Resep Semur Ayam Khas Bali

Semur ayam menjadi salah satu kuliner berbahan dasar ayam yang sangat lezat dan juga cukup bervariasi. Untuk Anda yang ingin tahu lebih mendalam mengenai cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah, Anda bisa langsung simak ulasan resep semur ayam di bawah ini. Banyak orang tentu yang ingin tahu jelas mengenai resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak. Terutama bagi mereka yang ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik, pastinya harus tahu cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah. 

Instagram/@dapurgf

Ada salah satu resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak yaitu resep Ayam Semur khas Bali. Sebenarnya ada banyak resto yang menghadirkan hidangan ayam semur spesial khas Bali ini dengan sayuran serta nasi hangat. Untuk masalah rasanya memang tak dapat diragukan lagi kelezatan ayam semur satu ini. Anda juga bisa membuat hidangan ayam semur spesial khas Bali ini di rumah sendiri. 

Pertama-tama Anda bisa persiapkan bahan-bahannya sebagai berikut. Bahan-bahannya yaitu 1 kg ayam dipotong-potong, Tahu 7 buah, Bumbu sambal (dari bawang merah, cabai, bawang putih, dan tomat), Bumbu giling (dari kemiri, lengkuas dan jahe) secukupnya, Daun buah jeruk nipis 2 lembar, Bawang bombay 1 siung diiris-iris, Secukupnya bawang goreng, Daun bawang 1 batang dan seledri, Secukupnya air dari asam Jawa, 1 buah Jeruk nipis, 1 sdt Saus tiram, Secukupnya Kecap; secukupnya, 1 sdt Lada bubuk, Secukupnya Minyak goreng dan air, 1 biji Bunga lawan dan rempah seperti cengkeh, kayu manis, atau kapulaga sesuai selera Anda.

Sedangkan cara untuk membuat hidangan ayam semur spesial khas Bali ini yaitu sebagai berikut. Pertama-tama, Anda bisa membersihkan ayamnya yang telah dipotong-potong. Lalu kemudian Anda bisa goreng ayam serta tahu, lalu diangkat dan juga sisihkan. Tuangkanlah minyak sedikit dan masukanlah bumbu sambal serta bumbu giling. Tumislah beberapa menit, lalu masukanlah air perasan jeruk nipis, daun jeruk, air dari asam jawa, dan juga rempah secukupnya. Lalu Anda bisa menambhankan gula, air, garam, saus tiram, lada bubuk, dan juga kecap secukupnya. 

Lalu tahap membuat hidangan ayam semur spesial khas Bali yang selanjutnya yaitu tahu dan daging ayam yang tadi telah digoreng, bisa dimasukan ke bumbu tadi. Anda jangan sampai lupa juga untuk menambah bawang Bombay. Tahap selanjutnya yaitu mengaduk-aduk hingga bumbunya benar-benar meresap. Kalau sudah, angkatlah dan diberi daun bawang, daun lainnya dan bawang goreng. 

Setelah semuanya selesai, maka hidangan ayam semur spesial khas Bali ini siap untuk disajikan. Memang selain dari yang di atas, masih ada beberapa lagi cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah lain yang bisa Anda ketahui kalau ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik. Dengan mengetahui resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak di atas, maka tentunya Anda bisa dimudahkan lagi kalau ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik. 

Demikian saja bahasan tentang cara mudah buat hidangan semur ayam lezat di rumah. Bagi Anda yang ingin menyajikan makanan semur ayam terbaik, maka Anda harus tahu dulu info di atas. Semoga Anda bisa lebih terbantu dengan info resep simple membuat sajian kuliner semur ayam enak kali ini. Semur ayam seperti ini tentunya akan membahagiakan anggota keluarga Anda karena rasanya yang sangat enak.


Jangan suka bangun kesiangan, nanti jodohmu dipatok ayam.

Related Posts

2 comments: