Inilah 10 Fakta Tentang Kucing yang Belum Banyak Diketahui Umum

Manis kucing lucu


Pecinta kucing akan senang bila membahas-bahas tentang kucing. Hewan berkaki empat yang lucu ini sering menjadi teman setia disegala suasana. Hewan peliharaan satu ini memang banyak penggemarnya, karena tingkahnya yang selalu menciptakan kesenangan. Apalagi kalau si empus adalah tipe penurut, manja dan suka bermain. Tapi tidak banyak pecinta kucing yang tahu tentang fakta-fakta unik dari kucing. Selain karena hal-hal tersebut tidak terlihat kadang juga karena kita tidak bisa mengetahui maksud yang dilakukan si empus. Namun bagi pecinta kucing sejati mengetahui fakta tentang kucing memang perlu untuk lebih memahami teman setia kita yang lucu ini. Berikut adalah 10 fakta tentang kucing yang pecinta kucing perlu tahu:

1. Tidak bisa merasakan manis

Kucing berbeda dengan manusia, ia tidak memiliki syaraf untuk merasakan manis. Jadi ketika ia memakan makanan manis ia bukan menyukai rasanya, bisa jadi karena di makanan itu ada aroma yang dia sukai.

2. Hewan sensitif 

Peliharaan kesayangan kita satu ini sangat sensitif pada penciuman, penglihatan dan pendengarannya. Pada keadaan sangat gelap kucing memang tidak bisa melihat, namun hanya dengan cahaya sedikit saja mata kucing dapat menyerap cahaya 6 kali lebih baik dibanding manusia. Mata kucing memiliki lapisan tapetum lucidum yang dapat menyerap dan memantulkan cahaya. Sehingga saat malam hari mata kucing seakan menyala bila tersorot lampu. Keadaan ini cocok untuk hewan predator nocturnal ini. Mata yang menghadap ke depan dan kemampuannya melihat dalam gelap membuatnya bisa mengintai dan memburu mangsanya.

Indra penciumannya bila dibandingkan dengan manusia jauh lebih unggul. Kucing memiliki 20-80 juta sel olfactory sedangkan manusia hanya 5-20 juta sel. Hal ini menunjukkan bahwa kucing tidak menyukai bau tajam dan menyengat seperti bau amonia atau jeruk. Selain itu juga kucing selalu mengubur kotorannya agar tidak tercium oleh hewan lainnya.

Bila kalian mendekati kucing yang sedang tertidur, walaupun dengan perlahan kucing lebih sering terbangun dan menoleh ke arah kalian. Hal inilah karena indra pendengaran juga sama sensitifnya yaitu 65khz, angka yang lebih besar dibanding manusia yang hanya 20khz.

3. Susu dan coklat tidak baik untuknya 

Kucing yang tergolong hewan pemakan daging atau karnivora terkadang doyan memakan coklat atau susu. Tapi jangan biarkan hal itu terjadi karena susu dan coklat tidak baik dikonsumsi kucing. Walaupun makanan tersebut memiliki banyak manfaat bagi manusia tapi untuk kucing bisa menjadi racun. Susu dan coklat tidak dapat dikenali tubuh hewan manja ini, sehingga akan mengacaukan metabolismenya. Efek keracunannya bisa ditandai dengan buang air besar yang cair dan bisa menyebabkan nafsu makan hilang. Tentu saja susu yang dimaksud di sini adalah susu formula atau susu sapi bukan asi dari induknya. Karena protein yang terdapat dalam susu sapi tidak baik untuk kucing.

4. Sang pendarat yang baik

Kucing bisa melompat dari bangunan yang tinggi tanpa cidera. Bila ia melompat dengan keadaan terlentang maka ia akan berputar hingga tubuhnya menghadap ke bawah. Kemampuan ini membuat dirinya berada pada posisi terbang dan dapat memperlambat laju jatuhnya dengan merentangkan kaki-kakinya. Pada saat pendaratan, telapak kakinya bisa meminimalisir benturan, sehingga cidera dapat dihindari. Selain itu juga saat mendarat kaki-kakinya akan ia bengkokkan sehingga terhindar dari patah tulang. Hewan pintar.

5. Kumis adalah alat navigasinya 

Jangan memotong kumis pada kucing walaupun dirasa panjang. Hal itu akan membuat kucing kehilangan keseimbangan dan perkiraannya. Ia akan kesulitan menafsirkan jarak saat dia berjalan, berlari dan melompat. Fungsi lainnya sangat penting saat berburu. Kumis kucing berguna untuk mendeteksi arah dan besar tubuh mangsanya dengan perubahan angin akibat pergerakan.

