Cara Bikin Akun BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKu Versi Terbaru Tahun 2020

Kali ini aku mau sharing tata cara membuat akun BPJS TK lewat aplikasi BPJSTKu versi terbaru tahun 2020. Aku bagikan langkah-langkahnya step by step sesuai dengan pengalamanku saat mendaftar akun BPJSTK (BPJamsostek) via BPJSTKu Apk atau aplikasi BPJSTK Mobile. 

registrasi akun bpjstku via aplikasi

Karyawan perusahaan yang terdaftar sebagai BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek yang masih aktif sebaiknya punya aplikasi ini di handphone-nya karena sangat bermanfaat. Iuran gotong royong antara perusahaan tempat bekerja dan tenaga kerja tiap bulan pasti selalu dibayar. Nah.. makanya jangan sampai rugi karena tidak memanfaatkan aplikasi ini.

Baca Juga: Cara Mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Menggunakan LAPAK ASIK

Aplikasi BPJSTKu ini memiliki banyak fitur-fitur menarik disamping manfaatnya yang begitu besar untuk peserta aktif. Berikut ini manfaat dan kegunaan aplikasi BPJSTKu yang bisa kamu nikmati. 

  • Informasi yang berhubungan dengan program BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia bisa kamu baca juga dari aplikasi.
  • Info semua program seperti JHT (Jaminan Hari Tua), JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), dan JP (Jaminan Pensiun).
  • Kamu bisa cek saldo tabungan JHT via online dan mengetahui kartu BPJS TK kamu masih aktif atau sudah non aktif. Jika kamu ingin melakukan klai dana JHT nanti maka mengetahui informasi ini sangat penting. Karena jika kepesertaan kamu yang sudah tidak aktif adalah syarat wajibnya.
  • Jika kamu perlu mengunjungi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, kamu bisa melacaknya dari aplikasi ini karena sudah dilengkapi dengan peta dari Google Map. 
  • Kamu akan mempunyai kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan dari aplikasi BPJSTKu yang fungsinya sama dengan kartu asli yang kamu punya. Dengan kata lain kartu ini bisa menjadi pengganti KPJ-mu jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kartu asli hilang atau rusak. 
  • Kamu bisa mendapat nomor antrian dari aplikasi jika ingin mencairkan dana JHT di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dengan nomor antrian online. Dan masih banyak manfaat lain sebenarnya, tapi poin-poin di atas yang paling aku rasakan manfaatnya. 

Cara membuat akun BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKu atau BPJamsostek (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja) selain dari aplikasinya langsung, bisa juga kamu buat dari website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan layanan BPJSTKu personal services. 

Untuk pembahasan kali ini aku berikan panduan pendaftaran di aplikasi BPJSTKu dulu, pendaftaran via aplikasi mungkin nanti di pembahasan selanjutnya saja. Walaupun sebenarnya cara mendaftar via aplikasi maupun website tidak banyak berbeda. Tapi sebelum memulai pendaftaran, silakan siapkan beberapa berkas berikut ini ya demi kelancaran saat mendaftar tanpa terjeda bongkar-bongkar lemari berkas. 

  • KTP elektronik atau e-KTP. 
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan. 
  • Email aktif. 
  • Nomor handphone aktif. 
  • Smartphone dengan data internet secukupnya. 

Kalau sudah, langsung simak tahapan pembuatan akun BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi BPJSTK mobile atau lebih akrab disebut aplikasi BPJSTKU. 

  1. Instal aplikasi BPJSTKU yang tersedia di Google Playstore jika kamu pengguna Android. Untuk pengguna iPhone/iOs bisa kamu akses di App Store. 
  2. Buka aplikasi BPJSTKU yang berhasil terinstal di smartphone-mu, lalu buka menu Pendaftaran Pengguna BJPSTKU yang berwarna hijau dan bertuliskan angka 4. Bisa juga dengan klik LOGIN lalu pilih Buat Akun BAru. 
  3. Masukan alamat Email kamu yang aktif lalu klik SELANJUTNYA. 
  4. Kamu akan menerima email dari BPJS Ketenagakerjaan yang berisi kode verifikasi yang terdiri dari enam digit angka. 
  5. Masukan kode verifikasi sesuai dengan email yang kamu terima di aplikasi. Kemudian klik VERIFIKASI. 
  6. Jika status kamu adalah karyawan perusahaan, maka pada halaman kepesertaan pilih PU (Penerima Upah). 
  7. Masukan nama lengkap kamu sesuai dengan KTP kemudian klik SELANJUTNYA> 
  8. Lengkapi tanggal, bulan dan tahun lahir kamu sesuai e-KTP, klik SELANJUTNYA. 
  9. Masukkam NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai yang ada di KTP, lalu klik SELANJUTNYA. 
  10. Masukkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) atau BPJS TK, klik SELANJUTNYA. 
  11. Masukkan nomer HP aktif kamu, klik SELANJUTNYA. 
  12. Kode verifikasi dari BPJS Ketenagakerjaan akan dikirimkan via SMS. 
  13. Masukkan kode verifikasi tersebut di aplikasi, lalu klik VERIFIKASI. 
  14. Buat kata sandi atau password minimal 8 karakter. Penting untuk diingat bahwa password dan email yang kamu gunakan harus disimpan dan jangan sampai hingang. Karena untuk memulihkan Password jika sewaktu-waktu lupa tapi email tidak bisa kamu akses maka akan sangat merepotkan. Karena jika kamu tetap mau memanfaatkan aplikasinya harus meresetnya terlebih dahulu. Sayangnya tidak bisa kamu lakukan sendiri, harus pihak BPJamsostek yang bisa melakukannya. 
  15. Jika tahapan di atas berhasil kamu lalui dengan lancar, maka kamu sudah berhasil dan resmi mempunyai akun pribadi BPJS ketenagakerjan yang bisa kamu akses baik via aplikasi atau website. Dan kamu bisa menikmati semua layanan yang tersedia. 
Proses pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU cukup mudah dan cepat bukan. Namun jika dalam pross pendaftaran muncul pemberitahuan bahwa data kamu yang masukkan sudah terdaftar. Maka kamu harus melakukan reset akun terlebih dahulu karena hal tersebut menunjukan bahwa kamu sudah memiliki akun sebelumnya. 

Melakukan reset ini dilakukan jika kamu sudah tidak bisa login karena lupa Email dan password. Untuk proses resetnya kamu bisa menghubungi admin BPJS Ketenagakerjaan di Official Facebook Fanpage BPJS Ketenagakerjaan atau call center-nya di nomor (021) 175. Lalu kamu meminta penghapusan atau reset akun kamu yang sudah tidak bisa diakses. 

Jangka waktu proses reset akun minimal lima hari kerja. Jika sudah berhasil, kamu baru bisa membuat akun BPJSTK kembali.

Baca Juga: Kenapa Klaim Dana JHT BPJS TK Ditolak? Ini Dia Penyebab Dan Solusinya

Itulah tutorial cara mendaftar akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU versi terbaru tahun 2020. Semoga bermanfaat bagi teman-teman peserta BPJamsostek yang sedang mencari informasi tentang bagaimana cara bikin akun BPJSTK via aplikasi aplikasi BPJSTK Mobile.

sederhana namun tidak sesederhana yang anda kira

Related Posts

2 komentar:

  1. emang gampang banget cuma harus banyak sosialisasi kepada masyarakat karena masih banyak belum ngerti.
    tinggal login dan bisa tahu saldo nya berapa..gak ribet.

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus