Candi-Candi Menarik di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tidak hanya memiliki keraton yang menjadi tempat tinggal Raja Jogja dan keluarganya, Daerah Istimewa Jogjakarta juga memiliki banyak Candi yang tersebar di seluruh penjuru kawasan. Beberapa diantaranya sudah terkenal sebagai tempat wisata dan juga tempat beribadah. Namun sebagian di antaranya belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. 

Sumber: timetravelturtle.com 

Hampir semua Candi di Jogjakarta tertata dengan rapi dan indah. Semuanya menarik untuk dikunjungi. Karena selain indah, Candi-Candi ini juga menyimpan cerita sejarah yang memukau.

Mana saja Candi yang menarik di Jogja dan wajib dikunjungi? Simak di sini yuk…

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu Candi terbesar di Indonesia. Berdiri megah di kawasan perbatasan Jogja dan Klaten, Candi ini dikenal luas dengan kisah Roro Jonggrang yang menjadi legenda disana. 

Sumber: jusmedic.com

Selain melihat megahnya Candi Prambanan, memilih liburan ke sini artinya kamu juga bisa melihat banyak Candi-Candi lainnya yang nggak kalah menarik. Seperti Candi Kalasan, Candi Sewu dan beberapa Candi lainnya yang tersebar di kawasan ini.

Lokasi Candi Prambanan sangat dekat dengan Bandara Adisutjipto, namun jam buka tempat wisata ini maksimal pukul 5 sore. Untuk menuju ke Prambanan, kamu bisa menumpang Trans Jogja dengan satu kali perjalanan saja dari Bandara.

Candi Sambisari

Dibangun pada abad ke-9, Candi Sambisari yang terletak di kawasan Purwomartani ini adalah tempat ibadah umat Hindu. Dulunya Candi ini terkubur di bawah tanah dan kemudian ditemukan dan dipugar oleh pemerintah.

Sumber: youtube.com

Lokasi Candi Sambisari dekat dari Bandara Adisutjipto. Begitu mendapatkan tiket pesawat Lion Air ke Jogja, kamu bisa langsung cari alternatif transportasi menuju Candi Sambisari. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau menumpang kendaraan umum yang banyak tersedia dari bandara.

Candi Ratu Boko

Candi yang satu ini sebenarnya adalah sebuah istana yang juga dikenal dengan nama Kraton Ratu Boko, ayahanda Rara Jonggrang. Terletak di puncak bukit di kawasan Bokoharjo, Candi Ratu Boko memiliki keindahan yang luar biasa cantik ketika matahari terbit dan terbenam.

Sumber: travelio.com 

Namun sayang, untuk menikmati keindahan Ratu Boko, pengunjung hanya diperbolehkan untuk menjelajah disana hingga pukul 5 sore saja. Kalau tiket pesawat Lion Air kamu tiba di Jogja siang hari, bisa langsung menuju Candi Ratu Boko dari Bandara Adisutjipto. Namun jika pesawatmu lewat jam 5, tunggu sampai keesokan hari untuk liburan ke tempat cantik ini.

Candi Barong

Tidak jauh dari Candi Ratu Boko, terdapat Candi Barong yang menjadi tempat ibadah umat Hindu. Dibangun pada abad ke-9, Candi yang luasnya sekitar 800 meter persegi ini dikenal karena hiasan kala di relung tubuh Candi. Hiasan ini mirip dengan Barong, yang akhirnya membuat nama kawasan ini dikenal dengan Candi Barong. Sementara dalam prasasti kuno, tempat ini dikenal dengan nama Candi Sari Suragedug. 

Sumber: loveheaven07.com

Pemandangan paling menakjubkan di Candi Barong tidak hanya bangunannya saja. Namun juga langit senjanya yang sangat indah. Sangking cantiknya, banyak wisatawan yang niat berburu tiket pesawat Lion Air untuk menuju Candi Barong, baru kemudian melanjutkan perjalanan ke Candi berikutnya.

Candi Ijo

Berlokasi sekitar empat kilometer dari Ratu Boko, Candi Ijo juga memiliki pemandangan senja nan-amat indah. Bentuk bangunan Candi Ijo tidak jauh berbeda dengan Candi Barong, namun tanpa hiasan kala di dalamnya.

