5 Alasan Taman Merdeka Metro Lampung Menjadi Destinasi Ikonik

Taman Merdeka Metro Lampung merupakan ikon dari salah satu kotamadya di Lampung. Letaknya yang berada persis di jantung kota, memudahkan untuk ditemukan. Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Metro ini sangat cocok untuk memanjakan mata sambil memasok udara sehat ke paru-paru.

Taman Merdeka Metro Lampung
Taman Metro Lampung 

Alamat taman metro ini berada di Jl. AH Nasution, Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111. Taman merdeka di kota metro ini selalu berbenah dari masa ke masa. Beda dulu beda sekarang. Dulu di taman ini setiap malam seperti pasar malam, banyak wahana bermain anak dan penjaja macam makanan. Tapi untuk tampilan baru taman ini sekarang hanya diperuntukkan sebagai tempat bersantai yang nyaman. Jadi pedagang yang biasa berjualan disini direlokasi di taman sebelahnya yaitu taman Samber.

Menjadi salah satu tujuan wisata hits di Metro merupakan sesuatu yang patut diakui untuk taman cantik ini. Tempat yang menjadi ciri khas kota Metro ini memang yang paling dikenal. Jika berbincang tentang kota Metro, sudah pasti taman ini menjadi salah satu temanya. Kenapa taman merdeka metro ini menjadi seperti primadonanya Kota Metro? Beberapa alasannya akan dijabarkan poin per poinnya berikut ini.

1. Alun-alun Kota Metro Lampung 


Di sebelah barat taman cantik ini berdiri megah bangunan Masjid Taqwa yang merupakan masjid terbesar di kota ini. Jika berkunjung kesini pada jam absen rutin umat muslim, jangan sampai melewatkan momen beribadah di masjid ini ya. Adem.. Sudah jelas, pasti!

Masjid Taqwa Metro
Masjid Taqwa Metro 

Seperti taman-taman yang ada di daerah Jawa, kebanyakan di sisi baratnya terdapat masjid agung, sehingga taman ini juga bisa disebut sebagai alun-alunnya kota metro seperti taman di Jawa. Dan kebetulan juga kota ini mayoritas penduduknya adalah orang jawa. Sebenarnya alun-alun adalah salah satu tempat peninggalan sejarah jaman Belanda dulu yang ciri khasnya taman bersebelahan dengan masjid. Jadi sudah otomatis, salah satunya yang ada di kota Metro ini.

2. Letaknya Strategis dan Pengelolaan Bagus


Untuk taman yang menjadi landmarks kota metro ini letaknya sangat strategis. Berada di tengah-tengah kota dan tampilannya akan membuat siapa saja yang melintas akan menoleh ke arahnya. Lebih strategis lagi, taman ini dikelilingi oleh jalan protokol kota Metro. 

Penataan taman disini sangat cantik dengan pepohonan yang subur dipadu dengan tanaman bunga-bunga dan rerumputan hijau. Untuk menghindari tanaman terinjak-injak, disekitar tanaman diberi pagar besi sebagai pembatas. Jadi ada bagian khusus untuk tanaman dan ada yang diperuntukkan khusus pengunjung yang berkeliling pada trek disediakan. Nah.. untuk pemburu foto tidak bisa menghancurkan ekosistem taman disini dengan menginjak-injaknya yes. :D

 Tata Letak Taman Metro
Tata Letak Taman Metro

Pengelolaan taman ini terlihat sangat serius, mulai dari penataan tampilannya, keamanannya yang dijaga oleh satpol pp, sampai kebersihannya sangat terjaga. Tempat sampah juga tersedia diberbagai sudut tempat ini. Jadi siapapun yang berkunjung kesini tidak punya alasan untuk tidak menjaga kebersihan tempat asri ini. 

Fasilitas yang penting lainnya adalah toilet taman metro ini yang dijaga kebersihannya. Letaknya berada di bawah tanah. Jadi untuk 'pipis' disana harus turun dulu melewati pintu khusus dengan patung berbentuk hewan-hewan lucu, gajah dan badak.

Area parkir sudah disediakan lengkap dengan abang petugasnya yang tidak muncul dadakan ala tahu bulat. Petugasnya selalu setia menunggu kendaraan yang diparkir saat kita berkeliling taman.

Pinggiran taman merdeka ini dikelilingi barisan lampu dengan tulisan Asmaul Husna berwarna hijau segar. Malam hari nyala lampu-lampu ini membuat suasana makin eksotis saat bernaung di bawahnya atau saat sekedar melintas.