Selain itu kumis juga berguna untuk mengukur lebar lubang yang dapat dilalui kucing atau tidak. Kucing akan memasukan kepalanya bila ingin memasuki suatu tempat yang sempit. Bila dirasa kumis yang digunakan sebagai ukuran lebar tubuhnya dapat melewati tempat tersebut maka kucing baru akan memasukan seluruh tubuhnya.

6. Dengkurannya dapat menyembuhkan 

Selain karena senang, kucing mendengkur juga saat merasa gugup, takut atau kesakitan. Hal ini bermaksud untuk menenangkan diri atau penyembuhan. 

Pada manusia dengkurannya sangat bermanfaat. Pada suatu studi kasus dibuktikan bahwa dengkuran kucing dapat menstimulasi penyembuhan penyakit jantung. Gelombang suara sebesar 50khz pada dengkuran kucing dapat digunakan sebagai terapi medis.

7. Lebih merespon suara wanita 

Kucing lebih merespon suara pemilik wanitanya dibanding pria. Hal ini diperkirakan karena suara wanita lebih tinggi dan lembut dibanding pria, sehingga mudah dikenali dan membuatnya nyaman.

Baca juga: 6 Cara Membuat Kucing Akrab dengan Pemiliknya

8. Penanda daerah teritorial

Khusus untuk kucing jantan dewasa, ia akan menandai daerah kekuasaannya dengan mengencingi tempat tersebut. Hal itu dimaksudkan agar daerah yang ia kuasai beraroma dirinya sehingga musuh-musuhnya enggan mendekat. Pada kasus ini kucing jadi sedikit mengganggu karena bau urinnya sangat mengganggu. Tapi instingnya mengharuskan ia melakukan itu mau bagaimana lagi.

9. Makan rumput dan hairball 

Ketika kucing bermain di luar rumah sesekali ia akan memakan beberapa helai rumput. Hal itu dilakukan karena si empus ingin membersihkan pencernaannya. Kebiasaannya grooming atau menjilati bulu-bulunya menyebabkan terbentuknya gumpalan bulu di dalam pencernaannya karena tertelan. Bulu-bulu tersebut harus dikeluarkan, agar pencernaanya selalu bersih. Proses hairball dapat dikeluarkan pada saat ia pup tapi kadang juga ia memuntahkannya. Nah, kegunaan rumput yang ia makan tadi adalah sebagai sarana perangsang ia memuntahkan bulu-bulunya. Karena pada dasarnya kucing bukanlah pemakan tumbuhan sehingga pencernaannya akan menolak makanan yang asing untuk dimuntahkan kembali.

10. Suka tidur dan mandi 

Kucing adalah hewan yang malas. Selama 16 jam bahkan lebih ia gunakan untuk tidur tiap harinya. Itu ia lakukan untuk mengisi energinya karena untuk berburu ia membutuhkan energi yang besar.

Foto kucing tidur bareng

Selain malas, kucing adalah mamalia yang bersih. Rutinitasnya selain tidur adalah mandi atau grooming yaitu membersihkan tubuhnya dengan menjilatnya. Pada lidah kucing terbukti bebas dari penyakit dan kuman. Permukaannya yang kasar membuat ia mudah untuk membersihkan tubuhnya.

10 fakta tentang kucing yang pecinta kucing perlu tahu di atas hanya sebagian dari banyak fakta tentang kucing. Namun hal-hal tersebut dapat dijadikan sesuatu untuk lebih memahami hewan kesayangan kita ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Related Posts

6 comments:

  1. Sering lihat kucing buang air seni di sembarang tempat hehe, sebenarnya merasa jijik, ya kucing menandai daerah kekuasaannya dg cara itu
    terima kasih sdh sempat hadir di blog sederhanaku salam kenal

    ReplyDelete
  2. Iya,walaupun ngga ada yg mengajari tapi dia lakukan. Instingnya begitu 😊
    Terimakasih kembali sudah menjenguk kesini juga. Salam kenal πŸ˜†

    ReplyDelete
  3. Kucing di rumah saya selain suka tidur, suka diem-diem juga kalau ngambil makanan. Tau-tahu dah di atas meja aja.

    ReplyDelete
  4. Dia sebenarnya lg berusaha mandiri,nggak pengen manja menyusahkan pemiliknya terus 😁

    ReplyDelete
  5. Owh jadu kucing tuh gak bisa merasakan manis, br tahu hehe..

    Kalo tentang kekuatan si kucing sudah serind dengar, makanya ada istilah nyawa kucing ada 7.

    Binatang kesayangan nabi nih si empus 😻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Karena kemampuannya menyembuhkan diri sendiri mungkin jadi dia dijuluki bernyawa 7 ya mbak hehe

      Delete