Sumber: korinatour.co.id 

Selain beberapa nama di atas, masih ada banyak Candi menarik lainnya di Jogja. Beli tiket pesawat Lion Air kamu sekarang juga dan nikmati peninggalan budaya yang indah di Jogja.

Related Posts

27 comments:

  1. Pesawat Lion Air sepertinya pilihan tepat jika kita ingin pulang pergi ke tempat tujuan menggunakan Pesawat. Iyakan Mbak ?

    Saya yakin Mbak Anggun rajin beli tiket pesawat Lion Air, jika ingin liburan ke tempat yang jauh - jauh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes kang nata,bener banget. Karena lebih efisien waktu kalau naik pesawat perginya :)

      Delete
  2. Ohy.. Mbak, kalimatnya kalau dibaca dari home melalui via dekstop, sepertinya eror dan terlihat aneh.

    Coba dech diperiksa... :)

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak ya Candi di Jogja, saya malah satu pun belum pernah ngeliat langsung, hahaha, kasian

    ReplyDelete
  4. Aku pengguna setia Lion air, hbs murah. Btw, dunia candi di Jogja emnk lengkap bngat, mau peradaban Hindu, Buddha , semuanya ada

    ReplyDelete
  5. Aku datang menepati janji mbak anggun, takut 😨 di tagih, wkwk

    Postingannya keren, semoga mkn banyak wisatawan yg datang mengunjungi candi candi di tanah air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Anggun sibuk bingits yaa, gak sempet balas komentar, hehe…

      Delete
    2. Haha terimakasih mang sudah menepati janji berkunjung πŸ˜‚πŸ˜‚

      Ini dibalas kok mang,lg kumat malasnya mang harap maklum hehe

      Delete
    3. Emang.. kalau penyakit satu ini gak pandang bulu ya mbak siapapun bisa terjangkiti termasuk sayya.

      Delete
  6. Ke Candi Sambisari aku udah sering, seringnya juga gowes kesana..he
    Terkadang sekalian silaturahmi sama pak Akhmad, pemilik blog kedaijoistimewa. Jadi sekalian maen juga, enaknya sore sih kalau maen ke candi itu, jadi nggak panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik banget pemandangan gowesnya mas. Di jogja mah emang gitu sih πŸ˜„

      Iya. Siang panasnya kebangetan

      Delete
  7. Saya baru ke prambanan ,yang lain belum, hehe

    ReplyDelete
  8. Candi Prambanan yang sering aku dengar tapi belum pernah ke sana sama sekali, hanya Borobudur yang pernah aku kunjungi. Legenda Roro Jonggrang yang bikin ingat terus sama candi ini

    Ternyata untuk akses ke Prambanan begitu mudah saja ya. Tingga naik bus trans maka sampailah di lokasi
    Itu berapa jam ya dari Bandara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas gampang aksesnya klo dijogja. Transportasi sudah lengkap kok 😊

      Delete
  9. candi-candi ini jadi kebanggaan yogya aku cuma bisa membaca ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah sampai singgah ya mang. untungnya ada di buku sejarah

      Delete
  10. candi borobudurnya mana..
    soalnya aq baru ke candi brobudur.. candi yg lain belum.. hihi

    beliin tiket pesawatnya pril..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau borobudur kan di magelang,jawa tengah jun. Sudah beda provinsi πŸ˜€

      Takut ketinggian ga? Nti minta berenti pas udah terbang πŸ˜‚

      Delete
  11. Kalau melihat bentuk wilayah administrasi sih, katanya candi prambanan tempatnya di kabupaten klaten, tapi karena prambanan lebih familiar dengan jogja makanya ditaruh di jogja. tapi gak tahu sih bener apa gak.

    Dari semua candi di atas cuman candi barong aja yang belum saya datangi. padahal deket banget dengan candi ratu boko yah. Nah bener tuh mbak, candi ijo emang spot paling cakep kalau mau lihat suasana jogja dari atas dan spot terbaik juga lihat sunset.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ada pakarnya nih.. Bisa jadi guide kalau nanti mau eksplore candi di jogja. Kalau gratis hehe

      Delete
    2. hehehe... boleh deh mbak, dalam waktu dekat saya juga mau pindahan ke Jogja nih.

      Delete