Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

My Wedding

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Jasa Penyedia Data Center

Data center merupakan sebuah tempat peyimpanan aset digital dari sebuah perusahaan. Biasanya data yang dipercayakan adalah data yang memang benar-benar penting dan riskan resikonya apabila mengalami kerusakan. Maka dari itu, sebelum menentukan jasa penyedia data center yang akan dipercaya. Kita harus memperhatikan dengan benar keamanan serta skalabilitas dan juga aksesibilitas yang mereka tawarkan kepada perusahaan kita. Sehingga pemantauan dan akses data bisa berjalan dengan lancar. 

tips memilih jasa penyedia data center

Berikut ini 4 hal yang harus kita perhatikan dengan baik jika kita benar-benar menginginkan jasa penyedia data center yang profesional dan bisa dipercaya. 

1. Perhatikan lokasinya 


Biasanya ruangan IT dari data center akan penuh dengan perangkat elektronik sehingga suhu yang ada pada ruanganpun akan berpengaruh pada proses aliran listrik yang ada. Sehingga ruangan dengan perangkat yang banyak akan menimbulkan suhu panas yang berbeda. Maka hal pertama yang harus dipastikan adalah lokasi penyimpanan yang mereka miliki. 

Pastikan anda mengetahui dengan jelas detail ruangan yang digunakan untuk penyimpanan data tersebut. Apakah mereka memiliki ruangan dengan sistem pendingin dan pengatur kelembaban yang baik atau tidak. Ataukah mereka memiliki lokasi penyimpanan diluar kota besar yang terkenal dengan suhu panasnya. Karena idealnya, tempat penyimpanan data harusnya berada di tempat yang sejuk dan terbebas dari banjir ataupun bencana lainnya. Sehingga data akan selalu berada dalam kondisi yang baik. 

2. Pastikan tingkat keamanan yang ada 


Ketika melakukan penempatan untuk perangkat IT dari perusahaan, tentu menjadi hal yang wajar jika kita mementingkan tingkat keamanan pada ruangan yang kita gunakan. Pastikan semua gerak-gerik orang-orang yang keluar masuk gedung penyimpanan terekam dan terawasi dengan baik. Sehingga kebocoran data dari perusahaan bisa dipastikan tidak akan pernah terjadi. Kalau bisa pilihlah jasa penyedia data center yang memiliki gedungnya sendiri sehingga biasanya mereka memiliki sistem keamanan yang lebih ketat. 

Selain itu, anda harus memilih jasa yang menyediakan sistem firewall dan juga anti virus yang selalu update. Sehingga bisa dipastikan data yang tersimpan akan terjamin keamanan dan aksesnya. Anda juga harus memastikan sebelumnya, apakah data center tersebut sudah memiliki sertifikasi ISO atau belum. Bagi mereka yang sudah memiliki ISO biasanya sudah mencerminkan prosedur penyimpanan yang baik dan benar. 

3. Cepat tanggap dalam segala situasi 


Hal yang satu ini memang bisa menjadi penentu apakah penyedia jasa tersebut bisa diandalkan atau tidak dalam segala situasi yang ada. Misalnya saja terjadi bencara seperti kebakaran, gempa bumi, ataupun peristiwa lainnya yang kemungkinan bisa mengancam data center. Kita harus melihat upaya dari si penyedia jasa dalam menjaga amanah melalui pemasangan sistem pendinginan dan kelistrikan darurat yang mereka sediakan. Sehingga apapun yang terjadi, data perusahaan yang sudah kita percayakan kepada mereka bisa tersimpan dengan baik. 

4. Fleksibel terhadap kebutuhan perusahaan 


Hal lain yang harus anda perhatikan adalah skalabilitas data center itu sendiri. Karena kita tidak pernah tahu kondisi masa depan apa yang akan terjadi kepada perusahaan kita. Siapa tahu perusahaan semakin berkembang dan semakin besar, sehingga kita memerlukan space penyimpanan yang lebih demi menjaga data agar tidak dibobol oleh pesaing. Maka penyedia data center terbaik, adalah mereka yang mampu menyediakan ruang kosong untuk data perusahaan kita setidaknya selama 5 tahun. 

Jika anda menemukan 4 hal tersebut di jasa penyedia data center yang sudah anda pilih. Maka jangan ragukan kualitasnya, langsung saja klik NEX maka anda akan langsung terhubung ke jasa penyedia data center terbaik di Indonesia.

2 komentar untuk "Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Jasa Penyedia Data Center"

  1. Saya pakai data center dari blogspot saja mbak, sepertinya sih aman, gratis seumur hidup pula kecuali google bangkrut.😂

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus