8 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Pecinta Hewan Lucu dan Menggemaskan


Kucing tidur lucu imut menggemaskan terlentang


Kucing adalah hewan pemalas. Bagaimana tidak kucing rumahan persentase beraktivitas kesehariannya hanya 10% selebihnya adalah tidur. Kucing tidak akan bisa membantu mencuci piring atau hanya sekedar mengelap meja makan. Walaupun begitu untuk pecintanya hal-hal yang dilakukan si kucing tetap sangat menyenangkan. Salah satu hewan yang dicintai oleh Nabi Muhammad SAW dan sang ratu Mesir Cleopatra ini ternyata memiliki manfaat bagi pecintanya. Berikut adalah 8 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Pecinta Hewan Lucu dan Menggemaskan:

1. Melatih tanggung jawab

Memilih untuk memelihara hewan peliharaan tentu sudah harus siap untuk memenuhi kebutuhan primernya. Memberi makan, minum, dan tempat yang nyaman. Hal ini tentu membuat kita memiliki jadwal khusus atau jam-jam khusus yang biasa si empus makan dan minum. Kalaupun akan meninggalkan rumah disaat seharusnya memberi makan kucing tentu akan mempersiapkannya terlebih dahulu. Kita akan memberikan makanan lebih awal dan diperkirakan cukup sampai waktu kita kembali.

2. Menghilangkan stres

Suasana penat yang ditimbulkan karena seabrek aktivitas dan kejadian akan menimbulkan stres pada seseorang. Hal tersebut akan segera hilang hanya dengan melihat kucing kesayangan menghampiri dan mengusap-usapkan tubuhnya ke kaki kita. Melihat wajah yang lucu dan menggemaskan akan membuat hati berubah lebih tenang. 

3. Memperbaiki mood

Bila suasana hati sedang tidak baik cobalah sebentar mengelus tubuh si empus dan mengajaknya berbicara. Walaupun si empus tidak bisa mengerti bahasan pembicaraan kita tapi perasaan akan berubah menjadi lebih baik. Dengkurannya saat dibelai dengan lembut membuat perasaan kita menjadi tenang. Menghampiri kucing ketika sedang tertidur dengan memeluknya dan si empus mulai mendengkur akan membuat perasaan jadi lebih rileks.


4. Hewan menyenangkan 

Kucing sangat senang bermain-main. Biasanya pada usia muda, tapi beberapa kucing dewasa juga masih mau diajak bercanda. Hanya dengan menggelindingkan bola atau kelereng bisa memancing si empus bertingkah lucu dan menggemaskan. Melompat dan menerkam. Melihat hal tersebut kita akan mulai tersenyum bahkan tertawa. Tidak melihat secara langsung pun hal ini akan tetap menyenangkan bagi pecinta kucing. Hanya melihat video kucing yang sedang aksi bermain-main akan membuat perasaan kita senang.

5. Menghalau hama rumah

Kucing yang senang berburu akan dengan senang hati menghalau hama di rumah seperti tikus dan serangga-serangga kecil. Terutama populasi tikus di rumah, akan segera diatasi oleh si empus lucu.

6. Teman yang setia

Rutin memberi makan dan minum, si empus akan mengenal siapa pemilik yang harus ia sayangi. Bagi kucing rumahan yang sudah mengenal pemiliknya akan setia menemani kegiatan tuannya di rumah. Saat pemiliknya sedang tidur, duduk bahkan sedang membaca buku si empus akan menghampiri kita. Mengajak bermain dengan mengganggu aktivitas kita, mengeong, atau hanya tidur di sebelah kita akan dilakukan hanya agar dekat dengan sang pemilik. Tidak heran kalau kucing adalah teman yang cocok saat perasaan kita sedang tidak baik. 

7. Melatih jiwa penyayang

Kesenangan yang selalu ditimbulkan tingkah si kucing, pecintanya akan memiliki jiwa penyayang. Perasaan tenang yang selalu tercipta akan membuat hati menjadi lembut terhadap sesama makhluk hidup. 

8. Terapi autis 

Bagi orang yang istimewa seperti autis, terapi dengan kucing sangat efektif. Karena penyandang autis sulit untuk berkomunikasi, aktivitas yang dilakukan dengan kucing akan membantunya bersosialisasi.

Baca juga: Inilah 10 Fakta Tentang Kucing yang Belum Banyak Diketahui Umum


Terlepas dari hal-hal negatif yang kadang ia lakukan, seperti mengambil jatah ikan goreng pemiliknya memelihara kucing memang banyak manfaatnya. Utamanya selain 8 manfaat memelihara kucing bagi pecinta hewan lucu dan menggemaskan di atas adalah kita jadi punya wadah sedekah. Memberinya makan dan minum secara rutin dan ikhlas tentu akan menjadi amal. Selain itu juga karena kita sudah berkomitmen untuk memeliharanya sehingga untuk menelantarkannya malah akan berdosa.

Sekian ulasan tentang kucing kali ini, semoga bermanfaat dan makin menyayangi kucing-kucing kita. (^_^,)

Related Posts

0 komentar: