Mulai dari Makanan Khas Hingga Diskon Ramadhan Melengkapi Bulan Penuh Berkah

Bulan ramadhan segera tiba, bulan penuh berkah ini selalu disambut dengan suka cita oleh seluruh muslim diseluruh dunia. Momen-momen dalam bulan ramadhan penuh dengan kehangatan dan juga keakraban dengan orang tercinta, baik keluarga, sahabat dan juga tetangga. Banyak acara yang akan dilakukan ketika musim ramadhan telah tiba, mulai dari buka bersama, sahur bersama, beribadah bersama dan juga diskon ramadhan

Hal ini akan meingkatkan keharmonisan antara satu dengan yang lain. Dalam setiap pertemuan tidak akan lepas dari jamuan yang menemani, biasanya acara tersebut di gabungkan dengan momen buka bersama dengan hidangan yang di sajikan untuk mengakhiri puasa selama sehari penuh. 

Terdapat beberapa menu yang sangat khas dengan bulan ramadhan, rasanya menu tersebut cocok sekali dengan bulan ramadhan. dan ketika memakanannya di bulan lain tidak terasa se spesial seperti ketika menyantapnya ketika bulan ramadhan. kira-kira apa saja menu khas bulan ramadhan tersebut.

1. Kolak

Mananan manis dengan beragam isi lengkap kuah santan ini sangat khas di makan pada bulan ramadhan khususnya ketika buka puasa. Setelah seharian berpuasa kemudian mengakhiri puasa tersebut dengan takjil kolak terasa nikmat apalagi dengan rasanya yang manis dan juga hangat. 

Kolak Pisang

Terdapat banyak variasi isi yang bisa di gunakan mulai dari buah pisang, ketela pohon, atau ubi jalar bisa juga ditambahkan nangka, mutiara dan juga roti diatasnya. Kolak memang di khususkan untuk takjil karena rasanya yang manis sehingga dapat memulihkan energ yang hilang selama berpuasa.

2. Es Degan

Jika anda menginginkan hal yang segar, pas sekali jika membuka hidangan dengan minuman dingin bernutrisi tinggi yaitu es degan, kandungan elektrolit tinggi dalam air kelapa ini sangat baik untuk mengembalikan elektrolit dan cairan yang hilang selama seharian penuh tidak makan dan minum. 

Es Degan

Sebenarnya untuk es degan ini banyak beredar dan dijual meskipun tidak bulan ramadhan, namun akan terasa sangat nikmat jika anda menikmatinya saat buka puasa, aliran dingin dari es kelapa muda ini terasa segar mengalir melewati tenggorokan. 

3. Kurma

Makanan satu ini sangat identik dengan bulan ramadhan, bahkan rasullulloh sendiri menganjurkan untuk membatalkan puasa dengan 3 buah kurma. Kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah untuk berikutnya baru makan berat. 

Kurma

Kurma ini juga memiliki beragam manfaat, buah dari tanaman padang pasir ini mampu mengatasi anemia, mencegah stroke, mampu mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata dan juga memiliki antioksidan yang tinggi. Saat ini kurma telah dikreasikan dengan berbagai olahan, tidak hanya di sajikan langsung namun ada juga yang telah diekstrak menjadi sirup, diolah bersama coklat dan lain sebagainya

4. Cendol

Minuman khas dari jawa barat ini juga seringkali ditemui ketika bulan ramadhan tiba, rasanya yang manis menyegarkan tersebut cocok sekali di gunakan sebagai menu takjil. Selain disajikan dalam kondisi hangat, cendol juga mantap disajikan dengan es didalamnya. 

Es Cendol

Tepung beras yang di masak di buat sedemikian rupa hingga berbentuk bubur, kemudian di tambahkan dengan bubur ketan hitam dan juga beberapa isian yang lain, kemudian disiram dengan kuah santan kelapa yang telah dicampur dengan gula aren. Wah nikmat sekali

5. ES Campur

Masih dengan minuman dengan beragam isi, es campur ini juga menjadi andalan untuk menu buka puasa. Rasa manis dan juga segar dari esbatu yang dimasukkan kedalamnya akan segera mengusir dahaga ketika waktu berbuka telah tiba. 

