan penuh buku yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada akses internet gratis yang lumayan ngebut, ada sumber pengisi daya listrik jika batre laptop atau handphone butuh asupan. Satu sampai tiga jam tidak akan terasa waktu terlewati. Teramat asik dengan kertas, buku dan laptop dihadapan. Mata sering terasa pegel, akhirnya dikucek-kucek sampai pedih.

Jika perasaan tidak nyaman saat melihat sudah mulai terasa akhirnya memutuskan untuk berhenti sejenak. Terpaksa revisi diistirahatkan sejenak agar mata kembali segar. Tapi tidak langsung segera dihentikan. Tidak jarang menghentikan semua kegiatan itu setelah rasa pegal dan perihnya sudah sangat terasa hingga mata berair.

Setelah mencari tahu tentang yang dialamai akhirnya banyak informasi penting yang sebenarnya harus diketahui, yaitu untuk menangani mata kering ternyata harus disesuaikan dengan penyebab mata kering tersebut terjadi. Maka kita harus mengetahui apa saja penyebabnya agar mendapat solusi yang tepat.

Penyebab Mata Kering


Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan terjadi mata kering, berikut diantaranya.

Faktor penyebab mata kering
Penyebab Mata Kering

1. Faktor Perubahan Hormonal


Perubahan hormon ini yang menyebabkan lebih banyak wanita mengalami penyakit mata kering. Karena kondisi hamil, menopause, dan juga konsumsi pil KB akan mempengaruhi perubahan hormon dalam tubuh.

2. Faktor Usia


Bertambahnya usia ternyata menyumbang terjadinya mata kering juga. Produksi air mata akan cenderung menurun bagi orang lanjut usia (lansia) di atas 50 tahun.

3. Kondisi Kesehatan dan Obat-obatan


Kondisi medis juga bisa mengakibatkan kelenjar air mata tidak bisa memasok air mata dengan komposisi yang sesuai, diantaranya adalah penyakit diabetes, lupus dan HIV. Selain itu efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu akan mengganggu kinerja kelenjar air mata. Seperti obat konstrasepsi oral, obat hipertensi dan obat jerawat yang diminum.

4. Lingkungan dan Aktivitas


Mata kering bisa semakin parah dialami penderitanya jika berada di lingkungan yang tidak sehat. Seperti lingkungan yang ber-AC atau kipas angin. Bukan berarti resikonya hanya pada orang yang berada di dalam ruangan saja tapi berada di luar ruangan juga sangat mungkin mengalaminya karena adanya debu, udara kering dan tiupan angin panas.

Selain itu aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual seperti membaca, menatap layar laptop dan gadget dapat menyebabkan mata jarang berkedip dan menyebabkan mata menjadi kering karena jarang diberi pelumas. Kegiatan ini yang sesuai dengan pengalaman yang sering aku alami dengan mata kering.

Solusi Untuk Mata Kering Akibat Aktivitas Dengan Insto Dry Eyes


Aktivitas yang tidak bisa jauh-jauh dari gadget ini menyebabkan mata menerima konsekuensinya. Sehingga untuk membantu meringankan gejala tidak nyaman saat mata kering dan juga untuk meminimalisir terjadinya kondisi ini maka perlu penangannya yang sesuai. Pemberian obat pelumas sebagai air mata buatan akan membantu mengatasi kondisi ini. 

Insto Dry eyes untuk mata kering
Insto Dry Eyes

Rekomendasi terbaik untuk mata kering adalah Insto Dry Eyes dalam bentuk tetes sehingga mudah diaplikasikan ke mata. Instro Dry Eyes dapat mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas yang memiliki komposisi mirip air mata alami.

Dengan meneteskan 1-2 tetes Insto Dry Eyes pada setiap mata kiri dan kanan 3x sehari atau sesuai anjuran dokter akan mengurangi kondisi mata kering yang sedang saya alami. Sensasi dinginnya menyegarkan mata seperti daerah tandus yang disirami hujan. Hasilnya mata kembali nyaman dan cerah seperti sedia kala. 

Kemasannya yang mungil dengan netto 7,5 ml akan memudahkannya untuk dibawa kemana-mana. Jika merasa mata mulai tidak nyaman dan gejalanya seperti yang diuraikan di atas maka segera keluarkan senjata pamungkas dari dalam tas.

Selain itu harganya sangat ekonomis untuk alasan kesehatan. Sekitar 15.000 rupiah kamu sudah bisa mengembalikan kenyamanan melihat dari mata kering (harga dapat berbeda-beda di setiap tempat). Dan yang lebih meyakinkan lagi, Insto Dry Eyes ini telah dilengkapi sertifikat aman dari BPOM.

Tips Menjaga Mata dari Penyakit Mata Kering Karena Faktor Lingkungan dan Aktivitas


Setelah diketahui bahwa mata kering terjadi karena adanya kekurangan pasokan air mata karena beberapa hal diatas maka harus diatasi sesuai dengan faktor penyebabnya. Untuk tips kali ini sesuai dengan pengalaman yang dialami maka untuk menjaga mata pada aktivitas dan lingkungan ada beberapa poin penting yaitu

Pergantian Udara

Bila kegiatanmu lebih banyak dihabiskan di lingkungan ber-AC maka sesekali keluar sebentar untuk mendapat pergantian udara. Sehingga mata tidak terus menerus berada dalam kondisi yang menyebabkan mata kering karena banyaknya penguapan air mata. 

Istirahat Dari Gadget

Mata lelah akibat aktivitas yang menguras waktu di depan layar laptop dan handphone sebagai penyumbang penyebab mata kering juga harus diperhatikan. Karena mata yang terlalu fokus dalam waktu yang lama ini menyebabkan jarang berkedip. Hal tersebut membuat mata jarang mendapat pasokan pelumas. Dengan kondisi tersebut maka sesekali alihkan pandangan dari monitor agar mata lebih sering berkedip terjaga kelembabannya.

Pakai Kacamata 

Kegiatan di luar juga turut menyumbang faktor penyebab mata kering ini. Berkendara dalam waktu lama atau kegiatan di luar ruangan akan membutuhkan proteksi agar mata tidak mengalami mata kering. Menggunakan kacamata akan membantu menjaga mata dari kekeringan karena menghambat penguapan air mata berlebih. Selain itu juga menjaga agar tidak ada debu atau benda asing yang masuk ke mata.

Banyak Minum Air Putih

Kondisi yang menyebabkan terjadi banyak penguapan harus diimbangi dengan pasokan bahan baku. Minum air putih lebih sering saat berkegiatan akan membantu produksi air mata kita dapat terjaga sesuai aturannya.

Teteskan Insto Dry Eyes

Dan tips pamungkasnya adalah selalu sedia Insto Dry Eyes sebagai penolong dalam keadaan yang tidak nyaman karena mata kering. Beberapa tetes yang mampu menyelamatkan jendela hati sebagai aset penting yang sangat perlu dijaga. 

Dengan tips jitu di atas maka kegiatan marathon drama korea, stalking sosial media atau dikejar deadline bisa tetap dilaksanakan dengan tenang. Setelah mengetahui dan menerapkan poin-poin di atas maka sudah saatnya download drama baru dan berkata lantang, “Bye Mata Kering!! Hempas saja kau.”



sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

7 komentar:

  1. good post ๐Ÿ˜Š would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Woow sangat lengkap dan padat tentang ulasan Insto Dry Eyes. Mungkin bukan untuk yang hobi main gadget saja untuk memakai Insto Dry Eyes. Tetapi buat yang sering bekerja dilapangan atau sering membawa kendaraan seperti motor mungkin bisa juga kali yaa pakai Insto Dry Eyes.๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„


    Cuma Insto Dry Eyes Tidak berlaku yaa untuk para mata keranjang yaa!!...Ingaats! Itu..๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿƒ๐Ÿƒ

    BalasHapus
  3. Menarik banget iniii
    Karena mata kering bisa menimpa siapa aja, jadi kudu sedia INSTO di rumah yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Dudududu mataku pegel kl liat mantan apdet story bareng pacarnya. Uwww
    Bisa diatasi pke insto nggak nggun? Wqwq

    BalasHapus
  5. Wah, pakai insto jadi solusi banget ya. Apalagi bagi yang kerjanya di depan laptop atau komputer mulu, mata kerap kering. Bahkan gak jarang perih.

    BalasHapus
  6. Belum lama ini saya kena nih, mata kering. Gak enak banget. Kebanyakan kena angin jalanan nih mata, soalnya naik motor, sering buka kaca helm, hehehe... Kena deh akibatnya.. Kotoran dan bakteri mungkin numpuk di mata.. Nice info neh Mba Anggun

    BalasHapus