3. Taman Metro Cocok Untuk Berbagai Kegiatan 


Taman yang ditandai dengan tugu bola yang berada persis di tengah-tengahnya ini diperuntukkan sebagai rumah bersama siapapun yang berkunjung. Jadi siapapun yang datang bisa melakukan kegiatannya disini, asal positif dan tidak mengganggu.

Misalnya kamu bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh lewat keringat dengan jogging asik di taman ini. Barisan pepohonan yang rapi akan menemani lari-lari pagi atau sore mu disepanjang trek yang sudah dipersiapkan untuk pengunjung yang datang. Jadi selain dapat sehat, juga dapat nyamannya lari-lari disini.

Tempat ini cocok untuk dutai alias duduk santai sambil bercanda gurau dengan sang kekasih atau siapa saja rekanmu datang kesana. Berkunjung sendirian kesini juga tidak masalah, masih tetap asik bersama diri sendiri.

Taman Merdeka Kota Metro
Taman Merdeka Kota Metro

Jika kamu bingung harus janjian bertemu dengan seseorang, taman ini cocok untuk tempat bertemu. Misalnya kamu belanja online dengan fasilitas COD. Nah.. kamu bisa janjian disini, jelas aman. Dan yang paling penting, kamu bisa posting gambar di sosial media berlatar tempat ciamik ini. Instagramable lah bahasa kekiniannya. Cekrek sana cekrek sini.. apluutt.. :D

4. Lokasi dan Sarana Transportasi Mudah 


Menuju taman ini tidaklah sulit. Mengingat taman ini berada di Kota dengan luas 68,74 km2 atau 6.874 ha yang masih terhitung sebuah kota kecil. Dan taman merdeka ini berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau.

Akses transportasi sangat mendukung. Paling mudah kamu bisa menggunakan jasa ojek online (ojol). Sudah tersedia pilihan Gojek atau Grab di Kota Metro ini. Jika ingin mencoba naik angkot juga tersedia untuk beberapa rute wilayah Metro. Pastikan angkot yang kita stop melintasi taman metro. 

 Tugu Bola Taman Metro
Tugu Bola Taman Metro

Dari taman ini juga kamu sangat mudah menuju tempat lain. Mencari santapan, di seberang taman ada kafe atau tempat makan lain yang lezat. Jika kamu ingin berbelanja, taman ini dekat dengan pusat perbelanjaan chandra metro. Dan lokasi taman ini juga dekat dengan Rumah Sakit Umum Ahmad Dahlan. Dekat dengan masjid juga tentunya sesuai dengan poin 1 di atas.

5. Gratis Untuk Siapa Saja Yang Berkunjung 


Dengan berbagai fasilitas dan kenyamanan yang diberikan kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Kamu bisa datang kapan saja, dengan siapa saja, berapapun lamanya, dipersilakan.

Taman Metro Instagramable
Taman Metro Instagramable

Tapi jika diberi kemudahan harus selalu berterimakasih dengan cara yang baik. Yaitu dengan menjaga fasilitas yang ada disana, tidak merusak dan tidak melakukan hal tidak terpuji lainnya. Bila sama-sama saling menjaga bukankah menjadi mudah untuk selalu indah?

***
5 alasan taman metro ini pantas kamu singgahi jika berkunjung ke Kota Kecil di Lampung ini kan? Tidak menyesal, itu jaminannya jika berkunjung kesini. Lama atau sebentar singgah disini tidak akan dipermasalahkan. Asal jangan menginap ya. :D

Kalau ingin lama jangan lupa bawa minum atau camilan, jadi disana bisa ngobrol puas sambil foto-foto. Dan jangan lupa, buanglah sampah pada tempatnya ya. :D

Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

5 comments:

  1. saya suka suasana yang tenang dan tak ramai orang seperti ini...

    ReplyDelete
  2. Tempat jalan-jalan yang gratis nih, cocok buat ngajak anak2 menikmati udara segar yyah

    ReplyDelete
  3. Keren euy tamannya, beneran gratis mba? Wahh klau deket mah udah saya jadiin tempat favorit buat lari.

    ReplyDelete
  4. keren ya tamannya, strategis pula. Bisa jadi jujukan wisata tipis2 :)

    ReplyDelete
  5. Yaa apapun itu setiap daerah atau kota pastinya punya icon tersendiri. Dan pastinya dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik pengunjung dari luar daerah maupun warga setempat.๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    ReplyDelete