Bahan-bahan yang dicampurkan kedalamnya juga beragam, mulai dari rumput laut, kolang-kaling, mutiara, buah-buahan seperti alpukat, susu, cincau hitam dan beragam pilihan lain bisa di campurkan kedalam minuman es ini sesuai selera untuk menciptakan rasa yang pas dan unik, mendapatkan es campur ini kala bulan ramadhan tak kan sulit, banyak sekali penjual es campur yang menjajakan dagangannya di pinngir jalan atau di beberapa warung disekitar tempat ringgal anda. 

6. Es Pisang Ijo

Minuman yang pernah hits beberapa tahun lalu ini juga menghiasai jajaran minumaan khas yang di temui ketika bulan ramadhan. es pisang ijo yang terbuat dari bahan pisang dengan bungkus adonan terigu berwarna hijau ini sagat segar dan memiliki rasa yang juga enak. 

Minuman khas makassar ini tidak hanya di temui di makassar saja namun sudah tersebar ke seluruh pelosok daerah di indonesia. pisang yang di buat untuk es pisang ijo berasal pisang raja, pengunaan jenis pisang yang lain kurang tepat karena tekstur, rasa dan juga bentuk pisang yang kurang sempurna. Sama seperti minuman lainnya es pisang ijo juga di buat dengan tambahan kuah santan, tambahan es serut dan juga sirup coco untuk menambah kesegaran es ini

7. Es Blewah

Wah... siapa yang tidak mengenal minuman satu ini, banyak keluarga yang membuat menu ini sendiri di rumah, selain karena cara membuatnya yang super mudah, es blewah juga memiliki aroma segar yang khas dan juga sangat mudah membuatnya. 

Selain itu juga murah meriah, anda tingggal menyiapkan serutan daging buah blewah yang telah di sisihkan kemudian tambahkan gula dan air, jangan lupa tambahan es batu, tes rasa dari es blewah yang anda ciptakan, berikan tambahan gula jika kurang manis, lebih baik menggunakan gula yang sudah di cairkan, dari pada gula pasir secara langsung untuk mempermudah parutan dalam air, 

8. Es Cincau

Cincau adalah jenis agar-agar yang terbuat dari daun-daunan yang telah di olah, ada dua macam jenis cincau, ada yang berwarna hijau atau cincau hijau dan ada cincau hitam karena warnanya yang hitam. Sebagian daerah menyebut es cincau ini dengan es strup. Cara penyajiannya menggunakan sirup dengan tambahan es batu pasti segar sekali. 

Dulu penyajian cincau dengan cara di potong dadu, saat ini banyak penjual cincau yang menyajikan cincau dengan tampilan bar yang berbentuk panjang selayaknya mi berwarna hitam. Beberapa penjual juga mengkreasikan cincau dengan rasa lain, yaitu cappucino, cappucino bubuk di blender dengan es batu kemudian di lengkapidengan cincau hitam mi pada bagian bawah, terasa segar ketika melalui tenggorokan

9. Gorengan

Satu jajanan ini sebenarnya kurang sehat jika dikonsumsi terus menerus ya, jadi kontrol makanan ini, karen jika di konsumsi berlebihan bisa menyebabkan kolesterol, penumpukan lemak jahat dan banyak hal buruk lainnya, gorengan memang manjadi andalan untuk berbuka puasa, rasanya yang sedap dengan beragam isi membuat masyarakat tidak mampu berpaling dari jajanan satu ini. 

Untuk mendapatkan gorengan yang lebihsehat tidak ada salahnya anda membuat sendiri di rumah, selain bahan dan juga cara pembuatan yang lebih higienis anda juga bebas menggunakan isian apapun didalamnya. 

Demikian beberapa makanan khas bulan ramadhan yang perlu anda ketahui, selain membeli secara langsung anda juga bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Karena membuat sendiri akan menjamin kualitas dari pengolahan hingga bahan-bahan yang di pakai, anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang di butuhkan melakui ilotte department store, anda bisa membeli langsung atau berbelanja secara online agar waktu bisa di gunakan dengan lebih produktif.

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

2 komentar:

  1. gorengan dan es kolak yang tidak pernah ketinggalan di bulan puasa :D

    BalasHapus
  2. kolak : banana with javanese sause and coconut milk

    BalasHapus