Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hindari Makanan yang Memicu Jerawat Ini

Jerawat merupakan masalah yang paling sering dialami seseorang dalam berpenampilan. Pada umumnya munculnya jerawat karena perubahan kadar hormon. Tapi ternyata lifestyle kita juga menunjang timbulnya jerawat, terutama makanan yang kita konsumsi.

Hindari Makanan penyebab jerawat
Makanan penyebab jerawat


Kalau jerawat hanya muncul satu di wajah sih sepertinya tidak terlalu mengganggu ya. Apalagi untuk wanita di masa menjelang periode-nya kadang muncul jerawat. Tapi bagaimana pada kasus jerawat yang banyak dan parah sampai bernanah. Pasti sangat menyiksa sekali.

Jerawat ini juga bukan hanya muncul di wajah, beberapa orang mengalami tumbuhnya jerawat di bagian punggung dan dada. Di bagian wajah saja kalau pas ranum-ranumnya kesenggol sedikit sakit ya. Apalagi yang tumbuhnya di badan yang pasti makin sering bersentuhan dengan baju.

Penyebab yang memicu jerawat memang banyak sekali, seperti debu dan kotoran yang menempel di kulit, fluktuasi hormonal, saat stres, kurang tidur dan pemilihan makanan juga bisa menyebabkan tumbuh jerawat. Kita kenali yuk makanan apa saja sih penyebab munculnya jerawat itu?

1. Makanan Berminyak


Gorengan adalah makanan yang cocok untuk menemani aktivitas kita. Rasa gurih dan renyahnya sangat memanjakan lidah sampai lupa berhenti kalau belum habis.

Tapi makanan jenis ini harus kamu hindari sebisa mungkin jika tidak ingin terganggu dengan kemunculan jerawat. Makanan mengandung minyak turut andil sebagai penyebab jerawat. Apalagi makanan berminyak seperti ini biasanya disertai dengan garam.

2. Makanan Manis


Makanan manis seperti kue, jus buah dengan campuran gula atau SKM juga merupakan makanan penyebab jerawat. Kadar gula tinggi yang terkandung didalamnya dapat memicu kerja insulin dan menyebabkan jerawat.

Selain itu juga maknaan tinggi kadar gula dapat merusak serat elastis dan kolagen kulitmu. Kalau kulit rusak lalu sel kulit mati dan kotoran menumpuk disana maka jerawat sangat mudah muncul disana.

3. Makanan Cepat Saji (Fast food)


Walaupun godaan makanan cepat saji yang praktis dan sangat lezat, sebisa mungkin dihindari. Kandungan lemak dan gula di dalamnya dapat memicu tumbuhnya jerawat di kulitmu.

Selain itu juga jika terlalu banyak mengonsumsi minyak dan gula pasti akan memicu berbagai penyakit lain seperti kolesterol atau tekanan darah tinggi. Sebaiknya kita kontrol asupan ini ke tubuh kita ya.

4. Makanan Mengandung Gluten


Gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terkandung dalam gandum. Makanan olahan yang mengandung gluten tentu yang berbahan dasar dari itu seperti roti, sereal, atau pasta.

Bagi beberapa orang kadar gluten yang tinggi dapat memicu terjadinya perdangan. Maka dari itu jika kulit kamu sangat rentan timbul jerawat sebaiknya hindari makanan tersebut ya.

5. Minuman Bersoda


Memang paling bener kita banyak minum air putih untuk tubuh sehat. Kalau kita banyak minum minuman bersoda juga ternyata dapat memicu timbulnya jerawat.

Kandungan gulanya yang tinggi sudah pasti menjadi penyebab utama minuman ini sebagai penyebab jerawat. Aspartam yang ada didalamnya juga ternyata turut andil kulit kamu mengalami peradangan. Sebab senyawa aspartam dapat menurunkan kadar pH kulit.

***

Semua makanan penyebab jerawat di atas adalah makanan dan minuman yang enak-enak ya. Sangat mudah ditemui dan praktis. Mengonsumsinya sekali-kali dan tidak berlebihan seperti tidak masalah sih untuk obat kepengen. :D

Kalau kamu ingin lebih yakin kamu bisa nih konsultasi dengan ahlinya langsung. Tanya-tanya seputar jerawat atau apa saja tentang kesehatan dengan Dokter ahli di Halodoc.

Kamu bisa akses Halodoc via aplikasi yang tersedia di Playstrore atau Appstore dan juga lewat websitenya. Layanan kesehatan yang diberikan Halodoc ini bisa dikatakan solusi kesehatan terlengkap di Indonesia.

Kamu bisa tanya dokter langsung via chat, membeli obat, cek lab,mengunjungi rumah sakit dengan janji melalui aplikasi dan juga informasi update seputar kesehatan ada disini.

Tidak sulit untuk berkonsultasi dengan dokter jadinya sekarang. Selain tidak sulit juga tidak mahal karena Halodoc sering memberukan penawaran menarik untuk mendapat pelayanan kesehatan dengan memberikan harga promo. Luar biasa kan ya.

Aku sendiri beberapa kali pernah berkonsultasi dengan dokter spesialis via Halodoc sebelumnya. Walaupun hanya via chat tapi informasi yang kita perlukan dapat tersampaikan dengan baik juga.

Untuk kamu yang ingin tes Covid-19 baik rapid, PCR atau Antigen Swab juga bisa dilakukan dengan mudah via Halodoc. Janjian dan kemudahan informasinya bisa kamu dapat disini.



2 komentar untuk "Hindari Makanan yang Memicu Jerawat Ini"

  1. Bener banget mbak daftar makanan di atas sangat sensitif banget buat munculnya jerawat, tapi itu dulu pas umuran ABG hehe sekarang mah bukan jerawat yang di khawatirkan mbak tapi masa depan wkwkwk

    BalasHapus
  2. Haiii mbak, waah makanan berminyak, makanan manis, adalah makanan yg saat ini jadi kesukaanku loh hehehe..
    Tapi alhamdulillah, sampw skrng tidak jerawat 😅🙏

    BalasHapus

Berlangganan via Email